Menjaga Kekudusan

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline, Jumat 22 Agustus 2014 pk 19-21
Renungan oleh Yohannes Lie "Menjaga Kekudusan"
Pendamping Yefta Khohar, Dany Salim, Tomy, dan Yahya Wangsajaya
Penyiar sdr Luki Winata
Jika ingin membaca renungan ini, silakan klik disini


“Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang ku-dus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.” (1 Pet. 1:14-16)

     Allah itu Maha Kudus, karena itu sebagai anakNya kita juga harus hidup kudus, “sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.” (Ibr. 12:14a) Ayat itu sangat tegas mengajarkan agar umat Tuhan tidak memandang rendah hal kekudusan. Kekudusan mutlak harus dijaga oleh anak Tuhan. Jika tidak, kita tidak akan pernah melihat Tuhan, berarti kita akan jauh dariNya dan akan mengalami kebinasaan. Lagipula “Allah memanggil kita bukan untuk melakukan apa yang cemar, melainkan apa yang kudus.”(1 Tes. 4:7)
     
Pertanyaan dan permohonan doa dari para pendengar radio Heartline :
  • Dari Ester : Terkadang dalam persekutuan komsel ada orang-orang yang berbicara tidak dengan hikmat, sering menyindir orang, apakah ini benar?
Jawab : Tentu saja itu tindakan yang tidak benar. Orang seperti itu umumnya punya masalah kejiwaan. Dia orang yang tidak percaya diri. karena itu agar bisa merasa diri hebat, dia merendahkan orang lain lewat ucapannya. Jangan meniru atau membalas tindakannya. Lebih baik berusaha tidak terlalu dekat dengannya.
  • Dari Mei Lin : Doakan buat kesehatan, sedang kurang enak badan.
  • Dari Robi : Bagaimana berbuat baik kepada orang yang telah menghina kita?
Jawab : Introspeksi diri mengapa dia menghina kita. Pasti ada penyebabnya. Mungkin dia sakit hati. Jika kita menyadari ada kesalahan, perbaikilah dan minta maaf padanya. Namun mungkin juga itu hanya karena dia iri hati dengan kita. Jika demikian, ampuni dan doakan dia karena sebenarnya dialah yang menderita. Jika bisa, pulihkan kembali hubungan persahabatan kalian 
  • Dari Even : Sebagai anak muda bagaimana menjaga keyakinan iman?
Jawab ; Keyakinan akan semakin teguh jika memahami Firman Tuhan dan melakukannya. Ketika ujian datang, imannya tetap kokoh seperti ajaran Yesus berikut, “Setiap orang yang datang kepadaKu dan mendengarkan perkataanKu serta melakukannya -- Aku akan menyatakan kepadamu dengan siapa ia dapat disamakan --, ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah: Orang itu menggali dalam-dalam dan meletakkan dasarnya di atas batu. Ketika datang air bah dan banjir melanda rumah itu, rumah itu tidak dapat digoyahkan, karena rumah itu kokoh dibangun” (Luk. 6:47-48)
  • Dari bpk. Andre : Apa yang menyebabkan kita kadang takut mengakui Yesus di tengah keramaian?
Jawab : Kita tidak berani menyatakan iman kita di hadapan orang lain umumnya karena takut dikucilkan atau dimusuhi, takut diejek dan ditertawakan, dan takut dianiaya. Padahal belum tentu demikian. Justru banyak orang lebih menghargai jika kita berani menyatakan identitas kita sebagai orang percaya. Namun bisa juga itu terjadi. Apa pun yang terjadi, janganlah malu mengaku Yesus di hadapan orang lain. Ingat perkataan Yesus, “Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan BapaKu yang di sorga." (Mat. 10:33) Lebih baik dikucilkan manusia daripada dikucilkan Allah
  • Dari ibu. Aling, Bagaimana menjaga keintiman bersama suami?
Jawab : Keintiman dalam keluarga tidak datang dengan sendirinya tapi harus diupayakan suami istri. Jalinlah selalu komunikasi dari hati ke hati antara suami istri. Jangan ingin mengubah pasangan kita menurut keinginan kita, tapi justru kitalah yang harus berubah menyesuaikan keinginan pasangan kita. Tetap saling mengasihi, menghargai, mendoakan, mendukung, setia dan menjaga kehormatan. Sertakan Yesus dalam kehidupan keluarga. Jika itu dilakukan pasti keintiman keluarga akan terjadi. 
  • Dari Anes : Apa yang memacu kita agar hidup berfoya-foya?
Jawab : Penyebab hidup berfoya-foya adalah keinginan kedagingan atau nafsu kita
  • Dari Yunita : Salah tidak jika kita mengikuti adat agama lain dalam suatu organisasi?
Jawab : Sebagai orang percaya, kita tidak boleh mengikuti tata cara agama lain. Jika berdoa, berdoalah dengan cara kita. Jika dipaksa, keluar saja dari organisasi itu. Lebih baik keluar dari organisasi daripada menyangkal Yesus.
  • Dari Demos Sembiring : Apa yang membuat orang mengungkit-ungkit masa lalu?
Jawab : Masa lalu ada yang baik dan buruk. Jika seseorang mengungkit masa lalunya yang baik, tentu ingin dipuji dan dihargai karena itu kebanggaan dirinya. Biasanya ini dilakukan orang tua. Jika seseorang mengungkit masa lalu yang buruk tentang dirinya, biasanya untuk memberi nasihat agar yang mendengar tidak mengulang perbuatan buruk itu. Namun ada juga orang mengungkit masa lalu buruk orang lain karena ingin menekan orang itu. 
  • Dari Eva di Pringsewu : Doakan, pacar yang belum mengenal Yesus, berikan kekuatan saya dalam mengajarkan tentang Yesus.
  • Dari Lia : Perlu tidak di saat berdoa kita membutuhkan kekudusan?
Jawab : Kekudusan diperlukan setiap saat, bukan hanya saat berdoa. Namun jika anda terjatuh dalam dosa, lalu menyesalinya, anda boleh langsung berdoa pada Tuhan memohon ampun. Tapi jangan berbuat lagi
  • Dari Vivi di Kimaja : Apa yang dimaksud dengan “belajarlah sesuai dengan Firman Allah”?
Jawab : Belajar bisa dengan pengertian belajar di sekolah atau belajar dalam kehidupan. Jika yang dimaksud belajar di sekolah sesuai Firman Allah, maksudnya belajarlah dengan rajin dan serius, mohon hikmat dari Allah, dan jujur dalam ujian, maka anda akan lulus dengan nilai terbaik. Jika yang dimaksud belajar dalam kehidupan, hadapilah kehidupan ini dengan penuh iman dan penyerahan diri pada Tuhan dan bertindaklah sesuai Firman Allah, maka anda akan diberkati.
  • Dari Samuel di Pesawaran : Doakan dalam pekerjaan agar diberkati Tuhan.
  • Dari Tika : Bagaimana cara mendoakan orang yang sakit?
Jawab : Ada banyak cara mendoakan orang sakit. Dalam Yakobus  5:14 tertulis, “Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan.” Bisa juga dengan menumpangkan tangan pada yang sakit, dan berdoa dalam nama Yesus disertai iman. Terkadang berdoa melalui telpon. Yang penting adalah doa yang disertai iman dan dalam nama Yesus. “Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” (Yak. 5:16)
  • Dari Shinta : Apa dampak dari suka menipu orang tua kita sendiri?
Jawab : Dampaknya orang itu menjadi anak durhaka yang membalas kebaikan orangtua dengan kejahatan, tidak lagi dipercayai oleh orangtua jika mereka tahu, dan berdosa pada Tuhan
  • Dari bpk. Abraham : Apa janji Tuhan kepada umatNya yang setia?
Jawab : Janji Tuhan adalah menyertai mereka sampai pada kesudahan dan hidup kekal di sorga
  • Dari Tino : Jikalau kita pasti masuk kerajaan surga, untuk apa kita menjaga kekudusan?
Jawab : Jika seseorang tidak menjaga kekudusan, dia tidak akan masuk sorga, karena kekudusan adalah perintah Allah. Yang masuk sorga adalah orang percaya. Bukti orang percaya adalah melakukan Firman Allah. Jadi walaupun mulutnya mengaku sebagai orang percaya tapi jika hidupnya bertentangan dengan Firman Allah, dia termasuk orang tidak percaya. 
  • Dari Andrian : Untuk apa kita menjaga kekudusan selain beribadah, apakah ada kebutuhan lain?
Jawab : Kekudusan bukan hanya untuk ibadah tapi harus tercermin dalam seluruh aspek kehidupan kita. Kita tidak akan bertemu Allah yang Maha Kudus jika kita selalu hidup dalam dosa. Jadi kekudusan adalah kebutuhan kita agar dapat berjumpa dengan Allah. 
  • Dari Kristianto : Salahkah jika kita tidak membayar perpuluhan? Apakah rezeki kita dibuat sulit?
Jawab : Ada beberapa pendapat teologi tentang perpuluhan. Masing-masing gereja mempunyai aturan tentang perpuluhan. Jika menetap pada suatu gereja, anda harus mengikuti aturan gereja itu. Tanyakan masalah perpuluhan ini dengan pemimpin gereja anda. Allah tidak pernah menyulitkan rezeki kita karena Bapa kita di sorga, “Menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. (Mat. 5;45b)
  • Dari Amrin Situmorang : Bagaimana caranya saya dan pacar dapat lebih memuji/memuliakan Tuhan?
Jawab : Hiduplah dalam kekudusan, rajinlah dalam doa dan ibadah, serta giat dalam pelayanan
  • Dari Tomas : Apakah keadaan darurat dapat diubah dengan doa? Apakah pendeta yang dahsyat dapat mengubahnya?
Jawab : Ya benar. Doa dapat mengatasi masalah darurat ketika Allah bertindak menolong. Yang mengubah keadaan bukan pendeta tapi Tuhan. Pendeta hanya alatNya saja. Tidak ada pendeta dahsyat, hanya Allah yang dahsyat. Jadi jangan memuja pendeta.
  • Dari bpk. Sudrajat : Doakan buat usaha agar diberkati Tuhan.
  • Dari ibu. Aisyah, Mengapa orang Kristen tidak boleh pelit, padahal orang pelit itu cepat kaya?
Jawab : Yang membuat orang kaya bukan pelit atau kikir tapi hemat. Hemat adalah menggunakan uang sesuai kebutuhan. Pelit atau kikir adalah sikap egois yang menganggap uang adalah segalanya dan tidak mau memberi pada orang lain. Orang kikir justru akan kekurangan, “Orang yang kikir tergesa-gesa mengejar harta, dan tidak mengetahui bahwa ia akan mengalami kekurangan” (Ams. 28:22) Orang Kristen tidak boleh pelit atau kikir karena, “pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.” (1 Kor. 6:10)
  • Dari bpk. Sudirman : Mengapa Tuhan memilih 2 pasangan presiden, namun ketika salah satu kalah lalu membuat onar?
Jawab : Yang memilih calon presiden adalah rakyat Indonesia melalui pilpres, bukan Tuhan. 
  • Dari Rais : Doakan ibu yang sedang sakit darah tinggi.
  • Dari ibu. Markus : Doakan untuk kesehatan dan keluarga dan anak-anak di Yogya.
  • Dari Udin : Apakah pengaruh dari kehidupan dunia akan membawa kita menjadi orang yang sombong?
Jawab : Jika hidup kita tidak dipimpin oleh Roh Kudus dan tidak dilandasi Firman Tuhan, maka pengaruh dunia bisa membuat kita sombong. Tapi jika kita menyadari bahwa semua kelebihan yang kita miliki berasal dari Tuhan, itu akan membuat kita tetap rendah hati. 
  • Dari Natan : Doakan agar diterima bekerja.
  • Dari Cindy : Apakah pergumulan itu tidak langsung dijawab?
Jawab : Pergumulan ada yang langsung dijawab Tuhan, ada juga juga yang tidak langsung dijawab. Semua itu adalah otoritas atau kuasa Tuhan. Kita hanya memohon.
  • Dari Yosefin : Bagaimana mengenali pasangan kita sebelum menikah?
Jawab : Ada pepatah mengatakan, “Bukalah mata sebelum menikah dan tutuplah setelah menikah” Artinya selama anda belum menikah dan masih pacaran, bukalah mata dan telinga lebar-lebar untuk mengenali pasanganmu. Pelajari karakter aslinya secara rasional maka anda akan lebih mengenalinya.
  • Dari bpk. Yanto di Ratulangi ; Apakah setan pantas untuk dihormati di dalam agama Kristen?
Jawab : Tidak ada karakter setan yang pantas dihormati karena dia adalah pelawan Allah, penipu, pembohong, penyesat, pembinasa, pembunuh, penghasut, dan banyak karaker buruk lainnya, karena itu dia tidak pantas dihormati. 
  • Dari Sari : Doakan untuk pekerjaan papa di Bandung dan keluarga yang ditinggalkan berikan kesehatan.
  • Dari Kezia : Kalau ibadah suka datang terlambat, apakah ibadah kita diterima Tuhan?
Jawab : Ibadah itu bertujuan menyembah, memuji dan mendengar ajaran Tuhan. Jika datang terlambat, tentu ada bagian liturgi yang tidak kita ikuti. Ibadah kita tetap diterima, tapi berkat kita menjadi berkurang. 
  • Dari Yohana : Apa yang menyebabkan kita lama kelamaan tidak berdoa dan menjadi malas berdoa?
Jawab : Malas berdoa dapat terjadi karena hubungan kita dengan Tuhan sedang melemah, doanya belum dijawab-jawab, bersifat rutinitas belaka, ada kesibukan atau karena lelah. Doa adalah komunikasi kita dengan Tuhan. Tanpa doa, iman kita akan semakin lemah dan semakin jauh dari Tuhan. karena itu, “Tetaplah berdoa” (1 Tes. 5:17)
  • Dari Rut : Bagaimana melakukan perkerjaan Tuhan dengan iklas dan tekun?
Jawab ; Pelayanan pekerjaan Tuhan harus didasari kasih kepada Tuhan. Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-dombaKu." (Yoh. 21:15) Jika pelayanan kita didasari kasih pada Tuhan maka kita akan ikhlas, tekun, dan tetap setia melakukan pekerjaan Tuhan walaupun menghadapi berbagai masalah
  • Dari Merlisa : Apa yang harus kita lakukan setelah dibaptis?
Jawab : Bertumbuhlah menjadi dewasa rohani dengan melakukan perintah Tuhan
  • Dari ibu. Warjito : Bagaimana kita melewati hidup yang bermasalah? Sudah dekat dengan Tuhan, namun belum ada jalan keluar?
Jawab : Setiap manusia di dunia ini pasti ada masalah, baik orang percaya maupun orang tidak percaya. Sebagai orang percaya, ketika menghadapi masalah kita harus tenang dan bersabar menantikan pertolongan Tuhan. Mintalah hikmat agar bisa mengatasi masalah itu dan bertindaklah dengan iman. 
  • Dari bpk. Darius : Apakah kemiskinan itu Tuhan ijinkan?
Jawab : Kemiskinan terjadi bukan atas kehendak Tuhan tapi karena sistem masyarakat dalam kehidupan ini. Jika kita berusaha meningkatkan kemampuan disertai doa dan kerja keras maka kita dapat mengatasi kemiskinan
  • Dari Linda : Bagaimana menjadi diri kita penurut Allah namun bukan penentang Allah?
Jawab : Kasihilah Tuhan dan lakukanlah perintahNya dengan sungguh-sungguh
  • Dari bpk. Sianturi : Doakan buat keluarga dalam kesehatan, pendidikan.
  • Dari Mahmud : Mengapa dalam 1 gereja ada pendeta yang disebut rasul?
Jawab : Memang ada satu aliran gereja yang disebut Gereja Kerasulan Baru yang memberi julukan pada gembalanya sebagai rasul yang artinya utusan Tuhan.
  • Dari bpk. Rohmat : Siapa yang menyebarkan agama Kristen dulunya?
Jawab : Penyebaran agama Kristen dilakukan oleh jemaat mula-mula ketika mereka ditindas para imam Yahudi sehingga mereka menyebar ke berbagai kota dan memberitakan Injil. Kemudian Tuhan memilih Paulus sebagai rasul bagi orang-orang kafir (non Yahudi). 
  • Dari Tiwi : Doakan buat kuliah agar diberkati.
  • Dari NN : Apa yang dimaksud mujizat itu berlaku setiap hari bagi orang percaya?
Jawab : Ada yang memahami pengertian mujizat itu adalah pertolongan Tuhan. Karena Tuhan selalu menolong umatNya setiap hari maka dikatakan mujizat berlaku setiap hari. Namun jika kita mengartikan mujizat adalah suatu tindakan supranatural dari Tuhan misalnya orang mati dihidupkan kembali, orang buta bisa melihat, dan sebagainya, maka mujizat seperti itu tidak terjadi setiap hari.
  • Dari Gracia : Bagaimana menjaga sahabat yang sudah menjauh dari Tuhan?
Jawab : Tetaplah bersahabat dengannya, doakan dia dan ingatkan dia tentang kasih Tuhan dan masalah keselamatan
  • Dari bpk. Herman : Kenapa dalam agama Kristen tidak ada ibadah 5W?
Jawab : Ibadah dalam Kristen mengacu pada Firman Tuhan tidak pada yang lain