Siapa terbesar dalam Kerajaan Sorga?

Siaran Youth Samaria bersama radio Heartline, Rabu 8 Juli 2015 pk 19-20
Renungan kak Jahja Wangsajaya "Siapa terbesar dalam Kerajaan Sorga?" 
Pendamping Yosef, Yohannes Lie , Stevenly Kevin Yehezkiel dan Indra Sinurat
Penyiar sdr Nicolas Chen.


“Sedangkan barang siapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga”  (Mat 18:4)

Ketika para murid bertanya, “Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga? (Mat. 18:1), Yesus memanggil seorang anak kecil lalu menjelaskan tiga hal, (Mat. 19:2-5) yaitu hal :

  1. Masuk dalam Kerajaan Sorga harus bertobat dan menjadi seperti anak kecil atau lahir baru, 
  2. Untuk menjadi terbesar dalam Kerajaan Sorga harus merendahkan diri, dan 
  3. Masuk dalam golongan terbesar, tergantung cara menyambut Yesus
Amin

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline
  • Dari Eka Yuliana di Sekampung Lampung Timur : Jika sudah dibaptis, apakah sudah tercantum dalam Kerajaan Sorga? Bagaimana jika berbuat dosa, minta ampun dan berbuat dosa lagi, apakah masih diampuni?  
Jawab : Ya benar. Ketika percaya dan dibaptis, kita sudah terdaftar dalam Kerajaan Sorga. Namun kita juga wajib melakukan kehendak Bapa di Sorga yaitu melakukan ajaran Tuhan dalam kehidupan kita. Jika tidak, nama kita bisa dihapus. “Bukan setiap orang yang berseru padaKu, Tuhan, Tuhan,  akan masuk Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga”. (Mat. 7:21) Jika seseorang berdosa lalu minta ampun, Tuhan akan mengampuni asalkan permohonan ampun itu bukan hanya di mulut saja tapi sungguh-sungguh disertai penyesalan dan pertobatan. Berdosa lagi, minta ampun lagi, Tuhan akan mengampuni, karena pengampunan Tuhan tidak terbatas. Tapi ingat, waktu hidup manusia terbatas, jangan sampai saat berbuat dosa belum sempat mohon ampun, tiba-tiba meninggal dunia maka binasalah dia
  • Dari Tuti di Wayhalim : Apakah menjadi seperti anak kecil itu artinya harus bertindak seperti anak kecil?
Jawab : Ya, kita harus bersikap seperti anak kecil dalam arti positip, yaitu sama seperti anak percaya dan mengandalkan hidup sepenuhnya pada orangtua, melakukan perintah orangtua, mudah berdamai dan rendah hati, demikian juga seharusnya sikap kita kepada Tuhan dan sesama. Tapi jangan meniru sisi negatip anak seperti manja, cengeng, dan cuma bermain saja. 
  • Dari NN : Punya pacar seiman, tapi orangtua saya tidak setuju. Lama-lama ketahuan dia berbohong, ternyata dia akan menikah dengan orang lain. Apa yang harus saya lakukan?
Jawab : Lupakan dia, sebab dia akan menjadi milik orang lain
  • Dari bpk Mono di Babatan : Dimana gereja GPdI yang dekat rumah saya? Doakan kami
Jawab : Mungkin bapak bisa ibadah di GPdI Filadelfia Panjang yang berlokasi di dalam gang di depan terminal Panjang 
  • Dari ibu Rika di Kotagajah : Apakah orang yang terbesar derajatnya akan menjadi terbesar dalam Kerajaan Sorga?
Jawab : Terbesar dalam Kerajaan Sorga tidak tergantung derajat seseorang di bumi tapi tergantung pada pelayanan dan kerendahan hati orang percaya yang melakukannya
  • Dari Ani : Bagaimana jika percaya tapi belum dibaptis? Apakah harus dibaptis?
Jawab : Bukti beriman pada Yesus adalah dibaptis. Dibaptis artinya hidup lama yang penuh dosa sudah mati dan dibangkitkan kembali menjadi ciptaan baru yang hidup sesuai kehendak Tuhan. Jadi segeralah dibaptis
  • Dari NN : Apakah dalam Kerajaan Sorga ada golongan? Bagaimana kalau mendapat golongan yang paling rendah?
Jawab : Dalam Alkitab ada golongan yang disebut sahabat Allah seperti Abraham, ada juga yang disebut mempelai wanita bagi Kristus, yaitu kita sebagai gereja Tuhan. Ada juga penggolongan lain yaitu golongan yang terbesar dalam Kerajaan Sorga, berarti ada yang golongan sedang, dan golongan terkecil. Bagaimana kalau masuk golongan terkecil? Ada yang berkata, “Tidak apa-apa, yang penting masuk sorga, tidak ke neraka.” Jika mau yang terbesar, lakukan pekerjaan Tuhan dengan kerendahan hati. Sebab jika melayani tapi mengharapkan pujian, kata Tuhan, “Engkau sudah mendapat upahmu di dunia.” Jadi tidak dapat upah lagi di sorga sehingga walau pun rajin melayani tapi upahnya sedikit dan menjadi terkecil. Yesus juga mengajarkan bahwa siapa yang meninggikan diri akan direndahkan, dan siapa yang merendahkan diri akan ditinggikan
  • Dari Nia di Hanura : Apakah jika minta ampun harus di depan imam?
Jawab : Minta ampunlah secara pribadi kepada Tuhan. Lalu jangan lakukan lagi. Boleh juga di depan imam, karena beliau dapat mendoakan dan memberi nasihat. Tapi imam itu harus dapat menyimpan rahasia, sebab jika tidak, dia akan menceritakan kasusmu pada orang lain sehingga akan mempermalukan dirimu.  
  • Dari NN : Bagaimana menyikapi orang yang suka mengadu domba?
Jawab : Jangan termakan oleh hasutannya dan jangan bergaul dengannya
  • Dari NN  : Saya pendengar setia radio Heartline. Apakah Kerajaan Sorga itu? Bagaimana mengetahui sudah masuk kerajaan Sorga? 
Jawab : Kerajaan Sorga adalah suatu kerajaan yang dipimpin oleh Allah dimana orang percaya dan para malaikat sebagai anggota kerajaan. Mengetahui apakah sudah masuk Kerajaan Sorga adalah berdasarkan iman atas janji Tuhan Yesus bagi setiap orang percaya padaNya dan melakukan ajaranNya  
  • Dari Monalisa : Apakah manusia yang selalu dikucilkan akan menjadi terbesar di Kerajaan Sorga? Atau menjadi yang terkecil?
Jawab : Orang yang dikucilkan bukan jaminan akan menjadi terbesar atau terkecil di sorga. Yang terbesar adalah orang yang bertobat, beriman pada Yesus, lahir baru dan melayani pekerjaan Tuhan dengan penuh kerendahan hati
  • Dari Zefanya Simon : Saya sudah dibaptis dan hidup benar, namun kemudian menjadi pendosa. Kini sudah bertobat, apa perlu dibaptis lagi?
Jawab : Bersyukurlah kamu sudah bertobat dan kembali pada jalan Tuhan. Jangan berbuat dosa lagi. Karena sudah dibaptis, tidak perlu dibaptis lagi
  • Dari Eko : Apa ciptaan baru itu? Apakah harus meninggal dulu lalu dihidupkan kembali? Apakah lahir baru harus dilahirkan kembali?
Jawab : Pengertian ciptaan baru bukanlah harus meninggal dulu lalu dibangkitkan, tapi pribadi sama dan masih hidup yang sudah meninggalkan kehidupan lama yang jauh dari Tuhan dan suka melakukan kejahatan, lalu berubah menjadi ciptaan baru yang hidup dalam jalan Tuhan dan menjauhi kejahatan. Lahir baru tidak harus masuk kandungan ibunya dan dilahirkan kembali. Itu sama dengan pertanyaan Nikodemus. Lahir baru sama pengertiannya dengan menjadi ciptaan baru.
  • Dari Devi : Doakan keluarga yang saat ini harus mengambil keputusan pelik agar dapat memutuskan dengan tepat?
  • Dari Arbi : Terkadang tidak dihargai dalam organisasi karena saya Kristen. Apa yang harus dilakukan?
Jawab : Belum tentu kamu tidak dihargai karena Kristen, karena itu cobalah introspeksi diri. Namun jika itu benar terjadi akibat kamu adalah orang kristen, maka berbahagialah kamu yang dianiaya karena Kristus, sebab upahmu besar di sorga. Sebaiknya, ikutlah organisasi lain yang mau menerima kamu atau ikutlah dalam pelayanan pemuda atau mahasiswa Kristen
  • Dari NN : Saya dari keluarga broken home, bagaimana pemecahannya?
Jawab : Tetaplah tegar menghadapi keadaan itu, doakan orangtuamu, janganlah sakit hati pada mereka, persiapkan dirimu meraih masa depan yang gemilang dan sukses bersama Tuhan.
  • Dari Widi di Pahoman : Bagaimana agar pemuda dapat menjadi terbesar dalam pelayanan?
Jawab : Yesus mengajarkan, jika mau menjadi terbesar, harus menjadi yang terkecil, jika ingin menjadi terkemuka, harus menjadi hamba. Sebagai hamba, kita harus selalu merendahkan diri. Pengertian merendahkan diri bukanlah merasa rendah diri, tidak percaya diri atau minder, tapi bersikap rendah hati. Orang yang bersikap rendah hati dalam pelayanan akan menjadi terbesar
  • Dari NN : Kalau seseorang sudah lahir baru tapi masih melakukan kejahatan, bagaimana?
Jawab : Berarti orang itu belum lahir baru. Ia harus segera bertobat, mohon ampunan Tuhan agar menjadi lahir baru   
  • Dari Demos Sembiring : Apa yang wajib kita lakukan agar menjadi yang terbesar di sorga? Bagaimana mengatasi rintangan akibat dosa?
Jawab : Percayalah pada Yesus dengan segenap hatimu, lakukan ajaranNya, dan layani pekerjaanNya dengan rendah hati dan sungguh-sungguh, maka engkau akan menjadi terbesar di sorga. Lawanlah rintangan dosa dengan selalu mengikuti ajaran Tuhan dan mohon bimbingan Roh Kudus
  • Dari Neno : Apa yang dimaksud dosa? Kalau saya mengagumi wanita bersuami karena kecantikan dan keramahannya, apakah itu berdosa?
Jawab : Dosa adalah tindakan melawan ajaran Tuhan. Mengagumi kecantikan dan keramahan wanita adalah hal wajar, namun kalau tidak berhati-hati akan terjerat oleh godaan dosa. Karena itu lebih baik jangan kamu teruskan. 
  • Dari NN : Saya punya pacar baru 4 bulan. Ternyata dia sudah punya anak satu dan istrinya meninggalkan dia. Apa yang harus saya lakukan?
Jawab : Jangan teruskan hubunganmu dengan pria yang sudah beristri dan istrinya masih hidup. Jika kamu teruskan ke pernikahan maka kamu berzinah.