Kemerdekaan

Jumat, 15 Agustus 2014 pukul 19.00 - 21.00
"Kemerdekaan” 
Tutu Petrus

Pendamping :
Daviel Sanger, Luki Winata, Yosef Aegeng, Yefta Khohar, 
Dany Salim, Tomy, dan Yohannes Lie


Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.” (Gal. 5:1)

     Setiap 17 Agustus bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan. Dalam Alkitab ada tertulis 41 ayat terkait merdeka. bangsa Indonesia dulu adalah bangsa terjajah, berulang kali dijajah bangsa yang kuat, sehingga hilanglah kemerdekaannya. Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa Kristus telah memerdekakan kita. Sebelum dimerdekaan Kristus, kita adalah hamba dosa. Kristuslah yang telah memerdekakan kita, karna itu jangan lagi kita mau diperhambakan oleh dosa. Tuhan menciptakan manusia untuk hidup bahagia, namun dosa telah memperhamba kita. Apakah kita sudah menerima kemerdekaan itu? Kristus telah memerdekakan kita dari kuasa kegelapan. Bujukan kuasa gelap harus dihindari dan dilawan, jika tidak kita akan diperhambakan lagi. Sebagai orang merdeka, janganlah kita berbuat salah lagi. “Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.” (Gal 5:13) Tuhan menginginkan kita hidup sejahtera. Hargailah kemerdekaan dengan melakukan hal-hal yang baik.

Pertanyaan dan permohonan doa dari para pendengar radio Heartline
  • Dari bpk. Wiranto di Metro : Doakan kesehatan dan keluarga agar memiliki keturunan.
  • Dari ibu Cindy di Teluk Betung : Bagaimana memulihkan keluarga dari rasa cemas, terutama ketika berdoa tidak ada kegerakan dari Tuhan?
Jawab : Percayalah bahwa Yesus adalah Allah yang selalu menyertai, memberkati, memelihara, memcukupi, dan melindungi keselamatan kita. Walau pun saat berdoa merasa tidak ada kegerakan dari Tuhan, tidak berarti Tuhan tidak mendengar doa anda
  • Dari Pastur Daud di Metro : Mengapa gereja sulit duduk bersama menggapai jiwa-jiwa?
Jawab : Menggapai jiwa tidak harus dengan duduk bersama semua gereja, namun justru gerakan aktif seluruh gereja dengan masing-masing kapasitas dan metodenya untuk memenangkan jiwa. 
  • Dari bpk. Sianturi : Apa bedanya kesempatan dan keberuntungan? Apakah keberuntungan masih ada di gereja?
Jawab : Kesempatan adalah keberuntungan yang harus diraih dalam waktu tertentu. Jika melewati batas waktu, hilanglah keberuntungan itu. Saat inilah kesempatan mendapatkan keselamatan kekal melalui Yesus, jika kesempatan itu dilewatkan akan menghadapi kebinasaan kekal. Keberuntungan adalah mendapatkan sesuatu yang diinginkan seseorang. Keberuntungan bagi orang percaya adalah jika mendapatkan keselamatan kekal dan diberkati secara jasmani dan rohani. 
  • Dari Sari di Panjang : Bagaimana melupakan masa lalu yang buruk, dalam arti khusus wanita, hilang kehormatan, terkadang memiliki rasa bosan hidup? Tolong doakan.
Jawab : Janganlah hidup di masa lalu karena itu sudah lewat. Paulus mengatakan dalam Filipi  3:13, “Aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku” Tidak ada gunanya menyesali sesuatu yang terjadi di masa lalu. Lebih baik memandang masa depan yang penuh harapan bersama Yesus maka hidupmu akan penuh sukacita. Baktikan hidupmu melayani Tuhan dan sesama dengan penuh kasih maka anda akan menikmati kebahagiaan bersama Tuhan.
  • Dari Tivira : Apa yang menyebabkan anak remaja lebih suka tidak beribadah?
Jawab : Penyebab remaja tidak mau beribadah, antara lain adalah kemalasan, memandang remeh ibadah karena tidak memahaminya, terikat suatu kesenangan misalnya main game, atau tidak menikmati kebersamaan dalam ibadah remaja
  • Dari Very : Doakan kuliah agar lancar dan buat keluarga. Mengapa ketika punya beban, kita sulit beribadah kepada Tuhan?
Jawab : Karena konsentrasimu pada beban itu bukan pada Tuhan. Justru ketika ada masalah, datanglah pada Tuhan dan mohon pertolonganNya. Serahkan masalahmu pada Tuhan, maka Dia akan bertindak.
  • Dari Lisa : Apakah yang membuat kehidupan seseorang jenuh dan seakan tidak memiliki jalan?
Jawab : Hidup menjadi jenuh ketika tidak mempunyai tujuan dan merasa tidak ada orang lain yang peduli dan mengasihi dirinya, bahkan terkadang menganggap Tuhan juga sudah meninggalkan dirinya. Kenyataannya tidak demikian. Tuhan selalu mengasihi dan menyertainya, demikian juga masih banyak orang yang mengasihi dirinya. Percayalah Tuhan pasti membuka jalan untuk mengatasi masalah kita, 
  • Dari bpk. David : Apakah kita tidak boleh giat mencari uang dan mencari Tuhan? Terus kita makan apa?
Jawab : Firman Tuhan tidak melarang kita giat mencari uang bahkan memerintahkan agar kita giat bekerja. Yang tidak boleh adalah jika uang itu menjadi berhala kita. Artinya kita lebih mengutamakan mencari uang daripada datang kepada Tuhan, atau dalam mencari uang kita menggunakan cara-cara yang dilarang Tuhan.
  • Dari bpk Timotius : Doakan perjalanan isteri ke Bandung ketempat orang tuanya.
  • Dari Anton : Jika melakukan dosa, apakah kita harus melepaskan burung merpati?
Jawab : Korban penebusan dosa dengan burung merpati dilakukan pada zaman Perjanjian Lama. Dalam zaman Perjanjian baru saat ini, hal itu tidak diperlukan lagi, karena dosa kita sudah ditebus melalui pengorbanan Yesus di salib. 
  • Dari ibu. Markus  di Hanura : Doakan kesehatan dan keluarga.
  • Dari Sigit di Lampung Timur : Bagaimana memulai pengenalan akan Yesus?
Jawab : Baik sekali anda mau lebih mengenal Yesus. Mulailah dengan membaca Kitab Injil yaitu kitab Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes. Dari kitab itu, anda akan mempelajari sejarah kehidupan Yesus, ajaranNya, perbuatanNya, kuasaNya, dan perintahNya. Diskusikan dengan pendeta atau pemimpin gerejamu. Kemudian lanjutkan dengan membaca kitab lainnya.
  • Dari Rice : Doakan kuliah agar lancar.
  • Dari bpk. Yudas : Apakah ada cara untuk memulihkan iman yang lemah?
Jawab : Selidiki dulu penyebab melemahnya iman. Apakah sudah tidak mengimani lagi Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat? Jika itu yang terjadi, mintalah bimbingan pada pembimbing rohani di gereja, Baca dan renungkan Firman Tuhan serta berdoalah memohon bimbingan Roh Kudus. Hal itu akan kembali menguatkan iman anda. Jika iman melemah karena kuatir dengan masalah yang dihadapi, berdoalah mohon pertolongan Tuhan agar memberi hikmat pada anda untuk mengatasi masalah itu. Yakinlah Yesus adalah Allah Maha Kuasa yang sanggup menolongmu 
  • Dari bpk. Heri : Jika seorang pendeta doanya kurang manjur, apakah Tuhan tidak berkenan?
Jawab : Pendeta menyampaikan permohonan doa kepada Tuhan. Tuhanlah yang mempunyai otoritas untuk mengabulkan atau tidak mengabulkannya. Jadi tidak ada doa manjur dan tidak manjur. Itu juga tidak terkait dengan perkenanan Tuhan pada pendeta itu. Doa Paulus pernah ditolak Tuhan padahal Paulus adalah rasul yang diutus Tuhan. Lihat 2 Korintus 12:7-9.
  • Dari Nadia : Apa bedanya berdoa di rumah dan di gereja?
Jawab : Doa di rumah adalah doa pribadi, sedangkan doa di gereja adalah doa bersama jemaat lain. Pokok doa di rumah umumnya terkait hal-hal pribadi, sedangkan di gereja hal-hal umum.
  • Dari Vivi : Apa yang dimaksud dengan jika kita memberi, janganlah orang lain tahu jumlahnya?
Jawab : Pernyataan itu terkait dengan ajaran Yesus dalam Matius 6:3, “Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.” Maksudnya, jika kita memberi sesuatu, janganlah dengan tujuan agar dipuji orang, namun berilah karena Tuhan. Jika karena dipuji orang, kita bisa menjadi sombong dan kehilangan berkat dari Tuhan.
  • Dari NN : Dimana letak kebenaran orang Kristen sesungguhnya?
Jawab : Yesus Kristus adalah kebenaran yang sesungguhnya. Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yoh. 14:6)
  • Dari Yorni Agai : Apa arti kemenangan dan kemerdekaan di dalam Kristen?
Jawab : Kemenangan dalam Kristen adalah kemampuan mengalahkan keinginan duniawi, mengatasi ujian dan pencobaan, mempertahankan komitmen pada Yesus, kesetiaan dan keimanan sampai akhir kehidupan. Kemerdekaan dalam Kristen adalah bebas dari ikatan dosa. 
  • Dari ibu. Maria di Natar : Bagaimana menjalin persekutuan yang benar dengan Tuhan?
Jawab : Persekutuan yang benar dengan Tuhan terjadi jika kita hidup bergaul denganNya dalam doa dan kehidupan sehari-hari sesuai Firman Tuhan 
  • Dari Juni di Lampung Timur : Apa yang mempengaruhi pemuda Kristen lebih memilih penampilan fisik?
Jawab : Pemuda Kristen tentu perlu penampilan fisik seperti berpakaian rapi, bersih, dan bersikap sopan. Hal itu tidak masalah bahkan diperlukan. Namun, tentu saja harus dibarengi dengan penampilan hidup kerohanian yang berkarakter seperti Kristus.  
  • Dari Hervira : Bagaimana mengambil sikap positif jika masalah datang?
Jawab : Yaitu dengan mengimani bahwa bersama Tuhan kita sanggup mengatasi segala masalah, sebab tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Hal lain adalah mengambil hikmahnya mengapa masalah itu datang, sehingga lain kali tidak terjadi lagi
  • Dari mas Gino di Panjang : Boleh tidak perjamuan kudus kita tolak?
Jawab : Dalam 1 Korintus 11”27-29, tertulis, “Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan. Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu. Karena barangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman atas dirinya.” Jadi jika seseorang tidak layak makan perjamuan kudus, dia tidak boleh memakannya. Namun jika anda layak, anda tidak boleh menolak tubuh dan darah Kristus.
  • Dari ibu. Lisa : Kita harus mengasihi janda miskin, kenapa saya jarang sekali melihat jemaat Tuhan mengunjungi janda miskin?
Jawab : Di gereja ada persembahan untuk kas sosial yang akan diberikan pada janda miskin dan yatim piatu. Jadi jemaat dapat menyumbangkan dananya disitu. Mereka tidak perlu mengunjungi janda miskin karena sudah diwakili oleh panitia.
  • Dari bpk. Rohmat : Siapakah sebelum Yesus yang menghuni surga?
Jawab : Yesus adalah Allah pencipta sorga. “Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.” (Kol.1:16) Jadi sebelum Yesus, tidak ada yang menghuni sorga
  • Dari Andrianto di Jatimulyo : Didalam Alkitab “karna kekerasan hati Firaun, Tuhan memberikan tulah kepada orang Mesir”, kenapa tulah itu tidak diberikan pada Firaun saja tapi juga buat bangsa Mesir?
Jawab : Karena Firaun dan bangsa Mesir sama-sama melarang bangsa Israel keluar dari Mesir
  • Dari Ester : Dalam persekutuan terkadang ada orang yang mempunyai hikmat seperti indigo, apakah Bapak Pendeta memiliki jemaat yang seperti itu?
Jawab : Indigo adalah orang yang dianggap dirinya memiliki kemampuan supranatural. Dalam umat Kristen ada mujizat yang bersifat supranatural. Tapi itu bukan karena kemampuan manusianya tapi karena karunia Allah. Tanpa kuasa Allah, manusia itu tidak mampu melakukan mujizat. Jadi itu bukan jemaat indigo
  • Dari ibu. Siti : Mengapa di bukit Golgota, kubur Yesus dibedakan antara Kristen dan Katolik?
Jawab : Kubur aslinya sulit diidentifikasi secara pasti, sehingga masing-masing gereja menafsirkan letak kubur itu sesuai pendapat masing-masing maka terjadi perbedaan. Namun letak kubur itu tidak penting. yang penting, Yesus sudah bangkit dari kubur dan sekarang sudah di sorga. 
  • Dari Opung Riki : Tolong berikan pengertian yang awal dan yang akhir?
Jawab : Yang awal dan yang akhir bermakna kekekalan. Itulah sebutan bagi Allah yang berada dalam kekekalan tanpa awal dan tanpa akhir.
  • Dari Rio : Apakah pelayanan itu hanya menjadi pendeta dan pelayan di gereja saja?
Jawab : Pelayanan ada bermacam-macam. Jika pelayanan itu adalah berkotbah maka umumnya hanya diberikan pada pendeta, pelayan gereja. atau orang yang dinilai memiliki kemampuan untuk itu. Namun masih banyak pelayanan lain seperti memimpin pujian, berdoa, menerima tamu, mengunjungi jemaat, menjadi guru sekolah Minggu dan lain-lain boleh dilakukan oleh jemaat
  • Dari Hendra : Doakan pekerjaan dan juga pacar agar selalu sehat dan agar cepat menikah.
  • Dari Demos Sembiring di PKOR : Bagaimana cara memelihara kemerdekaan yang Tuhan telah berikan kepada kita?
Jawab : Memelihara kemerdekaan yang diberikan Tuhan adalah dengan hidup sesuai ajaran Tuhan
  • Dari Lewi : Mengapa Yesus menciptakan bencana alam sebagai kegagalan-kegagalan moral manusia?
Jawab : Pada zaman Nuh, Tuhan menghukum manusia lewat bencana air bah. namun saat ini bencana banjir dan longsor terjadi akibat kesalahan manusia itu sendiri. Bencana gempa dan gunung meletus terjadi karena peristiwa alam akibat pergeseran lempeng bumi.
  • Dari Ribka : Doakan pekerjaan dan agar mendapat jodoh yang seiman.
  • Dari Udin di Karang Anyar : Apa makna penting yang kita ambil saat beribadah?
Jawab : Makna dari beribadah adalah datang pada Tuhan untuk memuji dan menyembah Tuhan, mendengarkan Friman Tuhan, dan bersekutu dengan jemaat lainnya
  • Dari bpk. Samat : Apakah jalan orang benar akan selalu lurus?
Jawab : Ya, jalan orang benar selalu lurus sebab jalan Tuhan itu lurus. Jika jalan seseorang sudah menyimpang dari dari jalan Tuhan, maka dia tidak lagi disebut sebagai orang benar,
  • Dari bpk. Lukman : Apakah bapak pendeta tidak takut salah “seperti ini”? Apakah bapak berani mempertanggungjawabkannya?
Jawab : Manusia bisa saja berbuat salah, namun Firman Tuhan tidak pernah salah karena adalah kebenaran, Jika kami menyampaikan pendapat pribadi kami, bisa salah, tapi jika kami menyampaikan Firman Tuhan maka tidak akan salah dan itu dapat dipertanggung-jawabkan
  • Dari ibu. Joni : Doakan buat kesehatan keluarga dan pekerjaan suami.
  • Dari Desi : Apa yang menyebabkan orang yang sudah percaya suka marah-marah?
Jawab : Marah adalah ekspresi emosi seseorang. Yesus pernah marah karena rumah ibadah dijadikan tempat jual beli. Musa pernah marah ketika melihat bangsa Israel menyembah patung lembu. Mereka marah karena kebenaran. Namun kalau marah-marah karena masalah pribadi itu tidak baik. Orang suka marah-marah karena kebiasaan
  • Dari Mira di  Kedaton : Doakan buat kuliah dan orang tua, adik yang sudah mengikuti ujian semester.
  • Dari ibu. Marisa : Doakan suami yang sakit jantung.
  • Dari ibu. Citra : Bagaimana menjadi keluarga yang diberkati Tuhan?
Jawab : Keluarga akan diberkati Tuhan jika seluruh anggota keluarga takut akan Tuhan dan melakukan segala ajaranNya.
  • Dari bpk. Budi : Bagaimana menjadi orang yang mempunyai hikmat?
Jawab : Amsal 9:10, “Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.” Hiduplah sesuai ajaran Tuhan dan berdoalah memohon hikmat dari Tuhan.
  • Dari bpk. Paimin di Lampung Tengah : Apa yang menjadi penyebab kemurtadan orang Kristen?
Jawab : Orang Kristen murtad antara lain karena imannya lemah, tidak memahami Firman Tuhan, penindasan, bujukan orang lain, perkawinan beda iman, dan kepentingan duniawi
  • Dari ibu. Rina : Mengapa baptisan itu menggunakan air?
Jawab : Karena meneladani Yesus yang dibaptis dengan air di sungai Yordan oleh Yohanes Pembaptis. 
  • Dari ibu. Leni : Doakan keluarga terutama buat anak-anak, suami di Palembang, dan kesehatan.