Kasih karunia Tuhan

Jumat, 11 Juli 2014 pukul 19.00 - 21.00
"Kasih Karunia Tuhan'
Dany Salim

Pendamping :
Gamaliel, Dany Salim, Yohannes Lie, dan Yefta Khohar



Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline
  • Dari bpk Alim di Sukarame : Apa pandangan bapak tentang serangan Israel ke Palestina khususnya jalur Gaza? Apakah Tuhan mengijinkannya? 
Jawab : Pemicu timbulnya peperangan itu karena 3 pemuda Israel diculik dan dibunuh Hamas. Bangsa Israel adalah penganut hukum Torat yang mengajarkan pembalasan “mata ganti mata”. Kedua bangsa ini sama-sama keras. Itu bukan masalah agama tapi perebutan wilayah. Sebagai orang Kristen kita turut prihatin atas peristiwa itu dan mendoakan agar perdamaian dapat terjadi di sana. Tentu Tuhan tidak mengijinkan adanya tindakan saling bunuh karena Tuhan mengajarkan agar mengasihi sesama manusia
  • Dari Angel : Apakah malaikat Tuhan akan membantu kita ketika ada orang jahat mendekati kita? Saya selalu berdoa 
Jawab : Ada kalanya malaikat melindungi seseorang ketika berada dalam bahaya, contoh ketika nabi Elisa dikepung tentara Aram yang akan menangkapnya, “Tampaklah gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa. (2 Raja 6:17c) namun terkadang Allah mengijinkan terjadi gangguan dari orang jahat. Karena itu kita harus selalu waspada. Betul sekali anda selalu berdoa mohon perlindungan Tuhan
  • Dari Yosua : Doakan besok saya akan ke Jakarta 
  • Dari ci Aling di Tanjung Senang : Doakan usaha bengkel diberkati 
  • Dari Hervira : Kalau saat makan di restoran, di samping kita ada tokoh beragama lain, apakah kita menyangkal Tuhan kalau tidak berdoa? 
Jawab : Ya, itu menyangkal Yesus karena tidak mau mengaku sebagai pengikut Yesus. Mengapa takut berdoa? Anda kan tidak diancam. Justru orang itu menghargai orang yang berdoa.
  • Dari mas Gino : Apakah berdoa harus setiap hari? 
Jawab : Ya, harus setiap hari, bahkan setiap saat.
  • Dari Robert di Metro : Doakan kesehatan dan pekerjaan saya agar gaji meningkat 
  • Dari Dini : Apakah ciri-ciri dipenuhkan Roh Kudus adalah kita penyabar dan pengalah? 
Jawab : Itu bukan ciri-ciri dipenuhkan Roh Kudus tapi bagian dari buah Roh.  "Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu." (Gal. 5:22-23)
  • Dari Silviana : Apakah maksud ujilah Tuhan? 
Jawab : Satu-satunya perintah untuk menguji Tuhan tertulis dalam Maleakhi 3:10 terkait dengan persembahan perpuluhan. Maksudnya, jika kita membawa perpuluhan, pasti diberkati Tuhan, kalau tidak percaya, ujilah
  • Dari Keysha : Apa benar ada Firman bahwa setiap manusia yang masuk Kerajaan Allah karena kasih karunia? 
Jawab : Ya benar. Ada banyak ayat tentang hal itu, antara lain “Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasihNya yang besar, yang dilimpahkanNya kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita -- oleh kasih karunia kamu diselamatkan -- dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga, ..... Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah” (Efe 2:4-6, 8)
  • Dari Ucok : Apakah Tuhan Yesus sanggup menolong semua beban kita jika kita sombong dan tidak pernah ke gereja? 
Jawab : Tuhan itu Maha Kuasa. Dia sanggup melakukan apa saja. Namun ada tertulis, “Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. (Mat. 11:28) Jadi agar beban berat kita ditolong Tuhan, kita harus datang kepadaNya dengan beribadah ke gereja. Kalau tidak mau ke gereja dan sombong, pikullah beban itu sendiri.
  • Dari ko Acin : Mengapa sulit rasanya dekat pada Tuhan ketika ada masalah? 
Jawab : Memang terkadang kita merasa seperti itu. Namun, sebenarnya ketika ada masalah, seharusnya kita datang dan semakin dekat dengan Tuhan, jangan menjauhiNya. Berdoalah memohon pertolonganNya karena Dialah sumber pertolongan kita
  • Dari Melda di Antasari : Apakah jalan yang Tuhan berikan itu beda dengan yang dunia berikan? Apa enaknya di jalan Tuhan? 
Jawab : Ya, jalan Tuhan itu berbeda dengan jalan dunia. Tuhan berfirman."Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya." (Mat. 7:13-14) Jadi jalan yang lebar penuh kenikmatan kedagingan adalah jalan dunia yang menuju kebinasaan. Jalan sempit adalah jalan Tuhan yang menuju kehidupan kekal. Hidup di jalan Tuhan terkadang tidak nyaman bagi keinginan daging kita sebab dalam jalan Tuhan kita harus menjauhi dosa dan mengikuti ajaranNya. Apa enaknya di jalan Tuhan? Jika kita hidup di jalan Tuhan, hidup kita mendapat damai sejahtera, saling mengasihi, penuh sukacita, tidak kuatir dengan hal-hal duniawi, bebas dari ikatan atau perbudakan dosa dan kuasa setan. Dan yang paling utama, kita akan menikmati kebahagiaan kekal bersama Tuhan di Sorga
  • Dari Abdul di Rajabasa : Bagaimana pendapat bapak dengan hasil pilpres yang saling berbeda? 
Jawab : Serahkan saja hal itu ke KPU
  • Dari Roy : Dimana tertulis Yesus mengampuni orang berdosa? 
Jawab : Ada banyak ayat dalam Perjanjian Baru yang menyatakan Yesus mengampuni orang berdosa, salah satunya tertulis dalam Matius 9:6a, “Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia (Yesus -pen) berkuasa mengampuni dosa"
  • Dari Iis : Iblis menyerang orang percaya dengan cara apa? 
Jawab : Iblis hanya bisa menyerang jika kita membuka peluang. Dia menyerang melalui bujukan untuk berbuat dosa, malas beribadah, melanggar Firman Tuhan, dan lain-lain. Selama kita dekat dengan Tuhan, dia tidak bisa menyerang kita.
  • Dari ibu Reta di Karang Anyar : Apakah jika kita menyangkal Tuhan satu kali karena kepepet, Tuhan mengampuni? 
Jawab : Petrus pernah menyangkal Tuhan bahkan 3 kali. Ketika dia bertobat, Tuhan mengampuni. Tapi jangan sering menyangkal Dia, karena mungkin saja kita tidak sempat mohon ampun.
  • Dari mbak Desi : Bagaimana menjaga keintiman dengan Yesus? 
Jawab : Melalui persekutuan dalam doa dan penyembahan, merenungkan dan melakukan FirmanNya setiap hari, melayani Tuhan dan pekerjaanNya,serta menjaga kekudusan hidup.
  • Dari bpk Hartono di Bandar Lampung : Apakah keduabelas murid Yesus masuk sorga? 
Jawab : Ke sebelas murid Yesus diyakini masuk sorga. Mengenai Yudas Iskariot, para teolog  menafsirkan, dia tidak selamat karena tidak mohon pengampunan Tuhan dan mati bunuh diri.
  • Dari ibu Tuti : Saya punya teman Kristen tapi tidak baik dan suka berkata-kata tidak senonoh. Apa pendapat bapak? 
Jawab : Sebagai murid Tuhan, kita harus berkarakter seperti Kristus. Jangan mencontoh teman itu. Kalau bisa, nasihati dia
  • Dari mas Dudung di Antasari : Sebagai orang Kristen memelihara cincin berbatu dan memandikannya. Berdosa tidak? 
Jawab : Memakai dan mencuci cincin itu tidak berdosa. Tapi jika memandikan cincin itu dalam ritual kepercayaan di luar Tuhan, itu berdosa.
  • Dari mbak Adel di Kimaja : Bagaimana cara menghapal Firman Tuhan dengan mudah? 
Jawab : Ayat Firman Tuhan itu amat banyak, tentu sulit dihapal. Hapalkan saja beberapa ayat penting yang sering disampaikan dalam kotbah. Di bagian belakang Alkitab, tertulis ayat-ayat terkait tema tertentu. Itu bisa dihapal
  • Dari Puput di Kedaton : Doakan pekerjaan dan kesehatan saya 
  • Dari Dedi di Lampung Selatan : Apa boleh mengikuti upacara adat dengan menggendong orang yang sudah mati? 
Jawab : Menggendong atau menggotong orang mati tidak dilarang. Yang tidak boleh adalah menyembah dan memohon pertolongan orang mati dan mengikuti upacara keagamaan lain yang bertentangan dengan Firman Tuhan
  • Dari bpk Bambang di Lampung Timur : Sebagai gembala jika ditanya tentang perang Gaza, apa jawabannya? 
Jawab : Sudah dibahas di depan
  • Dari Diki Agape : Apa arti Lukas 23:29, “Sebab lihat, akan tiba masanya orang berkata: Berbahagialah perempuan mandul dan yang rahimnya tidak pernah melahirkan, dan yang susunya tidak pernah menyusui”? 
Jawab : Ayat ini berkenaan dengan nubuatan Tuhan Yesus tentang masa penganiayaan dan penderitaan besar yang akan datang. Pada masa penderitaan itu, lebih baik menderita seorang diri daripada menderita dan menyaksikan anak-anak kita menderita dianiaya.
  • Dari Demos Sembiring : Bagaimana cara menjaga kasih karunia yang diberikan Tuhan kepada kita? 
Jawab : Dengan selalu beriman pada Tuhan Yesus dan melakukan Firman Tuhan.
  • Dari Mr R : Sebagai orang percaya, apakah bapak tahu bahwa semua jemaat sudah beriman? 
Jawab : Iman seseorang sulit diketahui secara pasti. Tapi dari sikapnya dan buah-buah kehidupannya sehari-hari, kiita dapat memperkirakannya.
  • Dari bpk Budi di Kemiling : Apa benar semua dosa diampuni di agama lain pun? 
Jawab : Dalam ajaran Alkitab, tidak semua dosa diampuni. Dosa yang tidak diampuni adalah dosa menghujat Roh Kudus, "Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal." (Mark 3:29), dosa orang yang tidak mau mengampuni orang lain, "Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu." (Mat. 6:15) dan dosa orang yang minta ampun tapi tidak mau bertobat. (Roma 2:4-5) Karena kami tidak berkompeten membahas pengampunan dalam agama lain, silakan bertanya pada penganut agama lain.
  • Dari Anton : Apa semua gereja sama tujuannya pada Yesus? 
Jawab : Ya benar, semua gereja sejati sama tujuannya pada Yesus, kecuali gereja sesat.
  • Dari Intan di Metro : Bolehkan saat patah hati menangis? 
Jawab : Boleh menangis, asal jangan berlebihan seperti orang yang tidak memiliki pengharapan dan tidak membuat putus asa dan menjauh dari Tuhan
  • Dari ibu Marta di Natar : Saya diberkati oleh Firman Tuhan. Bagaimana jika ibadah tapi memilih merek gereja? 
Jawab : Pemilihan gereja untuk ibadah bisanya berkaitan dengan kebiasaan seseorang dalam mengikuti tata cara ibadah. Itu tidak masalah.
  • Dari bpk Amran : Apakah pemerintah sudah mengesahkan kitab Injil? 
Jawab : Ya, sebab kitab Injil adalah kitab suci agama Kristen dan Katolik yang diakui negara Indonesia
  • Dari ibu Marti : Apa yang dimaksud dibelenggu kuasa kegelapan? 
Jawab : Dibelenggu artinya diikat dan sulit melepaskan diri. Jika seseorang dibelenggu kuasa kegelapan, dia sulit sekali melepaskan diri, kecuali jika dia mau bertobat dan menyerahkan diri pada kuasa Tuhan Yesus. Sebab kuasa Tuhan lebih besar dari kuasa apapun di dunia ini.
  • Dari Yorni Agai : Apakah Tuhan Yesus juga mengutuk? 
Jawab : Tuhan Yesus pernah mengutuk pohon ara. Tapi itu merupakan peringatan bagi orang yang tidak berbuah
  • Dari ibu Jeslin di Ratulangi : Bagaimana agar pasangan sukses di rumah tangga? 
Jawab : Sertakan Yesus dalam kehidupan berkeluarga dan lakukanlah ajaranNya
  • Dari Bastian : Bagaimana menyikapi mertua matre? Doakan usaha kami 
Jawab : Jangan cepat menghakimi, apalagi itu mertua. Jagalah perasaan istri, sebab itu adalah orangtuanya. Bersikaplah terbuka. Bicarakan baik-baik dengan istri. Jika mampu membantu, bantulah. Jika tidak, berterus-teranglah
  • Dari mas Rais di Karanganyar : Apakah sulit mendekat pertemuan ibadah? 
Jawab : Tidak sulit sebab setiap persekutuan akan senang jika ada yang mau bergabung. Asalkan kita berpakaian sopan dan tidak bersikap mencurigakan
  • Dari bpk Lukman : Apakah dalam ajaran Kristen semua hari sama? 
Jawab : Memang ada hari istimewa. Pada Perjanjian Lama, hari Sabat itu adalah hari istimewa. Dalam tradisi Kristen ibadah raya ditetapkan hari Minggu, kecuali gereja Adveni yang beribadah pada hari sabtu. Tapi pada dasarnya semua hari itu sama.
  • Dari ibu Markus di Hanura : Semoga semakin diberkati. Doakan kesehatan dan agar anak-anak setia 
  • Dari Reni : Kalau anak terkena sakit jantung, apakah karena orangtuanya mengidap penyakit itu? Keponakan saya berusia 5 tahun sakit jantung 
Jawab : Tidak selalu demikian. ada yang karena faktor keturunan, ada juga yang bukan
  • Dari ibu Nuri di Waykandis : Apakah semua manusia mempunyai sifat keras? 
Jawab : Manusia mempunyai sifat berragam, bisa keras, bisa lembut tergantung situasi dan latar belakang hidupnya
  • Dari Lia : Doakan pekerjaan dan kuliah saya dan juga orangtua agar diberkati 
  • Dari ibu Lili : Doakan kesehatan suami sudah 1 minggu tidak kerja karena demam 
  • Dari mas Udin : Merespon panggilan itu seperti apa? 
Jawab : Panggilan itu bermacam-macam. Ada panggilan untuk menjadi guru sekolah minggu, ada juga untuk menjadi pendeta. Jika panggilan itu menjadi pendeta, responnya dengan masuk sekolah Alkitab.
  • Dari Lisa : Mengapa ketika berdoa dan nyanyi suka sedih dan mengeluarkan air mata? 
Jawab : Sebab kita terhanyut dan meresapi syair lagunya maupun melodinya. Tergantung jenis lagunya. Kalau lagu sedih tentu akan menangis, kalau lagu gembira, tentu akan tersenyum.