Jangan Menukar Keselamatanmu

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline, Jumat 18 Juli 2014 pk 19-21
Renungan oleh Yohannes Lie "Jangan Menukar Keselamatanmu"
Pendamping Tutu Petrus, Daniel Sanger, Yefta Khohar, dan Dany Salim
Penyiar sdr Luki Winata
Jika  ingin membaca renungan ini silakan klik disini


“Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?” (Mat. 16:26)

     Di Amerika Utara ada sejenis laba-laba yang disebut “black widow” (janda hitam). Betina berukuran dua kali lenih besar dari jantan. Laba-laba ini punya kebiasaan aneh. Selesai jantan mengawini betina, dia harus lari cepat, sebab jika tertangkap, akan dimakan si betina. Itu sebabnya si betina disebut janda karena setelah kawin langsung kehilangan suami.
    Tragis sekali nasib si jantan. Apakah dia tidak tahu resiko itu? Pasti tahu, buktinya dia langsung berlari. Demi memenuhi nafsu sesaat, dia harus kehilangan nyawa. Kok bodoh ya mau menukar keselamatan dengan kesenangan sesaat? Tapi ternyata manusia pun sering bertindak  seperti itu. 

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline
  • Dari Anes : Doakan kesehatan dan kuliah saya. Bagaimana memperoleh kekuatan dalam doa?
Jawab : Dalam Yakobus 5:16b tertulis, “Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” Jadi supaya beroleh kekuatan doa, harus hidup benar dan penuh keyakinan
  • Dari Aan : Doakan pasangan hidup 
  • Dari Robert di Metro : Dosakah memukuli pencuri yang tertangkap? 
Jawab : Memukuli siapa saja itu berdosa. Bisa dituntut secara hukum. Serahkan saja pencuri itu ke petugas.
  • Dari mas Gino : Boleh tidak bersumpah dalam nama Yesus? 
Jawab : Orang Kristen tidak boleh bersumpah dalam nama atau demi apa pun.
  • Dari Angel : Doakan teman saya, Doni, yang menjauh dari Yesus karena pacaran 
  • Dari Marta di Kimaja : Apa yang dimaksud penyertaan Tuhan itu sempurna? 
Jawab : Yesus berkata, “Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Mat. 28:20b) Penyertaan orangtua, suami atau istri, teman tidak bisa terus menerus di sepanjang hidup kita. Penyertaan Yesus senantiasa sampai akhir zaman. Itulah yang disebut penyertaan Tuhan sempurna. Dia menyertai kita saat berbahagia maupun saat berduka, saat mengalami kegembiraan maupun kekecewaan,
  • Dari NN : Apakah dalam kerajaan Allah ada pengurangan anggotanya? 
Jawab : Kerajaan Allah ada di bumi dan di sorga. Anggota Kerajaan Allah di bumi yang meninggalkan imannya pada Yesus, secara otomatis keluar dari Kerajaan Allah . Namun pada kerajaan Allah di sorga tidak ada lagi kemurtadan sehingga tidak ada pengurangan anggota
  • Dari MR : Apakah warga Allah tidak diciptakan? 
Jawab : Semua mahkluk, baik itu malaikat maupun manusia, diciptakan Allah. Menjadi warga Allah tidak diciptakan lagi. Itu adalah pilihan. Malaikat dan manusia yang di berada pihak Allah adalah warga Allah, namun mereka yang melawan Allah tidak bisa menjadi warga Allah
  • Dari Amelia : Doakan pelayanan minggu agar diberikan mujizat 
  • Dari Tiara di Kemiling : Doakan kuliah agar diberkati Tuhan 
  • Dari bpk Atong di Teluk Betung : Seperti apa hubungan kehidupan bersama Yesus? 
Jawab : Hubungan kita dengan Yesus ada bermacam-macam, misalnya hubungan sebagai Tuhan dan manusia, kita wajib menyembah Dia, Guru dan murid, kita wajib belajar kepadaNya, mempelai pria dan wanita, kita wajib menjaga kekudusan dan selalu menantikan kedatanganNya, Bapa dan anak, kita boleh meminta pertolongan dan perlindunganNya, Gembala dan domba, kita akan selalu dituntunNya, Tuan dan hamba, kita wajib melaksanakan perintahNya.
  • Dari Rudi di Kedaton : Doakan pekerjaan saya. Baru melamar semoga diterima 
  • Dari Matius di Gajahmada : Apa artinya lamakh sabatani? 
Jawab : Itu adalah perkataan Yesus saat disalib. Artinya perkataan itu, mengapa Engkau meninggalkan Aku.
  • Dari Robi di Kemiling : Apa harapan bapak jika ada jemaat yang baru merintis pelayanan? 
Jawab : Kami amat bersyukur dan menghargai jemaat yang mau merintis pelayanan. Harapan kami agar pelayanan itu semakin berkembang, baik secara kuantitas mau pun kualitas, menjadi berkat bagi lingkungan, dan tidak pernah menyerah walau menghadapi masalah apa pun. Tetap semangat. Tuhan memberkati.
  • Dari Puput : Doakan saya sakit gigi 
  • Dari Ani : Apa yang didapat dari orang jujur? 
Jawab : Orang jujur akan mendapat kepercayaan orang lain. Itu modal yang amat penting dalam kehidupan. Hidupnya akan damai sejahtera, dihormati orang, dan diberkati Tuhan.
  • Dari Andre di Antasari : Doakan teman yang studi di Thailand supaya sukses 
  • Dari NN : Mengapa iman selalu dikaitkan dengan harta benda? 
Jawab : Mungkin pendapat ini muncul setelah mendengar ajaran teologi kemakmuran dimana ajarannya, jika beriman, kita akan diberkati kekayaan melimpah. Ajaran ini tidak sepenuhnya benar, sebab iman tidak terkait langsung dengan harta benda. Orang beriman bisa hidup makmur seperti Abraham, namun bisa juga mengalami penderitaan seperti para rasul yang hidup menderita demi Kristus.
  • Dari Fitiaman : Kenapa selalu ditolak perempuan? Apakah itu karena kena kutuk? 
Jawab : Mungkin anda kurang pendekatan pada wanita, atau belum ketemu pasangan yang tepat. Bersabarlah, berdoa dan selalu berharap pada Tuhan. Itu bukan kutukan karena sebagai orang percaya kita sudah dibebaskan dari segala kutukan
  • Dari NN : Bilamana ada orang bermain-main dengan iman, apakah berdosa? 
Jawab : Ya berdosa karena iman tidak boleh untuk main-main. Jika sering pindah keyakinan atau agama, itulah yang disebut bermain-main dengan iman.
  • Dari Demos Sembiring : Hal apa saja yang harus diperbuat agar hidup terhindar dari perbuatan keji? 
Jawab : Hiduplah dekat dengan Tuhan dan lakukan ajaranNya dengan sungguh-sungguh
  • Dari Jeni : Doakan pekerjaan dan rencana pernikahan 
  • Dari Mira di Teluk Betung : Bagaimana belajar menjadi pemuda yang taat ibadah karena jadwal kerja padat? 
Jawab : Kalau mau taat beribadah, sepadat apa pun jadwalnya, pasti ada kesempatan. Aturlah waktumu. Gunakan kesempatan sebaik-baiknya. Setidaknya, luangkan waktu sejenak untuk berdoa, memuji dan menyembah Tuhan, serta merenungkan Firman Tuhan. Itulah ibadah pribadi anda. Dengan mendengar siaran radio ini, anda sudah mendengarkan Firman Tuhan.
  • Dari Anita : Apa maksudnya hari ini harinya Tuhan? 
Jawab : Ada beberapa pengertian tentang harinya Tuhan. Ada yang berarti hari untuk beribadah pada Tuhan, namun bisa juga berarti hari pembalasan Tuhan, hari kedatangan Tuhan, atau hari kiamat
  • Dari Yanto : Apa benar semakin besar seorang pendeta, bayarannya pun semakin besar? 
Jawab : Seorang pendeta adalah hamba Tuhan yang tidak berorientasi pada bayaran atau upah. Dia melakukan itu hanya untuk pelayanan. Bahkan terkadang pendeta memberi bantuan kepada gereja yang mengundangnya. Biasanya, pihak pengundanglah yang memberi persembahan kasih sebagai ungkapan ucapan syukur. Besar kecilnya persembahan kasih tergantung kerelaan si pengundang.
  • Dari NN : Saya terlahir dari orangtua berbeda iman. Ketika SMA tidak percaya agama manapun Pernah di pondok pesantren. Apa benar Alkitab tidak otentik akibat Perang Dunia? 
Jawab : Alkitab itu Firman Allah yang otentik dan Allah sanggup menjaga FirmanNya. Jadi tidak benar jika sudah tidak otentik lagi akibat Perang Dunia.
  • Dari NN : Apakah salah mengharapkan mantan pacar yang dulu putus karena beda agama? 
Jawab : Mengharapkan pacar kembali lagi tidak masalah. Yang masalah adalah jika anda bersikeras menikah beda agama.
  • Dari Yahya Kristianto di Tanggamus : Bagaimana cara menghindari kesenangan sesaat? Doakan pekerjaan saya 
Jawab : Kesenangan sesaat jika sesuai Firman Allah adalah berkat yang tidak perlu dihindari. Hubungan suami istri yang diteguhkan di gereja adalah berkat Tuhan. Yang tidak boleh adalah hubungan sesaat pria-wanita dalam perzinahan. Menikmati kekayaan yang berasal dari Tuhan secara benar adalah kemurahan Tuhan, namun jika kekayaan itu digunakan untuk memuaskan kedagingan, itulah yang dilarang Tuhan.
  • Dari ibu Sujinah di Kedaton : Doakan Budianto di Cepu yang baru dioperasi 
  • Dari Steven di Bukit Kencana : Doakan teman saya Jundarto yang besok akan kembali ke Balik Papan. Dia stres karena dipaksa jadi pendeta. Keinginannya jadi pedagang. Bagaimana caranya supaya dia kuat? 
Jawab : Menjadi pendeta adalah panggilan pribadi dari Tuhan, bukan karena paksaan. Namun kalau itu memang panggilan Tuhan baginya, bagaimana pun dia menolak atau menghindar, pada akhirnya dia akan tetap menjadi pendeta. Hal ini banyak dialami para pendeta. Doakan supaya dia kuat dan menerima kehendak Tuhan.
  • Dari Heni di Pulau Damar : Doakan pekerjaan saya dan usaha orangtua 
  • Dari bpk Lukman : Apakah kerajaan Allah hak semua orang? 
Jawab : Kerajaan Allah adalah hak bagi mereka yang diperkenankan Allah. Bagaimana supaya diperkenan Allah? Percaya pada Yesus dan melakukan kehendak Bapa di Sorga, maka kita memdapat hak sebagai anggota Kerajaan Allah
  • Dari Mitha di Ratulangi : Apa yang menyebabkan roh kegelapan mendekat pada kita? 
Jawab : Roh kegelapan mendekat jika kita memberi peluang. Tapi jika kita selalu dekat dengan Tuhan, roh itu akan menjauh
  • Dari bpk Herman : Bagaimana menghadapi kondisi konflik di jalur Gaza dan kasus penembakan pesawat Malaysia di Ukraina? Apakah hanya berdoa saja? 
Jawab : Untuk kasus jalur Gaza, di samping berdoa, kita bisa menyalurkan bantuan. Namun untuk kasus pesawat yang ditembak jatuh, kita hanya bisa berdoa agar keluarga yang ditinggalkan mendapat penghiburan.
  • Dari Yuni : Apa yang dimaksud sebagai Allah Bapa yang Kekal? 
Jawab : Dalam ajaran Kristen dikenal istilah Trinitas, yaitu Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus. Ketiganya adalah satu. Kekal artinya tidak berawal dan tidak berakhir.
  • Dari Tony : Jika berkelahi, bagaimana kita minta ampun pada Tuhan? 
Jawab : Berdoalah mohon pengampunan Tuhan dan jangan berbuat lagi
  • Dari Maikel di Tanjung Senang : Doakan pekerjaan papa agar diberkati 
  • Dari Udin di Karang Anyar : Apa yang dimaksud nomor telpon Tuhan Yesus? 
Jawab : Nomor telpon itu adalah 333, namun itu hanya istilah saja sebab Tuhan tidak memerlukan telpon. Maksud nomor itu adalah ayat dalam Yeremia 33:3, “Berserulah kepadaKu, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.” Kalau kita berseru pada Tuhan, maka Tuhan akan menjawab.
  • Dari Mariska di Tanjung Bintang : Bagaimana membuat pergumulan menjadi kenyataan? 
Jawab : Berdoa dan bertindaklah dalam nama Tuhan Yesus Kristus.
  • Dari Aprilia : Doakan pacar yang koma di RS Imanuel karena kecelakaan 
  • Dari bpk Rudi : Apakah masih harus kita lalui atau bersabar dalam penderitaan? 
Jawab : Ya, kita harus bersabar dalam penderitaan sambil berdoa dan mohon hikmat pada Tuhan agar diberi jalan keluar. Setelah itu berusahalah untuk mengatasi penderitaan itu dengan jalan sesuai ajaran Tuhan
  • Dari bpk Yunus di Jatiagung : Berapa lama umat Kristiani berpuasa? 
Jawab : Berpuasa dalam Kristen tidak ditentukan lama waktunya. Bisa 24 jam, bisa 12 jam, bisa tiga hari tiga malam, bahkan Yesus berpuasa 40 hari 40 malam
  • Dari ibu Linda : Apakah sebagai seorang istri harus selalu mengalah pada suami yang berselingkuh dengan yang muda? Apakah harus berpisah? 
Jawab : Menurut ajaran Tuhan Yesus, suami istri tidak boleh bercerai dan kita harus mengampuni dan mendoakan orang yang menyakiti kita. Hal itu tentu sangat berat dan sulit. Mohon pertolongan dan bimbingan Roh Kudus.
  • Dari Eka dan Yohanes : Doakan rencana pemberkatan kami 
  • Dari Ari : Berkat dan rahmat itu apa bedanya? 
Jawab : Berkat adalah pemberian dari Allah secara rohani maupun jasmani. Misalnya berkat damai sejahtera, berkat atas rumah tangga, atau berkat harta benda dan kesehatan. Rahmat adalah kasih karunia kemurahan dan pengampunan Tuhan terkait dengan keselamatan jiwa kita. Jadi kita memperoleh keselamatan bukan karena perbuatan baik kita, namun semata-mata karena rahmat atau karunia Allah. Untuk membalas kemurahan Tuhan, kita berbuat baik sesuai Firman Allah, bukan supaya selamat.
  • Dari Martin : Doa rosario itu apa? 
Jawab : Doa rosario terkait dengan doktrin gereja Katolik. jadi lebih tepat bertanya kepada pastor
  • Dari Febi di Pringsewu : Doakan kesembuhan adik habis dioperasi usus buntu