Kehidupan ini Milik Tuhan

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline, Jumat 3 Oktober 2014 pk 19-21
Renungan oleh Yohannes Lie "Kehidupan ini Milik Tuhan"
Pendamping Daniel Sanger, Yefta Khohar, dan Yosef Ageng.
Penyiar sdr Luki Winata
Bila ingin membaca renungan ini, silakan klik disini  


“Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.” (Roma 14:8)

    Manusia membanggakan kekayaan, kecantikan, popularitas, kekuasaan. Menganggap itulah milik dalam hidup mereka. Padahal semua itu hanyalah tipu daya dunia..
   
Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :
  • Dari Eva : Doakan studi dan kesehatan saya
  • Dari Yahya Kristianto : Bagaimana caranya mnghadapi orang yang mnggunakan penghuripan? Doakan kaki yang sakit bekas kecelakaan.
Jawab : Penghuripan adalah ilmu kejawen yang diajarkan kiai Gatoloco berupa mantera dalam bahasa Jawa, terkadang digabung dengan bahasa Arab, memohon pada sesembahan mereka agar permintaannya dikabulkan. Mantera itu untuk mendapatkan kekayaan, kekuasaan, wanita, atau apa saja yang diinginkan penganutnya. Sebagai anak Tuhan, kita dilarang membaca mantera seperti itu. Untuk menghadapi hal itu kita harus berlindung dan mengandalkan Tuhan. Sebab menurut 1 Yoh. 4:4, “Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.” Jadi jangan takut dan miliki iman tang teguh. Berdoalah pada Tuhan, pasti mantera itu tidak mempan terhadapmu
  • Dari Lea di Natar : Sakit hati kepada teman apa yang harus kita lakukan?
Jawab : Ampuni, jangan menyimpan kesalahannya, dan doakan dia.
  • Dari Desi di Natar : Doakan pekerjaan dan jodoh saya 
  • Dari Ibu Yustin : Apa yang dimaksud hari raya roti tidak beragi? 
Jawab : Itu adalah tradisi agama Yahudi memperingati hari terbebasnya mereka dari penindasan Mesir. Malam hari sebelum esoknya keluar dari Mesir, mereka makan roti tanpa ragi dengan daging panggang. Kel.12:8, “Dagingnya harus dimakan mereka pada malam itu juga; yang dipanggang mereka harus makan dengan roti yang tidak beragi beserta sayur pahit.”
  • Dari NN : Bagaimana agar kita tetap sabar terhadap protes dari seseorang?
Jawab : Jika sikritik, bersikaplah lapang dada, dengarkan protesnya dengan kepala dingin, dan renungkan apakah protesnya itu benar. Kita harus jujur saat mawas diri. Jika protes itu benar, berterimakasihlah padanya. Jika protes itu salah, berikan penjelasannya dengan sabar. Jika dia tetap menolak, biarkan saja tidak usah diambil hati.
  • Dari Mariska : Apakah memberitakan Yesus boleh lewat sms pada orang yang tidak kita kenal?
Jawab : Kita sendiri  tentu merasa terganggu jika selalu dikirimi sms oleh orang yang tidak kita kenal. Apalagi jika dikirimi ayat-ayat dari agama lain. Hal yang sama dirasakan juga oleh orang yang kita kirimi sms. Jadi sebaiknya tidak usah dilakukan.
  • Dari Tika di Ratu Dibalau : Bagaimana melakukan yang terbaik terutama dalam keluarga yang tidak sepaham dengan kita?
Jawab : Bertindaklah sesuai ajaran Tuhan. Tunjukkan kasihmu pada keluargamu secara tulus.
  • Dari Roma di Pulau Damar : Apa yang membuat hidup seseorang bisa berubah total, khususnya hati yang keras terhadap orangtua?
Jawab : Karena doa orangtua, keinginan kuat dari orang itu untuk berubah total, dan bimbingan Roh Kudus.
  • Dari bpk Rohmat : Apakah jika kita melayani Tuhan ada jaminan hidup kekal? Tercatat dimana?
Jawab : Jaminan hidup kekal didapat jika kita percaya sungguh-sungguh pada Yesus. Salah satu bentuk percaya itu adalah melayani Tuhan. Jadi bukan melayani yang menjadi dasar memperoleh hidup kekal tapi percaya pada Tuhan Yesus. Jaminan itu tertulis di Buku Kehidupan Kekal.
  • Dari Anita di Tanjung Karang : Bagaimana menjaga keimanan agar tetap kuat?
Jawab : Memahami Firman Allah sebagai dasar iman, selalu berhubungan dengan Tuhan melalui doa, dan melakukan kehendak Bapa di sorga
  • Dari Robi : Doakan kesembuhan bapak saya, bpk Ado, sedang kena malaria.
  • Dari bpk Rosidi di Teluk Betung : Siapa penanggungjawab kematian di gereja?
Jawab : Biasanya di gereja ada petugas pengurus kematian. Merekalah yang mengurusi semuanya. Jika tidak ada, konsultasikan dengan pendetamu.
  • Dari Abidin : Bagaimana membuat hidup kita menyenangkan hati orang lain?
Jawab : Kasihilah mereka, hidup rendah hati, suka menolong, rajin bekerja, ramah, dan bergaul dengan mereka. Pasti kamu menyenangkan hati mereka
  • Dari Joni : Bagaimana jika kita menyakiti perasaan ayah sendiri?
Jawab : Segeralah minta maaf pada ayah, mohon ampun pada Tuhan dan jangan mengulangi lagi perbuatan itu
  • Dari Nazar, Jika kita menjadi pendengar radio, apakah kita berkenan di hadapan Tuhan?
Jawab : Jika mau diperkenan Tuhan, kita tidak boleh hanya menjadi pendengar saja tapi harus juga menjadi pelaku Firman. Yak. 1:22, “Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.”
  • Dari Serina di Tanjung Bintang : Bagaimana agar tetap dikasihi Tuhan padahal saya sering menyakiti Tuhan?
Jawab : Mohon ampun pada Tuhan, dan jangan mengulangi lagi perbuatan itu. Jadilah Kristen dewasa yang selalu hidup benar sesuai ajaran Tuhan, maka Tuhan akan mengasihimu
  • Dari T : Seandainya kita pacaran dan hamil duluan apakah ini rencana Tuhan?
Jawab : Itu bukan rencana Tuhan tapi akibat dari perzinahan. Hukuman Tuhan dan hukuman sosial pasti akan menimpa mereka yang berbuat demikian.
  • Dari Ibu Markus : Doakan kesehatan dan setia dalam melayani Tuhan
  • Dari bpk Ladi di Metro : Doakan pergumulan punya rumah sendiri.
  • Dari Andika : Apakah dengan kerja keras, berkat Tuhan akan turun? Mengapa saya sudah kerja 7 tahun gaji masih kecil, hanya Rp 700.000?
Jawab : Berkat Tuhan turun pada orang yang hidup berkenan padaNya. Bekerja keras adalah karakter orang yang diberkati Tuhan, sebab orang malas akan kehilangan berkat. Jika ingin mendapat gaji besar, tingkatkan kemampuan dan keahlianmu. Carilah pekerjaan yang bisa menjanjikan gaji besar sesuai keahlianmu.
  • Dari Meli : Doakan pekerjaan baru saya agar diberkati Tuhan.
  • Dari NN : Apa dampaknya jika orangtua saling berbeda agama?
Jawab : Keluarga itu tidak bisa bertumbuh dewasa secara rohani, anak menjadi bingung dan terkadang menjadi rebutan kedua pihak. Hal itu berpotensi menimbulkan pertengkaran keluarga.
  • Dari bpk Tomas di Kemiling: Bagaimana melakukan “Balaslah kejahatan dengan kebaikan”, jika kita dijahati?
Jawab : Berdoalah pada Tuhan mohon diberi kemampuan, ampuni kesalahannya, dan berkati orang yang menjahati kita. Memang sulit, tapi kalau kita mau, Tuhan pasti memampukan kita.
  • Dari Tasya : Bagaimana cara melayani Tuhan dan melayani perusahaan dengan iklas walaupun tidak ada damai?
Jawab : Renungkan apa yang menyebabkan tidak ada damai di hatimu. Mungkinkah hubunganmu dengan Tuhan, rekan sepelayanan, atau dengan rekan seperusahaanmu sedang ada masalah. Pulihkan segera hubungan itu maka damai itu akan kembali timbul dalam hatimu sehingga pelayananmu makin diberkati Tuhan
  • Dari Ibu Keysha : Doakan pekerjaan suami, kesehatan dan pekerjaan saya dan anak-anak.
  • Dari bpk Herman di Rajabasa : Contoh penyangkalan terhadap Yesus apa?
Jawab : Penyangkalan terhadap Yesus terjadi jika seseorang karena ancaman, kuatir dimusuhi, atau takut diejek, lalu tidak mau, takut atau malu mengakui dirinya percaya pada Yesus. Yesus juga akan menyangkal orang itu di depan Allah Bapa. Mat. 10:33, “Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan BapaKu yang di sorga." Sedangkan pengertian menyangkal diri adalah melawan keinginan tubuh demi Tuhan. Perbuatan ini diperkenankan Tuhan. Mat.16:24, Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.”
  • Dari bpk Abdul : Kematian anak-anak Allah apa itu kehendak Allah? Tujuannya untuk apa?
Jawab : Allah tidak pernah menginginkan kematian manusia. Tapi dosalah yang menyebabkan manusia harus mati. Roma  6:23, “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” Jadi karunia Allah dalam Yesuslah yang memberi hidup kekal.
  • Dari Ibu Sasista di Lampung Timur : Jika anak muda Kristen cepat menikah, apakah lebih baik daripada hamil duluan?
Jawab : Manusia menikah bertujuan membina keluarga sejahtera yang diberkati Tuhan. Jadi bukan supaya tidak hamil duluan maka menikahlah. Untuk membina keluarga sejahtera, kedua pasangan harus dewasa, mandiri, bertanggungjawab, dan saling mengasihi. Jika belum siap harus dipaksakan menikah tentu akan menimbulkan masalah dalam keluarga itu. Agar tidak hamil duluan, hindari pergaulan bebas, jangan memberi kesempatan perbuatan dosa, bentengi dengan iman mereka, dan doakan selalu
  • Dari Ibu Jeslin : Apakah kewajiban orang tua lelaki memukul dan menampar anaknya?
Jawab : Kewajiban orangtua bukanlah menganiaya anak tapi mendidik mereka. Mendidik anak tidak harus dengan memukul tapi bisa dilakukan dengan memberi teladan, mengajarkan ajaran Tuhan dan memberi pengertian, berkomunikasi dari hati ke hati, mendengarkan isi hati mereka, bersikap bijaksana tidak mudah marah, dan selalu mendoakan mereka. Jika melakukan itu, kita akan diberkati dengan anak-anak yang amat menyenangkan dan membanggakan hati kita dan Tuhan.
  • Dari Ester : Lebih cepat mengasihi lawan jenis atau jatuh cinta, apakah ini bawaan seorang pria dewasa?
Jawab : Pria dewasa umumnya bersikap tenang, rasional, dan tidak mudah terbawa emosi. Jadi mereka tidak mudah jatuh cinta. Yang cepat jatuh cinta dan sering ganti pacar adalah anak remaja pria atau wanita yang jiwanya masih labil
  • Dari Zainal di Palapa :  Doakan ibu Lasiro yang sedang sakit ispa sudah 2 bulan.
  • Dari bpk Samad : Dari zaman dulu injil ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa lain?
Jawab : kitab Perjanjian Lama ditulis dalam bahasa Ibrani (bahasa Yahudi kuno) sedangkan Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Yunani dan Aram (bahasa sehari-hari orang Yahudi saat itu)
  • Dari bpk Yohanes di Tanjung Bintang : Apa yang dimaksud “dia menjauh dari Tuhan dia kekeringan iman”?
Jawab : Itu adalah orang Kristen yang menjauh dari persekutuan dengan Tuhan dan umatNya sehingga imannya semakin hilang. Jika tidak segera sadar atau disadarkan, ia akan menjadi murtad dan terhilang
  • Dari Matius : Apa resiko jika kita tidak membayar perpuluhan? Benarkah tidak masuk surga?
Jawab : Perpuluhan adalah pemberian sepuluh persen dari penghasilan kita untuk Tuhan. Perpuluhan itu digunakan oleh para pendeta untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Jika jemaat tidak membayar perpuluhan maka para pendeta itu akan berkekurangan. Keselamatan tidak terkait dengan perpuluhan tapi dari anugerah Allah.
  • Dari Mariska di Panjang : Pernah tidak bpk Pendeta berkorban untuk orang lain?
Jawab : Sebagai umat Tuhan tentu kita pernah berkorban untuk orang lain. Kami terkadang membantu hamba Tuhan di desa, pembangunan gereja, menyumbang untuk orang yang membutuhkan bantuan. Saat siaran radio ini, bukankah kami berkorban waktu, pikiran, dan juga dana? Namun kami amat diberkati dengan semua pelayanan itu. Kami berkorban sesuai dengan kemampuan dan kerelaan hati kami tanpa paksaan dan bukan demi pujian.
  • Dari Nanda di Natar : Dosa apa yang paling besar dan tidak bisa diampuni?
Jawab : (a) Dosa menghujat Roh Kudus. Mark.3:29.”Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal." (b) Jika tidak mau mengampuni dosa orang lain, dosa kita pun tidak diampuni. Mat. 6:15, “Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu." (c) Minta ampun tapi tidak bertobat. Roma 2:4-5, “Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahanNya, kesabaranNya dan kelapangan hatiNya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan? Tetapi oleh kekerasan hatimu yang tidak mau bertobat, engkau menimbun murka atas dirimu sendiri pada hari waktu mana murka dan hukuman Allah yang adil akan dinyatakan.
  • Dari Demos Sembiring di PKOR : Apakah maksud cinta itu sekuat maut?
Jawab : Cinta dan maut adalah kata yang bertentangan, sebab cinta itu bersifat mempersatukan, sedangkan maut itu memisahkan. Cinta itu membahagiakan sedangkan maut menyedihkan. Cinta itu memiliki kekuatan tapi maut mematikan. Mungkin maksudnya, cinta itu melampaui maut, sebab kasih itu tidak berkesudahan (1 Kor. 13:8a)
  • Dari NN : Boleh tidak wanita genit pada cowok?
Jawab : Tentu saja tidak boleh sebab tidak pantas. Percayalah, cowok itu lebih menyukai cewek yang sopan dan punya harga diri daripada yang genit atau centil. Cewek genit sering dianggap murahan. Jadi janganlah bersikap demikian.
  • Dari Tina : Doakan kesehatan, pekerjaan dan semakin setia dengan Tuhan.
  • Dari Iqbal : Apa maksudnya “Yesus tidak boleh jadi pembantu dalam hidup kita”? Padahal kita masih minta bantuan dariNya
Jawab : Orang yang membantu belum tentu pembantu. Orangtua, guru, atau atasan bisa membantu kita, tapi mereka bukanlah pembantu kita. Yesus adalah Allah Maha Tinggi yang sanggup menolong kita tapi Dia bukanlah pembantu kita yang bisa disuruh-suruh. Kalau doa kita belum dikabulkan, janganlah marah-marah pada Tuhan, justru Dia harus selalu kita muliakan.
  • Dari Aisyah : Percaya di dalam Yesus bukan berdasarkan fisik. Apa maksudnya?
Jawab : Artinya, walaupun kita tidak pernah bertemu secara fisik dengan Yesus, kita tetap percaya padaNya. Tomas tidak percaya kebangkitan Yesus sebelum melihatNya sendiri. Yoh. 20:29, Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."
  • Dari ibu Jainal : Bagaimana menyalibkan nafsu dunia terhadap harta?
Jawab : Milikilah pandangan bahwa harta bukanlah segalanya. Harta dunia bisa menjauhkan kita dari kasih Tuhan. Ingatlah ajaran Tuhan, Mat 6:19-20, "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.”
  • Dari Salim di Panjang : Apakah ketaatan pasti mendapatkan keselamatan dari Bapa di sorga?
Jawab : Keselamatan dari Bapa di sorga diperoleh karena beriman pada Tuhan Yesus. Salah satu wujud iman adalah ketaatan pada Tuhan. Jadi yang menyelamatkan bukan ketaatan tapi iman.
  • Dari ibu Maria : Doakan pekerjaan saya agar semakin diberkati dan menjadi berkat untuk pelayanan
  • Dari ibu Natan : Doakan masalah keluarga yang sedang mengalami goncangan karna selisih uang.
  • Dari bpk Budi : Dari segi apa Yesus memandang umatNya yang sungguh-sungguh?
Jawab : Dari iman, perbuatan, dan buah-buah kehidupan umatNya
  • Dari Anes di Ki Maja : Bagaimana jika janji pada teman tidak ditepati? Apakah melanggar hukum Tuhan? Hukum keberapa?
Jawab : Janji yang tidak ditepati adalah dusta dan mengecewakan orang. Mat. 5:37, “Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.” Jadi jika karena sesuatu hal, janji tidak bisa dipenuhi, segeralah memberitahu dan minta maaf pada orang yang dijanjikan dan berikan alasan secara jujur.
  • Dari Udin : Boleh tidak ibadah minggu pagi kita geser jadi minggu malam karna ada janji sama teman, padahal ada pelayanan minggu pagi?
Jawab : Jika kamu ada pelayanan minggu pagi, tidak boleh pindah ke ibadah malam karena akan mengacaukan ibadah pagi. Mengapa kamu sudah ditugaskan melayani pagi kok janjian sama teman di waktu yang sama? Apakah janji dengan teman lebih penting daripada pelayanan pada Tuhan? Batalkan janjimu dengan teman, karena melayani Tuhan jauh lebih penting dari janji dengan teman.
  • Dari Toni : Bagaimana mengubah karakter kita seperti karakter Yesus?
Jawab : Catatlah karakter Yesus yang ingin kau teladani, misalnya mengasihi, rendah hati, jujur, hidup kudus, suka mengampuni, menjauhi kejahatan, dan lain-lain. Berkomitmenlah pada Tuhan akan meneladani semua itu, berdoa memohon pertolongan Tuhan agar memampukan kamu, dan segera lakukan semua itu secara konsisten.
  • Dari Natalia : Boleh tidak anak dipaksa ikut sekolah minggu?
Jawab : Jangan memaksa anak tapi bujuklah dia dengan bijak, selalu doakan, dan dampingi dia.
  • Dari bpk Siregar : Musim kemarau, debu bertebaran. Doakan agar keluarga tetap sehat.
  • Dari NN : Kenapa orang baik mati lebih dulu?
Jawab : Mitos itu tidak benar. Banyak orang jahat mati muda karena perkelahian, ditembak petugas, kecelakaan karena ngebut-ngebutan, overdosis narkoba, tertular virus HIV/aids, mabuk minuman keras oplosan, dan lain-lain. Sebaliknya banyak orang benar hidup berbahagia dan berumur panjang.
  • Dari Widodo di desa Klenong Pesawaran : Doakan agar mata dapat melihat dengan baik.