Terang Tuhan Bersinar Dalam Kita

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline, Jumat 20 Pebruari 2015 pk 19-20
Renungan oleh Yohannes Lie "Terang Tuhan Bersinar Dalam Kita"
Pendamping Daniel Sanger, Yosef Ageng Laseno, dan Yefta Khohar.
Penyiar sdr Luki Winata
Ingin membaca renungan ini, silakan klik disini.  


Yoh 8:12 “Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kataNya : “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.”

    Jika tidak ada terang maka hanya ada kegelapan. Semakin jauh dari terang, semakin gelap keadaannya. Orang yang jauh dari Tuhan, pasti hidupnya berada dalam kegelapan. “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaanNya menjadi nyata atasmu. Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu” (Yes 60:1-3).
     Nyatakan terang Tuhan dalam hidup kita “Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari” (Ams 4:18). Apakah Kau masih berada dalam kegelapan? Tinggalkan semua kegelapan, maka terangmu yang sebenarnya akan semakin bersinar cemerlang di mata dunia dan di mata Tuhan. Bersama Tuhan terang kita makin sempurna. Demikian Firman Tuhan. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :
  • Dari Alim : Apa pandangan bapak terhadap hukuman mati terhadap pidana narkoba, jika dipandang dari pelajaran Kristiani? 
Jawab : Sebagai pengikut Kristus tentu kita tidak boleh menghilangkan nyawa seseorang, namun Tuhan juga mengajarkan agar kita mematuhi hukum pemerintah. Karena para narapidana itu sudah dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan dan permohonan grasinya ditolak presiden, maka mereka harus menjalani eksekusi mati. Doakan saja agar mereka bisa bertobat dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat mereka sebelum menjalani hukuman itu
  • Dari Fitri : Apa artinya Adonai? 
Jawab : Nama TUHAN bangsa Israel adalah YHWH. Sesuai hukum Torat, nama ini tidak boleh diucapkan sembarangan. Jadi bangsa Israel tidak berani mengucapkannya, kecuali imam. Jika membaca kitab Torat dan menemukan kata itu, mereka menggantinya dengan kata Adonai, yang artinya Tuan. Nama lainnya adalah Elohim.
  • Dari Ko Acin : Bagaimana pandangan bapak tentang hari raya imlek, kambing merah dan naga merah? 
Jawab : Perayaan Imlek adalah tradisi orang Tionghoa menyambut munculnya musim semi. Pada kesempatan ini mereka bersuka-cita dan bersyukur pada Tuhan. Saling mengunjungi keluarga dan sahabat mereka. Tentu saja tradisi ini tidak bertentangan dengan ajaran Kristen, selama tidak dikaitkan dengan penyembahan berhala. Kita boleh merayakannya. Mengenai shio yang ada dua belas itu, kita cukup mengetahui saja. Jangan mempercayai ramalan shio, karena itu hanya rekayasa manusia dan bukan dari Tuhan.
  • Dari  ibu Purba : Apa yang harus kita perbuat, jika punya putri yang selalu dihina di sekitar rumah karna aktif pelayanan? 
Jawab : Yesus berkata dalam Matius 5:10, "Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga." Jadi ibu tidak perlu kuatir jika putri ibu dicela karena kebenaran. Tuhan pasti memberkati dia. Doakan dan beri semangat agar semakin giat melayani. Namun ada baiknya jika tidak nampak terlalu berlebihan sehingga penduduk sekitar menjadi terusik.
  • Dari Bpk Darwis di Lampung Utara : Bagaimana kita menghindari benturan-benturan dari pihak agama lain yang selalu meneror kita? 
Jawab : Renungan Firman Tuhan tadi mengajarkan agar kita menjadi terang bagi orang lain. Orang yang meneror bapak saat ini sedang berada dalam kegelapan karena mereka tidak menyadari apa yang mereka perbuat dan siapa yang mereka teror. Ketika disalib Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." (Luk. 23:34a) Jadi jangan membalas mereka namun ampuni dan doakanlah mereka agar kelak mereka menerima terang Tuhan sehingga menjadi percaya pada Yesus. Tetaplah teguh dalam iman bapak,Tuhan pasti menyertai dan melindungi bapak
  • Dari Ibu Markus : Doakan kesehatan, agar semakin setia dengan Tuhan. 
  • Dari Ibu Sukinah : Doakan sedang sakit perut. 
  • Dari Ibu Alex : Doakan keluarga agar diberi kekuatan atas cobaan penyakit bapak Alex yang diderita. 
  • Dari Bpk Johan : Anak pacaran dengan non Kristen namun sudah putus, lalu wanita itu datang lagi minta balikan namun memaksa anak saya masuk agama dia. Minta pendapat.
Jawab : Jangan diteruskan hubungan itu
  • Dari Ibu Evi : Doakan sedang sakit. 
  • Dari Ica : Bagaimana solusi agar bisa punya pacar? 
Jawab : Dengan berdoa dan berusaha.
  • Dari Tina : Bagaimana agar konsentrasi belajar dan giat baca Firman Tuhan? 
Jawab : Dengan doa, kesungguhan hati, dan berusaha memahami dan merenungkan Firman Tuhan yang dibaca. Jika belum paham, tanyakan pada pembimbing rohanimu 
  • Dari Resti : Apakah Allah orang Kristen sama dengan Allah agama lain? 
Jawab : Apabila Allah orang Kristen dan Allah agama lain sama, tentu ajaranNya tidak berbeda atau bertentangan. Perhatikanlah apakah ajaran Allah mereka sama dan tidak bertentangan dengan ajaran Allah kita? Jika berbeda, apalagi bertentangan, tentu Allahnya berbeda, bukan?
  • Dari NN : Ada dua Hamba Tuhan berpendapat berbeda. Yang seorang berpendapat mujizat terjadi saat cobaan datang, yang lain berpendapat mujizat datang setiap hari. mana yang benar? 
Jawab : Keduanya benar. Perbedaan itu terjadi karena mereka mempunyai pengertian berbeda tentang mujizat. Jika pengertian mujizat adalah suatu perbuatan ajaib di luar hukum alam, misalnya orang buta bisa melihat, maka mujizat tidak terjadi setiap hari. Tapi jika pengertian mujizat adalah pertolongan Tuhan, misalnya saat bangun tidur masih bisa bernapas, itu sebagai mujizat Tuhan, maka akan terjadi setiap hari. 
  • Dari Paskah : Doakan persiapan nikah kami. 
  • Dari NN : Siapa itu Allah Yahweh? 
Jawab : Allah Yahwe adalah Allah bangsa Israel yang menciptakan langit dan bumi. Kata itu dalam naskah aslinya tertulis YHWH yang dalam Alkitab diterjemahkan dengan kata TUHAN (hufup kapital semua) Untuk menyelamatkan umat manusia, Allah turun ke dunia dalam diri Yesus yang adalah Allah itu sendiri
  • Dari Ibu Astuti : Doakan atas pergumulan agar diberkati. 
  • Dari Doni :  Doakan untuk mama yang sedang sakit dan dirawat di RS. 
  • Dari Fransiska : Doakan agar besok dapat ujian dengan nilai bagus. 
  • Dari Febi : Apakah seseorang yang belum dibaptis belum bisa dikatakan anak Allah? Apa hukuman yang didapat jika belum dibaptis? 
Jawab : Dalam Yohanes 1:12 tertulis, "Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya." Jadi mereka yang sudah percaya, termasuk anak-anak kecil adalah anak Allah. Namun jika kamu sudah dewasa dan sudah memahami ajaran Tuhan, maka untuk menyatakan iman dan ketaatanmu pada perintah Tuhan, wajiblah kamu dibaptis. Dalam Alkitab tidak disebutkan hukuman orang yang tidak dibaptis. Tapi jika kamu menolak dibaptis, berarti kamu belum beriman pada Tuhan. Hanya orang beriman yang diselamatkan. Segeralah dibaptis ketika masih ada kesempatan dan waktu
  • Dari Tiara : Apakah jodoh yang diberikan Tuhan harus tetap dicari atau meminta saja? 
Jawab : Harus didoakan dan dicari
  • Dari Bpk Yunus : Bagaimana menurut bapak tentang pergaulan bebas? Bagaimana cara mengantisipasinya? 
Jawab : Jika pengertian pergaulan bebas adalah bergaul dengan siapa saja dalam batas-batas moral dan ajaran Tuhan, tentu tidak ada masalah dan boleh dilakukan. Namun jika pengertiannya adalah hubungan seks bebas dalam perzinahan, sudah tentu itu perbuatan dosa dan akibatnya akan diderita di dunia dan di kehidupan nanti. Bagaimana mengantisipasinya? Bekali diri dengan iman dan Firman Tuhan, miliki komitmen yang tinggi untuk menjaga kekudusab dan jauhi tempat yang bisa menjerat dalam dosa itu. 
  • Dari Ibu Joni : Jika kita memberikan makan kepada seseorang namun kita sendiri kekurangan, apa ini sesuai dengan Firman Tuhan? 
Jawab : Yesus mengajarkan kita agar mengasihi orang lain SAMA seperti mengasihi diri sendiri. Jadi kalau kita memberi orang lain sehingga kita sendiri kekurangan berarti kita tidak mengasihi diri sendiri. Berilah pada orang lain semampu kita, jangan memaksa diri
  • Dari Ibu Mardiana : Apa yang bisa membuat orang kerasukan setan? 
Jawab : Setan bisa merasuki orang yang kurang beriman pada Tuhan dan yang pikirannya kosong. Jika kita beriman sepenuhnya pada Tuhan dan pikiran kita berisi Firman Tuhan, setan tidak bisa merasuki kita
  • Dari Yohanes : Apakah orang-orang percaya mempunyai takdir hidup? 
Jawab :Setiap manusia memiliki takdir yang tidak bisa diubah, misalnya lahir dari keluarga A, di negara N, pasti mengalami kematian, dll. Namun keselamatan, rejeki, jodoh, atau berkat Tuhan bukanlah takdir karena bisa diubah.
  • Dari NN : Apa tujuan Tuhan menciptakan hari-hari besar? 
Jawab : Setiap hari adalah hariNya Tuhan yang selalu memberi berkat. Hari besar Kristen seperti Paskah adalah kelanjutan dari hari raya Paskah bangsa Israel. Tujuan hari raya itu adalah agar kita selalu mengingat kebaikan dan pertolongan Tuhan, dan selalu bersyukur atas semua itu. 
  • Dari NN : Apakah seseorang yang berusia lansia masih boleh mengikuti pelayanan? 
Jawab : Selama dia masih mampu dan mau melayani, tidak ada halangan orang yang sudah berusia lanjut melayani Tuhan. 
  • Dari Agustina : Doakan agar dapat keturunan, sudah 7 tahun menikah. 
  • Dari NN : Apakah seorang ayah yang sering memukul anaknya adalah karakter dalam dirinya? 
Jawab : Terkadang ada orangtua yang memukul anaknya. Kalau dia memukul anaknya untuk mendidik agar menjadi anak baik, tentu tidak masalah, asalkan jangan sampai mencederainya. Namun kalau dia memukul karena sedang emosi dan untuk melampiaskan rasa kesalnya, itu adalah penganiayaan. Hal itu dilarang pemerintah dan Tuhan. Orangtua yang memukul anak semena-mena menunjukkan karakternya yang kejam
  • Dari Beni : Kalau kita merasakan Roh Kudus seperti apa?
Jawab : Orang yang menerima kuasa Roh Kudus biasanya mengalami fenomena berbeda-beda. Namun yang jelas, orang yang menerima karunia Roh Kudus akan menampakkan buah-buah yang manis dan berkenan bagi Tuhan