Lembaran Baru

Jumat, 23 Januari 2015 pukul 19.00 - 20.00
"Lembaran Baru" 
Tutu Petrus

Pendamping :
Daniel Sanger, Dany Salim, Yohannes Lie,  Yefta Khohar,


Kej 50:15 “Ketika saudara-saudara Yusuf melihat, bahwa ayah mereka telah mati, berkatalah mereka : ”Boleh jadi Yusuf akan mendendam kita dan membalaskan sepenuhnya kepada kita segala kejahatan yang telah kita lakukan kepadanya.”

     Dalam lembaran hidup ini kita akan melewati hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan, bahkan tahun demi tahun. Semua yang telah dilewati menjadi masa lalu. Waktu tetap bergerak, usia makin bertambah, perubahan terus terjadi. Waktu di depan adalah lembaran kehidupan yang baru pula. Masa lalu telah menjadi kenangan, baik manis maupun pahit. Semua itu sebagai bahan pembelajaran bagi kita. Masa kini yang sedang dijalani merupakan kenyataan yang harus dihadapi, sedangkan masa depan adalah harapan yang dinantikan. Untuk menyesuaikan harapan dengan kenyataan, kita harus melakukan tindakan pada saat ini berdasarkan peristiwa masa lalu yang telah memberi pengalaman berharga, dengan perbaikan terrencana, agar bayang-bayang masa depan menjadi kenyataan.
     Lembaran baru dalam kehidupan haruslah dijalani dengan meninggalkan kebiasaan lama yang buruk, baik dalam tindakan ataupun pikiran. Hal negatif diganti dengan hal lebih positif. Harapan akan menjadi kenyataan jika dilakukan dengan tindakan yang baik dan benar. Sama seperti anak-anak Yakub yang dulunya berlaku jahat pada Yusuf saudara mereka, namun kemudian mereka menyesali tindakan jahat itu. Namub ternyata Yakub yang memiliki kekuasaan besar di Mesir tidak membalas kejahatan mereka, namun justru menolong dan mengasihi mereka. Itulah tindakan yang benar saat orang percaya menjalani lembaran hidup baru.
     1 Yoh 2:8, "Namun perintah baru juga yang kutuliskan kepada kamu, telah ternyata benar di dalam Dia dan di dalam kamu; sebab kegelapan sedang lenyap dan terang yang benar telah bercahaya." Setelah ada keselamatan yang ditawarkan, apakah respon kita sekarang dalam lembaran baru ini? Yoh 13:34, 'Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi." Itulah pesan yang kita renungkan dalam mengisi lembaran baru ini. Demikianlah renungan pada malam hari ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :
  • Dari ko Asin : Apa boleh kalau ibadah kita bernyanyi dengan mata tidak tertutup?
Jawab : Membuka mata saat bernyanyi dalam ibadah tidak dilarang
  • Dari Yahya : Bagaimana caranya agar selalu dekat dengan Tuhan? Doakan pekerjaan saya.
Jawab : Rajin berdoa, merenungkan Firman Tuhan, beribadah dalam persekutuan, membantu pekerjaan Tuhan, serta taat melaksanakan ajaranNya
  • Dari ibu Alex : Doakan bpk Alex dalam pemulihan dan kekuatan dalam pekerjaan. 
  • Dari NN : Doakan agar bisa berenang karena ingin masuk TNI. 
Jawab : Di samping berdoa, kamu juga harus belajar berenang di kolam renang.
  • Dari bpk Didi Setiawan di Seputih Raman : Beberapa waktu lalu anak saya Didi sakit infeksi paru-paru tapi belum ada kesembuhan, doakan kesembuhannya.
  • Dari Lewi di Lampung Utara : Apa yang menyebabkan manusia lebih memilih kehidupan duniawi? Apa ini ciri-ciri orang yang jatuh dalam dosa?
Jawab : Karena kehidupan duniawi tampak lebih menyenangkan, lebih menarik dan gemerlapan, dan bisa memuaskan nafsu buruk manusia. Namun di balik itu, ada maut yang membinasakan. Ya benar, itulah ciri orang yang hidup dalam dosa.
  • Dari bpk Agus : Mengapa ada banyak orang Kristen gengsi dan heran melihat orang miskin?
Jawab : Menurut kami tidak demikian, sebaliknya justru kami menyaksikan ada banyak orang Kristen yang menolong dan mengentaskan kemiskinan. Mereka mengirim bantuan dana ke daerah miskin atau terkena bencana, rela masuk ke tempat kumuh dan terpinggirkan untuk mendidik anak-anak kurang mampu, mendirikan panti asuhan dan panti wreda, membina anak jalanan, mengunjungi penjara dan masih banyak lagi. Semoga bapak bisa menyaksikan semua itu dan ikut terlibat di dalamnya
  • Dari Septi : Di tengah ekonomi dan perkembangan zaman, sulit sekali hidup kudus dan berrohani, bagaimana kita menghadapinya? 
Jawab : Jika kita mau hidup dipimpin Roh Kudus, tidak sulit menjalani hidup kudus dan berrohani, walau pun ada banyak godaan.
  • Dari Angel : Apakah jika kita menyangkal Yesus di zaman ini langsung maut yang menjemput kita? Seperti murid Yesus yang menyangkal. 
Jawab : Pada zaman dulu dan sekarang pun tidak ada orang yang langsung mati saat menyangkal Yesus. Petrus menyangkal Yesus tiga kali, namun tidak langsung mati. Bahkan dia kemudian dipakai Yesus untuk memimpin para rasul. Yudas Iskariot menghianati Yesus, namun juga tidak langsung mati. Dia mati karena bunuh diri dengan menggantung diri.
  • Dari Doni di Pringsewu : Sering mendengar dari orang-orang, apa tujuan Tuhan menjemput mati anak Tuhan dengan cara yang mengenaskan?
Jawab : Tuhan tidak pernah merancang kematian mengenaskan bagi manusia. Kematian itu semua terjadi akibat dosa dan karena perbuatan atau kesalahan manusia. Namun saat anakNya meninggal, Tuhan bersama malaikat akan menjemputnya.
  • Dari Meli di Kemiling : Doakan kesembuhan papa yang terkena sakit kencing manis.
  • Dari ibu Armi di Metro : Ingin punya anak yang berrohani tapi sulit sekali karna saya memiliki anak laki-laki yang nakal.
Jawab : Doakan terus dan nasihati dia tanpa jemu-jemu. Yakinlah bahwa Tuhan sanggup mengubah hidupnya. Banyak kesaksian yang mengisahkan kekuatan doa seorang ibu yang pada akhirnya mampu mengubah anaknya yang nakal menjadi anak yang berbakti dan takut akan Tuhan
  • Dari ibu Jessica : Berkat Tuhan itu tergantung kesetiaan kita, apakah benar?
Jawab : Ya benar. Orang yang setia beribadah dan melakukan kehendakNya akan selalu diberkati
  • Dari Ratna : Sudah lama tidak ibadah sebab kampung tempat beribadah tidak kondusif. Selesai ibadah pasti dicibiri dan saya merasa malu. Bagaimana solusi menghadapinya?
Jawab : Kamu bisa beribadah di tempat lain yang lebih nyaman. Jangan pernah berhenti ibadah. Maafkan dan doakan mereka yang mencibirmu karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. Jangan pernah malu menjadi anak Tuhan
  • Dari Debi kelas 6 SD : Apakah makan roti di warung harus doa dulu?
Jawab : Ya benar, dalam setiap tindakan apa pun, kita seharusnya berdoa. Namun tidak perlu berdoa terlalu lama.
  • Dari Firman : Apakah Yesus tetap setia meskipun kita jatuh ke dalam dosa yang berat? Sampai saat ini saya belum percaya Tuhan. Saya masih di luar Tuhan tapi banyak saudara yang sudah mengenal Tuhan
Jawab : Ya benar, Yesus tetap setia meskipun kita jatuh dalam dosa berat. Dia selalu mengharapkanmu kembali ke jalan Tuhan dan meninggalkan dosamu. Datanglah dan percayalah sekarang juga pada Yesus selama masih ada waktu dan kesempatan. Jangan sampai terlambat
  • Dari Erni : Doakan besok minggu dibaptis, apa tugas nyata yang harus dilakukan?
Jawab : Setelah dibaptis, tinggalkan perbuatan lamamu yang melanggar Firman Tuhan. Jalani hidup baru bersama Tuhan dan berusaha meningkatkan imanmu menjadi Kristen dewasa
  • Dari Fifki : Bagaimana tips rohani untuk membuka usaha yang benar dan untuk membantu pembangunan gereja?
Jawab : Berdoalah selalu saat berusaha, mohon pertolongan Tuhan, bekerjalah dengan profesional. Dan sisihkan sebagian keuntunganmu untuk membantu pembangunan gereja
  • Dari Trisia : Pelayanan jika diartikan secara total, meliputi apa saja?
Jawab : Pelayanan total adalah pelayanan sepenuh hati yang mengasihi Tuhan dan mengasihi pelayanan itu. Lakukan pelayanan itu demi kemuliaan Tuhan. Tuhan akan memberkatimu
  • Dari Tasya : Dulu saya di gereja Katolik, tapi bos tempat saya bekerja beribadah di gereja. lain. Saya ikut ibadah di gereja itu, tapi ibadah disampaikan dalam bahasa daerah. Saya tidak mengerti. Apa pendapat bapak?
Jawab : Sebaiknya sampaikan masalahmu kepada bos. Minta ijin untuk kembali beribadah di gerejamu dengan memberi alasan mengenai kendala bahasa yang kamu hadapi. Perbaiki motivasi ibadahmu. Beribadahlah untuk menyenangkan Tuhan, bukan untuk mengambil hati bosmu.
  • Dari bpk Tumoyo : Apakah orang yang tidak berkeluarga tidak masuk Kerajaan Surga dan apa hukumnya?
Jawab : Tidak ada ayat yang mengatakan demikian. Masuk dalam Kerajaan Sorga tidak ada kaitannya dengan berkeluarga atau tidak. Rasul Paulus tidak menikah namun dia dipakai Tuhan untuk memberitakan Injil secara luar biasa.
  • Dari bpk Yanuar : Mengapa ada Allah Tritunggal? Bukankah sejak zaman Adam hanya ada satu Allah?
Jawab : Ya benar, Allah hanya satu. Namun untuk menebus dosa manusia, Allah yang satu itu turun ke dunia dalam wujud Yesus, yang disebut Allah Anak. Setelah kembali ke sorga, Dia mengirim RohNya sendiri, yang disebut Roh Kudus, untuk membimbing manusia. Itulah pemahaman tentang Allah Tritunggal. Jadi Allah hanya satu bukan tiga
  • Dari Sudiono : Doakan penyembuhan penyakit diabetes.
  • Dari Yanti : Doakan sakit kepala dan panas sudah 4 hari.
  • Dari ibu Marta : Doakan suami namanya bpk Mesak agar kembali aktif ibadah.
  • Dari Ani : Apakah manusia akan masuk surga jika bertobat saat hampir meninggal?
Jawab : Ya benar, asalkan dia bertobat dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya.
  • Dari Rini : Bagaimana solusi agar tidak galau terus karna sering disakiti?
Jawab : Jika kamu sering disakiti tentu ada penyebabnya. Mungkin penyebab itu berasal dari dirimu sendiri atau diri orang lain. Kounikasikan dan selesaikan secara baik-baik. Jika tidak bisa, sebaiknya jangan teruskan hubungan yang tidak sehat itu.
  • Dari Adi : Ketika manusia mati, pada masa penghakiman, apakah dikumpulkan di tempat yang lain?
Jawab : Ya benar, manusia yang mati akan dikumpulkan di suatu tempat untuk dihakimi. Orang yang tidak percaya akan dihakimi untuk menerima hukuman kekal, sedangkan orang percaya akan dihakimi untuk menerima upah di Kerajaan Sorga
  • Dari bpk Hami : “Hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati”, apa maksudnya?
Jawab : Artinya, kita harus tulus dan jujur dalam berpikir dan bertindak, tapi jangan terlalu lugu, melainkan harus cerdik agar tidak mudah ditipu atau disakiti orang lain.
  • Dari NN : Saya bergereja di Bethany namun saat ini pindah ke gereja di dekat rumah, salah tidak?
Jawab : Tidak masalah, yang penting tetap beribadah pada Tuhan. Jika kamu sudah terdaftar sebagai jemaat gereja Bethany, sebaiknya kamu melaporkan kepindahanmu.
  • Dari Rinal : Siapa wanita dan naga di Wahyu 12?
Jawab : Naga ditafsirkan srbagai iblis. Namun mengenai wanita itu, ada banyak tafsiran. Ada yang menafsirkan Bunda Maria, gereja, atau bangsa Israel
  • Dari Daud : Apakah kematian dengan cara yang sadis merupakan takdir seseorang?
Jawab : Manusia harus mati sudah ketentuan yang pasti, atau sering disebut sebagai takdir. Namun mengenai cara kematiannya itu bukanlah takdir Tuhan karena Tuhan tidak pernah merancangkan kecelakaan
  • Dari Resti : Bagaimana kita menetapkan rencana ke depan agar mengetahui jalan yang jelas
Jawab : Sesuaikan rencanamu dengan ajaran Tuhan dan berdoalah mohon hikmat dan pertolongan Tuhan agar berhasil
  • Dari NN : Ceritakan kesaksian Tony Daud sebelum dia bertobat.
Jawab : Maaf, kami tidak mengetahui kesaksiannya secara jelas. Silakan cari di toko buku atau di internet