Pilihan

Jumat, 16 Maret 2012 pukul 7.30 - 9.00 malam
  
"Pilihan"
Tutu Petrus

Pendamping
Dany Salim, Bagus Susanto, dan Yohannes Lie


Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan pakaian pesta? Tetapi orang itu diam saja. Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya: Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih." (Mat. 22:12-14)

Bpk. Tutu Petrus membawakan
renungan Firman Tuhan
     Banyak orang yang dipanggil tapi tidak terpilih sebab banyak persyaratan untuk dipilih. Mirip dengan perlombaan, yang bertahan sampai akhir akan muncul sebagai pemenang. Apa persyaratan agar terpilih? Harus mengikuti aturan yang sudah dibuat. Misalnya orang yang mau hidup sehat, jangan makan sembarangan, pilihlah makanan sehat. Bekerja dan beristirahat harus seimbang.
     Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Yoh. 14:6) Namun manusia tidak sungguh-sungguh percaya.  "Jangan ada padamu allah lain di hadapanKu" (Kel. 20:3), "Hormatilah ayahmu dan ibumu" (Kel. 20:12a). Ikuti ajaran Tuhan. Namun banyak manusia yang tidak menuruti ajaran Tuhan.
     Pak Dany adalah seorang pedagang. Saat memilih produk yang akan dijual, beliau memilih produk berkualitas, harga terjangkau, dan disukai pembeli. Beliau tidak akan memilih produk sembarangan.
     Dalam kehidupan banyak pilihan: a. Profesi harus dipilih apakah menjadi dokter, dosen, guru, pengusaha, dll, b. Pasangan hidup. Dari sekian banyak wanita, seorang pria harus memilih satu sebagai pasangan hidupnya. Ada kriterianya. c. Tempat tinggal. Kita harus memilih tempat tinggal sesuai dengan keinginan kita. Kepastian bahwa pilihan kita benar dapat memenuhi harapan kita.
     "Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu" (Ul. 30:19) Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati" (Yoh. 11:25) Yesus, Dialah Sang Pencipta. Yang lain bisa menyesatkan. Sebab segala sesuatu ada yang orisinal dan ada yang imitasi. Pilihlah sumber keselamatan yang sejati, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Ikutilah jalan Tuhan sesuai perintahNya. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari Muel : Selamat malam. Bagaimana membuang dendam kepada teman saya? Dia Kristen tapi saya sakit hati padanya. Ia mengambil motor saya dua bulan yang lalu. Saya masih mencarinya. Namun saya tidak melapor ke polisi. Saya ingin membuang dosa dendam.
  • Dari sdri. Lista di Way Halim : Mohon bantu doa inang lagi sakit tipus sudah beberapa hari ini.
  • Dari bpk. Yunus : Doakan kesehatan saya yang kurang baik. Bagaimana kita mempertahankan kelakuan yang baik sedangkan kita hidup di lingkungan bersama orang jahat yang tidak berbuat baik? Upaya apa yang harus kita lakukan?
  • Dari ibu Neti di Korpri : Tolong doakan teman saya ibu Heni di Tanjung Senang yang sedang diganggu kuasa kegelapan.
  • Dari bpk. Gabin di Bandar Lampung : Tuhan Yesus ingin menyelamatkan tapi mengapa hanya sedikit yang dipilih? Apa yang diterima setelah dipilih?
  • Dari sdr.Fanny : Mohon doa agar kuliah saya lancar. Bagaimana kalau hidup orang Kristen tanpa diproses, apakah Tuhan sayang padanya? Padahal Firman Tuhan berkata, Tuhan menghajar orang yang dikasihiNya?
  • Sebelum menikah pasangan hidup sangat baik, namun setelah menikah timbul masalah. Apakah itu salah pilih?