Taburlah Benih Pada Pagi Hari

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline,
Jumat 15 Pebruari 2013 pk 19.30-21.00
Renungan oleh Yohannes Lie "Taburlah Benih Pada Pagi Hari"
Pendamping Yosef, Bagus Susanto, Tutu Petrus,  Yahya dan Dany Salim .
Penyiar sdr Luki Winata
Jika ingin membaca uraian renungan ini, silakan klik disini


"Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama baik." (Pengk. 11:6)

     Allah menghendaki manusia hidup penuh kebahagiaan bersamaNya. Namun akibat dosa, manusia harus mengalami kematian dan penderitaan karena harus berjerih lelah mencari rezeki. Semua penderitaan itu merupakan bukti kasih Allah kepada manusia. Mengapa demikian? Sebab penderitaan membuat manusia menyadari akibat dosa, membuat mereka merindukan suatu tempat abadi penuh kebahagiaan tanpa penderitaan, membuat mereka berbalik mencari Allah, dan membuat mereka mememiliki kekuatan, kasih, iman dan pengharapan yang berasal dari Allah.
     Karena tanah terkutuk akibat dosa, semua manusia wajib bekerja, baik orang percaya maupun bukan orang percaya. Allah memberkati mereka yang rajin. Jika ingin berhasil, manusia harus bekerja keras. Lantas jika keberhasilan ditentukan oleh kerja keras manusia, apakah kita masih perlu berdoa memohon pertolongan Tuhan supaya berhasil? 
     
Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari sdri Mimi di Karang Anyar : Selamat malam. Apa pendapat bapak-bapak kalau ada anak Tuhan tapi hidupnya bukan seperti anak Tuhan? Dia cowok saya, suka merokok dan mabuk. Saya pusing. Mau diputuskan, takut tidak menjadi berkat buat dia.
  • Dari sdr Robin di Kedaton : Doakan buat papa yang sakit sudah 7 tahun kena tumor. Saya sedih. Saya ingin papa sembuh dan bisa menyaksikan kehidupan saya sampai saya menikah. Saya selalu mengimani ada kuasa dalam Tuhan.
  • Dari sdr David di Bandar Lampung : Jika saya membantu pelayanan dengan uang saya, boleh tidak, tapi saya tidak beribadah karena sibuk?
  • Dari ibu Marta di Natar : Selamat malam semua. Bagaimana caranya mengatasi anak-anak muda yang mulai krisis rohani dan jarang mau ibadah, khususnya ibadah pemuda? Terkadang datang tapi tidak fokus. Pulangnya biasa-biasa saja dan tidak ada perubahan.
  • Dari sdri Lina di rumah : Bantu doa untuk rumah dan orangtua yang rumah tangganya sedang bermasalah. Bantu doa juga buat saya yang sedang mencari pekerjaan
  • Dari sdr Kris di Talang Padang : Shalom, selamat malam. Doakan ibu saya yang sakit asam urat.
  • Dari sdri Merry di Tanjung Senang : Doakan saya cepat dapat pekerjaan dan juga buat embak saya agar dapat jodoh yang seiman dan sepadan
  • Dari sdr Decky di Branti : Bagaimana kalau kita membuka mata saat berdoa, apakah diampuni dosanya?
  • Dari sdri Lista di Way Halim : Doakan cowok aku yang sedang sakit
  • Dari sdr Larry : Selamat malam. Saya anak satu-satunya. Ayah saya Kristen dan ibu saya non-Kristen. Saya sering diajak ayah ke gereja. Ayah dan ibu sering cekcok karena memperebutkan saya agar masuk ke agama masing-masing. Saya bingung dan mohon penjelasan, apakah yang harus saya lakukan?
  • Dari sdri Rita di Way Kandis : Mohon doa agar saya bisa mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan jodoh yang sesuai dengan kehendak Tuhan
  • Dari sdri Elisabet : Shalom, selamat malam. Bagaimana caranya orang Kristen kalau berpuasa? Kalau buka puasa bagaimana? Apakah seperti orang dari agama lain, makan sebelum matahari terbit dan sesudah matahari terbenam?
  • Dari ibu Erni di Korpri : Doakan buat pekerjaan, suami, anak-anak, dan saya agar diberi kesehatan. Firman Tuhan dahsyat.
  • Dari sdr Gino di Panjang : Selamat malam. Kenapa susah mendapat pacar seiman? Kenapa anak-anak Yesus sepertinya sombong-sombong?
  • Dari ibu Lisna : Terima kasih, Samaria. Keluarga saya telah kembali sama seperti semula. Suami saya sudah baik lagi.
  • Dari ibu Markus : Puji Tuhan. Doakan kesehatan saya dan anak-anak yang sedang bekerja, Yeremia dan Yanti.
  • Dari bpk Yunus di Jati Agung : Jika kita sudah lama tidak berdoa dan menjadi malas, bagaimana memulihkannya lagi? Saya dan istri sering mendengarkan siaran radio Heartline.
  • Dari ibu Veni di mobil : Seminggu ini saya merasakan penderitaan yang berat sekali. Suami saya selingkuh. Mengapa Tuhan membuat saya seperti itu?