Pemberitaan Injil

Senin 21 Januari  Ibadah Samaria Ministri lain dari biasanya sebab dilakukan dalam bahasa Inggris, walau pun sedikit dicampur bahasa Indonesia. Mengapa berbeda? Karena malam ini kedatangan tamu dari Malaysia, yaitu Pastor Kumar. Nama asli beliau adalah Sugumar Devathas. Beliau penginjil sudah berkeliling Indonesia, Thailand, Vietnam, Kamboja, China dan negara lainnya. Pemimpin pujian dr. Adeleida Muaja Sanger. Lagu pujian berbahasa Inggris. Doa pembukaan bpk.Yohannes Lie dalam bahasa Inggris (walau tersendat-sendat). Doa Firman Tuhan bpk. Dany Salim amat lancar karena dalam bahasa Indonesia. 

Firman Tuhan oleh Pastor Kumar dalam bahasa Inggris tanpa penerjemah. Terkadang menjelaskan sedikit bahasa Indonesia. Beliau fasih berbahasa Indonesia Pastor Kumar membagi pengalamannya menginjil ke berbagai negara. Beberapa hal yang harus diperhatikan penginjilan antar negara, yaitu:
  • Pelajarilah bahasa daerah negara tersebut walau hanya beberapa ucapan sapaan. Mereka senang mendengarnya dan akan tertawa. Hal itu membuat kita diterima mereka.
  • Pelajari budaya setempat terutama pantangan. Tindakan yang melanggar budaya setempat akan membuat mereka marah dan menolak kita.
  • Jangan tolak makanan atau minuman yang disajikan walau pun terasa menjijikkan dan kita tidak terbiasa memakannya. 
  • Jangan berpendapat kotbah kita dimengerti mereka karena kita fasih berbahasa Inggris sebab sebagian besar negara yang kita kunjungi itu tidak bisa berbahasa Inggris.
  • Bergaullah dengan penduduk setempat, sebab mereka lebih terkesan dengan sikap kita yang ramah daripada kotbah yang berapi-api yang tidak mereka pahami.
Selesai ibadah diadakan perayaan ulang tahun Yenny anak ke-2 bpk Dany Salim yang berusia 13 tahun.