Menjadi Kristen Bertanggungjawab

Siaran Youth Samaria Ministri, Rabu 6 Agustus 2014 pk 19-21
Renungan Yosef Ageng Laseno "Menjadi Kristen Bertanggungjawab"
Pendamping Yahya, Yefta, Gamaliel, Indra, dan Lewi.


“Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.” (Roma 14:12) 
“Dan tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.” (Ibr. 4:13)

Setiap pribadi pengikut Kristus bertanggung jawab atas diri sendiri mengenai anugrah, kasih karunia dan keselamatan. Kita sebagai orang Kristen terpanggil dan bertanggung jawab mengambil bagian dalam rencana Allah yang luar biasa. Sudah berapa lama kita menjadi Kristen? Sudahkah kita menjadi kawan sekerja Allah yang baik? Kita bersama-sama belajar macam orang Kristen yang bertanggung jawab :
  1. Bertanggung jawab dalam ucapan. Kita harus bertanggung jawab atas apa yang keluar dari mulut kita (Yak 3:8-11). Organ tubuh yang harus dijaga adalah lidah. Sering kali terjadi pertengkaran hebat hanya karna ucapan yang keluar dari mulut kita. “Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum." (Mat 12:37).
  2. Bertanggung jawab atas jiwa-jiwa/penginjilan. Sebagai orang Kristen kita jangan egois dan mementingkan diri sendri, Tuhan menginginkan kita semua berbuah dan memberitakan Kabar Injil agar banyak jiwa diselamatkan
  3. Bertanggung jawab atas iman dan anugrah keselamatan. Apapun yang terjadi, kita tetap berserah pada Tuhan Yesus Kristus.
Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :
  • Dari Nabila di Bandarlampung : Berdosa tidak jika anak Tuhan tertarik pada orang yang berbeda keyakinan?
Jawab : Tertarik pada lawan jenis itu alamiah dan tidak berdosa. Yang tidak diijinkan menurut Firman Tuhan adalah menikah dengan pasangan yang tidak percaya. “Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?” (2 Kor. 6:14) Menikah dengan orang berbeda iman itu melanggar Firman Tuhan, jadi berdosa.
  • Dari Andreas di Pramuka ; Doakan studi, pekerjaan, dan perjalanan hidup, berkati keluarga dan semua orang yang dicintai.
  • Dari Wati : Doakan untuk pasangan hidup saya.
  • Dari David : Doakan rumah tangga saya yang baru berjalan 3 bulan.
  • Dari Edi : Apa yang dimaksud dengan domba yang hilang?
Jawab : Domba yang hilang adalah kiasan bagi orang percaya yang tersesat dan meninggalkan Tuhan
  • Dari Rani : Kalau orang Kristen tidak berbuah, itu bagaimana? Kaum muda lagi.
Jawab : Dalam Yohanes 15 tentang Pokok Anggur yang Benar dikatakan setiap ranting (orang Kristen) yang tidak berbuah akan dipotong dan dibuang ke dalam api penghukuman. Itu berlaku pada semua orang, tidak hanya pada pemuda.
  • Dari Ari : Urusan kerajaan Allah seperti apa?
Jawab : Kerajaan Allah adalah suatu pemerintahan dengan Allah sebagai Raja dan orang percaya sebagai umatNya. Kerajaan Allah terkait dengan pemberitaan Injil Kristus (Mat. 2:43), kebenaran Allah, damai sejahtera dan sukacita dalam Roh (Roma 14:17), dan kuasa Allah (1 Kor 4:20)  
  • Dari Sari : Apa maksud istilah pagar makan tanaman?
Jawab : Itu adalah peribahasa umum yang artinya sesuatu atau seseorang yang seharusnya melindungi, justru merusak. Contohnya pengawal bank yang seharusnya menjaga uang bank justru merampoknya
  • Dari NN : Saya punya teman seorang pria dan sudah memberikan perhatian. Kenapa dia menghindar dan tidak merespon saya. Kalau dia tidak suka, kenapa ketika saya dekat pria lain dia tidak setuju?
Jawab : Menilai isi hati seseorang sulit. Mungkin dia tertarik pada anda tapi malu mengungkapkannya. 
  • Dari Yanuar : Kenapa orang jahat umurnya panjang?
Jawab : Mitos itu tidak benar. Justru banyak orang jahat mati muda. Perampok, teroris, mafia, preman, dan penjahat banyak mati muda ditembak aparat keamanan atau saling bunuh. Pembalap liar mati kecelakaan. Penzinah mati karena penyakit kelamin atau aids. Pecandu narkoba mati karena kelebihan dosis. Sebaliknya orang beriman justru banyak berumur panjang karena hidupnya berbahagia, tenang, diberkati dan penuh damai sejahtera. 
  • Dari Anton di Karang Anyar : Bagaimana caranya agar berhasil mendapatkan wanita yang seiman?
Jawab : Keberhasilan terkait dengan doa, usaha, pergaulan dengan lingkungan seiman, dan membuka diri pada lawan jenis. Jangan menetapkan kriteria terlalu tinggi bagi wanita yang anda cari. Lakukan semua itu maka anda akan berhasil mendapatkan pasangan anda.
  • Dari Rena : Bagaimana caranya agar kata-kata dapat membangun?
Jawab : Kata-kata membangun adalah kata-kata positip yang bisa membangkitkan semangat, motivasi, dan percaya diri pada seseorang. Bisa berupa penghargaan, pujian, dorongan untuk melakukan hal baik, dan dukungan agar tidak menyerah terhadap ujian. Ucapkan itu pada orang lain dan kutiplah kata membangun dari ayat-ayat Alkitab maka anda sudah menyampaikan kata-kata membangun
  • Dari Retno di Tanjung Karang : Apakah kesengsaraan itu dari Tuhan?
Jawab : Tuhan tidak pernah merancang kesengsaraan bagi umat manusia. “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. (Yer. 29:11) Kesengsaraan umumnya terjadi akibat kesalahan diri sendiri, dosa perbuatan, bencana alam, situasi ekonomi dan politik, atau akibat kejahatan orang lain.
  • Dari Alex di Tanjung Bintang : Bagaimana caranya mengembangkan cinta agar awet?
Jawab : Cintailah pasanganmu sepenuh hati, hormati dan hargai dia sebagai pribadi utuh, menerima dirinya apa adanya, dan sertakan Tuhan dalam hubungan itu
  • Dari Alin : Apakah boleh bergaul dengan remaja yang berbeda?
Jawab : Kita boleh bergaul dengan siapa pun tanpa membeda-bedakan ras, agama, suku, dan golongan. Tapi jangan terpengaruh atau ikut-ikutan teman yang melakukan hal bertentangan dengan Firman Tuhan
  • Dari Yore : Apa yang dimaksud dalam Maz 119:9, “Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.”?
Jawab : Maksud ayat itu adalah jika seorang pemuda atau pemudi ingin bersih kelakuannya maka ia harus selalu bertindak sesuai Firman Tuhan.
  • Dari Hendra : Doakan untuk kesehatan dan pekerjaan.
  • Dari Wahyu : Kunci untuk memperlengkapi iman itu apa saja?
Jawab : Iman akan timbul dan bertumbuh karena mendengar Firman Tuhan,. “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” (Roma 10:17) Iman semakin kuat jika kita berani bertindak berdasarkan iman. Iman harus dilengkapi dengan kasih dan pengharapan (Korintus 13)
  • Dari Demos Sembiring : Bagaimana cara hidup kekristenan agar tidak menyimpang?
Jawab : Agar tidak menyimpang, hiduplah bergaul dengan Tuhan, memahami kebenaran ajaranNya, memiliki iman yang teguh, berkarakter Kristus, dan terlibat dalam pemberitaan Injil
  • Dari ibu Riki : Jelaskan tentang domba yang hilang?
Jawab : Sudah dijelaskan di depan
  • Dari Yosi : Punya pacar matre, tetapi itu dari orang tua dan saya tidak suka, apa yang harus dilakukan?
Jawab : Pacar adalah calon pendamping hidup kita seumur hidup. Kalau sudah tidak suka tentu akan menimbulkan masalah saat nanti berkeluarga. Bicarakan baik-baik dengan orangtua dan berikan alasan mengapa anda tidak suka. 
  • Dari Yogi : Apa yang harus dilakukan agar pacar tidak selingkuh?
Jawab : Carilah pacar yang sudah terbukti setia dan mencintai anda. Jika pacar sekarang memiliki gelagat tidak setia, sebaiknya jangan diteruskan karena umumnya itu akan dilanjutkan setelah menikah. 
  • Dari Restu : Bagaimana agar kita dapat membawa jiwa baru dan bagaimana agar kita tidak masuk agama lain?
Jawab : Kuatkan imanmu dan pahami pengajaran Firman Tuhan dengan benar maka anda tidak akan berpindah pada keyakinan lain. Sampaikan kebenaran Firman Tuhan pada orang lain disertai doa maka anda bisa membawa jiwa baru pada Tuhan. 
  • Dari Santi di Pahoman : Doakan pertunangan saya agar berjalan lancar.
  • Dari Ria di Karang Anyar : Sikap apa yang harus dilakukan jika ayah kita selingkuh dengan kupu-kupu malam?
Jawab : Tentu anda sangat terpukul mengetahui hal itu. Namun kendalikan diri anda dan bertindaklah dengan bijak. Doakan ayah anda dan jika memungkinkan bicarakan baik-baik tanpa menghakimi beliau. Tetaplah hormati orangtuamu apa pun perbuatannya
  • Dari Edo : Bagaimana menjadi pemuda yang menang di dalam Kristus?
Jawab : Kemenangan dalam Kristus akan diraih jika kita mampu mengatasi ujian dan cobaan, tetap kuat saat mendapat tekanan, tetap setia dan taat pada komitmen saat menghadapi tantangan, dan selalu mengandalkan Tuhan dalam menghadapi persoalan. Berdoalah agar Roh Kudus membimbing hidupmu
  • Dari Ponco : Bagaimana cara kita memagari dan menghindari dari perbuatan jahat?
Jawab : Perbuatan jahat bisa timbul dari diri sendiri, bujukan iblis, pengaruh orang lain dan lingkungan serta adanya kesempatan. Karena itu hiduplah selalu dekat dengan Tuhan dalam ibadah, merenungkan Firman Tuhan disertai doa. Hindari diri dari lingkungan atau kesempatan yang memungkinkan terjadinya kejahatan. Jangan bergaul dengan orang-orang yang hidupnya bertentangan dengan ajaran Tuhan. 
  • Dari Lisa : Doakan untuk teman, Siwi, penyembuhan karna kecelakaan.
  • Dari Dedi di Sukabumi : Sebagai jiwa muda, corak apa yang harus kita tunjukkan?
Jawab : Corak yang anda tunjukkan adalah corak Kristus yang ada dalam diri anda, antara lain sikap mengasihi, rendah hati, mengampuni, suka melayani, berpikiran positip, ramah, menghargai orang lain, bertanggung-jawab, bisa dipercaya dan jujur, rajin ibadah, dan lain-lain.
  • Dari Ani : Peran penting apa yang dilakukan di keluarga?
Jawab : Dalam keluarga ada tiga peran yaitu sebagai ayah, ibu, dan anak. Sebagai anak, lakukan tugasmu sesuai harapan orangtua, belajar dan bekerja sungguh-sungguh, rajin ibadah, aktif dalam pelayanan. Bantulah orangtua mengatasi kesulitan mereka, hargai dan hormati mereka. serta jagalah kehormatan keluarga, dan jadilah kebanggaan orangtua
  • Dari Rahel : Apakah yang dimaksud dengan kutuk?
Jawab : Kutuk adalah ucapan buruk yang diharapkan terjadi pada seseorang. Dunia terkutuk karena dosa Adam dan Hawa. Namun segala kutuk kita telah ditanggung Yesus di kayu salib sehingga tidak ada lagi kutuk yang menimpa kita. “Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita “ (Dal 3:13)
  • Dari Meisya : Bagaimana menjaga hidup agar komitmen dalam satu tujuan?
Jawab : Hiduplah seturut ajaran Firman Tuhan dan lakukanlah ajaran itu dalam kehidupan kita
  • Dari Debora : Bagaimana cara agar kita bertanggung jawab di rumah?
Jawab : Lakukan apa yang menjadi tugas anda di rumah dengan sungguh-sungguh. 
  • Dari Gino : Bagaimana agar bisa menjadi beruntung dan diberkati?
Jawab : Untuk meraih sukses, kita harus bekerja keras disertai doa. Lakukanl perintah Tuhan dalam hidupmu maka engkau akan beruntung dan diberkati.
  • Dari Bowo : Kalau mencintai janda kembang dosa tidak?
Jawab : Selidiki status janda itu, apakah janda cerai atau ditinggal mati suami. Jika janda cerai, anda tidak boleh menikahinya karena itu berzinah, berarti berdosa. Jika janda karena suami mati, dan status anda bujangan atau duda ditinggal mati istri, anda tidak berdosa dan boleh menikahinya. Tapi jika anda sendiri duda cerai, anda tidak boleh menikahi siapa pun karena itu berzinah. “Setiap orang yang menceraikan isterinya, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah; dan barangsiapa kawin dengan perempuan yang diceraikan suaminya, ia berbuat zinah." (Luk. 16:18)
  • Dari Yori : Apa yang maksud dari Ams 22:26, “Jangan engkau termasuk orang yang membuat persetujuan, dan yang menjadi penanggung hutang”?
Jawab : Itu adalah nasihat yang baik bagi kita. Jika kita membuat persetujuan atau menjadi penanggung hutang orang lain maka kita akan menghadapi masalah ketika orang itu melanggar persetujuan atau tidak membayar hutang sebab kitalah yang harus menanggung atau membayarnya. Hal itu banyak terjadi.
  • Dari Megi : Doakan dalam pelayanan bersama LPMI.