Jangan Lemah

Jumat, 17 April 2015 pukul 19.00 - 20.00 
"Jangan Lemah" 
Tutu Petrus

Pendamping : 
Dany Salim, Yosef Aegeng Laseno, Yefta Khohar, 
Yohannes Lie, dan Rietje Bokau


2 Kor 4:8 “Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa.”, 

Kita sering mengalami apa yang dialami seperti ditulis rasul Paulus dalam segala hal kita ditindas, namun kita tidak terjepit dan tidak berputus asa karna iman kita kepada Yesus. Saat ini banyak sekali masalah dan terkadang kita tidak bisa mengatasinya. Jika kita punya keyakinan, pasti Tuhan akan memberikan jalan yang terbaik. Apapun yang para pendengar alami janganlah pernah berputus asa dan berputus harap. 2 Taw 15:7, dengan berusaha dan jangan lemah dalam semangat, dengan permohonan kepada Tuhan ada upah yang disediakan Tuhan. Mat 16:9, Dalam setiap iman, kita punya pengharapan, kuncinya hanya 1 jangan pernah putus asa. Tuhan pasti memberkati kita. Amin.  

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline : 
  • Dari Ibu Non, Doakan kesembuhan asam urat, rematik dan gejala kelumpuhan. 
  • Dari Ibu Siti, Bagaimana kita melayani orang yang baru mengenal Yesus? 
Jawab : Orang yang baru mengenal Yesus diibaratkan sebagai bayi, masih harus diberi susu dan makanan lunak. Jadi ajarilah dulu dasar iman dan Firman Tuhan, bimbinglah dalam berdoa, ajaklah mengikuti persekutuan, dan ajarkan menyanyikan lagu pujian dan penyembahan.
  • Dari Bpk Lasman, Doakan saya sakit batuk sudah bertahun-tahun. 
  • Dari Donald, Saya memiliki pasangan seiman, awalnya ketika bertemu senang, namun sekarang menjauh. Mengapa?
Jawab : Biasanya setelah bergaul cukup lama, baru nampak sifat asli pasangan. Ada yang merasa cocok, ada juga yang tidak. Terkadang perlu penyesuaian. Mungkin dia merasa kurang cocok dan tidak mau menyesuaikan diri. Lebih baik ditanya secara tegas, mau lanjut atau tidak, jangan mengambang, supaya tidak berlarut-larut.
  • Dari Heri, Saya dulu suka mabuk dan saat ini pun saya masih mabuk, namun rajin ke gereja, ini bagaimana? 
Jawab : Firman Allah mengajarkan agar kita tidak mabuk anggur atau minuman keras. Semakin rajin ke gereja, seharusnya makin dewasa dalam iman dan makin taat Firman Tuhan. Jadi berdoa mohon kemampuan dari Tuhan dan berhentilah mabuk. 
  • Dari Yesaya, Kalau kita ikut uji nyali seperti di TV, boleh tidak? 
Jawab : Sebaiknya tidak usah mengikutinya
  • Dari Bpk Yunus, Saat saya menghadapi masalah keluarga, terkadang saya tidak kuat dan tidak dapat beribadah secara fokus, itu bagaimana? 
Jawab : Setiap keluarga mempunyai masalah masing-masing. Jika memandang masalah itu besar, kita akan dipengaruhi sehingga makin rumit. Namun jika yakin bahwa bersama Tuhan, kita dapat mengatasi masalah itu, maka masalah itu dapat diatasi. Berdoalah bersama keluarga, mohon agar Tuhan memberi jalan keluar, dan hadapi dengan pikiran tenang, maka kita dapat fokus pada ibadah.
  • Dari Pdt Boas Jumanto, Bersyukur dan memberikan apresiasi kepada bapak-bapak yang setia melayani, melebihi kami hamba-hamba Tuhan. 
Jawab : Terima kasih atas penghargaannya, namun kesetiaan para hamba Tuhan jauh melebihi kami. 
  • Dari Putra, Kenapa hidup saya selalu jauh dari kebahagiaan, jangankan menjalin hubungan dengan wanita, menjalani kehidupan sehari-hari saja susah? 
Jawab : Ada baiknya kita selalu introspeksi diri. Mungkin ada yang salah dengan cara hidup kita. Jangan putus asa, bangkitlah dari keterpurukan, jangan hanya berkeluh-kesah, berjuang terus meraih keberhasilan bersama Tuhan. Tuhan memberkatimu
  • Dari Amel, Saya kecewa karena ditinggal pasangan seiman, dan sekarang lemah iman dan mulai mencoba melakukan hal-hal negatif. Bantu dalam doa. 
Jawab : Memang amat menyakitkan jika ditinggal pasangan, tapi jangan hal itu membuatmu berlarut-larut dalam kesedihan, apa lagi imanmu melemah dan melakukan hal negatif. itu hanya membuat hidupmu makin menderita. Bangkitlah, hidupmu yang amat berharga itu masih panjang. Kelak Tuhan akan memberikan pasangan yang jauh lebih baik. Berdoalah selalu
  • Dari Bpk Alex, Doakan kesembuhan sakit, iman semakin kuat dan keluarga agar semakin kuat dalam menghadapi cobaan. 
  • Dari Doni, Saya seorang cowok yang mengalami luka hati terhadap cewek seiman, kami sempat berkomitmen untuk bertunangan, namun hubungan kami jadi ribut, sekarang dia ganti nomor dan tidak bisa dihubungi. Saya sakit hati. Doakan agar kuat menghadapinya. 
Jawab : Sebaiknya hubungan kalian diselesaikan dengan baik-baik tanpa rasa emosional. Mungkin dia hanya marah sesaat. Namun jika dia bersikeras mengakhiri hubungan, jangan memaksa. Mungkin dia bukan pasanganmu. Masih banyak wanita lain yang lebih cocok denganmu. Berdoalah selalu
  • Dari Yuli, Doakan untuk kesehatan dan berkat-berkat mengalir dalam keluarga. 
  • Dari Rini, Doakan agar jiwa raga dipulihkan dari sakit karna banyak tekanan hidup. 
  • Dari Mono, Doakan kerinduan agar semakin dekat dengan Tuhan. 
  • Dari Maria Marta, Doakan rumah doa kami agar dapat beribadah lagi karna mendapat tekanan tidak boleh ibadah. 
  • Dari Santi, Di saat situasi yang membuat kita terjepit, sehingga tidak mungkin kita berdoa dan mendapatkan mujizat, bagaimana menanggapinya? 
Jawab : Sesulit apa pun siatuasinya, kita masih bisa berdoa memohon pertolongan Tuhan. Hadapi masalah itu dengan beriman pada Tuhan dan dengan tegar, Tuhan akan memberi jalan keluar. tetaplah berdoa.
  • Dari NN, Terkadang dalam kehidupan mengalami putus asa terutama dalam usaha, terkadang terpaksa melakukan hal menyimpang, boleh tidak? 
Jawab : Ketika ada ujian dalam kehidupan ini, janganlah menyimpang dari ajaran Tuhan, justru harus semakin taat, setia, dan beriman pada Tuhan. Jika kita menyimpang berarti kita mendapat kekalahan, tapi jika iman kita teguh, kita akan mendapat kemenangan.
  • Dari Bpk Tumoyo, Doakan sakit darah tinggi dan jantung berdebar. 
  • Dari Ibu Suryati, Doakan kesembuhan saya. 
  • Dari Yuni, Jika kita tidak bisa mengampuni mantan, apakah berdampak buruk bagi masa depan? 
Jawab : Ya, akan berdampak buruk. Jika tidak mau mengampuni, Tuhan juga tidak mengampuni dosa kita. Itu dampak yang amat buruk. Di samping itu, kita pun akan terus menderita, bisa-bisa akan timbul penyakit. jadi ampunilah dia, dan jalani hidup baru dengan hati penuh sukacita.
  • Dari Ibu Joni, Apa yang membuat anak muda jatuh ke hal bebas? Sebagai orangtua bagaimana menanggapinya? 
Jawab : Anak muda terperosok dalam hidup bebas karena bergaul dengan hal-hal tersebut. Didiklah mereka takut pada Tuhan sejak masih kecil, maka masa dewasa, mereka akan berjalan menurut jalan Tuhan
  • Dari Weni, Dulu saya pernah pacaran dengan yang tidak seiman, saya putuskan dia karna memilih Yesus, namun saya belum bisa move on, sekarang banyak cowok seiman yang mendekati saya namun saya tolak. Itu bagaimana?
Jawab : Kamu sudah berani memilih Yesus, itu menunjukkan imanmu cukup kuat. Karena itu, jangan berhenti sampai disana saja. Bukalah hatimu untuk pemuda yang lain yang seiman. maka kamu akan melupakan masa lalumu yang pahit.
  • Dari Bpk Herman, Seperti apa Yesus menjamah orang yang belum percaya? 
Jawab : Ada banyak cara Tuhan menjamah mereka. Kadang Yesus menampakkan diri, contohnya Yesus menampakkan diri pada Paulus. Ada yang melalui mimpi atau berjumpa dengan malaikat yang diutus, ada yang melalui pembacaan buku rohani atau tulisan di internet, TV, atau radio, karena kesaksian orang percaya, lewat KKR Mujizat, melalui doa dan masih banyak lagi
  • Dari Ibu Fransiska, Doakan baru membeli rumah, dulunya setiap yang tinggal di rumah itu meninggal. 
  • Dari Reni, Apa perbedaan Roh Kudus dan Karunia Roh Kudus?
Jawab : Roh Kudus adalah pribadi Allah sedangan karunia Roh Kudus adalah karunia yang diberikan oleh Roh Kudus, seperti tertulis dalam 1 Korintus 12.
  • Dari Ibu Tatik, Doakan kesehatan suami yang sedang sakit. 
  • Dari Ulina, Saya memiliki mama yang pekerja keras, beliau bekerja untuk membiayai 4 anaknya, karena ayah sudah meninggal. Akibatnya beliau jarang beribadah karna harus bekerja keras. Apakah beliau selamat?
Jawab : Kami salut dengan ibumu yang bekerja keras demi menghidupi keluarga. Situasi itu yang menyebabkan ibumu sulit beribadah. Mungkin saat akan ibadah, dia amat kelelahan dan harus beristirahat. Namun ibumu tentu masih bisa berdoa dan membaca Alkitab, walaupun cuma satu ayat saja. Selama ibumu percaya pada Tuhan Yesus, dia pasti selamat. 
  • Dari Ibu Lisa, Doakan agar diberikan momongan. 
  • Dari Asel, Apakah pengakuan iman rasuli berbeda-beda?
Jawab : Mungkin kata-katanya agak berbeda, namun isinya sama.