Pilihan Hidup Sesuai Firman Tuhan

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline,
Jumat, 18 Januari 2013 pk 19.30-21.00
Renungan oleh Yohannes Lie "Pilihan Hidup Sesuai Firman Tuhan"
Pendamping Daniel Sanger, Yosef, Yahya, Tutu Petrus, dan Dany Salim.
Penyiar sdr Luki Winata
Jika pembaca ingin membaca renungan ini, silakan klik disini


“Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumah-ku, kami akan beribadah kepada TUHAN!" (Yosua 24:15)

     Dalam hidup ini, kita sering berhadapan dengan banyak pilihan yang tersedia tapi harus memutuskan hanya satu pilihan. Pilihan itu mungkin sepele, misal apakah memilih ayam goreng atau pecel lele. Namun terkadang ada pilihan yang sangat sulit diputuskan karena akan mempengaruhi jalan hidup kita, misalnya memilih pasangan hidup, karena pasangan hidup yang dipilih akan mempengaruhi kita seumur hidup.
     Ada banyak cara menentukan pilihan. Ada yang memilih karena dorongan hati, ikut orang lain atau akibat rayuan. Ada pula yang memilih secara serius dan rasional sesuai kebutuhan, keuangan, dan pengalaman orang lain. Namun dasar pertimbangan yang paling penting dalam memilih adalah ajaran yang tertulis dalam Alkitab. Banyak nasihat yang berisi kebenaran Tuhan yang dapat menolong kita dalam memutuskan suatu pilihan. “Dengan nasihat-Mu Engkau menuntun aku, dan kemudian Engkau mengangkat aku ke dalam kemuliaan.” (Maz. 73:24) 
         
Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari Ibu Kin Kin di Branti : Apa benar kasih itu menutupi segala hal? Bukankah Firman Tuhan mengatakan  iman tanpa kasih itu sia-sia? Tolong berikan saya ayat tentang kasih, saya lupa. Terima kasih.
  • Dari bpk Shalom di Antasari : Bertobat yang Allah kehendaki itu bagaimana? Doakan perjalanan saya ke Bakauheni lancar. Saya sekarang sedang di mobil, saya supir travel. Terima kasih.
  • Dari bpk Alim di Sukarame : Siapa yang dimaksudkan dengan orang Majus? Mereka berasal darimana? Kapan mulai muncul di Firman Tuhan?
  • Dari sdr Misel di Pagar Alam : Shalom. Tuhan bilang rancanganKu damai sejahtera. Kalau ada anak Tuhan yang kecelakaan itu bagaimana? Pertanyaan besar karena anak Tuhan itu rajin melayani.
  • Dari seseorang : Apakah kota yang dihantam bencana adalah kota yang tidak bertobat, seperti Mentawai, lumpur Lapindo, Jepang, dan lain-lain?
  • Dari sdr Yorni : Selamat malam. Apakah rencana Bapa itu indah pada waktunya? Bagaimana kalau waktu itu habis karena kiamat padahal rencana itu belum terlaksana?
  • Dari ibu Lily di Kemiling : Selamat malam, Samaria Ministri. Terima kasih atas Firmannya. Bolehkah anak Tuhan mempunyai hutang?
  • Dari bpk Petrus di Tanjung Senang : Mengapa ada anak Tuhan yang murtad?
  • Dari ibu Endang : Bagaimana jika kita ada masalah dan menghadapi jalan buntu? Berdoa sudah. Bagaimana cara mengatasinya?
  • Dari Santa Ani di Pahoman : Saya guru Sekolah Minggu. Bagaimana penjelasan perumpamaan tentang benih yang ditaburkan itu?
  • Dari bpk Siregar : Selamat malam. Puji Tuhan Lampung tidak tenggelam. Tuhan mengasihi Lampung. Opung saya di Rajabasa juga mendengarkan siaran ini. Doakan keluarga kami.
  • Dari ibu Markus : Selamat malam. Firman Tuhan memberkati. Jika asa orang muda sakit-sakitan, apakah karena ada dosa?
  • Dari seseorang : Selamat malam. Bagaimana caranya agar sabar menunggu jawaban Tuhan? Saya terkadang tidak sabar dan mengeluh. Mengapa, ya pak?
  • Dari sdr Yermi : Selamat malam. Apakah jika perpuluhan kita tertunda, Tuhan tidak akan memberkati kita?
  • Dari bpk Agus di RM. Beringin :Doakan usaha saya dan juga istri yang sedang tidak enak badan. Saat ini beliau sedang mendengarkan siaran Heartline.
  • Dari sdr Yeni di Tanjung Senang : Doakan agar saya semakin giat dalam Tuhan. Terima kasih atas Firman Tuhan.
  • Dari ibu Maria di Natar : Bagaimana supaya kita fokus dalam ibadah? Ketika sedang ibadah, ada telpon suami sakit. Terpaksa ibadah saya tinggalkan. Apakah tindakan itu salah?
  • Dari sdr. Diko di Kemiling : Berdosakah anak Yesus yang menikah dengan pelacur? Pelacur itu telah bertobat dan juga menjadi anak Yesus.
  • Dari ibu Grace di GBI Vila Citra : Doakan kesehatan suami dan anak di Jakarta dan juga supaya jangan kebanjiran.
  • Dari sdr Lulu di Panjang : Saya menghadapi masalah keluarga. Papa dan mama ribut terus. Apa yang harus saya lakukan sebagai anak?
  • Dari seseorang : Mengapa anak-anak Yesus juga menderita?
  • Dari sdr Yermi di mobil : Apakah semua umat Tuhan akan masuk Sorga?
  • Dari sdr Rudi di Tanjung Bintang : Apa tanggung jawab sebagai anak Tuhan hanya beribadah saja?
  • Dari sdr Nathan di Rajabasa : Doakan untuk pekerjaan dan jodoh saya.
  • Dari sdr Gino di Panjang : Saya baru diPHK. Perusahaan tempat kerja saya akan ditutup. Mohon doakan dan beri tanggapan.
  • Dari sdr Jo di Way Halim : Bos di pekerjaan saya itu galak. Apakah semua bos itu galak?
  • Dari sdr David di Jati Agung : Mengapa hidup dalam Tuhan selalu sulit? Apakah ada janji Tuhan yang tidak digenapi?
  • Dari sdri Yanti di Way Halim : Tuhan memberi saya petunjuk untuk melangkah. Doakan semoga saya berhasil
  • Dari sdr Yudi : Apakah Tuhan masih (maaf tidak terrekam-pen)