Memilih

Jumat, 27 Juni 2014 pukul 19.00 - 21.00
"Memilih'
Tutu Petrus

Pendamping :
Yahya Wangsajaya, Dany Salim, Daniel Sanger. Yefta Khohar, 
Yohannes Lie, dan Tomy,


     Hidup ini tidak lepas dari memilih, misalnya memilih masuk perguruan tinggi. Matius 22:14 dalam hal keselamatan, manusia diberikan anugrah yang besar yaitu “kehidupan”, rencana besar : kembali kemasa penebusan. Yesus sudah mengajarkan tentang keselamatan, sekarang tergantung pada manusia siap memilih atau tidak mau memilih. Sedikit memilih, kenapa? karna setiap orang yang dipanggil memiliki kesibukan masing-masing. Hakim-hakim 6, Bagaimana kita memilih hal yang lain : kenapa Gideon dipilih? Bangsa Israel dalam keadaan terjepit lalu mereka berdoa minta dibebaskan. Suku Manasye adalah suku paling sedikit jumlahnya. Percayalah apa yang dipilih Tuhan itu yang diberkati Tuhan. Orang-orang pilihan bukan meminta sesuatu tapi menerima sesuatu. Keselamatan datang dari Tuhan. Memilih harus memilih keselamatan yang nyata.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline : 
  • Dari ibu Sujinah : Doakan keponakan yang ada di Cepu Jawa Tengah bernama Hartono  sedang dioperasi.
  • Dari Dewa di Kemiling : Kenapa masih ada neraka jika Yesus menjadi penebus? 
Jawaban :Yesus datang ke dunia untuk menebus dan menyelamatkan orang percaya. Neraka disediakan bagi iblis dan manusia yang menjadi pengikutnya, yaitu mereka yang menolak keselamatan yang diberikan Allah
  • Dari Shifa : Apakah di akhirat ada kehidupan? Apakah juga ada jodoh? 
Jawaban : Di balik kematian, ada kehidupan lagi, tapi kehidupan di akhirat itu terbagi dua yaitu kehidupan penuh kebahagiaan di Sorga dan kehidupan penuh kesengsaraan di neraka. Di akhirat tidak ada perjodohan. Yesus pernah ditanya orang Saduki dalam Matius 22:23-28 tentang seorang wanita yang mempunyai suami 7 kakak beradik. Mereka bertanya, siapa suaminya di akhirat? Yesus menjawab,  "Kamu sesat, sebab kamu tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah! Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga." (Mat. 22:28) Jadi jika ada ajaran bahwa di akhirat nanti ada perkawinan, itu adalah ajaran sesat.
  • Dari Dewi : Apakah kita harus memilih hanya satu kepercayaan saja untuk diselamatkan? 
Jawaban : Ya, untuk selamat kita harus memilih satu kepercayaan saja. Memilih keselamatan harus tepat dan benar, keselamatan tidak bisa ditawar-tawar, jika salah memilih kepercayaan bisa menyesal selamanya. Pilihlah keselamatan yang berasal dari Tuhan. Yesus adalah Tuhan yang datang dari Sorga dan kembali lagi ke Sorga. Yesus bersabda, "Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.(Yoh. 14:2-3) Percayalah hanya pada Yesus, maka engkau akan selamat.
  • Dari Abet di Jagabaya : Apa yang membuat hamba Allah rela mati demi pelayanannya? 
Jawaban : Secara kedagingan hamba Allah juga takut mati, tapi karna dia memiliki iman yang teguh, maka demi pelayanan yang diperintahkan Tuhan, dia rela mati, karena dia juga dikuatkan imannya oleh Roh Kudus yang menyertainya. Jika Tuhan mengijinkan kita mati dalam pelayanan, kita harus menjalankannya, yang penting kita terus memberitakan Firman Allah.
  • Dari Anggun di Jakarta : Apakah boleh kita bekerja menjual suara via online yang dapat membuat orang dewasa merasa puas? 
Jawaban :Pekerjaan yang menjurus ke arah negatip, jangan kita lakukan karna akan mengarah ke dosa.
  • Dari Christy : Apa arti Matius 22:11-13?
Jawaban :  "Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu-tamu itu, ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta. Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan pakaian pesta? Tetapi orang itu diam saja. Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya: Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi." (Mat. 22:11-13 Raja itu adalah Allah yang mengundang orang-orang yang mau menerima keselamatan. Pakaian pesta diartikan sebagai kebenaran/kelayakan. Kita yang merima undangan Allah harus hidup dalam kebenaran dan kudus di hadapan Tuhan. Jika tidak, walau pun kita sudah menerima undangan Allah, kita tetap tidak layak dan akan menerima hukuman.
  • Dari Yahya : Berapa persenkah orang yang memiliki keselamatan jiwanya di masa mendatang? Apakah kunci menghadapi musuh bebuyutan kita?  
Jawaban : Tuhan datang untuk menyelamatkan manusia 100%, tapi tidak semua manusia mau menerima keselamatan itu. Karena itu berusahalah masuk ke dalam golongan yang terpilih. Jika yang dimaksud musuh bebuyutan itu adalah iblis, kunci menghadapinya adalah dekat dengan Tuhan. Jadi bukan kita yang berperang tetapi Tuhanlah yang berperang ganti kita. Kalau musuh itu adalah manusia, kita harus mendoakannya .
  • Dari Andreas di Pramuka : Doakan pekerjaan dan studi saya yang akan mngikuti ujian, juga buat ayah ibu yang saling berjauhan.
  • Dari bpk Bambang di Lampung Timur : Terima kasih atas pelayanan Samaria Ministri pada perayaan Paskah kemarin. Kami diberkati dan ditambah jiwa baru.
Jawaban : Puji Tuhan, pak Bambang. Tuhan semakin memberkati pelayanan bapak di sana
  • Dari Yuni : Apakah ketika Yesus datang kedua-kalinya, Dia hanya memilih orang yang percaya saja?
Jawaban : Benar, Yesus mencari orang yang beriman padaNya. "Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?" (Luk. 18:8) Ketika Yesus datang yang kedua-kalinya kita yang beriman padaNya pasti selamat.
  • Dari Shinta, Bagaimana menjiwai talenta pelayanan agar lebih baik?  
Jawaban : Cintailah pekerjaan dan pelayanan kita maka Tuhan akan memberkati.
  • Dari Joko di Antasari : Apakah benar Yesus akan datang di awan-awan? 
Jawaban : Ya, sebagaimana Dia naik demikian juga Dia akan turun, kedatangan Tuhan dapat dilihat banyak orang "Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya." (Mat. 24:30) Tuhan akan menjemput kita anak-anak percaya.
  • Dari Gino di Panjang : Doakan jodoh 
  • Dari Yuda : Bagaimana caranya mengambil keputusan berubah sesuai dengan Firman Allah? 
Jawaban : Pada saat kita siap mengambil keputusan, berkomitmenlah dan berdoalah kepada Tuhan. Roh Kudus akan membimbing dan memampukan kita. Serahkan semuanya pada Tuhan maka Dia akan membuatnya berhasil.
  • Dari Ruslan di Metro : Bagaimana kalau kita mengenal Yesus tapi tidak mengasihiNya? 
Jawaban : Kalau sekedar kenal, iblis pun kenal Yesus. Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu." (Mat. 22:37) Kalau tidak mau mengasihi Tuhan sama saja bohong. Kita wajib mengasihi Tuhan dan percaya padaNya. Jika tidak mau mengasihi Dia, kita bukan anak Tuhan.
  • Dari Ayu di Rajabasa : Bagaimana cara mmberitakan injil buat ayah yang belum mengenal Allah? 
Jawaban : Tunjukanlah dengan tingkah laku sebagai anak Tuhan, kita menjadi kitab yang terbuka. Doakan terus. Doa orang percaya besar kuasanya. Yakinlah Tuhan pasti lakukan mujizatNya. Sebab karena satu orang bertobat maka semua keluarga akan diselamatkan.
  • Dari Iis : Apakah jika mau memuji Tuhan kita harus hapal dulu pujiannya? 
Jawaban : Kalau pujian kita secara pribadi, tidak terlalu hapal, tidak apa-apa, sebab Tuhan melihat kerinduan kita memuji Dia. Tapi sebaiknya hapal. Tapi kalau sebagai pemimpin pujian, kita harus hapal teks dan lagunya.
  • Dari Lukman : Apakah di sorga ada persekutuan, makanan dan pakaian bagus? 
Jawaban : Di sorga pasti ada persekutuan umat Allah dengan Allah. Hal kerajaan sorga bukan makan, dan minum, kawin dan mengawinkan. "Bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam KerajaanKu dan kamu akan duduk di atas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel." (Luk. 22:30) Pengertian makan dan minum disini bukan bertujuan memuaskan keinginan mulut seperti di dunia ini, namun mengarah pada persekutuan kita dengan Yesus yang sangat erat. Makan dan minum semeja itu menunjukkan hubungan yang sangat dekat. Bagaimana dengan pakaian bagus? "Dan sekeliling takhta itu ada dua puluh empat takhta, dan di takhta-takhta itu duduk dua puluh empat tua-tua, yang memakai pakaian putih dan mahkota emas di kepala mereka." (Wah. 4:4) Pengertian pakaian disini adalah pakaian kemuliaan dari Allah, bukan mode pakaian.
  • Dari bpk Yunus di Jatimulyo : Apakah setiap ujian berasal dari Tuhan?
Jawaban : Ujian bisa datang dari Tuhan untuk meningkatkan iman kita. Contoh Abraham diuji. Sedangkan cobaan berasal dari iblis atau akibat kesalahan kita sendiri. Jika kita sanggup mengatasi ujian atau cobaan berarti kita semakin tangguh.
  • Dari Keysha di Telukbetung : Berapa banyak waktu berdoa yang Tuhan inginkan? 
Jawaban : Berdoa adalah komunikasi kita dengan Tuhan. Ada doa pribadi di kamar, tapi ada juga berdoa di sepanjang hari,di sekolah, kantor, di perjalanan, dan lain-lain. Jadi berdoalah senantiasa.
  • Dari Natalia : Apakah benar orang yang melayani Tuhan awet muda? 
Jawaban : Ya, benar sebab kita senantiasa bersukacita, tenang dan hidup damai bersama Tuhan. kalau jadi guru sekolah Minggu, kita bergaul dengan anak-anak selalu happy dan ceria/bersukacita. itu membuat kita awet muda.
  • Dari Anes di Pagaralam : Doakan kuliah agar lancar.
  • Dari Elvi di Kedaton : Bagaimana menghadapi lingkungan yang tidak menyetujui ibadah? 
Jawaban : Bergaul baik dengan lingkungan, bernyanyi jangan keras-keras sehingga mengganggu orang lain, berkomunikasilah dengan baik.
  • Dari Udin : Apakah perbuatan kita setiap harinya dicatat Tuhan? 
Jawaban : Tentu Tuhan tidak mencatat seperti yang dilakukan manusia. Tuhan mempunyai kitab yang disebut Kitab Kehidupan yang mencatat perbuatan manusia. Tuhan menghapus dosa-dosa kita asalkan kita mohon ampun dan bertobat. Kebaikan kita akan selalu diingat Tuhan. Tapi yang namanya tidak tercantum dalam kitab itu akan binasa
  • Dari Rosa : Apa rahasia agar kita selalu bersukacita? 
Jawaban : Rasa damai, sumbernya karunia Tuhan, percaya Tuhan, dan selalu bersyukur, maka hidup kita akan damai dan tidak ada ketakutan sehingga kita selalu bersukacita
  • Dari bpk Robert di Metro : Apakah kehidupan keagamaan kita dapat dikuasai oleh setan?
Jawaban : Kristen bukanlah masalah keagamaan. Ritual keagamaan adalah untuk mengatur tata cara ibadah. Jika kita sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan maka tidak akan diganggu setan Roh yang ada di dalam kita lebih besar daripada roh di dunia. "Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia." (1 Yoh. 4:4)
  • Dari bpk Yohanes di Tanjung Bintang : Apakah pengenalan akan Yesus membutuhkan pengorbanan? Pengorbanan seperti apa?
Jawaban : Mengenal Yesus pasti butuh pengorbanan. Mengorbankan waktu untuk ibadah dan doa, berkorban uang untuk persembahan, korban perasaan ketika dihujat orang, dan lain-lain. Lewat doa dan Firman Allah, kita bisa berkorban. Usaha dimulai dari diri kita sendiri.
  • Dari bpk Rohmat : Pujian itu untuk apa bagi orang Kristen?
Jawaban : Pujian adalah salah satu bentuk penyembahan pada Tuhan. Ketika memuji Tuhan, kita menarik hadirat Tuhan. Saat kita memuji Tuhan, Tuhan hadir di kehidupan kita.
  • Dari Tony: Apakah bersalah jika kita memberikan uang kepada penjudi?
Jawaban : Jika tindakan berjudi itu tidak kita ketahui, kita tidak bersalah. Tapi jika kita tahu maka kita salah dan itu berdosa.
  • Dari ibu Maria di Natar : Doakan pekerjaan suami
  • Dari ibu Markus : Doakan kesehatan dan keluarga agar diberkati
  • Dari Vivi : Boleh tidak orang Kristen menangis?
Jawaban : Tentu saja boleh. Yesus pun menangis. "Maka menangislah Yesus." (Yoh. 11:35) Ketika kita datang kepada Tuhan dengan hati hancur tentu menangis. Menangis bisa juga tanda kita mengasihi Tuhan. Tapi jangan menangis berlebihan seperti orang tanpa harapan. "Supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan." (1 Tes 4:13b)
  • Dari Septiana di Telukbetung : Apakah pencobaan berawal dari diri sendiri?
Jawaban :Pencobaan bisa datang akibat perbuatan diri kita sendiri, dari orang lain, atau dari kuasa kegelapan. Tuhan tidak mencobai tapi menguji.
  • Dari Rudi : Apa yang dimaksud dengan menyangkal?
Jawaban : Pengertian menyangkal bisa menyangkal diri sendiri, atau bisa juga menyangkal Tuhan. Menyangkal berarti melawan. Menyangkal diri artinya kita melawan keinginan kedagingan kita karena kita mengerti Firman Allah. Menyangkal Tuhan artinya melawan Tuhan atau tidak mengakui di hadapan orang lain bahwa kita percaya pada Yesus. "Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan BapaKu yang di sorga." (Mat. 10:33)
  • Dari M : Bisa tidak kuasa Yesus diuji seperti pada agama-agama lain? 
Jawaban : Yesus adalah Tuhan yang Maha Kuasa. Jadi tidak perlu diuji lagi. Kita tidak boleh mencobai Tuhan. Orang percaya ditanamkan untuk percaya saja. Ya di atas ya, tidak di atas tidak.
  • Dari Sonal Sidabutar : Doakan UAS. Saya juga bersyukur atas berkat Tuhan.
  • Dari Lusi : Apakah dengan membaca Firman Allah, iman kita akan bertumbuh? 
Jawaban : Ya, benar. "Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus" (Roma 10:17) Jika kita mendengar atau membaca Firman Allah,iman kita akan bertumbuh. Sama seperti kita menanam bunga, semakin sering disiram akan semakin bertumbuh, demikian juga dalam membaca Firman Allah.
  • Dari Rina : Mengapa sebelum berdoa, kita dituntut buat memuji Tuhan? 
Jawaban : Pujian itu untuk membangkitkan kesungguhan hati kita dalam berdoa. Iman kepercayaan kita juga ikut dibangkitkan. Tapi kalau dalam keadaan terdesak, misalnya saat menghadapi bencana mendadak, kita bisa langsung berseru pada Tuhan dalam doa tanpa harus memuji Tuhan lebih dulu.
  • Dari Ina di Korpri : Terima kasih atas Firman Tuhan. Saya diberkati
  • Dari Yahya : Menurut saya hanya sedikit orang yang percaya karena terkendala budaya dan keturunan. Mengapa Isa minta air pada orang Samaria
Jawaban : Memang benar masih banyak orang sulit menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat karena takut dikucilkan masyarakat dan keluarga. Mereka lebih takut pada manusia daripada pada Tuhan. Ketika Yesus minta air pada perempuan Samaria sebenarnya tujuanNya karena Dia bermaksud memberitakan Injil pada orang Samaria melalui perempuan itu.
  • Dari mas Joko : Dosa tidak kalau kita melakukan phonesex?
Jawaban : Berdosa, sebab itu sama dengan berzinah.
  • Dari Yosua : Jika hambar bagaimana caranya diasinkan lagi?
Jawaban :  Hambar atau tawar artinya kehilangan rasa atau hilang pengaruh. Dalam kerohanian, hambar artinya tidak bersemangat lagi mengikuti atau melayani Tuhan. Semua itu tentu ada penyebabnya. Coba selidiki penyebabnya. Apakah karena ada pengaruh duniawi, lingkungan persekutuan yang tidak mendukung, atau ada penyebab lain. Atasi dulu masalah itu, maka kita akan bersemangat lagi. Sekali percaya pada Tuhan, pelihara terus iman dan semangat kita sampai akhir.
  • Dari NN : Bagaimana cara menghadapi persoalan kuatir dalam berjalan dengan Yesus?
Jawaban : Itulah kehidupan, banyak persoalan hidup yang kita alami. Untuk itu kita perlu kekuatan Tuhan.
  • Dari Angel : Apa yang dimaksud Yesus ada di dalam hati bukan di pikiran? 
Jawaban : Hati sering digambarkan sebagai perasaan sedangkan otak atau pikiran adalah akal atau logika. Kebanyakan orang berpendapat bahwa iman itu sulit diterima logika. Jadi dikatakan Yesus harus ada di dalam hati bukan di pikiran. Pendapat itu kurang tepat karena Yesus juga dapat diterima secara logika. Yang benar adalah Yesus harus ada di hati dan pikiran kita. Dia harus ada di segenap kehidupan kita
  • Dari bpk Slamet : Berapa kali dalam 1 bulan beribadah yang sehat? 
Jawaban : Beribadah itu bisa setiap saat. Semakin sering beribadah semakin diberkati.
  • Dari Robin di PKOR : Apa yang menyebabkan manusia tidak mementingkan keagamaan tapi lebih mementingkan ekonomi dan bisnis? 
Jawaban : Sebab manusia hanya melihat kepentingan sesaat di dunia ini. Mereka berpikir jika memiliki uang banyak maka mereka akan berbahagia. Mereka belum terpikir masalah kehidupan nanti. Namun Yesus mengajarkan, "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." (Mat. 6:33) Carilah dahulu kerajaan Allah, maka Tuhan akan memberkati kita.
  • Dari Yorni Agai : Bagaimana kita dapat berkuasa dalam berdoa? 
Jawaban : Kuasa doa datangnya dari Tuhan. Kalau kita yakin maka, "Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya." (Yak. 5:16b)
  • Dari ibu Nuri : Jika ada masalah dalam rumah tangga apakah perlu dibicarakan dengan gembala?
Jawaban : Ya, ada baiknya dibicarakan dengan gembala sebab gembala gereja adalah wakil dari Tuhan. Gembala bisa memberi nasihat sesuai dengan Firman Allah
  • Dari Yuni : Bagaimana cara kita bersabar dan mengalah terhadap teman sendri? 
Jawaban : Bersabar dan mengalah mudah diucapkan tapi sulit dilaksanakan. Oleh karena itu mohon pada Tuhan agar diberi kemampuan untuk bersikap seperti itu. Tapi teman kita juga harus dinasihati agar jangan terus menerus mempersulit kita, sebab sabar terkadang ada batasnya.

  • Dari Megi di kedaton : Doakan teman saya, Dwika yang sedang terkena musibah

Cp : 081540840917