Ajakan Juruselamat

Jumat, 20 Mei 2016 pukul 19.00 - 20.00
"Ajakan Juru Selamat"
Dany Salim

Pendamping : 
Krismas, Yosef Ageng Laseno, Daniel Sanger,  dan Yohannes Lie


“Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan." (Mat. 11:29-30)

    Hal yang harus kita perhatikan adalah ketika kita datang pada Yesus dan Dia memberi kelegaan pada kita, kita wajib memikul kuk yang Tuhan pasang dalam hidup kita dan belajar padaNya. Mengapa? Kuk itu berbeda dengan beban berat yang selama ini membawa keletihan. Kuk adalah kewajiban melakukan perintah dan ajaran Tuhan. Jadi semua orang percaya wajib melaksanakannya. Belajar dari Yesus karena Dia lemah lembut dan rendah hati sehingga jiwa kita mendapat ketenangan. Lakukanlah kewajiban dengan lemah lembut dan rendah hati. Itu sulit dilakukan jika kita tidak dekat dengan Tuhan Yesus. Terkadang kita suka menyombongkan diri. Yesus yang adalah Tuhan mau merendahkan diri. Jika kita melakukan ajaran Tuhan, jiwa kita akan mengalami ketenangan. Banyaklah belajar pada Yesus dengan merenungkan Firman Tuhan. Kita akan sanggup karena mengandalkan Tuhan. 
    “Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.” (Ibr. 12:1) Kalau Tuhan mengijinkan kita melayani, lakukanlah dengan lemah lembut dan rendah hati. Layanilah Tuhan dengan lebih bersungguh-sungguh. Tuhan menyertai. Amin

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :
  • Dari bpk Kristianto di Antasari : Sebenarnya kita diselamatkan karena kasih karunia atau karena kebaikan? Bagaimana agar memperoleh hidup kekal?
Jawab : Kita diselamatkan karena kasih karunia, bukan karena perbuatan. Tapi setelah kita menerima karunia keselamatan, kita harus melakukan kebaikan sebagai bukti iman kita pada Yesus. Untuk memperoleh hidup kekal, kita harus beriman sungguh-sungguh pada Yesus.
  • Dari Ester di Bandarjaya : Apa arti cinta kudus dan pernikahan kudus?
Jawab : Cinta dan pernikahan kudus adalah cinta kasih yang tidak dinodai kecemaran dosa, setia, bertanggung jawab, dan penuh kasih sayang.
  • Dari Mela : Bagaimana bersaksi yang benar? Bolehkah menceritakan kejadian orang lain?
Jawab : Bersaksi dapat melalui perkataan dan juga sikap hidup kita sehari-hari yang menunjukkan kasih Allah dalam kehidupan kita. Kita boleh menyaksikan kejadian orang lain yang kita tahu persis. Tapi jika kita hanya mendengar dari sumber yang tidak jelas, sebaiknya jangan disaksikan karena belum tentu benar.
  • Dari Yohanes di Lampung Tengah : Bagaimana agar semua hamba Tuhan bisa memenangkan jiwa yang belum percaya? Banyak hamba Tuhan hanya melayani yang sudah percaya
Jawab : Memenangkan jiwa bukan hanya tugas hamba Tuhan tapi semua orang percaya. Hamba Tuhan melayani jemaat adalah tugas mereka sebagai pemelihara iman umat.
  • Dari Tipas di Bandarjaya : Bagaimana cara Roh Kudus bekerja dalam kehidupan kita?
Jawab : Roh Kudus berperan sebagai pembimbing kehidupan agar tidak menyimpang dari jalan Tuhan, sebagai kebenaran untuk menyatakan kebenaran Firman Tuhan, sebagai penghibur untuk menguatkan iman kita saat menghadapi berbagai cobaan hidup, sebagai pemberi kuasa untuk menjadi saksi Kristus. Masih banyak lagi
  • Dari bpk Mathias R C : Apakah yang membedakan hikmat kita dengan hikmat dari Tuhan? Hikmat Roh Kudus dan hikmat manusia?
Jawab : Hikmat adalah kemampuan untuk menyatakan kebenaran. Hikmat dari Tuhan atau hikmat Roh Kudus adalah kemampuan menyatakan kebenaran Tuhan yang bersifat mutlak. Hikmat manusia adalah kemampuan menyatakan kebenaran duniawi yang diperoleh melalui pengetahuan ilmiah. Hikmat manusia bersifat relatif, bisa berubah dan bisa salah.
  • Dari Gino di Panjang : Bagaimana sebagai anak muda ditolak wanita seiman?
Jawab : Jangan sakit hati dan putus asa. Maju terus, cari lagi wanita seiman lainnya
  • Dari Ani di Lampung Timur : Apa yang membuat gereja tidak tumbuh terutama di pedesaan?  
Jawab : Gereja tidak bertumbuh karena ada masalah di gereja, misalnya kebaktiannya monoton, suasana kekeluargaan berkurang, karena pemimpinnya tidak mengayomi jemaat, dan lain-lain. Sedangkan kalau di desa, karena penduduk desa relatif sedikit, dan banyak yang pindah ke kota untuk mencari nafkah.
  • Dari Udin di Jatimulyo : Apa kabar? Apa yang dimaksud krisis akhir zaman? Apakah krisis keuangan? 
Jawab : Pada akhir zaman akan terjadi berbagai krisis antara lain krisis kepribadian, krisis rohani, dan krisis keuangan.
  • Dari Sendy di Teluk Betung : Bagaimana menghadapi masalah, saya punya pacar seiman, tapi selalu ditembak teman gereja? Dia tetap memilih saya
Jawab : Mungkin banyak teman segerejamu yang belum tahu kalau dia pacarmu. Jadi tunjukkanlah kalau dia pacarmu, biasanya mereka akan mundur
  • Dari bpk Joko di Bandar Lampung : Apa pendapat bapak kalau ada pendeta yang hanya memikirkan diri sendiri? Dia hanya memperkaya diri dan tidak mempedulikan jemaat.
Jawab : Kita berdoa agar tidak ada pendeta seperti itu, sebab seorang pendeta tidak boleh bersikap seperti itu. Sungguh masalah jika ada pendeta seperti itu. Doakanlah dia.
  • Dari Anita di Waykandis : Doakan agar bisa lulus SBMPTN
  • Dari Agung di Metro : Bagaimana ciri-ciri orang yang menerima Roh Kudus? Apakah dapat keselamatan jika belum penuh Roh Kudus? Saya sudah didoakan di depan tapi belum kepenuhan
Jawab : Tanda orang penuh Roh Kudus adalah berkata-kata dengan bahasa lidah. Keselamatan diterima oleh orang yang percaya karena mereka sudah dimeteraikan oleh Roh Kudus pada saat percaya. Jika belum kepenuhan, tetap berharap dan berdoa, jangan putus asa.
  • Dari Sister : Apakah jika membaca Firman Tuhan setiap hari iman kita akan bertambah?
Jawab : Benar, karena iman tumbuh dari mendengarkan atau membaca Firman Tuhan. Tapi jika ingin makin bertambah, renungkan dan lakukan ajaran Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Dari Reni di Bandarjaya : Bagaimana caranya agar sabar dan lemah lembut? Susah melakukannya
Jawab : Dengan kesungguhan hati, doa, dan segera melakukannya
  • Dari ibu Fatimah di GPJ : Doakan pelayanan di gereja kami di Lampung Timur?
  • Dari bpk Alex : Doakan kesehatan, pekerjaan, dan pelayanan kami
  • Dari dr Opang : Apakah hamba Tuhan boleh memiliki usaha?
Jawab : Boleh saja selama biaya kehidupannya belum tercukupi, tapi bila sudah, sebaiknya fokus saja pada pelayanan.