Tuhan Tidak Pernah Melupakan Kita

Jumat, 05 Agustus 2016 pukul 19.00 - 20.00
"Tuhan Tidak Pernah Melupakan Kita"
Dany Salim

Pendamping : 
Yohannes Lie dan Daniel Sanger 


“Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau. Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku. Dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.” (Yes. 49:15-16)

Tuhan tidak pernah melupakan kita. Dia selalu mengasihi dan menyayangi kita. Bahkan Dia rela mati disalib demi menyelamatkan kita. Dia bahkan mengasihi kita ketika kita masih dalam dosa. Dia melukiskan kita di telapak tanganNya. Ketika saya terkena serangan jantung, Tuhan menolong. Namun tidak langsung sembuh total, masih harus melalui proses penyembuhan dan pemulihan. Pada waktu itu, saya merasa seolah-olah Tuhan melupakan saya. Tapi ketika merenungkan Firman ini, saya menyadari bahwa saya mempunyai Allah yang tidak pernah melupakan kita dan selalu siap menolong. Asalkan kita setia padaNya. Mungkin pendengar ada yang merasa, saya sudah berdoa, mengapa doa saya belum dijawab Tuhan? Apakah Dia sudah melupakan saya? Tetaplah setia, datang, dan selalu berharap padaNya. Tuhan adalah Gembala yang Baik. Dia menuntun kita ke jalan yang benar. Tuhan pasti memberikan yang terbaik. Ketika Tuhan menjawab doa kita, tujuannya agar kita semakin setia. “Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita” (Efe. 3:20) Dia pasti memberi jauh lebih banyak daripada yang kita harapkan. Percayalah Tuhan tidak pernah melupakan kita. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline
  • Dari Putra di Lampung Tengah : Doakan penyakit saya agar disembuhkan oleh Tuhan Yesus
  • Dari Yana : Apa perbedaan orang yang mati dalam Kristus dan yang tidak
Jawab : Orang yang mati dalam Kristus akan menerima keselamatan kekal dan masuk Kerajaan Sorga, sedangkan yang tidak dalam Tuhan, tidak menerimanya
  • Dari bpk Yunus di Jatimulyo : Jika Yesus tidak meninggalkan kita, mengapa pertolongan Tuhan kadang tidak terjadi? Bahkan ada yang sampai meninggal
Jawab : Pertolongan Tuhan selalu terjadi dalam setiap kehidupan kita, namun tidak seperti yang kita inginkan. Jika ada yang meninggal, karena semua manusia pasti akan meninggal dunia. Tidak ada manusia yang hidup selamanya di dunia ini. Para nabi dan rasul pun meninggal.
  • Dari bpk Thomas di Kemiling : Bagaimana sikap menghadapi orang yang mengucilkan kita? Yesus itu Imanuel, tapi mengapa orang memohon tidak segera dijawab?
Jawab : Tetaplah beraktifitas seperti biasa, jangan membenci mereka, dan doakan mereka agar mereka dapat menerima kebenaran Tuhan. Imanuel artinya Yesus beserta kita. Dia selalu menyertai kita saat kita diberkati, saat menghadapi cobaan, dan saat mengalami penderitaan. Dia tidak berjanji menghilangkan semua penderitaan itu, tapi Dia berjanji menyertai kita sampai kesudahan alam. Ujian diperlukan agar kita semakin berharap padaNya, semakin dekat padaNya, dan semakin sabar menghadapi semuanya.
  • Dari ibu Endang di Kotabumi : Kenapa ada hamba Tuhan di kampung dikucilkan dan dipukuli, pertolongan Tuhan tidak langsung terjadi? Apa hamba Tuhan itu mempunyai kesalahan?
Jawab : Hamba Tuhan itu tidak mempunyai kesalahan, tapi justru mendapat karunia untuk menderita bersama Yesus. Sebagai orang percaya, kita juga akan menghadapi ujian dan pencobaan. Tapi jika kita menang, kita akan menerima upah di sorga
  • Dari jemaat Lampung Utara : Doakan ibu Margareta sakit kepala dan kaki. Mujizat pasti terjadi
  • Dari bpk Herman di Rajabasa : Kenapa Tuhan Yesus mati dikuburkan dengan kain kafan, anak-anakNya sekarang mati memakai jas?
Jawab : Mati menggunakan kafan itu hanya tradisi pada waktu itu. Jadi bukan suatu keharusan. Memakai jas, supaya meninggalkan kesan yang indah bagi yang ditinggalkan
  • Dari ibu Jeni di Bandarjaya : Jika keluarga Kristen jarang beribadah, apakah akan masuk sorga?
Jawab : Seharusnya sebagai keluarga Kristen, kita harus rajin beribadah. Apakah jarang beribadah akan masuk sorga, kami tidak tahu, sebab Tuhanlah yang memutuskan.
  • Dari Rian di Sekampung : Bagaimana mengatasi orangtua yang tidak setuju saya menjadi pengikut Kristus? 
Jawab : Jika masih numpang orangtua, jangan terlalu menonjolkan hal itu, karena menyakiti hati mereka dan bisa-bisa kamu diusir. Kelak jika kamu sudah mandiri, barulah kamu menyatakannya dengan bijaksana. Doakan orangtuamu agar mereka pun bisa percaya pada Yesus
  • Dari ibu Eli : Bagaimana menghadapi anak yang dari kandungan sudah ditolak? Dia suka minder
Jawab : Anak itu harus selalu didampingi dengan penuh kasih sayang dan selalu diberi semangat. Memang tidak mudah. Doakan dia selalu. Lambat laun dia akan bangkit kembali
  • Dari NN : Kenapa sebagai orang percaya banyak cobaan? Sulit memiliki iman yang teguh
Jawab : Sebetulnya cobaan itu dialami setiap orang, baik dia orang percaya atau bukan. Jika cobaan itu datang, janganlah membuat imanmu lemah, tapi berdoalah memohon pertolongan Tuhan dan bertindaklah dalam iman. Jika kamu bisa mengatasi cobaan itu kamu menjadi pemenang
  • Dari Tyas di Tegineneng : Saya sekolah di SMK, orangtua tidak bekerja tapi saya bisa tetap sekolah. Apakah itu pertolongan Tuhan?
Jawab : Ya, semua itu karena pertolongan Tuhan. Jadi mengucap syukurlah selalu pada Tuhan
  • Dari Yanti : Kenapa Tuhan Yesus melihat hati, bukan apa yang kelihatan?
Jawab : Yang kelihatan itu hanya kemasan saja, isinya ada di dalam. Kemasan bisa menipu, kelihatan baik, isinya busuk, demikian pula sebaliknya. Itulah sebabnya Tuhan selalu melihat hati.
  • Dari NN : Apa maksud Ulangan 31:8?
Jawab : “Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati." (Ul. 31:8) Artinya, jika kita percaya pada Tuhan dan hidup sesuai ajaranNya, Tuhan sendirilah yang akan menolong kita, seperti janji Yesus dalam Matius 28: 20b, “Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman”
  • Dari Monalisa : Doakan tenggorokan agar sembuh dan tante agar dikaruniakan keturunan
  • Dari bpk Ratam di Waysula : Doakan kesehatan istri dan saya, dan anak-anak agar diberkati?
  • Dari bpk Margo : Doakan agar keluarga kami diberkati
  • Dari bpk Alex : Doakan keluarga kami. Firman Tuhan memberkati saya