Sahabat Sejati

Siaran Youth Samaria Ministri, Rabu 20 Agustus 2014 pk 19-21
Renungan Yefta Khohar "Sahabat Sejati"
Pendamping Yahya Wangsajaya, Indra Sinurat, Gamaliel dan Yohannes Lie, Julius Atmaja


“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi saudara dalam kesukaran.” (Ams.17:17)

Kita semua pasti memiliki sahabat yang selalu menemani kita dan menenangkan kita ketika kita down atau galau,  Kitapun melakukan hal yang sama terhadap sahabat kita. Di dalam Alkitab ada seorang tokoh yang memiliki sahabat yaitu Ayub dengan sahabatnya Elifas, Bildad, dan Zopar. Tokoh lain adalah Daniel dengan sahabatnya Sadrakh, Mesakh, dan Abednego. Mereka sama-sama memiliki sahabat, namun perbedaannya sahabat-sahabat Ayub tidak mendukung Ayub sampai dia pulih (Ayub 4). Namun Daniel dan sahabat-sahabatnya (Dan 2:17-18) saling menopang dan berdoa bersama-sama memohon kasih sayang kepada Allah. Yang menjadi pertanyaan adalah, kita termasuk dalam kategori siapa? Sahabat Ayub ataukah sahabat Daniel? Yang bisa menjawabnya hanya diri kita sendiri. Tapi kita memiliki seorang sahabat yang setia, yang selalu mendengarkan kerinduan kita, yang selalu menguatkan kita, dan yang selalu menjawab doa-doa kita, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Jika pada seorang sahabat saja kita dapat melakukan apapun, kita juga harus melakukannya kepada Tuhan. Tuhan Yesus memberkati. 

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari Rian : Ciri-ciri seseorang yang bisa dibilang sahabat seperti apa?
Jawab : Ciri-ciri sahabat adalah menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi saudara dalam kesukaran
  • Dari Tedi : Ketika rasa kepedulian terhadap orang lain hilang, adakah ia menerima keselamatan dari Kristus?
Jawab : Janganlah menghakimi seseorang dari luarnya saja sebab kita tidak tahu keseluruhan hidupnya. Ada banyak orang yang membantu orang lain secara diam-diam, seolah-olah tidak peduli, namun dia justru membantu lebih banyak dari orang yang menghakiminya.  
  • Dari Paul : Sedang dekat dengan wanita, dan mendapatkan informasi bahwa dia sudah memiliki pacar, dan terbukti. Kenapa wanita itu tidak jujur? Dan apakah harus melanjutkannya?
Jawab : Jika wanita itu sudah punya pacar, sebaiknya jangan dilanjutkan. Wanita itu tidak berterus-terang mungkin karena tidak ingin menyakiti hatimu. 
  • Dari Andre : Banyak artis Kristen yang bercerai sedangkan di Kristen tidak ada perceraian, menurut kakak-kakak bagaimana?
Jawab : Mereka hidup dalam dosa. Jangan mengikuti jejak mereka
  • Dari Dewo : Beberapa kali ke gereja, bertemu dengan wanita dan wanita tersebut melihat saya terus, maksud wanita itu apa?
Jawab : Tentu sulit mengetahui isi hati seseorang. Mungkin dia tertarik pada anda atau merasa kenal dengan anda.
  • Dari Yanti : Di kampus ada pertemuan non Kristen dan diwajibkan memakai jilbab, sedangkan saya beragama Kristen, apa yang harus saya lakukan?
Jawab : Itu pertemuan non-kristen, mengapa anda mengikutinya? Jangan mengikuti pertemuan itu.
  • Dari Yohana : Apakah seorang yang sering putus nyambung, karna ada rasa saling tidak percaya?
Jawab : Pacaran putus-nyambung menunjukkan sikap belum dewasa. Ada masalah terus ngambek, lalu putus. Kemudian kangen, nyambung lagi. Itu sikap kekanak-kanakan.
  • Dari Inggrid : Doakan keluarga dan pekerjaan.
  • Dari Yunita Nahampun : Doakan untuk kesehatan dan pergumulan untuk dapat pekerjaan.
  • Dari Dedi : Sudah beberapa kali gagal dengan wanita yang lebih muda, dan sekarang dekat dengan janda beranak 1, menurut bapak bagaimana?
Jawab : Sebaiknya carilah wanita lain yang belum menikah. Namun jika anda tetap tertarik padanya, selidiki apakah dia janda cerai atau janda ditinggal mati. Jika dia janda cerai, anda tidak boleh menikahinya karena itu perzinahan. Tapi jika dia janda ditinggal mati suaminya, anda boleh menikahinya, asalkan anda juga bukan duda cerai.
  • Dari Lisbet : Kemarin mendengar khotbah “kegamangan hidup”, apa artinya?
Jawab : Gamang itu berarti tidak stabil, goyah, labil, bingung, atau tidak punya pegangan. Jadi kegamangan hidup artinya hidup yang tidak punya pegangan. Jika dikaitkan dengan masalah keimanan, berarti orang yang imannya belum mantap.
  • Dari Heri : Apa yang dimaksud dengan jalan salib?
Jawab : Ada beberapa pengertian tentang jalan salib. Ada yang mengartikan jalan salib sebagai bentuk ziarah menelusuri perjalanan Yesus ketika memikul salib dari Yerusalem menuju bukit Golgota baik secara nyata di negara Israel maupun secara simbolik di lokasi yang sudah ditentukan. Pengertian lain adalah kehidupan umat Kristen yang menyalibkan hidup keduniawiannya dan mengikuti kehidupan kudus
  • Dari Evanjelister : Punya pacar non-Kristen sudah 4 tahun bersama, dan sekarang dia ingin belajar mengenal Kristen, apa yang harus saya lakukan?
Jawab : Ajaklah dia ke pembimbing rohani anda agar kalian dapat dibimbing bersama-sama. Selama dia belum menjadi orang percaya dan dibaptis, janganlah menikah dengan dirinya karena itu akan menjadi masalah besar dalam kehidupan berkeluarga anda. 
  • Dari Demos Sembiring, Apa yang harus dilakukan agar tidak ada penghianatan dalam persahabatan?
Jawab : Persahabatan sejati itu harus dimulai dari diri kita dulu. Jangan pernah menghianati sahabat, maka dia pun tidak akan menghianati anda. 
  • Dari NN : Jika kita menikah dan hamil duluan, apa dosa kita tidak diampuni?
Jawab : Jika kita mohon pengampunan Tuhan, Dia akan mengampuni, namun kita tetap akan menerima akibat perbuatan kita dari lingkungan masyarakat yang mengenal kita
  • Dari Yani : Kalau aborsi apa dosanya dapat diampuni?
Jawab : Jika aborsi itu legal demi menyelamatkan si ibu, tidak salah. Tapi jika aborsi itu akibat perzinahan maka itu melanggar hukum negara dan hukum Tuhan. Jika minta ampun, tentu Tuhan akan mengampuni, namun hukuman sosial dan negara tetap bisa menjeratnya
  • Dari Alina : Mengapa pemuda Kristen tidak boleh nikah siri?
Jawab : Ajaran Tuhan tidak mengenal nikah siri. Pernikahan Kristen harus jelas dan terbuka. tidak boleh terjadi secara diam-diam. 
  • Dari NN : Apa bedanya abadon dan antikris?
Jawab : Dalam Wahyu  9:11 tertulis, “Dan raja yang memerintah mereka ialah malaikat jurang maut; namanya dalam bahasa Ibrani ialah Abadon dan dalam bahasa Yunani ialah Apolion.” Menurut teolog Matthew Henry (1708), Abadon akan menjadi antikris, sedangkan menurut komentar Jamieson-Fausset- Brown (1871) dan Henry H. Halley (1922) malaikat itu ditafsirkan sebagai setan. Sebaliknya menurut publikasi Methodist, Abadon bukan malaikat setan tapi malaikat Tuhan yang bertugas menyiksa manusia atas perintah Tuhan. Kedua tafsiran tersebut bersifat spekulatif, bisa benar atau salah. Yang jelas Abadon keluar dari jurang maut dan bertugas menyiksa manusia yang tidak memakai meterai Allah. Antikris adalah satu kelompok yang melawan Kristus dan pengikutNya
  • Dari Yaga : Apakah preman diakhir hidupnya akan diselamatkan?
Jawab : Jika preman itu bertobat dan percaya pada Yesus, dia akan selamat.
  • Dari Diana : Bagaimana hubungan jarak jauh agar langgeng?
Jawab : Saling percaya, saling mendoakan, menjaga kesetiaan, dan sering berkomunikasi
  • Dari Natalia Putri : Sedang dekat dengan laki-laki karna dicomblangin teman, kenapa teman saya menusuk dari belakang, menurut kakak-kakak bagaimana?
Jawab : Pada mulanya mungkin teman itu melakukan dengan tulus, namun lama kelamaan mereka saling tertarik, maka terjadilah hal itu. Maafkanlah mereka karena pria itu bukan jodoh anda
  • Dari Yosua : Apakah disebut sahabat di saat susah dihibur, namun ketika saya susah dia malah menjauh, solusinya bagaimana?
Jawab : Jangan berprasangka buruk dulu terhadap teman anda, Mungkin dia pun sedang ada masalah. Lebih baik berkomunikasi kembali dengan baik. Jika memang dia benar-benar ingin menjauhi anda, terimalah itu dengan lapang dada tanpa disertai rasa sakit hati
  • Dari NN : Jelaskan arti penguasa reptil, menurut Alkitab?
Jawab : Dalam Alkitab tidak terdapat istilah penguasa reptil
  • Dari Tata : Kalau ke gereja kita melirik pemudi, salah tidak?
Jawab : Melirik pemudi tidak salah. Tapi janganlah hal itu mengganggu konsentrasi ibadah anda
  • Dari Ari : Mengapa terkadang kita sudah berusaha mendapat wanita, tetapi selalu ada penolakan?
Jawab : Berhubungan dengan wanita yang baru kenal tentu harus ada pendekatan dulu. Kalau terlalu agresif tentu menakutkan dia. Bisa-bisa dia menjauh. Kalau dia sudah mengenal baik anda, mungkin dia tidak menolak anda. Kalau dia tetap menolak berhubungan lebih serius, lebih baik cari wanita lain. 
  • Dari NN : Bagaimana untuk menjadi diri sendiri?
Jawab : Bertindaklah sesuai pribadi anda sendiri, jangan meniru-niru gaya orang lain
  • Dari Udin : Apakah arti dari kasih mula-mula?
Jawab : Kasih mula-mula dalam Kristen adalah semangat penuh kasih terhadap Tuhan pada awal pengenalan pada Tuhan. Ditandai dengan rajin ibadah, berdoa, bersemangat dalam pelayanan, rela memberi. dan lain-lain.
  • Dari Lestari : Bagaimana agar kita tidak terpengaruh oleh ajaran agama lain?
Jawab : Memahami Firman Tuhan dengan benar, memiliki iman yang teguh, dan ikut serta aktif dalam persekutuan dan pelayanan.
  • Dari Jun : Bagaimana menanggapi jodoh dalam Alkitab? Dan konteks orang Batak yang tidak boleh menikah dengan keluarganya?
Jawab : Pernikahan menurut Alkitab adalah monogami (satu pria dengan satu wanita), tidak boleh bercerai, dan boleh menikah lagi hanya jika pasangannya meninggal. Tidak boleh menikah dengan bapak-ibu kandung atau kakak-adik kandung. Adat pernikahan suku Batak seperti itu tidak bertentangan dengan Alkitab
  • Dari Yonas : Jika sahabat seorang wanita, cemburu jika saya dekat dengan wanita lain, kenapa?
Jawab : Mungkin dia tertarik dengan anda atau dia takut kehilangan perhatian anda sebagai temannya
  • Dari Dina : Apakah sahabat sama dengan pacar?
Jawab : Tentu saja berbeda. Sahabat bisa sesama atau berbeda jenis, sedangkan pacar harus berbeda jenis. Pacar bisa meningkat jadi suami istri, sedangkan sahabat tidak
  • Dari Yore : Apa maksud dari 2 Kor 6:4, “Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran”?
Jawab : Maksudnya, sebagaii bukti mereka adalah pelayan Allah, mereka sanggup menahan penderitaan. kesesakan dan kesukaran. 
  • Dari Klara : Doakan buat kesehatan orang tua, kakak yang bekerja di Jakarta dan teman bernama Hendra.
  • Dari Reni, Karakter Yesus seperti apa yang bisa kita contoh?
Jawab : Ada banyak karakter Yesus yang dapat menjadi teladan bagi kita misalnya, mengasihi, rendah hati, jujur, selalu berkata benar, suka menolong, menyayangi anak-anak, giat memberitakan Injil, dan suka mengampuni orang lain. Masih banyak lagi. Ikutilah teladan itu.
  • Dari Ritmon : Berdosa tidak jika anak membantah orang tua, sehingga kepala anak dibenturkan ditembok, sekarang anak itu sudah besar dan masih mengingatnya? Di Alkitab ada tidak ajaran agama lain? Bagaimana agar tidak malas baca alkitab? Apakah seorang pendeta ketika sudah dicopot jabatannya masih dibilang pendeta, walaupun sering khotbah, dosa tidak? Apa arti dari Roma 8:14, “Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah”?
Jawab : Berbeda pendapat dengan orangtua boleh saja tapi harus disampaikan dengan santun tanpa berbantahan, apalagi menimbulkan kemarahan orangtua. Kekerasan biasanya terjadi akibat perbantahan. Jadi itu terjadi karena kesalahan kedua pihak. Sebaiknya anda minta maaf dan juga mengampuni orangtuamu dan melupakannya. Alkitab hanya berisi ajaran Tuhan, tidak ada ajaran agama lain. Jika anda membaca Alkitab harus disertai doa permohonan pada Roh Kudus agar diberi pengertian dan hikmat disertai rasa haus akan kebenaran maka anda tidak lagi malas membacanya. Pendeta yang sudah dicopot gelarnya tidak boleh menggunakan gelar itu lagi. Jika kotbahnya sesuai ajaran Tuhan, tentu dia tidak berdosa. arti dari ayat itu adalah kita sebagai anak Allah harus hidup dipimpin oleh Roh Allah bukan oleh nafsu duniawi
  • Dari Gino : Kalau pacar cipika cipiki, dosa tidak?
Jawab : Banyak perbedaan pendapat para teolog tentang hal ini. Ada yang bilang berdosa, ada yang bilang tidak. 
  • Dari Gracia : Doakan tunangan kami agar berjalan dengan baik dan berhasil sampai acara pernikahan.
  • Dari Shinta : Bagaimana untuk menjadi wanita yang bertanggung jawab pada pasangannya?
Jawab : Jika anda adalah seorang istri, lakukan kewajiban seorang istri dalam keluarga. Kewajiban seorang istri adalah menghormati, mencintai dan menjaga kemesraan dengan suami, menyayangi dan mengurus anak-anak dengan baik, menjaga kehormatan suami, bekerja giat mengurus rumah tangga, mendukung dan selalu mendoakan suami, dan setia sampai maut memisahkan.