Tampil Beda

Jumat, 13 Pebruari 2015 pukul 19.00 - 20.00
"Tampil Beda" 
Dany Salim

Pendamping :
Pdt Daniel Sanger, Yohannes Lie,  dan Yefta Khohar


Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya. Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup.” (Yoh. 5:11-12)

    Dalam Injil Matius dikatakan bahwa Tuhan menciptakan matahari dan hujan untuk semua orang. Tuhan memberikan segala sesuatu untuk semua orang, Dia tidak memilih-milih tapi memberi berkat jasmani yang sama pada semua orang. Demikian juga dengan masalah ini, bukan hanya orang yang percaya Yesus saja yang mengalaminya, tapi semua orang. Yang membedakan kita dan orang yang tidak percaya pada Yesus adalah kita memperoleh hidup kekal karna kita percaya padaNya. Tampil beda dalam pengertian karakter rohani, terdapat dalam tiga hal yaitu dalam hal :
  1. Iman. “Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.” (Ibr. 11:6) Walau banyak masalah yang dihadapi, kita harus tetap beriman kepada Tuhan. Jangan pernah menjual iman percaya kita pada Tuhan. Saat kita mengeluh ketika mengikut Yesus, berarti iman kita sedang jatuh.
  2. Pengharapan. “Sebab kita diselamatkan dalam pengharapan. Tetapi pengharapan yang dilihat, bukan pengharapan lagi; sebab bagaimana orang masih mengharapkan apa yang dilihatnya” (Roma 8:24) Miliki pengharapan sungguh-sungguh pada Tuhan. Dialah yang memberi jalan keluar bagi kita. Sampai hari ini Allah masih terus bekerja agar kita tetap tekun dalam pengharapan hanya padaNya.
  3. Kasih.  “Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.” (1 Kor 13:4-6” Ketika kita percaya kita harus melakukan kasih Kristus dalam hidup kita. 
     Tidak mudah melakukan hal-hal ini, tapi percayalah Tuhan akan memberi kemampuan asalkan kita terus bersama Tuhan. Tuhan Yesus memberkati. Amin

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :
  • Dari Evilia : Saya selalu menghargai usaha teman, tapi dia selalu mencela usaha saya, apa yang harus dilakukan? 
Jawab : Firman Tuhan tadi mengatakan kita harus tampil beda dalam mengasihi. Maafkan dan tetaplah mengasihi dia sesuai ajaran Tuhan Yesus
  • Dari Aang : Doakan kesehatan dan keluarga agar diberikan rezeki. 
  • Dari Amir : Apa perbedaan Yesus dengan Allah Yehuwa? 
Jawab : Allah Maha Kuasa yang disembah bangsa Israel adalah YHWH, yang sering diucapkan sebagai Yehuwa, Yahwe, atau Yehova.  Allah itu turun ke dunia menjadi manusia yang disebut Yesus untuk menebus dosa manusia. Jadi  Allah Yehuwa dan Yesus itu sama.
  • Dari Petra :  Apa arti Yeshua Hamasia? 
Jawab : Itu adalah perkataan dalam bahasa Ibrani. Yeshua artinya Yesus dan Hamashia artinya Mesias atau Kristus, Jadi Yeshua Hamashia artinya Yesus Kristus
  • Dari bpk Tomas : Seorang hamba Tuhan untuk masuk Kerajaan Surga apakah ada target jumlah jiwa yang dimenangkan? 
Jawab : Anugerah keselamatan diperoleh manusia semata-mata hanya karena anugerah Allah bagi yang percaya, bukan karena hasil perbuatan atau prestasinya. Jadi masuk Sorga tidak didasarkan pada banyaknya jumlah jiwa. Banyaknya jiwa terkait dengan besar upah di sorga. Semakin banyak jiwa yang dimenangkan, semakin besar upahnya.
  • Dari Lita : Doakan pendidikan saya dan kesehatan orangtua. 
  • Dari Klara : Bagaimana pendapat bapak mengenai pelarangan ibadah di Bekasi karena masalah izin gereja? 
Jawab : Sesuai peraturan pemerintah, sebaiknya gereja mengurus ijin agar tidak menjadi masalah. Juga harus dijaga agar saat ibadah tidak mengganggu lingkungan sekitar, misalnya masalah parkir kendaraan atau suara berisik musik.
  • Dari bpk Edi : Doakan agar usaha anak lancar. 
  • Dari NN : Apakah Roh Allah dan Roh Kudus berbeda? 
Jawab : Tidak berbeda, Roh Allah, Roh Kristus, Roh Kudus semua sama
  • Dari ibu Zainal : Apa yang dimaksud dengan tampilan beda tadi?
Jawab : Pengertian tampil beda bukan dalam hal tampilan fisik, tapi dari tampilan rohani, yaitu dalam hal iman, pengharapan dan kasih
  • Dari Jessica : Apakah seorang Hamba Tuhan muda jika ketahuan pacaran akan dikeluarkan dari gereja?
Jawab : Tidak selalu demikian. Namun jika pacarannya berlebihan sehingga berpotensi mengganggu jemaat atau agar jangan sampai melampaui batas, mungkin dia akan kena sanksi atau dipindahkan.
  • Dari Jason : Cara mendoakan calon isteri bisa berpuasa berapa kali? 
Jawab : Utamakan berdoa dan berpuasalah untuk hal-hal rohani, setelah itu mintalah sesuatu terkait kebutuhan kehidupan seperti mendapatkan rejeki atau istri. Tidak ada ketentuan berapa kali puasa untuk calon istri. Semua itu tergantung pada kehendak Tuhan
  • Dari Ibu Leli : Bagaimana memandang hidup ini, apakah hidup harus kaya dan banyak harta? 
Jawab : Tujuan hidup kita adalah menjadi kaya dalam hal rohani dengan mengumpulkan harta di sorga. Yesus berkata, "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.” (Mat. 6:19-20) Tetapi jika kita bekerja dengan giat sehingga Tuhan memberkati kita dengan harta dunia, itulah anugerah yang patut disyukuri, karena dengan harta itu kita dapat memuliakan Tuhan, membantu pekerjaan Tuhan, mencukupi kebutuhan keluarga, dan menolong orang lain yang membutuhkan.
  • Dari Ayu : Sering kali malas beribadah, bagaimana solusinya? Apakah ini pengaruh perkembangan zaman? 
Jawab : Perkembangan zaman bisa mempengaruhi orang untuk malas ibadah karena terlalu banyak kesibukan. Tapi ibadah akan menjadi kebutuhan utama jika kamu sungguh-sungguh mengasihi Tuhan. Jadi lawanlah rasa malas itu dan berdoa mohon kekuatan Tuhan
  • Dari Yosi : Bagaimana agar kita tetap kuat dalam menghadapi masalah dalam belajar? Banyak biaya yang dibutuhkan tapi kami masih menunggak bayaran sekolah. 
Jawab : Membayar uang sekolah adalah kewajiban orangtuamu. Jika kesulitan dana, mereka bisa menghadap Kepala Sekolah untuk minta keringanan atau bantuan beasiswa. Tugasmu adalah belajar rajin dan serius agar segera lulus dan meraih cita-citamu. Dengan demikian kamu akan meraih masa depan yang cemerlang, sehingga kelak bisa membantu orangtuamu. Jadi jangan berputus asa, Tetap berharap pada Tuhan. Ada banyak anak dari keluarga pas-pasan dapat meraih prestasi luar biasa di masa depannya.
  • Dari ibu NN : Kalau dalam keluarga suka berkelahi, bagaimana solusinya? Apakah itu tidak jodoh?
Jawab : Percekcokan terjadi karena sikap egoisme dan saling tidak mau kalah. Solusinya, lakukan pembicaraan dengan lembut dan dengan kepala dingin disertai sikap kasih, saling mengalah, saling menghormati dan tidak saling merendahkan, dan ajaklah keluarga semakin mendekatkan diri pada Tuhan. Kalau sudah diteguhkan dalam pernikahan, berarti sudah disatukan atau dijodohkan Tuhan.
  • Dari Yohanes : Arti dari menghakimi itu apa? Bagaimana dengan penghakiman akhir?
Jawab : Menghakimi adalah menilai kesalahan orang lain dari sudut pandang kita yang mungkin keliru. Misalnya, kita menilai seseorang dan menganggapnya tidak mau membantu orang lain, padahal mungkin dia membantu orang lain tanpa setahu kita. Sebaliknya justru kitalah yang tidak pernah membantu. Yesus berkata, "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?” (Mat.7:1-3) Sedangkan Penghakiman Akhir adalah penghakiman pada masa akhir dunia oleh Yesus bagi semua manusia sesuai perbuatan mereka. Bagi orang percaya, dihakimi untuk menerima upah di sorga. Bagi yang tidak percaya, dihakimi untuk menerima hukuman kekal di neraka.
  • Dari Rais : Bagaimana memahami panggilan Tuhan? Apakah Tuhan memanggil kita untuk menderita? 
Jawab : Kita dipanggil Tuhan bukan untuk menderita, tapi untuk menerima keselamatan kekal. Karena itu kita diperintahkan Tuhan untuk memberitakan kabar keselamatan bagi orang yang belum percaya agar mereka pun menerima keselamatan itu. Dalam pelayanan pekerjaan Tuhan, kita mempunyai panggilan khusus yang hanya akan diketahui macamnya, setelah kita bertindak melayani pekerjaanNya. Saat melayani Tuhan mungkin kita mengalami penderitaan. Namun Yesus berkata, “Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.” (Mat. 5:10)
  • Dari ibu Ratna : Apakah jika belum dibaptis kita dapat diganggu roh kegelapan walau  sudah percaya? 
Jawab : Baptisan adalah wujud pernyataan iman kita pada Yesus. Orang yang sudah dibaptis pun bisa diganggu roh kegelapan. Yesus setelah dibaptis, dicobai oleh iblis. Namun orang percaya dapat mengusir kuasa kegelapan di dalam nama Tuhan Yesus
  • Dari Maria : Bagaimana agar kita dapat melupakan masa lalu yang hampir bertunangan tapi gagal? 
Jawab : Janganlah terbenam pada masa lalumu yang tidak mungkin kembali lagi. Lupakan dia, bukalah hatimu bagi orang lain, dan berdoalah agar Tuhan memberi pengganti yang lebih baik.
  • Dari Robert : Apakah jika tadinya Katolik lalu masuk GPdI harus dibaptis ulang? 
Jawab : Ada gereja yang membaptis ulang dengan baptisan selam, misalnya GPdI. Baptisan ulang juga dilakukan oleh Paulus kepada mereka yang telah dibaptis dengan baptisan Yohanes Pembaptis. Baca Kisah Para Rasul 19:3-5
  • Dari Tia : Saya kesulitan berdoa pagi atau subuh karena sering ketiduran terus, apa solusinya? 
Jawab : Jangan tidur terlalu malam, dan biasakan bangun sekitar pukul 5 pagi. Jika berniat sungguh-sungguh untuk doa pagi, pasti kamu bisa.
  • Dari Yuda : Doakan pekerjaan orangtua. 
  • Dari ko Asin : Doakan adik saya Amie agar cepat sembuh. 
  • Dari Rini : Saya pacaran dengan seorang hamba Tuhan sudah 8 tahun namun dia pergi. Dia berkata, “Sampai jumpa di gerbang sorga.”, bagaimana solusi bapak? 
Jawab : Harusnya kamu menyadari bahwa perkataannya itu merupakan pesan perpisahan. Lupakan dia, berdoa dan cari penggantinya
  • Dari NN : Apakah salah jika beribadah di dua gereja? Di satu gereja saya menjadi majelis dan di gereja lain jadi worship leader. Apakah saya harus memilih? Apakah dampak jika saya ketahuan pihak gereja? 
Jawab : Ya kamu harus memilih gereja di tempat kamu dipercaya menjadi majelis. Jika kamu ingin membantu di gereja lain sebagai WL, bicarakan secara baik-baik dengan gembala gerejamu, jangan sembunyi-sembunyi.
  • Dari Yahya : Doakan keluarga dan perkebunan kopi yang diganggu kuasa iblis. 
  • Dari Marsha di Bengkulu : Dalam hidup selalu ada pencobaan.
Jawab : Ya benar, tapi bersama Tuhan kita akan memperoleh kemenangan
  • Dari Carolina : Doakan agar berhasil dalam pekerjaan, juga untuk orangtua dan pendamping hidup. 
  • Dari Herja : Doakan cita-cita saya menjadi model dan penari. 
  • Dari Tesalonika : Doakan agar abang saya dapat mmperoleh pekerjaan. 
  • Dari Rinal : Doakan kakak saya yang ingin pergi ke Hongkong.