Indahnya Kerukunan

Jumat, 25 Juli 2014 pukul 19.00 - 21.00
"Indahnya Kerukunan'
Tutu Petrus

Pendamping :
Rudi Sihite, Yefta Khohar, Tomy, 
Yahya Wangsajaya, Yohannes Lie, dan Yosef Aegeng


“Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya. Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.” (Maz. 133:1-3)

     Selama bulan Juli 2014 ini kita dihangatkan dengan pemilihan presiden. Kini pemilihan Presiden sudah selesai. Kemarin telah diumumkan oleh KPU presiden dan wakil presiden terpilih yaitu bpk Joko Widodo dan bpk Yusuf Kalla ditetapkan sebagai pemenang, Hiruk pikuk kampanye dan persaingan sudah reda. mari bersatu kembali dalam persatuan Indonesia untuk bersama-sama menbangun bangsa ini. Bila saudara sebangsa dan setanah air di Indonesia bisa hidup rukun, maka berkat Allah akan turun melingkupi bangsa Indonesia. Demikian juga bila keluarga saling rukun maka berkat Tuhan akan mengalir dalam keluarga itu

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline
  • Dari oma Chandra : Doakan kesehatan dan keselamatan keluarga kami 
  • Dari Daniel kelas 3 SD : Doakan biar pintar. Sudah tidak punya ayah. Ibu tidak di rumah karena harus bekerja. Ibu sangat menyayangi saya. Doakan ibu agar diberkati 
Jawab : Jadilah anak yang rajin belajar dan berdoalah agar diberi kepintaran oleh Tuhan. Rajin kebaktian di Sekolah Minggu. Jadilah anak kebanggan ibu. Ibu sangat pasti sangat sayang pada Daniel. Doakan ibu selalu. Pasti Daniel akan memperoleh masa depan yang terbaik.
  • Dari Anes : Apa yang dimaksud sikap positip kepada Allah? 
Jawab : Bersikap positip pada Allah artinya selalu memandang kebaikan Allah. Misalnya, Allah itu mengasihi dan rela berkorban demi menyelamatkan kita. Dia maha pengampun karena selalu mengampuni dosa kita. Dia selalu menyertai kita dalam suka dan duka, dan Dia selalu memberkati kita. Sebaliknya sikap negatip adalah cara berpikir yang selalu menyalahkan Tuhan. Misalnya Allah itu kejam, jahat dan tidak adil karena hidup kita susah, sementara orang lain hidup senang. Allah itu tidak peduli sebab Dia tidak mengabulkan doa kita. Ketika menghadapi masalah, kita menghujat Dia. Sebagai orang percaya, kita harus selalu berpikiran positip pada Allah, karena sesungguhnya Dia adalah Allah Yang Maha Baik.
  • Dari ibu Cindy : Bagaimana memberikan berkat kepada orang lain jika kita belum berpenghasilan? 
Jawab : Berkat tidak selalu berwujud uang. Berkat bisa berupa mendoakan orang lain, memberi nasihat sesuai Firman Tuhan, mengajar, dan lain-lain. Lakukan itu semua, maka kita sudah menjadi berkat bagi orang lain.
  • Dari Yosef : Apa benar Yesus menghargai kerja keras dan memberkati kita? 
Jawab : Ya benar, Yesus amat menghargai kerja keras kita dan selalu memberkati kita. Dia menyebut orang yang bekerja keras sebagai hamba yang baik dan setia dan sebagai upahnya Yesus mengajaknya masuk dalam kebahagiaanNya. (Mat. 25:21) Jadi kita tidak boleh bermalas-malasan. Alkitab mengatakan orang tidak mau bekerja, jangan makan, "kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan." (2 Tes. 3:10b)
  • Dari bpk Toyo di Tanjung Bintang : Apakah setiap pujian dengan satu lagu dapat menyenangkan Yesus? 
Jawab : Pujian yang menyenangkan Tuhan bukan karena banyaknya lagu, tapi karena kesungguhan hati si pemuji. Karena itu pujilah Tuhan dengan segenap hati. Boleh dengan satu atau beberapa lagu pujian
  • Dari Mr. S : Dulu Yesus makan apa? 
Jawab : Makanan Yesus sama dengan makanan bangsa Yahudi. Yesus makan roti, ikan, buah ara, dan lain-lain.
  • Dari Fitri : Bagaimana cara membentuk keluarga indah dalam Tuhan? 
Jawab : Kebahagiaan keluarga tidak datang dengan sendirinya, tapi harus diperjuangkan bersama oleh suami dan istri. Tipsnya saling mengasihi, jangan egois, tetap mesra, jangan merendahkan yang lain, setia, saling mendukung dalam doa maupun pekerjaan, dan menyerahkan seluruh kehidupan keluarga dalam tangan Tuhan.
  • Dari ko Acin : Doakan usaha agar bisa membagi THR pada karyawan 
  • Dari NN : Jika ada gotong royong di kampung pada hari minggu sedangkan kita akan ibadah, apakah tidak menyinggung mereka jika kita tidak bisa membantu? 
Jawab : Alternatif pertama, jika ada juga sore hari, ikutlah gotong royong pada pagi hari lalu ibadahnya sore hari. Tapi kalau tidak ada, Bicarakan baik-baik dengan pengurus kampung, minta maaf jika tidak bisa membantu karena mau ibadah, dan bantulah dalam bentuk lain misalnya menyediakan dana untuk membeli makanan dan minuman.
  • Dari Edo : Sebagai warga minoritas, bagaimana caranya agar tidak diejek dan dikucilkan warga? 
Jawab : Bergaullah erat dengan warga tanpa dibatasi pikiran tentang mayoritas dan minoritas. Jadilah berkat di tempat itu maka kita akan disambut dengan baik oleh warga.
  • Dari Angel di Kalirejo : Apa bedanya pendeta dengan evangelis? 
Jawab : Secara umum, pendeta adalah gelar yang diberikan organisasi gereja melalui pelantikan bagi orang yang sudah menyelesaikan pendidikan teologi dan siap terjun dalam pekerjaan Tuhan sepenuhnya, umumnya menjadi gembala sebuah gereja. Untuk gelar evangelis ada beberapa perbedaan dalam organisasi gereja. Dalam gereja Protestan, evangelis atau disebut juga guru Injil adalah gelar setingkat di bawah pendeta. Jadi evangelis gelar sebelum dilantik menjadi pendeta. Bagi gereja Pantekosta tidak ada gelar evangelis, yang ada adalah gelar pendeta pembantu dan pendeta muda. Terkadang ada orang yang mencantumkan gelar evangelis pada dirinya untuk menunjukkan bahwa dia adalah penginjil tanpa pelantikan.
  • Dari Demos Sembiring : Apa saja yang harus dilakukan agar perbedaan tidak menjadi masalah? 
Jawab : Jangan membesar-besarkan dan berdebat soal perbedaan. Jangan pula memaksa orang lain harus sepaham dengan kita.
  • Dari bpk Atong : Apakah salah menjadi orang kaya yang banyak hartanya? 
Jawab : Menjadi kaya dan banyak harta atas kerja keras dan usaha yang jujur tidak salah. Itu bisa menjadi berkat. yang salah adalah jika harta itu diperoleh dengan cara melanggar Firman Tuhan dan jika harta itu membuat kita jauh dari Tuhan.
  • Dari ibu Ertin : Doakan suami yang berada di Palembang 
  • Dari ibu Joni di Pulau Damar : Doakan kelancarana mudik ke Jawa besok 
  • Dari Rais : Bagaimana belajar mengasihi Yesus sepenuh hati? Saya tidak pernah bertemu Dia 
Jawab : Walaupun kita tidak pernah bertemu Yesus secara fisik, namun kita bisa merasakan kehadiranNya dalam kehidupan kita. Bagaimana belajar mengasih Yesus? Yesus berkata, "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahKu.” (Yoh. 14:15) Jadi untuk mengasihi Yesus, turutilah segala perintahNya
  • Dari Grace di Kemiling : Bagaimana memuji Tuhan ketika sedang menghadapi masalah? 
Jawab : Lawanlah perasaan galau saat ada masalah. Serahkan semuanya di tangan Yesus, maka Dia akan bertindak menolong kita. Tetaplah memuji Tuhan dan mengucap syukur padaNya maka hatimu tenang saat menghadapi masalah
  • Dari ibu Windy di Metro : Apakah ciptaan Tuhan ada yang tidak sempurna tapi cacat? 
Jawab : Pada awalnya Tuhan menciptakan segala sesuatu sempurna. Namun akibat dosa manusia, terjadilah penderitaan di dunia ini berupa pembunuhan, kejahatan, peperangan, bencana, sakit penyakit, kecacatan, yang pada akhirnya berujung pada kematian. Jadi Tuhan tidak pernah menciptakan manusia cacat tapi itu terjadi akibat dosa.
  • Dari Lusi di UBL : Apa benar Allah kita Yehova? 
Jawab : Dalam Perjanjian Lama nama Allah kita adalah YHWH. Namun sebutan pasti belum tahu. Ada yang menyebut Yehova, Yehuwa, atau Yahwe. Karena bangsa Israel tidak boleh menyebut nama itu keculai imam besar, maka sebutan itu diganti dengan Adonai. Sebutan lain adalah Elohim. Dalam Alkitab bahasa Indonesia YHWH ditulsi TUHAN (huruf besar semua), Adonai ditulis Tuhan, dan Elohim ditulis Allah. Apakah nama Tuhan boleh diterjemahkan? Tidak masalah, karena bangsa Israel di zaman Yesus pun menerjermahkan kitab Perjanjian Lama dari bahasa Ibrani ke bahasa Yunani. Kitab terjemahan itu disebut Septuaginta. YHWH diganti Kyrios dan Elohim diganti Theos. Namun pada dasarnya tidak ada nama apa pun yang dapat dipakai sebagai sebutan bagi Tuhan. Dia hanya menyebut dirinya "Aku adalah Aku" Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firmanNya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu." (Kel. 3:14)
  • Dari bpk Yohanes di Tanjung Bintang : Apa benar ada istilah salah berdoa? 
Jawab : Ya benar. Tertulis dalam Yakobus 4:3, “Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.:
  • Dari Alex : Apa salah menunda membantu pekerjaan Tuhan karena belum sempat? 
Jawab : Jika sudah berjanji membantu, ternyata berhalangan, segera beritahu teman supaya disiapkan pengganti. Jika diam saja, salah sebab bisa mengacaukan. Tapi kalau belum berjanji, hanya keinginan dalam hati, tidak salah. Namun ketika ada kesempatan, segera lakukan.
  • Dari ibu Rini di Bandar Lampung : Arti bertumbuh itu apa? 
Jawab : Arti bertumbuh adalah dari kecil menjadi besar. Pertumbuhan dalam hal rohani ada 4 macam, yaitu pertumbuhan iman, pertumbuhan dalam pemahaman Firman Tuhan, pertumbuhan dalam karakter, dan pertumbuhan dalam pelayanan; Bertumbuhlah agar menjadi Kristen dewasa.
  • Dari Mr R : Apa respon bapak jika ada yang menolak pemberitaan Injil? 
Jawab : Tugas kita hanyalah menabur benih Firman Tuhan dalam pemberitaan Injil. Tuhanlah yang menumbuhkannya. Seperti dalam perumpamaan seorang penabur, dikatakan ada benih yang jatuh di pinggir jalan. ada yang jatuh di tanah berbatu, ada yang jatuh di tanah bersemak duri, semua benih itu akhirnya mati, namun ada juga benih yang jatuh di tanah subur, yaitu hati yang mau menerima, maka benih itu akan tumbuh dan berbuah lebat. Jadi tidak masalah jika ada yang menolak.
  • Dari ibu Linda : Untuk apa masa 1000 tahun itu? 
Jawab : Masa 1000 tahun tertulis dalam kitab Wahyu 20:1-6. Penjelasan mengenai tafsir kitab Wahyu memang amat sulit sebab ada banyak tafsiran. Demikian juga mengenai masa seribu tahun. Jika ingin mempelajari lebih jauh, sebaiknya membaca buku tafsir kitab Wahyu.
  • Dari Ayu di Kedaton : Apakah bapak percaya jika orang sakit itu ada roh jahatnya? 
Jawab : Penyakit bisa timbul karena serangan kuman atau virus, salah makan, usia lanjut, atau karena kuasa si jahat. Jadi tidak semua orang sakit karena roh jahat.
  • Dari Robin : Bagaimana pendapat bapak jika ada calon presiden yang minta pilpres diulang? 
Jawab : Kita tunggu saja keputusan Mahkamah Konstitusi
  • Dari NN : Bagaimana menjadi contoh bagi anak Sekolah Minggu? 
Jawab : Ajarkan dan lakukan Firman Tuhan.
  • Dari Tari : Doakan papa mudik ke Yogya 
  • Dari Silvi : Doakan pekerjaan dan jodoh 
  • Dari bpk Budi : Bagaimana cara menguji kuasa Tuhan agar nyata? 
Jawab : Kuasa Tuhan tidak perlu diuji karena Dia Allah yang Maha Kuasa. Kalau itu terkait dengan perpuluhan, dimana ayatnya mengatakan ujilah Aku, caranya menguji adalah berikan persembahan perpuluhan.
  • Dari Desi : Apa yang membuat kita malas dan mengantuk ketika membaca Firman Tuhan? 
Jawab : Biasanya itu terjadi karena tidak disertai doa dan mohon bimbingan Roh Kudus, tidak serius, rutinitas, hanya sekedar membaca tanpa merenungkannya, atau tidak memahaminya,
  • Dari Yorni Agai : Apa yang disampaikan Roh Kudus pada kita? 
Jawab : Peran Roh Kudus adalah menyatakan kebenaran, menolong, menghibur, membimbing, memberi pemahaman Firman Tuhan, memberi karunia rohani, dan masih banyak lagi.
  • Dari Abidin : Sebesar apa iman bapak untuk yakin masuk sorga? 
Jawab : Untuk yakin masuk sorga hanya perlu beriman pada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat kita, tidak perlu iman sebesar gunung. Kalau anda mau masuk sorga, percayalah pada Tuhan Yesus
  • Dari Martin : Bagaimana menahan nafsu duniawi pada kekasih kita? 
Jawab : Jangan mencari peluang untuk itu serta jauhi situasi dan tempat yang bisa mendorong ke arah itu
  • Dari bpk Rohmat : Apakah keselamatan dari Yesus tidak bisa diganti dengan memberi sedekah? 
Jawab : Keselamatan dari Yesus hanya melalui kasih karunia berdasarkan iman, bukan karena perbuatan amal manusia ataupun sedekah. “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri” (Efe 2:8-9)
  • Dari ibu Markus di Hanura : Doakan anak-anak yang akan datang dari Yogya 
  • Dari bpk Rahmat : Apakah Kerajaan Sorga hanya ada dalam agama Kristen? 
Jawab : Kami mempelajari tentang Kerajaan Sorga hanya melalui Alkitab. mengenai apakah ada pada agama lain, silakan tanya pada penganut agama lain itu
  • Dari Yulian : Apakah hidup menurut dunia itu salah? 
Jawab : Semua manusia, termasuk kita, masih hidup menurut dunia, makan, minum, menikah, dll. Hal itu tidak salah. Yang salah adalah jika hidup kita hanya mengejar kesenangan duniawi, memuaskan nafsu kedagingan, dengan melanggar perintah Tuhan.
  • Dari mas Udin : Apa yang dimaksud matikan duniawimu? 
Jawab : Maksudnya jangan ikuti lagi keinginan daging yang  penuh kenajisan dan kejahatan
  • Dari Aldo Simorang : Apa dampak merokok di lingkungan gereja? 
Jawab : Mengotori udara dengan racun asap nikotin, membuat anda dan jemaat lain menghirup asap beracun, dan membuat gereja menjadi berbau tidak enak. Ada gereja yang melarang merokok, anda harus mematuhinya.
  • Dari ibu Erni : Apa beda maut dan mala petaka? 
Jawab : Maut berarti membawa kematian sedang mala petaka belum tentu membawa kematian.
  • Dari bpk Lukman : Apa yang dimaksud hidup itu tanggung jawab memberitakan Injil? 
Jawab : Memberitakan Injil adalah Amanat Agung Tuhan Yesus yang menjadi tanggung-jawab semua orang percaya. Jadi sebagai orang percaya, kita wajib memberitakan Injil
  • Dari Ardiansyah di Tanggamus : Bagaimana memuliakan Tuhan Yesus dengan benar? 
Jawab : Muliakan Tuhan dengan tubuhmu dengan menjaga kekudusan, dengan hartamu yang dipergunakan untuk pekerjaan Tuhan, dengan ucapan dan sikap hidupmu.
  • Dari ibu Rita di Kemiling : Bagaimana menyikapi perselisihan keluarga? 
Jawab : Hendaknya keluarga yang berselisih tidak saling emosi tapi selesaikan masalah baik-baik dengan hati dan kepala dingin. Mohonlah bimbingan Roh Kudus agar dapat menyelesaikan perselisihan itu.
  • Dari Yuni di Unila Kotabaru : Bagaimana agar tidak emosi saat ada masalah? 
Jawab : Kendalikan dirimu, berpikirlah positp, dan berdoalah pada Tuhan.
  • Dari Rya di Kedaton : Apakah wanita Kristen tidak boleh pakai jilbab? 
Jawab : Jilbab atau kerudung bukanlah milik satu agama tertentu. Wanita Yahudi, suster Katolik, dan wanita Kristen Gereja Ortodok memakai kerudung. Kaum Kristen di negara Arab pun memakai kerudung. Jadi tidak ada larangan wanita Kristen menggunakan kerudung. Namun, jika tujuannya untuk menutupi identitas sebagai pengikut Yesus, itu bisa dianggap menyangkal Yesus.