Pengendalian Diri

Siaran Youth Samaria Ministri, Rabu 15 April 2015 pk 19-20
Renungan kak Jahja Wangsajaya "Pengendalian Diri" 
Pendamping Yefta Khohar, Indra Sinurat, dan Yosef Ageng Laseno


Ams 25:28 “Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.”

     Salah satu problema masa muda adalah menguasai diri. Pernahkah emosi kita meledak tanpa terkontrol sehingga kata-kata kasar pun kita anggap biasa ketika kita ucapkan. Padahal semua hal itu tidak pantas dilakukan dan memalukan diri sendiri. “Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.” Artinya tidak ada lagi benteng pertahanan dari serangan musuh kita yaitu iblis. Sebagian orang bertanya mengapakah begitu sulit untuk mengendalikan diri? Tuhan Yesus berkata : Mat 26:41, Mar 14:38 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.” Kita ingin melakukan segala hal yang baik tetapi manusia jasmaniah lebih tunduk kepada kuasa dosa yaitu keinginan daging yang berlawanan Roh Kudus (Gal 5:17, 1 Pet 2:11). 
     Kunci pengendalian diri adalah kedekatan kita dengan Tuhan, sebab dengan taat dan setia dalam melakukan Firman-Nya, maka otomatis kita senantiasa dapat bertindak sesuai dengan ajaran Firman Tuhan yang membuat kita hidup benar di hadapanNya dan manusia. Pengendalian diri adalah bukti kedewasaan rohani dalam mengiring Tuhan. Demikianlah renungan kita pada malam ini, kita harus memiliki pengendalian diri sebagai ciri kita telah dewasa iman. Tuhan Yesus memberkati. Amin. 

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline : 
  • Dari Dwi, Sering kali kecewa sama suami karna beda keyakinan, bagaimana saya menghadapinya dan tetap setia kepada Tuhan?

Jawaban : Firman Tuhan berkata tidak boleh bercerai, jalan satu-satunyanya ibu jangan bercerai, inilah salib yang ibu harus pikul. Ibu harus setia dan berharap kepada Tuhan. Lakukan puasa dan doa pribadi untuk pernikahan ibu.

  • Dari Bpk Eko, Dalam Kristen tidak boleh adanya perceraian apalagi isteri 2, kalau itu terjadi, langkah apa yang harus diambil? 

Jawaban : Jangan pernah kita bercerai dengan bermacam-macam alasan karna itu menyakitkan Tuhan. Bertobat dengan sungguh-sungguh dan minta ampun kepada Tuhan, kita percaya Allah kita pengasih dan penyayang. 

  • Dari Putra, Bagaimana caranya mengendalikan diri di kala kita dianggap remeh orang lain karna kita miskin?

Jawaban : Firman Tuhan berkata kita diperkaya Kristus, kita datang kepada Tuhan disitulah kita diperkaya Tuhan. Kita harus datang kepada Tuhan maka semua akan ditambahkan Tuhan. 

  • Dari Reni, Dalam Aml 16:31, maksudnya apa?  

Jawaban : Firman Tuhan mengatakan sampai memutih rambut kita Tuhan tidak akan meninggalkan kita, jika kita selalu berharap dan percaya kepada Tuhan karna kita dewasa iman, sepanjang hidup dari kita kecil sampai rambut putih. 

  • Dari Mazda, Saya yakin jika kita percaya Tuhan dapat menyembuhkan berbagai penyakit, tapi kenapa sampai sekarang saya belum sembuh? 

Jawaban : Harus yakin dan percaya mujizat masih ada, minta terus dan sungguh-sungguh kepada Tuhan, dan mujizat akan terjadi. 

  • Dari Renold, Doakan agar saya dikuatkan Tuhan dalam proses tahanan dan keluarga agar terus diberkati Tuhan. 
  • Dari Rudi, Pengendalian diri itu bersangkutan dengan emosi, apakah emosi sifat yang diciptakan Tuhan? 
Jawaban : Emosi itu bersangkutan dengan pengendalian diri dan itu merupakan karunia dari Tuhan. 
  • Dari Rita, Dosa mata sering tidak bisa kita kendalikan, walaupun tidak punya uang kita ingin beli sesuatu, bagaimana kita bisa mengendalikan mata? 

Jawaban : Kita dapat hidup sederhana sesuai dengan kemampuan kita, keinginan harus kita batasi. 

  • Dari Karida Purba, Doakan untuk pekerjaan agar lancar dan tetap menjadi berkat buat orang lain. 
  • Dari Ibu Yuli, Doakan untuk sekolah Paud permata hati karna selalu tersesihkan. 
  • Dari Cukumaidi, Ujian terberat adalah mengendalikan diri, terkadang kita tidak bisa menahan untuk berbuat dosa, bagaimana cara kita mengendalikannya? 

Jawaban : Jangan patah semangat, jika kita melakukan dosa minta ampun kepada Tuhan. 

  • Dari Ernes, Sikap buruk apakah dari Tuhan, apakah dapat dibentuk? 

Jawaban : Tuhan mengajarkan kebaikan dan keburukan berasal dari si iblis, oleh sebab itu lakukan hidupmu sesuai Firman Tuhan agar terhindar dari sikap buruk. 

  • Dari NN, Didalam hidup sering mengalami gejolak sex, terkadang tidak bisa mengendalikannya, bagaimana mengatasinya? 

Jawaban : Sebagai anak muda wajar tidak bisa mengendalikan diri, oleh sebab itu berserahlah kepada Tuhan. 

  • Dari Kristian, Doakan Proses kesembuhan ibu saya. 
  • Dari NN, Punya masalah dalam hidup, terkadang depresi saya melihat foto-foto negatif, bagaimana cara menghilangkannya? 

Jawaban : Semua masalah adalah ujian buat kita, kalau kita memiliki hidup negatif kita harus belajar dan berserah kepada Tuhan maka Tuhan akan turun tangan, adakan pertobatan.

  • Dari Lela, Apakah jika menikah buru-buru, kita tidak bisa mengendalikan diri? 

Jawaban : Tidak seperti itu, menikah adalah kesiapan kita.

  • Dari Aldo, Bagaimana mengendalikan diri dalam dunia maya, yang berbau negatif? 

Jawaban : Lakukan sesuai Firman Tuhan, maka kita akan tahu mana yang buruk dan baik. 

  • Dari Aldi, Apakah pengaruh besar jika bisa mengendalikan diri, dapat melakukan mujizat kesembuhan? 

Jawaban : Adalah karunia dari Tuhan jika kita dapat menyembuhkan, dan ketika kita melakukan pelayanan maka akan mendapatkannya.

  • Dari Ibu Dewi, Jika seseorang ingin terbaik buat anaknya, ingin anaknya kuliah di tempat yang terbaik dengan pergi menjadi TKI, namun anaknya baru smp, berbagai cara dilakukan suaminya, apakah benar yang dilakukan ibu itu?

Jawaban : Isteri harus patuh kepada suami, minta saran kepada Hamba Tuhan dan keluarga kita, semua ada jalan keluarnya.

  • Dari Maria Marta, Fil 2:15-16a, artinya apa? 

Jawaban : Seperti yang terdapat dalam injil Matius bahwa kita harus menjadi garam dan terang dunia, dunia semakin buruk, namun jika kita dekat dengan Tuhan kita akan menjauh dari hal-hal negatif tersebut dan menjadi bintang-bintang di dunia.

  • Dari Ingan, Doakan doni yang sakit.
  • Dari Julius, Doakan perkerjaan dan pdkt agar berhasil.