Menjaga Kekudusan Perkawinan

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline,
Jumat  8 Nopember 2013 pk 19-21
Renungan oleh Yohannes Lie "Menjaga Kekudusan Perkawinan" Ibr. 13:4
Pendamping Yosef Ageng, Dany Salim, dan Noce Rumengan.
Penyiar sdr Luki Winata
Jika ingin membaca renungan ini, silakan klik disini.


"Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah." (Ibr. 13:4)

     Seorang pengkotbah berkata, “Ajaran monogami, hanya berlaku di zaman Perjanjian Baru. Dalam Perjanjian Lama, Tuhan tidak melarang poligami. Banyak tokoh Perjanjian Lama memiliki lebih dari satu istri, misalnya Abraham, Yakub, Musa, Daud. Bahkan Salomo memperistri 1000 wanita.” Pernyataan itu tidak benar dan menyesatkan. Jika Allah setuju poligami, mengapa Dia tidak menciptakan beberapa wanita bagi Adam? Mengapa istrinya hanya Hawa?
   Apakah ajaran Allah tentang perkawinan? Benarkah Perjanjian Lama mengajarkan perkawinan monogami? Bolehkah melakukan hubungan suami-istri sebelum menikah? dApa jaran Tuhan tentang kehidupan rumah tangga orang percaya? Mengapa kekudusan perkawinan terkadang dilanggar oleh sebagian orang Kristen? 

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari ibu N di Teluk Betung : Selamat malam. Firman Tuhan mengatakan pernikahan tidak boleh bercerai. Bagaimana jika suami selingkuh dan menikah lagi? Apa yang harus saya perbuat?
  • Dari bpk Adi di Sukarame : Bagaimana cara membina keluarga harmonis?
  • Dari sdri Lina di Tanjung Senang : Mengapa dalam satu keluarga terjadi ketidakharmonisan? Apakah itu merupakan ketidakcocokan dalamrumah tangga?
  • Dari teman Udin : Apa arti Haleluyah dan Puji Tuhan?
  • Dari sdri Ria di Gadingrejo : Selamat malam. Bagaimana mengatasi galau, kecewa, dan patah hati?
  • Dari bpk Urip di Metro : Apakah dalam Yesus ada jaminan hidup enak dan keselamatan? Saya pendatang baru.
  • Dari sdr Uyin di Pasar Tengah : Apakah kuasa Roh Kudus mampu menyembuhkan pecandu narkoba?
  • Dari ibu Ani : Saya sudah 2 tahun mengenal Yesus. Mendengar radio dan TV iman saya makin bertumbuh. Saya mau mengikut Yesus dan saat ini masih di agama lain. Saya harus menghubungi siapa?
  • Dari sdri Kristin di Metro : Shalom. Apa sebenarnya arti Kristen? Kenapa 25 Desember merupakan hari Natal? Bukankah itu hari perayaan dewa matahari? Sedangkan tanggal lahir Yesus tidak ada yang tahu. Apakah itu tidak bertentangan dengan ajaran Tuhan?
  • Dari ibu M : Suami saya pergi ke gereja dengan istri orang lain, apakah itu pantas? Saya tidak bisa menemaninya karena menjaga cucu. Sedangkan wanita itu sedang ada masalah dengan suaminya.
  • Dari sdri Elfara di Kedaton : Shalom. Tolong jelaskan Ibrani 5:12-14, "Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras. Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil. Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat."
  • Dari bpk Bambang dan teman-teman di Lampung Timur : Selamat malam. Luar biasa. Mencemarkan tempat tidur itu seperti apa?
  • Dari sdr Gino di Panjang : Bagaimana dapat berbuah jika hidup kita saja masih susah?
  • Dari ibu Markus di Hanura : Shalom. Kok saya tidak disapa? Doakan kesehatan saya, keluarga dan anak-anak dan juga agar memberi pelayanan yang baik
  • Dari ibu I : Selamat malam. Saya seorang ibu dengan 4 anak. Saya menikah dengan suami yang tidak seiman. Sekarang saya kembali turut Yesus. Suami berselingkuh. Apakah saya boleh bercerai? Mohon penjelasan
  • Dari bpk Siregar di Bypass : Kalau kita tidak memberikan bantuan pada saudara yang minta karena kita juga tidak punya, apakah itu berdosa?
  • Dari sdr. Riko di Way Halim: Selamat malam. Bolehkah orang Kristen mati dikremasi?
  • Dari seseorang : Memberi info bahwa bpk Pdt Bambang kemarin berulangtahun
  • Dari sdr Noel di Kedaton : Bagaimana sebagai umat Tuhan menyikapi penampakan salib di langit Ukraina? Dulu nenek saya suka nyanyi lagu Amazing Grace, mengapa lagu-lagu itu sekarang jarang dinyanyikan? Doakan kesehatan dan pekerjaan saya
  • Dari seseorang : Kemarin adik saya ke dokter spesialis mata. Katanya ada daging tumbuh lalu diberi obat tetes. Kata dokter jika belum ada perubahanakan dilakukan operasi kecil. Mohon didoakan.
  • Dari sdr Yahya Kristianto : Shalom. Tuhan memberkati. Doakan kesehatan saya dan orangtua
  • Dari seseorang : Shalom para hamba Tuhan yang diberkati. Doakan agar saya mendapat pasangan hidup yang seiman, hidup kudus dan takut akan Tuhan
  • Dari sdri Rut di Lampung Timur : Doakan kami yang menghadapi tantangan dalam pelayanan karena tidak disetujui warga
  • Dari ibu Heny di Natar : Doakan dan mohon solusi atas pertengkaran saya dan suami karena cemburu
  • Dari seorang ibu : Suami saya punya rasa cemburu berlebihan. Saya tidak bisa bersosialisasi. Jika saya disapa oleh laki-laki, dia marah-marah dan saya dianggap berzinah. Bahkan anak pertama kami bukan dianggap anaknya. Kami sudah 3 tahun menikah tapi masih selalu dicemburui. Apa yang harus saya lakukan? Doakan suami saya agar dijamah Tuhan dan agar saya boleh bersoasialisasi dan agar saya tidak tawar hati. Saya sering kecewa terhadap suami dan Tuhan. Doakan juga agar dia terbebas dari belenggu perjudian
  • Dari ibu Evi : Bagaimana agar keluarga diberkati?
  • Dari sdri Keisha di Teluk Betung : Tolong jelaskan makna Yoh 7:24, "Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil."
  • Dari ibu Lily di Kemiling : Doakan usaha kami, anak sehat, dan pekerjaan suami lancar
  • Dari sdr Udin : Apa yang disebut kasih Agape?
  • Dari bpk Heri : Bagaimana menjadi teladan bagi orang yang belum percaya? Doakan pekerjaan saya
  • Dari ibu Martha di Natar : Mengapa banyak orang percaya tidak berdoa rutin? Bagaimana dengan jemaat yang seperti ini?
  • Dari sdr Alipa : Mengapa orang baru percaya harus dibaptis?
  • Dari seseorang : Apa yang harus kita lakukan jika dikatakan tidak punya kasih? Tanda kasih itu apa?
  • Dari seseorang :Apa dasar orang percaya dalam pernikahan?
  • Dari mbak Amai di Way Halim : Shalom. Bagaimana cara menghilangkan kenangan terhadap seseorang yang sudah pernah kita sayangi dalam kehidupan kita? Bagaimana cara menyikapi jika kita bertemu dia, menghindar atau bagaimana?
  • Dari seseorang : Apa rencana Bapa di Sorga ketika hubungan kami tidak direstui?
  • Dari sdri Ayu di Rajabasa : Saya baru percaya pada Tuhan.Doakan agar saya tetap percaya