Mengampuni

Rabu, 23 Maret 2014 pukul 19.00 - 21.00
"Mengampuni"
Yosef Aegeng Laseno

Pendamping
Daniel Sanger, Yohannes Lie, dan Yahya Wangsajaya


Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” (Yoh. 23:34a) Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali. (Mat. 18:21-22)

Jawaban Yesus tentu mengejutkan Petrus. Itu bilangan yang banyak. Pengampunan bukan hal mudah. Ketika kita dilukai dan dihianati, sulit sekali mengampuni. Bila kita punya teman dekat, kita sering menolong dia, ternyata suatu ketika dia justru melakukan tindakan yang amat menyakiti, tentu kita sakit hati sebab merasa dikhianati. Pengkhianat itu biasanya orang dekat kita. Contoh Yudas mengkhianati Yesus. Timbulnya penghianatan bisa terjadi karena beberapa faktor, antara lain karena cemburu, sikap egois, perasaan tidak aman, dan ambisi pribadi. Tuhan Yesus selalu mengajarkan agar kita mengampuni. Dia memberi teladan ketika sedang menderita di salib, Yesus justru memohon pengampunan bagi mereka yang menyalibNya. Mengampuni itu menghilangkan dendam. Tuhan sudah mengampuni kita. Dia menghapus segala kesalahan dan dosa kita. Kalau kita mengampuni, tidak bisa menghapus dosa. Pengampunan kita hanya meniadakan tembok permusuhan. Pengampunan bukan perasaan tapi keputusan. “Ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami.” (Mat. 6:12) Jika kita sudah diampuni oleh Tuhan, kita juga harus mengampuni kesalahan orang lain. Amin

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline : 
  • Dari Meli : Kalau punya teman memberitahukan berita yang hanya menyenangkan dirinya sendiri, apa yang harus kita lakukan? 
  • Dari Filipus di Jakarta : Tadi disampaikan bahwa mengampuni itu dalam bahasa aslinya berarti juga melepaskan dan membiarkan pergi. Apa yang terjadi jika tapa menghapus? 
  • Dari Sesa di Metro : Firman Tuhan luar biasa. Saya dihianati. Dia berjalan dengan wanita lain. Bagaimana agar saya bisa mengampuni? 
  • Dari Dita di Sukarame : Ada teman menjatuhkan saya di pekerjaan. Saya sudah memaafkan tapi tidak menyapanya. Apa salah masih salah? 
  • Dari ibu Lexfy di Kemiling : Doakan gereja kami cepat dibangun 
  • Dari Linda : Bagaimana prinsip mengampuni? 
  • Dari Citra di Jakarta : Doakan papa sakit di rumah sakit dan juga buat mama yang menjaga 
  • Dari Theo : Bila mengasihi seseorang tapi mengharapkan balas budi, apa hukumnya? 
  • Dari Demos Sembiring : Apa yang menyebabkan iri hati dalam pekerjaan? 
  • Dari Putri : Saya suka seorang pria tapi dia sudah punya pacar. Apa harus terus terang atau meninggalkan dia? 
  • Dari Siska di Gedung Air : Kemarin Jumat Agung tidak ikut perjamuan kudus karena menunggu nenek sakit. Apa berdosa? 
  • Dari Anes : Saya punya teman lama. Saya berbuat kesalahan. Dia tidak mau mengampuni dan tidak mau berteman. Apa yang harus saya lakukan? 
  • Dari Dewi di Tanjung Senang : Kalau ada yang suka kasih Firman Tuhan dan mengajarkan kasih tapi suka berbohong, apa yang harus kita lakukan? 
  • Dari NN : Apa yang dimaksud Jumat Agung dan Paskah? 
  • Dari NN : Baptis yang sebenarnya dipercik atau diselam? 
  • Dari Putra di Kedaton : Kisah saya seperti Anes. Saya menjalin hubungan dengan seorang wanita 1 tahun. Terjadi konflik. Dia sudah mengampuni tapi tidak mau ketemu saya lagi. Apa yang harus saya lakukan? 
  • Dari Bayu :Doakan Wahyu Kuswantoro yang sakit 
  • Dari Anle di Tanjung Senang : Doakan hasil ujian agar lulus dengan nilai terbaik 
  • Dari Apin : Apa yang dimaksud korban penebusan? 
  • Dari Deni : Apa arti ora et labora? 
  • Dari Miki : Apa yang menyebabkan anak muda susah hidupnya? 
  • Dari Yogi : Jika berpengharapan punya rumah tapi hanya berdoa saja tanpa berusaha akan berhasil? 
  • Dari NN : Bagaimana seseorang dapat mengontrol emosinya karena permohonan maaf saya ditolak? 
  • Dari Natan : Doakan pekerjaan saya agar diberkati 
  • Dari Hasparingga : Doakan saya agar dapat nilai baik dan papa banyak rejeki 
  • Dari Beti : Doakan saya lancar kuliah. Saya daftar Polwan tahun ini. Doakan juga rejeki keluarga 
  • Dari Keshia : Mengapa Yesus harus lahir dan mati? 
  • Dari Jarwo di Telukbetung : Saya 35 tahun belum dapat pasangan hidup. Saya setia. Tapi mengapa kenal cewek hanya bertahan berapa bulan saja? Doakan 
  • Dari Ajeng : Bagaimana membangun hubungan dengan kekasih agar harmonis? 
  • Dari Febi : Bagaimana dapat mengerti bahasa roh? 
  • Dari Yosef : Apa luka yang membekas itu? 
  • Dari NN : Apa hadiah yang Tuhan berikan bagi orang sombong? 
  • Dari Dewi : Doakan agar saya diberkati dan setia melayani Tuhan 
  • Dari NN : Apa wanita punya sifat yang tidak ingin diganggu (bad mood)? 
  • Dari Romli : Salah tidak makan daging yang dilarang agama lain? 
  • Dari Chacha :Mengapa setiap dekat cowok, teman saya cemburu? 
  • Dari Andreas : Apa yang dimaksud rencana Tuhan? Apakah wanita yang digumuli itu rencana dari Tuhan?