Saling Mengasihi

Siaran Youth Samaria Ministri, Rabu 22 Oktober 2014 pk 19-21
Renungan Yefta Khohar "Saling Mengasihi"
Pendamping Yulius Atmaja, Indra Sinurat, Yahya Wangsajaya, dan Yohannes Lie


"Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang! Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan. Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya. Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!" (Roma 12:17-21)

   Renungan malam ini terlait dengan pertanyaan yang sering diajukan pendengar Youth Samaria yaitu, “Saya kesal dengan seseorang. Bagaimana saya dapat memaafkannya?” “Saya sedang perang dingin dengan adik saya. Saya sudah minta maaf tapi adik saya tidak mau terima. Apa yang harus dilakukan?” Masih banyak pertanyaan lainnya. Timbul sebuah pertanyaan sesuai pembacaan Firman Tuhan pada malam ini, “Mengapa kita harus mengasihi?” Sebagai anak, kita wajib melakukan perintah yang diberikan orangtua. Misalnya, orangtua menyuruh kita belajar supaya nilai ujian meningkat. Kita akan melakukannya agar orangtua senang. Begitu juga dengan perintah yang diberikan Bapa kepada kita, dalam Matius 22:39, “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Artinya, jika tidak mau sakit hati, jangan menyakiti orang lain, perlakukan semua orang seperti diri kita sendiri. Mengasihi orang sangat sulit, namun sebagai anak muda Tuhan kita harus dapat melakukannya, Dengan demikian kita telah melakukan perintah Bapa. Akan muncul pertanyaan lagi, “Apa yang akan kita dapatkan jika saling mengasihi?” Pastinya adalah rasa nyaman atau lega dan yang terpenting kita akan memperoleh hidup kekal. Artinya jika kita melakukan perintah Tuhan untuk mengasihi, kita akan memperoleh buah-buahnya.
     Roma 12:10 mengatakan, “Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.” Jelaslah Firman Tuhan mengajarkan kita untuk saling mengasihi. Jangan menunggu orang lain mengasihi kita terlebih dahulu, baru kita mengasihi mereka. Tugas kita sebagai anak muda Kristen adalah melakukan perintah Tuhan untuk mengasihi sesama. 

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :
  • Dari Ika : Doakan orangtua agar diberi kesehatan dan lancar rejeki, agar hidup semakin diberkati, kuliah saya dan adik lancar
  • Dari R : Bagaimana jika ada pemudi Kristen hamil di luar nikah sedangkan pacarnya jauh?
Jawab : Hamil di luar nikah adalah tindakan amat bodoh. Hanya menuruti nafsu tanpa memikirkan akibat yang akan ditanggungnya seumur hidup. Mohonlah ampun pada Tuhan. Beritahu sang pacar agar mau bertanggung-jawab. Lalu bicarakan secara terbuka dengan orangtua walau dengan resiko menghadapi kemarahan mereka. Jika mungkin, bicarakan dengan orangtua si pria agar dapat diselesaikan dengan baik. Syukurlah jika mereka mau menerima. Terkadang mereka menolak bahkan merendahkan si wanita. Jika mereka menolak, jangan gugurkan kandungan atau membunuh si anak. Terimalah akibat perbuatan itu dan besarkan si anak dengan rela. Jadikan kepahitan ini pengalaman bagi para pemuda dan pemudi semua
  • Dari Sasa : Saya sudah berdoa, tapi mengapa saya belum mendapatkan pendamping hidup?
Jawab : Teruslah berdoa. Alkitab mengajarkan agar kita tidak hanya berdoa tapi juga bekerja atau berusaha. Perluas pergaulanmu dengan para pemuda/i Kristen baik di tempat kuliah, tempat kerja dan di persekutuan pemuda/i Kristen. Jangan menentukan kriteria terlalu sulit dan jangan terlalu menutup diri.
  • Dari Yoyo : Apakah kalau gonta-ganti pacar dan putus nyambung tidak diberkati Tuhan?
Jawab : Pemuda atau pemudi yang bersikap demikian berarti masih belum dewasa dan tidak punya pendirian. Perbuatan seperti itu tentu tidak akan diberkati Tuhan
  • Dari Ical : Saya bertemu cewek cantik lalu saya minta no HPnya dan minta kenalan. Setelah saya sms dia balas dengan kata-kata alay (anak lebay). Menurut kakak bagaimana?
Jawab : Mungkin kalimat di sms-mu terlalu berlebihan. Kirim lagi yang wajar dan sopan. Kalau dia tetap berbuat demikian, berarti dia belum mau berkenalan denganmu.
  • Dari Angel : Kedewasaan seorang pria dilihat dari apa?
Jawab : Dari fisik atau usianya, dari karakternya yang tenang, sabar, tidak emosional, sopan, bertanggung-jawab, atau dari kehidupannya, sudah mapan dan bekerja, punya rumah sendiri, dll
  • Dari Santo : Bagaimana cara menghadapi cewek agresif? Saya terganggu
Jawab : Hindari dia tanpa menyinggung perasaannya. Jika masih mengejar, katakan terus terang bahwa kamu terganggu oleh sikapnya
  • Dari Ari : Apakah pacaran tidak baik itu bisa dari keturunan?
Jawab : Pacaran tidak terkait dengan keturunan, tapi bisa karena mencontoh. Jika sang bapak suka selingkuh atau tukang kawin, bisa saja anaknya meniru
  • Dari NN : Bagaimana jika cewek yang diincar tidak menanggapi?
Jawab : Mungkin cewek itu pemalu, takut menanggapi, tidak mau sembarangan menjalin hubungan, sudah punya kekasih, atau mungkin saja tidak tertarik denganmu
  • Dari Arista : Kalau cewek tidak punya cowok dan tidak mau pacaran itu kenapa?
Jawab : Mungkin cewek itu belum mau pacaran, belum ada yang menarik hatinya, masih mau meraih cita-citanya lebih dulu, mencari cowok yang sudah mandiri, atau belum ada yang mendekati dia
  • Dari Rida : Apakah yang harus dilakukan jika punya teman akrab tapi egois? Kalau kemauannya ditolak kita didiemin, sudah dinasihati tapi tetap seperti itu
Jawab : Kadang-kadang teman seperti itu perlu diberi ”shock-teraphy”. Jika dia mendiamkan kamu, diamkan juga dia, jangan dibujuk-bujuk. Pasti dia akan kebingungan. Dengan demikian mungkin sikapnya bisa berubah. Jangan lupa doakan dia.
  • Dari Mey Risa : Buat yang sedang siaran semangat! Apapun yang terjadi, itu yang terbaik buat kita.
Jawab : Terima kasih atas dukunganmu. Tuhan memberkati
  • Dari  Edward : Saya suka seorang cewek dan sedang pdkt. Kami semakin dekat. Tapi ternyata saya hanya jadi pelarian. Kini dia ingin balik ke mantannya. Menurut kakak apa yang harus saya lakukan?
Jawab : Jangan dilanjutkan karena dia tidak sungguh-sungguh menyukaimu. Jika diteruskan, kamu akan semakin sakit hati.
  • Dari Ayu : Bagaimana cara menegor orang yang lebih tua dari kita?
Jawab : Dengan lemah lembut, sopan, dan tidak menggurui. Berdoalah terlebih dulu
  • Dari Rano : Apakah faktor ekonomi dapat mempengaruhi hubungan yang singkat?
Jawab : Ada kemungkinan demikian. Karena itu keadaan ekonomi harus mapan dulu sebelum pacaran
  • Dari Denis, :Bagaimana cara kita dapat menemukan pasangan hidup dilihat dari tolak ukur kita?
Jawab : Tentukan dulu kriterianya, misalnya harus anak Tuhan, dewasa, cantik, dan seterusnya. Lalu cari calon pasangan yang memenuhi kriteria itu. Tapi jika kriteria atau tolok ukurnya terlalu sulit, kemungkinan tidak akan dapat pasangan. 
  • Dari Siska : Kalau ucapan syukur pada Tuhan dan perpuluhan kita berikan pada orang yang tidak mampu, itu bagaimana?
Jawab : Persembahan ucapan syukur bisa diberikan ke gereja, hamba Tuhan, atau orang yang memerlukan. Tapi perpuluhan harus diberikan ke gereja.
  • Dari Yore : Apa maksud Amsal 27:1-2?
Jawab : Amsal 27:1-2, “Janganlah memuji diri karena esok hari, karena engkau tidak tahu apa yang akan terjadi hari itu. Biarlah orang lain memuji engkau dan bukan mulutmu, orang yang tidak kaukenal dan bukan bibirmu sendiri” Artinya, jangan membanggakan diri atas sesuatu yang belum terjadi sebab bisa saja itu gagal. Jika ternyata berhasil, jangan membanggakan diri tapi biarlah orang lain yang memuji.
  • Dari Risa: Boleh tidak pacaran seiman namun dia Protestan?
Jawab : Boleh saja selama dia beriman pada Tuhan Yesus Kristus
  • Dari John Key : Saya punya mantan pacar dari agama lain. Dia sudah menikah dan menjanda dengan 2 anak. Sekarang dia ingin balikan lagi dengan saya, apa yang harus saya lakukan?
Jawab : Jika dia janda cerai, kamu tidak boleh menikahi dia karena itu berzinah. Jika janda karena suami meninggal, dibolehkan. Tapi kenapa harus menikah dengan janda, mengapa tidak mencari yang masih gadis saja?
  • Dari Eman : Sahabat saya punya pacar, tapi pacarnya menyukai saya, apa yang harus saya lakukan?
Jawab : Menjauhlah dari pacar sahabatmu
  • Dari Ria ; Apa pendapat Alkitab mengenai pacaran?
Jawab : Di Alkitab tidak dikenal pacaran tapi tunangan. 
  • Dari Tedi : Jika suatu malam tidak bisa tidur lalu terkenang mantan, apa yang harus dilakukan?
Jawab : Makan yang kenyang, lupakan mantanmu karena itu masa lalumu, berdoa, lalu berbaring dan pejamkan matamu, tidurlah, maka kamu akan tidur karena kekenyangan.
  • Dari Rara : Pacaran yang baik seperti apa?
Jawab : Pacaran yang saling mencintai, menghormati, menjaga kesucian, dan belajar saling memahami
  • Dari Wahyu : Berkat itu pasti dari Tuhan. Bagaimana cara kita menerima dan mengaplikasikannya?
Jawab : Benar sekali bahwa berkat itu berasal dari Tuhan. Untuk menerima berkat jasmani, kita harus berdoa dan bekerja rajin dan cerdas. Gunakan berkat itu untuk keperluan hidupmu dan juga untuk memuliakan Tuhan. Berkat rohani didapat dengan berdoa dan melakukan kehendak Tuhan.
  • Dari Alex : Doakan pertumbuhan iman muda agar giat dalam pelayanan.
  • Dari Rangga ; Kalau kita tidak suka pada seseorang lalu tanpa sengaja keluar kata-kata kutuk. Apa yang harus saya lakukan?
Jawab : Orang percaya tidak boleh mengeluarkan kutuk terhadap seseorang. Jika sudah terlanjur mengucapkannya, mohon ampun pada Tuhan, cabutlah kutukan itu, dan jangan lakukan lagi. Jika kutukan itu ternyata didengar orang yang bersangkutan, segeralah minta maaf padanya dan perbaiki hubunganmu.
  • Dari Toro : Doa yang mendatangkan mujizat itu bagaimana?
Jawab : Doa yang disertai iman yang kuat, diucapkan dalam nama Tuhan Yesus, dan sesuai kehendak Tuhan
  • Dari Diana : Doakan pekerjaan dan kuliah saya. Enakan jomblo atau pacaran jarak jauh?
Jawab : Mana yang lebih enak? Tentu saja setiap orang akan berbeda pendapatnya
  • Dari Ambar : Doa dengan bahasa roh, apa diharuskan? Doa yang sempurna bagaimana?
Jawab : Doa dalam bahasa roh, tidak diharuskan, tapi dianjurkan bagi mereka yang mempunyai karunia itu. Doa yang sempurna adalah konsep doa Bapa Kami seperti yang diajarkan Tuhan Yesus yang terdiri dari penyembahan, permohonan, dan pengakuan akan kuasa Tuhan
  • Dari Mayda Sari : Doakan keluarga dan pekerjaan.
  • Dari Yori : Iman sebesar biji sesawi itu seperti apa?
Jawab : Sesawi adalah sejenis tanaman di Israel. Bijinya amat kecil, tapi jika ditanam bisa tumbuh besar sehingga burung bisa bersarang di dahannya. Artinya, walaupun iman seseorang amat kecil, tapi jika dipelihara sesuai firman Allah, iman itu akan bertumbuh besar sekali
  • Dari Febri : Apa yang dimaksud dengan cinta buta?
Jawab : Cinta buta adalah cinta yang tidak mau melihat kenyataan
  • Dari Een : Apa perbedaan saling mengasihi dan memberi?
Jawab : Saling mengasihi pasti akan saling memberi, sedangkan memberi belum tentu didasari kasih
  • Dari Ira : Kalau sial, apakah itu rancangan Tuhan?
Jawab : Tuhan tidak pernah merancangkan hal buruk bagi umatNya. Seseorang dikatakan sial jika mendapat masalah di luar dugaannya. 
  • Dari Mey : Apa saja tanda pasangan dari Tuhan, punya pacar kristen dan protestan?
Jawab : Seseorang tahu pasangannya dari Tuhan sesudah pernikahan mereka diberkati di gereja. Jika belum diberkati, bisa saja berpisah atau batal
  • Dari Demos Sembiring : Bagaimana caranya agar bersaksi dengan rasa nyaman?
Jawab : Saksikan pertolongan atau kemurahan Tuhan dalam kehidupan kita tanpa bertele-tele. 
  • Dari Anton : Bagaimana kalau kita jarang membantu orang lain? Apakah berarti kita tidak peduli?
Jawab : Yang menilai kita peduli orang lain atau tidak adalah diri kita sendiri. Jawablah sendiri, apakah kamu jarang membantu orang lain karena tidak peduli, tidak sempat, atau karena tidak mampu? 
  • Dari Juni : Doakan untuk pekerjaan dan kuliah saya.
  • Dari NN ‘ Bagaimana menurut bapak pernikahan, cerai dan kawin lagi. Bagaimana minta pengampunan?
Jawab : Baiklah kita mengacu pada ajaran Tuhan, bukan pendapat kami. Perceraian dan menikah lagi dengan orang lain dilarang di Alkitab dan itu berdosa. Berdoalah mohon pengampunan Tuhan
  • Dari Yusi : Sakit hati itu wajar. Bagaimana menyikapinya? Kalau ada anak muda playboy, itu bagaimana?
Jawab : Ketika disakiti, spontan akan marah. Boleh marah tapi jangan mendendam sampai berbuat dosa. Jangan mau pacaran dengan pemuda playboy karena dia masih kekanak-kanakan, tidak setia, tidak bertanggung-jawab, dan tidak bisa dipercaya 
  • Dari Fingo : Doakan pacar yang sedang kerja agar sampai rumah dengan selamat.
  • Dari Mega : Apa berdosa jika mencintai seks?
Jawab : Seks adalah karunia Tuhan yang sangat indah jika dilakukan oleh suami istri sah. Jika disalah-gunakan oleh mereka yang bukan suami istri maka itu berdosa.
  • Dari Ilham : Apa keuntungan pelayanan itu?
Jawab : Dasar pelayanan bukanlah keuntungan tapi karena mengasihi Tuhan dan sesama. Jika kita melakukan pelayanan dengan motivasi benar, kita akan diberkati secara jasmani dan rohani. Namun jika dasar pelayanan adalah mencari keuntungan, maka pelayanan itu tidak akan menjadi berkat
  • Dari Adi : Bagaimana jika ketika akan pelayanan, ban kendaraan bocor, saya bertugas sebagai worship leader, dan cuaca hujan, Apa yang harus dilakukan?
Jawab : Segera beri tahu melalui telpon pada penanggung-jawab pelayanan ibadah itu agar segera dicari penggantimu
  • Dari Tia : Bagaimana cara yang baik agar mengajak orang yang lebih tua untuk ke gereja?
Jawab : Berdoa dulu, lalu ajaklah ke gereja dengan lembut, jangan dengan memaksa. 
  • Dari NN : Kalau seks itu dosa, kenapa seks diciptakan?
Jawab ; Seks diciptakan untuk pasangan suami istri yang sah agar memiliki keturunan. Seks menjadi berdosa jika dilakukan oleh orang yang bukan suami istri sah.