Cara Mengetahui Kehendak Allah

Jumat, 04 Juli 2014 pukul 19.00 - 21.00
"Cara Mengetahui Kehendak Allah'
Pdt. Daniel Sanger

Pendamping :
Gamaliel, Dany Salim, Yohannes Lie, dan Yefta Khohar

"Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna." (Roma 12:2)

     Ada pertanyaan yang sulit dan sering dipertanyakan, yaitu : bagaimana mengetahui kehendak Tuhan?
(Rm 12:2) Ada hal yang penting bagian (a), anak Tuhan diingatkan untuk jangan menjadi seperti dunia ini, berbicara dengan keinginan-keinginan didunia (ayat 16) : “keinginan daging (hawa nafsu)”,” keinginan mata (jodoh)”, Sebenarnya motif yaitu keduniawian, kita harus jangan terjebak didalamnya. Kita harus melakukan sesuai dengan Firman Allah  (kita pantas jadi pemimpin, kita harus menunjukkan inilah saya), “keangkuhan hidup (orang yang sombong)”.
Kita jangan menjadi seperti manusia duniawi apalagi kita sebagai orang percaya.
(12b) masuk kedalam jawaban mengetahui kehendak Allah, manusia sulit mengetahui kehendak Allah karna manusia hidup oleh keinginan daging. Kehendak Allah yang dimaksud adalah : apa yang baik, yang diatasnya lagi adalah yang berkenan.
Kunci bagi orang percaya untuk mengetahui kehendak Allah, maka kita harus tahu kehendak Allah itu sendiri/melepaskan keinginan-keinginan daging, pembaharuan budi adalah : mengubah cara berpikir kita, jangan memiliki pikiran seperti dunia yaitu (keinginan daging, mata, keangkuhan hidup).
Dengan mendengar Firman Allah semoga tidak ada lagi pertanyaan yang ingin mengetahui kehendak Allah. Marilah kita lebih mengutamakan kepentingan rohani.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :  
  • Andreas  di Pramuka : Doakan pekerjaan, studi, dan keluarga agar selalu sehat dan berada di jalan Tuhan, dan doakan untuk cici Friska agar studinya lancar.
  • Yorni Agai, Apakah Kristus mengenali hati yang tidak mengenali hatiNya?
Jawaban : Yesus datang buat siapa saja, Tuhan adalah Maha Tahu jadi pasti Dia mengetahui segalanya, termasuk isi hati setiap orang, orang percaya mau pun bukan orang percaya. Tuhan ingin mengubah segalanya.
  • Dari Santoso di Panjang : Doakan buat istri terkena sakit maag lambung yang sudah parah.
  • Dari ibu Markus di Hanura : Doakan kesehatan. Bagaimana menurut bapak kalau ibadah rumah tangga ditutup karna konflik? 
Jawaban : Kita hidup dalam masyarakat majemuk. Mungkin ibadah itu mengganggu tetangga. Biasanya kalau kita bergaul baik dengan tetangga, mereka tidak keberatan, asalkan tidak mengganggu. Jangan sampai ibadah itu berhenti. Kalau di tempat itu tidak bisa rutin, pindahlah ke tempat lain. Ibadahnya pindah-pindah dari satu rumah ke rumah lain sehingga tidak memberikan kesan kalau itu adalah tempat ibadah tetap.
  • Dari Hervira : Apakah kotbah pendeta boleh diulang-ulang? Misalnya pengambilan ayat itu lagi.
Jawaban : Boleh saja karena Firman Allah selalu memberikan pelajaran baru setiap hari. Itu yang disebut dengan kekayaan firman.
  • Dari Satria di Gang PU : Doakan pekerjaan karna sudah melamar banyak pekerjaan, sudah 15 perusahaan, tapi masih belum dapat. Apakah Tuhan belum berikan kepercayaan hal ini buat saya? 
Jawaban : Tuhan akan memberikan yang pekerjaan terbaik asal kita percaya padaNya. Jangan pernah berputus-asa, sabarlah, dan terus semangat.
  • Dari Indra : Apakah maksudnya teologi sistematika tentang kejatuhan manusia ke dalam dosa? 
Jawaban : Teologi sistematika terkait dengan doktrin atau ajaran. Jadi pada saat manusia jatuh dalam dosa, Allah tidak membiarkan manusia binasa namun seketika itu juga dimulailah proses penyelamatan. Allah merencanakan mengirim AnakNya yang tunggal, yaitu Yesus, untuk menebus setiap orang yang percaya padaNya 
  • Dari David di Tanjungkarang : Bagaimana menemukan panggilan Tuhan dalam diri kita?
Jawaban : Lakukan dulu apa yang bisa kita lakukan dalam pelayanan untuk Tuhan, maka Tuhan akan menunjukkan apa yang yang menjadi panggilan kita. Jadi jangan bertanya-tanya terus, tapi lakukanlah..
  • Dari Herman : Bagaimana Tuhan Yesus memberkati orang yang tidak menyembah kepada Yesus?
Jawaban : Berkat Tuhan atas manusia ada yang bersifat umum.  "Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar." Tapi ada juga berkat khusus bagi kita yang percaya padaNya, yaitu berkat kebahagiaan di dunia dan di sorga, berkat damai sejahtera, berkat pemeliharaan dan penyertaanNya sepanjang hidup kita, dan berkat rohani lainnya
  • Dari Bolang : Doakan para tahanan wanita di Lembaga Pemasyarakatan Wayhui karena banyak yang sakit.
  • Dari Aline : Apa yang dialami Yesus waktu dihukum? Apakah Dia merasakan sakit atau sakitnya ditanggung malaikat?
Jawaban : Tuhan amat menderita kesakitan ketika disalib. Jadi bukan pura-pura sakit. Sakitnya tidak ditanggung siapa pun, termasuk oleh malaikat. Bahkan penyakit kitalah yang ditanggung Yesus. "Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kita pun dia tidak masuk hitungan. Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah. Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh" (Yes. 53:3-5) 
  • Dari Demos Sembiring : Bagaimana cara pemuda dapat memahami kehendak Allah? 
Jawaban : Dengan mendalami pemahaman Alkitab, merenungkan dan melakukannya dengan disertai doa.
  • Dari Ema : Siapakah hamba yang setia dan bijaksana yang berkenan? 
Jawaban : Perumpamaan tentang tuan dan hamba ada banyak di Alkitab. Pengertian tuan umumnya adalah Tuhan, sedangkan hamba adalah umat Tuhan. Hamba yang setia dan bijaksana adalah umat Tuhan yang selalu melakukan perintah Tuhan dengan setia dan sungguh-sungguh. Dengan perbuatannya itu maka Tuhan berkenan padanya. 
  • Dari Budi : Bagaimana cara secara rohani agar kita bisa menemukan visi?
Jawaban : Dalam kehidupan berorganisasi diperlukan visi dan misi. Visi adalah suatu hasil yang akan dicapai dalam waktu tertentu sedangkan misi adalah cara mencapai visi itu. Tanpa visi tidak ada arah dan tujuan yang akan dicapai. Visi rohani yang Yesus perintahkan adalah “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu." (Mat. 28:19-20a) Mungkin anda ingin mengetahui visi khusus untuk diri anda, berdoalah dan mulailah lakukan apa saja yang bisa dilakukan demi pekerjaan Tuhan. Dalam perjalanan hidup anda, anda akan menyadari bahwa itulah visi anda.
  • Dari NN : Apakah ketika kita kena musibah, itu adalah sukacita yang tertunda?
Jawaban : Mungkin anda teringat dengan nasihat, "Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda." Banyak penyebab terjadinya musibah, karena bencana alam, kecelakaan, kelalaian, atau karena kesalahan kita sendiri. Tuhan tidak merencanakan terjadinya musibah dalam hidup kita. Alkitab mengajarkan agar kita bersukacita senantiasa, baik pada saat senang mau pun saat menderita. Pada saat senang, bersukacita mengucapkan syukur. Pada saat menderita tetap bersukacita dan bersyukur karena Tuhan selalu menyertai kita dan akan segera menolong kita. 
  • Dari NN : Apakah Tuhan akan memberikan kesempatan hidup kepada orang jahat?
Jawaban : Tuhan mengasihi semua manusia, orang baik mau pun orang jahat. Bahkan Dia mencari orang berdosa untuk menyelamatkan mereka. Karena itu Tuhan memberikan kesempatan hidup buat orang jahat agar bertobat. Namun kesempatan itu ada batas waktunya. Karena itu, "Pada hari ini, jika kamu mendengar suaraNya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman" (Ibr. 3:15)
  • Dari Tomas : Apakah Yesus selama hidupnya selalu berjalan kaki?
Jawaban : Selama hidupnya di dunia, Yesus hampir selalu berjalan kaki karna kota-kota yang ditujuNya berbukit-bukit, berbatu-batu, sulit dilalui kereta kuda, dan tidak terlalu jauh. Dia juga selalu diiringi banyak pengikutnya sehingga tidak mungkin naik kuda atau kereta. Tapi pada kesempatan lain Yesus naik keledai saat masuk ke Yerusalem, dan saat menyeberangi danau Yesus naik perahu.
  • Dari Hendra : Apakah jika kita memukul seseorang adalah dosa?
Jawaban : Dalam Perjanjian Lama diajarkan hukum keadilan, yaitu "Mata ganti mata, gigi ganti gigi" Artinya boleh membalas demi keadilan. Tapi dalam era Perjanjian Baru, sesuai hukum kasih yang diajarkan Yesus, kita harus mengampuni dan mendoakan orang yang menganiaya kita. Jadi jika kita memukul seseorang berarti kita melanggar hukum kasih yang diajarkan Yesus dan itu berdosa. 
  • Dari Rais : Bagaimana mengenali serangan setan terhadap kita?
Jawaban : Mungkin yang dimaksud adalah serangan kuasa kegelapan seperti santet atau tenung. Kita tidak perlu berusaha mengenali hal itu sebab orang percaya pasti dilindungi Tuhan. Karena itu semua tindakan yang kita lakukan harus didasari dalam Nama Yesus.  
  • Dari Risma di Kedaton : Doakan dalam pekerjaan saya yang baru bekerja.
  • Dari Rusdi di Hanura : Jika kita sakit dan tidak sembuh-sembuh, apakah ada kaitannya dengan apa yang telah kita lakukan?
Jawaban : Pada umumnya kita sakit karena akibat perbuatan kita sendiri. Misalnya banyak makan makanan berlemak menimbulkan berbagai penyakit dalam. Bekerja terlalu keras lupa istirahat, jatuh sakit. Bisa juga akibat dosa, misalnya berzinah dengan pelacur tertular penyakit kelamin. Jika tidak sembuh-sembuh, mungkin karena penyakitnya sudah parah atau belum diobati dengan benar. Namun ada juga orang yang sembuh setelah dia bertobat mohon ampun pada Tuhan dan minta kesembuhan padaNya maka mujizat terjadi. Yang perlu kita sadari bahwa manusia pasti akan mati itu. Yakinlah jika kita berdoa dengan penuh kesungguhan dan mohon pertolonganNya, Tuhan pasti jawab, memberi kesembuhan 
  • Dari ibu Ria di Teluk Betung : Bagaimana merubah sikap suami yang keras?
Jawaban : Mengubah karakter seseorang itu tidak mudah, namun bisa. Pahami dulu mengapa dia bersikap keras, selidiki latar belakang kehidupannya. Mungkin dari kecil dia dididik dengan cara keras dan disiplin ketat. Itu akan membentuk kuat karakternya. Bisa juga dia bersikap keras untuk melindungi harga dirinya sebab sebagian besar pria akan merasa malu jika harus tunduk pada keinginan istri. Istilahnya takut istri. Berdoalah agar hati suami dilembutkan Tuhan, jangan melawan dengan kekerasan juga, dan jangan membesar-besarkan masalah yang menimbulkan kemarahannya tapi bicarakan dengan lemah lembut dan penuh kasih. Undang Yesus hadir di keluarga kita.
  • Dari Silvi : Apakah benar kita semua manusia dibuat dari debu tanah?
Jawaban : Adam terbuat dari debu tanah, tapi pada kitab Kejadian 5 dikatakan anak-anak adam dikandung secara biologis. Namun unsur tubuh manusia terbuat dari unsur alamiah 
  • Dari Desi di Natar : Bagaimana kita dapat menerima Firman Allah jika dalam hati kita menolak?
Jawaban : Mungkin maksudnya ketika pendeta berkotbah, kita tidak setuju dengan ajaran yang disampaikannya dan hati kita menolak. Firman Tuhan yang tertulis dalam Alkitab adalah kebenaran mutlak, namun harus dakui terkadang ada pengkotbah yang menafsirkannya berbeda dengan pemahaman kita. Untuk itu kita harus berhati-hati. Mungkin tafsirnya keliru, mungkin juga pemahaman kita yang justru keliru. Atau mungkin keduanya sama-sama benar hanya berbeda sudut pandangnya. Jadi jangan dulu kita tolak, tapi selidiki secara seksama. Hal itu dilakukan oleh jemaat di Berea. "Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.(Kis. 17:11) Dari seluruh uraian kotbah yang disampaikan sang pengkotbah pasti ada pesan Tuhan yang khusus disampaikan untuk kita. Itulah berkat Firman yang Tuhan berikan pada kita. Jadi janganlah kita menolak Firman Tuhan.  
  • Dari bpk Alim di Sukarame : Doakan ibu mertua yang sakit di Yogyakarta.
  • Dari Nita : Bagaimana kita memiliki pola pikir menjadi seorang pemenang?
Jawaban : Kemenangan yang sesungguhnya adalah bagaimana kita bisa bertahan pada himpitan dunia ini. Kalau kita bisa bertahan kita adalah pemenang. Pemenang yang dimaksdkan Tuhan adalah bersifat rohani.
  • Dari Shanti di Natar : Doakan buat jodoh.
  • Dari Keysha di Teluk betung : Bagaimana mengampuni mantan yang telah menyakiti?....
Jawaban : Jangan mengingat-ingat masa lalu, lihatlah ke depan, doakanlah dia maka hatimu akan terasa damai.
  • Dari Udin : Apa yang dimaksud dengan bersabar dalam pengharapan?
Jawaban : Saat menghadapi penderitaan kita tetap sabar dan terus berharap kepada Tuhan.
  • Dari bpk Lukman : Bagaimana pendeta tahu jika iman jemaatnya sedang lemah?
Jawaban : Kelemahan iman hanya bisa diketahui dari sikapnya sehari-hari. Bisanya orang yang turun imannya jarang beribadah, walau pun tidak selalu. Pendeta yang memperhatikan akan segeramengunjunginya untuk lebih mengetahui permasalahannya
  • Dari Roni : Apa dampaknya kalau menikah dengan beda agama?
Jawaban : Dampaknya banyak. Pernikahan beda agama melanggar Firman Tuhan. "Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap? (2 Kor. 6:14). Pernikahan itu tidak diteguhkan dan diberkati di gereja. Suami tidak mungkin menjadi imam dalam keluarga. Bisa menyebabkan iman kita (dan nantinya anak kita) beralih sehingga keselamatan akan hilang sehingga akan mengalami penderitaan kekal selama-lamanya di neraka. Secara hukum negara tidak mungkin disahkan dalam akte pernikahan
  • Dari NN : Bagaiamana agar kita setia pada pasangan walaupun dia selingkuh?
Jawaban : Untuk melakukan itu perlu hati yang penuh ketabahan dan pengampunan luar biasa. Sikap itu hanya dapat dilakukan di dalam pimpinan Roh Kudus. Pertimbangan yang lain mungkin bisa menguatkan adalah pemikiran terhadap dampak negatip bagi anak-anak jika memilih berpisah. Mungkin juga dia sudah menyesalinya. Berdoalah pada Tuhan mohon kekuatan dan juga agar dia bertobat dan tidak menglanginya lagi. Berilah pengampunan dan doakan dia.
  • Dari Suroto di Lampung Timur : Apa yang dimaksud dengan bilur-bilur Yesus?
Jawaban : Bilur adalah bekas luka. Bilur Yesus adalah tanda di tubuh Yesus setelah Dia dicambuk, dipaku di salib dan ditikam di lambungNya. "Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuhNya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilurNya kamu telah sembuh." (1 Pet. 2:24)
  • Dari Ayub di Metro : Doakan usaha yang sedang dijalankan.
  • Dari Shinta : Apa beda kebaikan dan kebenaran bagi orang percaya?
Jawaban : Kebaikan adalah hasil perbuatan baik. Contoh perbuatan baik adalah menolong orang lain. Kebenaran adalah suatu yang benar. Kebenaran bisa berupa kebenaran ilmiah, kebenaran hukum, atau kebenaran agama. Namun semua kebenaran itu bisa berubah. Tidak ada seorang pun yang benar seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorang pun tidak." (Roma 3:10) Satu-satunya yang benar mutlak hanyalah Tuhan sebab Dia adalah Sang Kebenaran. Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Yoh. 14:6) Perbuatan baik belum tentu berasal dari kebenaran, tapi perbuatan benar pasti menimbulkan kebaikan
  • Dari Vivin : Bagaimana agar kita bisa menerima keputusan untuk dibaptis walaupun sulit menerima Yesus?
Jawaban : Baptisan adalah keputusan iman seseorang untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya. Ini adalah perintah Tuhan Yesus kalau tidak mau melakukannya berarti tidak mau melakukan kehendak Tuhan.
  • Dari Julius : Dalam kisah penciptaan di Perjanjian Lama, manusia jatuh ke dalam dosa karna memakan buah pengetahuan yang telah dilarang Allah. Mengapa buah itu ditempatkan disitu?
Jawaban : Manusia diberi kebebasan memilih pleh Tuhan namun dengan segala resikonya. Pohon itu hanyalah sarana untuk menguji apakah Adam memilih percaya pada Allah atau percaya pada ular. Bila Adam memilih melanggar perintah Allah, dia akan mati. Itu resikonya. Ternyata Adam memilih melanggar perintah Allah dan percaya pada ular  Adam harus menerima resikonya. Dalam kehidupan kita pun selalu ada ujian seperti itu. Anda memilih percaya pada Yesus atau menolaknya. Bila percaya akan mendapat hidup kekal di sorga, sebaliknya bila menolak akan menerima hukuman kekal di neraka. Tentukan pilihan anda.
  • Dari Habibi : Umur berapa Yesus meninggal?
Jawaban : Berdasarkan Alkitab umur Yesus saat meninggal sekitar 33 tahun.
  • Dari Tony : Apa tips bisnis agar dapat maju di dalam Tuhan?
Jawaban : Libatkan Tuhan dalam bisnis kita, teruslah berdoa, jujur, sesuai dengan kehendak Tuhan, maka Tuhan akan berikan yang terbaik dalam bisnis kita.
  • dari Yuli di Antasari : Doakan suami dan anaknya yang sakit demam berdarah
God Bless you all...Cp : 081540840917