Pandang Terus kepada Tuhan

Siaran Youth Samaria Ministri, Rabu 2 Juli 2014 pk 19-21
Renungan kak Yahya Wangsajaya "Pandang Terus kepada Tuhan" 
Pendamping Yefta Khohar, Indra Sinurat dan Gamaliel


"Pandangan orang berpengertian tertuju pada hikmat, tetapi mata orang bebal melayang sampai ke ujung bumi." (Ams. 17:24)

     Kita harus intropeksi diri dengan merenungkan arah pandangan hidup yang benar yang seharusnya kita perbuat. Ayat pokok di atas mengatakan bahwa orang bebal mengarahkan pandangannya ke hal-hal yang tidak pasti. Mari kita belajar untuk mengerti apa yang Tuhan mau dalam hidup kita : 
  1. Kita harus memandang ke dalam :  "Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak." (2 Yoh 1:9)
  2. Kita memandang ke atas : "Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah." (Kol 3:1)
  3. Kita memandang ke belakang : "Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan TUHAN, ya, aku hendak mengingat keajaiban-keajaibanMu dari zaman purbakala. Aku hendak menyebut-nyebut segala pekerjaanMu, dan merenungkan perbuatan-perbuatanMu" (Maz 77:12-13)
  4. Kita harus memandang ke depan : "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan." (Yer 29:11)
  5. Kita harus memandang ke luar : "Bukankah kamu mengatakan: Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai." (Yoh 4:35)
  6. Kita perlu memandang ke bawah : "Kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera" (Efe 6:15)
Tetaplah memiliki damai sejahtera dan sukacita dari Tuhan dengan taat dan setia melakukan perintah Tuhan. Maju terus dalam Tuhan. RM 15:33 : Allah, sumber damai sejahtera, menyertai kamu sekalian.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :   
  • Dari Meggie Candela : Doakan camp remaja di Jehian Garden Rejosari 4-5 Juli, semoga berjalan lancar dan semakin banyak jiwa yang dimenangkan dan termotivasi dalam Kristus.
  • Dari Alex di Tanjungbintang : Bagaimana caranya kita berdamai dengan diri kita? 
Jawaban : Berkomitmenlah pada Tuhan, maka Tuhan akan memperlengkapi kita, sehingga kita akan menjadi orang yang berhasil. Bersyukurlah senantiasa supaya tidak ada lagi kegagalan dalam hidup dan tidak menyalahkan diri sendiri.
  • Dari Yori di Tanjung Gading : Bagaimana agar kita fokus dalam menuntut visi iman kita?
Jawaban : Jangan lupa membaca Firman Allah, lebih rajin dalam beribadah, fokus mengarahkan pandangan kita ke depan.
  • Dari Adel : Bagaimana cara kita menantikan pertolongan Tuhan?
Jawaban : Pertolongan Tuhan itu tidak pernah terlambat. Percaya pada janji Tuhan 2 Pet 3:9,  "Tuhan tidak lalai menepati janjiNya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat." Tuhan tidak akan lalai menepati janji-janjiNya.
  • Dari Ari di Metro : Apa yang dimaksud dengan teologi blusukan?
Jawaban : Dalam studi teologi tidak dikenal istilah teologi blusukan. Mungkin saudara terpengaruh oleh gaya Jokowi yang suka blusukan. Mungkin maksudnya adalah teologi penginjuilan yang masuk ke kalangan rakyat kecil.
  • Dari Uli : Mengapa kita harus jujur?
Jawaban : Karena sifat jujur sangat penting dalam kehidupan kita. Orang yang tidak jujur akan mengalami kesulitan dalam pergaulan karena lama kelamaan dia tidak lagi dipercaya orang lain. Tidak jujur contohnya adalah korupsi. Kpruptor yang tertangkap akan dihukum. Di Firman Allah, Allah mengatakan jangan mengucap saksi dusta.
  • Dari Ade : Bagaimana kalau hidup kita tidak sesuai dengan panggilan Tuhan?
Jawaban : Jika saudara mengetahui secara jelas panggilan Tuhan atas hidupmu, jangan pernah melalaikan panggilan itu. Terlebih jika saudara telah bernazar maka itu harus ditepati.
  • Dari Ali : Bagaimana cara kita menemukan kualitas panggilan Tuhan dalam hidup kita?
Jawaban : Pada umumnya panggilan Tuhan sesuai dengan bakat atau talenta yang kita terima saat melayani Tuhan.. Pengembangan atas talenta itulah yang menunjukkan kualitas panggilan kita. Yang kita kerjakan buat Tuhan harus sungguh-sungguh, itulah yang disebut berkualitas.
  • Dari Rahel : Apa yang dimaksud dengan Amsal 18:21? 
Jawaban :  Amsal 18:21, "Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya." Semua perkataan kita diucapkan melalui lidah. Baik dan buruk semua dari lidah. Siapa yang menggunakannya akan memakan buahnya. Kalau kita berkata baik, kita mendapatkan yang baik dan sebaliknya.
  • Dari NN : Apa yang dmaksud dengan memaksakan kehendak? 
Jawaban : Memaksakan kehendak adalah sikap seseorang yang memaksa diri atau orang lain agar kehendaknya terwujud. Sikap itu ada postip dan negatipnya. Jika kita ingin berhasil lalu kita memaksa diri untuk disiplin, berusaha sungguh-sungguh, berusaha mengejar prestasi, tentu itu hal positip asalkan tahu batasnya. Namun jika kita memaksakan kehendak tanpa batas sehingga merugikan diri sendiri atau orang lain, tentu berakibat negatip. Misalnya kita bisa jatuh sakit, orang lain menderita dan lain-lain. Jika kita mempunyai rencana hidup yang baik sesuai kehendak Tuhan, tidak salah memaksakan kehendak diri. Tuhan merancangkan yang baik buat masa depan kita.
  • Dari Maulana : Bagaimana menghindari diri dari pacar yang suka sex bebas? 
Jawaban : Anak Tuhan harus menjaga kekudusan pernikahan. Pacar suka seks bebas itu bisa merusak hubungan kita dengan Tuhan dan membuat kita jatuh dalam dosa perzinahan. Untuk itu saudara harus meninggalkan dia. Mungkin dorongan untuk kembali lagi muncul, lawanlah itu dengan doa dan mohon bimbingan Roh Kudus. Jika tidak mau melepaskannya, itu semua akan mengarahkan saudara pada kebiasaan buruk sehingga semakin sulit melepaskan diri dari ikatan dosa. Kalau kita sudah tahu hal itu tidak baik, jangan dilakukan lagi. Carilah pasangan yang takut akan Tuhan, maka saudara akan berbahagia..
  • Dari Ocha : Apakah saat ini masih ada Bahasa Roh?
Jawaban : Ya masih ada, Dalam Kisah 2 dikatakan bahwa bahasa Roh akan terus ada sampai Yesus datang kali kedua.
  • Dari Natan : Apakah maksud Tuhan mengijinkan ada 2 wanita yang mencintai kita? 
Jawaban : Dalam hidup ini bisa saja itu terjadi. Ada orang yang dicintai banyak wanita namun ada juga yang sulit mendapat cinta dari wanita. Saudara beruntung dicintai 2 wanita. Namun itu pun menimbulkan masalah karena saudara harus memilih salah satu, sebab tidak mungkin mengambil keduanya. Bertanyalah pada Tuhan siapa yang cocok buat saudara. Dalam menjalin hubungan dengan wanita, kita juga harus berhubungan dengan keluarganya. 
  • Dari Mei-mei : Apa hukumnya kalau dulu dekat dengan Tuhan dan sekarang jauh dari Tuhan?
Jawaban : Kita akan kehilangan damai sejahtera, karna gak ada penopang, bahkan mungkin akan kehilangan keselamatan kita. Sama seperti dosa yaitu maut. Orang yang jauh dari Tuhan harus cepat kembali kepadaNya selagi ada kesempatan. jangan sampai kesempatan itu habis, belum sempat bertobat dan kembali pada Tuhan sebab jiwanya akan binasa dalam hukuman kekal. 
  • Dari Christina : Kenapa seseorang tidak mau menetap pada 1 gereja? Kenapa kalau belajar Firman Allah tidak percaya pada satu pendeta saja?
Jawaban : Kita sebaiknya menetap di satu gereja saja. Itulah yang disebut persekutuan. Kalau pindah-pindah gereja sulit menjalin persekutuan dengan jemaat. Namun kalau terpaksa, misalnya sedang keluar kota, dan di kota itu tidak ada gereja kita, bolehlah kita beribadah di gereja lain. Itu tidak masalah.Yang menentukan keselamatan bukan gereja. Jika ada yang tidak mau menetap di satu gereja mungkin karena merasa tidak cocok di gereja itu, mungkin juga ingin merasakan suasana di gereja lain. Mempelajari Firman Tuhan boleh pada beberapa pendeta agar lebih memahami makna Firman Tuhan. .
  • Dari NN : Menanggapi pertanyaan Ocha tadi, Roh Kudus membangun hidup kita, Roh Kudus akan menjamah kita, Roh Kudus tidak bisa diajarkan..
  • Dari Mariska : Manusia selalu punya masalah. Apakah hamba Tuhan tidak galau kalau diputus pacar
Jawaban : Hamba Tuhan pun tentu punya perasaan dan punya hati. Pasti merasa galau kalau diputus pacar. Namun itu tidak boleh membuatnya berlarut-larut dalam kegalauan.
  • Dari bpk Yohannes Lie : Selamat melayani rekan-rekan Youth Samaria!! Tuhan memberkati
  • Dari Yosua : Terkadang ada perasaan tidak betah dalam bekerja, apa yang harus saya lakukan?
Jawaban : Pekerjaan adalah berkat dari Tuhan, jadi harus disyukuri. Dengan bekerja akan mengarah ke masa depan yang baik.
  • Dari Lia : Bagaimana caranya hidup di tengah-tengah lingkungan keluarga yang tidak percaya Tuhan?
Jawaban : Jadilah  terang dan teladan dalam keluarga. Doakan keluarga agar mau menerima Tuhan Yesus
  • Dari Demos Sembiring : Bagaimana cara menghindar dari zat berbahaya?
Jawaban : jangan bergaul dengan orang yang memakai zat-zat berbahaya itu. Lebih baik ikut beribadah. 
  • Dari NN : Pada saat ini saya dekat dengan seseorang, tapi ingin punya pasangan yang 1 gereja, apa harus menarik dia ke dalam gereja saya?
Jawaban : Sebaiknya memang satu gereja. Bisa dia ikut kita atau kita ikut dia. Agar bisa saling mendukung dalam beribadah. Cobalah ajak dia ibadah bersama di satu gereja. 
  • Dari Anggi : Bagaimana menghadapi teman yang egois dan menusuk dari belakang?.....
Jawaban : Jangan berpikir negatip dulu terhadap teman itu. Mungkin sebenarnya dia butuh perhatiaan anda, nasihati dia baik-baik bahwa yang sikap egois itu tidak baik dan merugikan diri sendiri. Jangan membalas kejahatan dengan kejahatan, tapi balaslah dengan kebaikan. 
  • Dari Dwi : Doakan saya sedang sakit.
  • Dari Cito : Doakan agar dapat beasiswa kuliah di luar negeri.
  • Dari Feni : Bagaimana memotivasi junior?
Jawaban : Junior itu harus diberi pengajaran dan juga diikut-sertakan dalam kegiatan pemuda.  
  • Dari Febi di Kedaton : Doakan saya karna jatuh dari motor dan buat pacar agar kami saling mengenal.
  • Dari Fery : Boleh tidak mempunyai pacar yang lebih tua dan yang sudah mempunyai anak?
Jawaban : Sebaiknya cari pasangan yang seimbang usianya. Punya istri jauh lebih tua, apalagi sudah punya anak, sering menimbulkan masalah di kemudian hari. Sebaiknya diskusikan dahulu dengan orang tua. Biasanya keluarga ingin memiliki pasangn yang sepadan. Janganlah berkeluarga hanya berdasarkan belas kasihan.
  • Dari NN : Bagaimana mengatasi remaja yang suka ikut-ikutan?....
Jawaban : Ikut-ikutan seperti apa? Kalau ikut-ikutan dalam hal baik tentu tidak masalah. Tapi kalau ikut-ikutan dalam hal buruk, itulah yang menjadi masalah. Biasanya remaja punya idola. Mungkin remaja itu ikut-ikutan idolanya. Perlu diberi nasihat dan diarahkan agar tidak jatuh dalam pergaulan yang buruk 
  • Dari Risa : Apa yang harus diperbuat buat ngajak teman-teman aktif ibadah?
Jawaban : Tunjukan kehidupan kita yang takut akan Tuhan pada mereka, maka mereka sendiri yang akan mengikuti kita.
  • Dari Asep : Ada gak rumah di Lampung untuk rehabilitasi khusus remaja?
Jawaban : Di Lampung masih terbatas. Konsultasikan dulu dengan pihak gereja.
  • Dari Dini : Kalau ada remaja yang sulit diatur, apakah harus dikucilkan?
Jawaban : Jangan dikucilkan, semakin dikucilkan dia akan lari dari gereja. Beri dia pencerahan, nasihat dan arahan ke arah positip 
  • Dari NN : Doakan terkadang punya beban yang berat dan tidak tahu harus bagaimana, orangtua dan teman tidak ada yang dapat membantu.
  • Dari Filia : Bagaimana membantu remaja dalam menghadapi kegagalannya?
Jawaban : Sharing dulu, dia gagal dalam hal apa. Lalu berilah dia jalan keluar dan bari motivasi untuk mengatasi kegagalannya 
  • Dari Anita : Apa yang harus dilakukan anak-anak remaja agar tidak tumbuh ke hal yang nakal?
Jawaban : Kenakalan remaja terjadi akibat lingkungan dan pergaulannya. Dekatilah mereka dan bimbing ke arah yang benar
  • Dari Hana : Bagaimana membuat remaja makin bertumbuh dalam iman pada Kristus?
Jawaban : Berikan pengajaran dan teladan pada mereka. 
  • Dari Elo di Bandarjaya : Bagaimana membangun anak-anak muda agar mempunyai kerinduan untuk menyelamatkan jiwa-jiwa?
Jawaban : Latihlah mereka untuk belajar menginjili dulu keluarga dan teman dekat, barulah pada orang lain Ada banyak metode penginjilan. Tanyakan pada gembala anda. Memang tidak mudah melatih dan memotivasi mereka, namun dengan doa, pengajaran Firman Tuhan dan dalam bimbingan Roh Kudus semua itu bisa berjalan sempurna. Gereja juga harus memfasiliasi. 
  • Dari Adit : Mengapa banyak anak muda Kristen mempunyai talenta bernyanyi? Apa motivasinya?
Jawaban : Karena mereka terbiasa menyanyi untuk memuji Tuhan, maka Tuhan mengaruniakan mereka talenta bernyanyi sehingga mereka menjadi makin terlatih. Motivasi mereka adalah memuji Tuhan 
  • Dari Lisa : Apakah program samaria yang memiliki program untuk para single?
Jawaban : Masih sedang dipersiapkan melalui bentuk prsekutuan dan retret. Doakan supaya dapat segera dilaksanakan