Jangan Bimbang


Jumat, 9 Maret 2012 pukul 7.30 - 9.00 malam
"Jangan Bimbang"
Dany Salim
  
Pendamping
Bagus Susanto, Tutu Petrus, dan Yohannes Lie


Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air." Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus. Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: "Tuhan, tolonglah aku!" Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?" (Mat. 14:28-31)

Bpk. Dany Salim
     Ayat di atas mengisahkan Yesus berjalan di atas air. Lalu Petrus berkata, "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air." Kita pun sering bertindak seperti Petrus. Kita sering berkata, "Tuhan kalau Engkau menyembuhkan aku atau menyelesaikan masalahku, aku akan mengikut engkau." Ketika Yesus menyuruh Petrus datang, Petrus pun taat dan turun ke air lalu dia mampu berjalan di atas air. Kita pun sudah memilih untuk mengikut Yesus dan yakin pasti memperoleh keselamatan. Namun sama seperti Petrus yang bimbang ketika merasakan tiupan angin sehingga mulai takut dan akibatnya menjadi tenggelam, kita pun seringkali demikian. Mungkin kita bertanya-tanya, "Kok Petrus bisa bimbang,ya?" Padahal kita pun sama saja. Kita bimbang ketika melihat tiupan angin dan arus dunia sehingga kita juga bisa tenggelam.
     Namun syukurlah, saat Petrus mulai tenggelam, ia berteriak, Tuhan, tolonglah aku!". Dan yesus segera menolongnya. Ketika kita mulai bimbang sehingga mulai tenggelam, panggillah dan peganglah tangan Tuhan. Saat menghadapi masalah, datanglah dan mintalah tolong kepada Yesus. Dia pasti akan menolong kita.Dunia saat ini semakin mengerikan. Banyak bencana terjadi, bahkan negara super power pun tidak berdaya.
     Dalam Matius 21:21-22 dikisahkan bahwa Yesus tidak mendapati buah pada pohon ara. Lalu Ia mengutuk pohon itu agar jangan berbuah lagi. Ketika melihat pohon ara itu layu, heranlah para murid..Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! hal itu akan terjadi. Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya."
     Ketika kita mohon sesuatu pada Tuhan, janganlah bimbang. Kita harus percaya bahwa Yesus akan mendengar permohonan kita. "Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan." (Yak. 1:6-7) Jelas kalau kita bimbang, kita seperti gelombang laut yang diombang-ambingkan angin. Kita tidak akan menerima sesuatu dari Tuhan. Orang yang mendua-hati tidak akan tenang hidupnya. Karena itu, jangan bimbang. Dia tidak akan meninggalkan kita sebab Dia mengasihi kita.
     "Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan." (Yes. 41:10) Dia sanggup membebaskan kita dari segala beban kita. Amin.

 Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari ibu Merry di Kedaton : Saya masih bingung pak dengan Firman yang mengatakan "Banyak yang datang, tetapi sedikit yang terpilih". Penerapannya bagaimana pak supaya kita dapat terpilih masuk Kerajaan Sorga.
  • Dari bpk.Untung di Jati Agung : Tema ini memberkati saya. Tetap semangat. Anak saya sedang sakit demam sudah 3 minggu belum sembuh. Doakan supaya cepat pulih dan bisa kuliah lagi. Terima kasih.
  • Dari bpk. Siregar di By Pass : Mengapa anak Tuhan dilarang makan darah? Tapi dalam Firman Tuhan tidak dilarang. Maaf pertanyaannya menyimpang dari tema.
  • Dari Tari di Tanjung Senang : Kenapa setiap kita mau sungguh-sungguh berusaha belajar seperti yang Tuhan mau dan melayani Tuhan selaly saja ada halangan sehingga menjadi bimbang untuk memperoleh mujizat dari Tuhan?
  • Bagaimana dengan orang Kristen KTP?
  • Jika kita berdoa namun tidak dijawab juga sehingga menjadi bimbang. Apakah kita salah?
  • Bagaimana kita harus mengatasi kebimbangan itu?
  • Apakah dosa bisa menghambat doa?
  • Dari bpk. Silaban di Kemiling : Salam untuk sdr Luki dan bpk Yohannes dan kawan-kawan. Saya ingin memberi tip dan motivasi. Ujian, tantangan, dan cobaan dapat membuat kepribadian kita lebih dewasa. Lebih baik berhati-hati jangan bersungut-sungut dalam pelayanan.Terima kasih GBU. 
  • Dari bpk. Gabin di Teluk Betung : 1. Mengapa perasaan bimbang selalu timbul? 2. Mengapa manusia bisa kurang percaya pada Tuhan Yesus?