Bersikap Optimis

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline, Jumat  29 Nopember 2013 pk 19-21
Renungan oleh Yohannes Lie "Bersikap Optimis"
Pendamping Daniel Sanger, Yahya, Yosef, Tutu Petrus, Dany Salim
Penyiar Julius Atmaja
Ingin membaca renungan ini, silakan klik disini


"Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku." (Ayub 3:25)

Dalam menghadapi kehidupan ini, ada dua sisi pandang manusia yang saling bertolak-belakang, yaitu sisi pandang pesimis dan optimis. Pesimis mengarah pada hal-hal negatip, sedangkan optimis mengarah pada hal-hal positip. Kedua pandangan ini sangat mempengaruhi jalannya kehidupan seseorang. Pandangan ini melekat dalam pikiran seseorang karena latar belakang didikan keluarga, pengalaman pribadi, lingkungan pergaulan, dan karakter dasar.  Bagaimana agar kita dapat bersikap optimis? Apa yang dimaksud optimisme berlebihan?

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :
  • Dari sdri Ina di Tanjung Senang : Selamat malam. Tuhan Yesus sekarang ada dimana? Dan sedang apa?
  • Dari seseorang : Selamat malam. Taman Firdaus itu letaknya dimana?
  • Dari sdr John di Kimaja : Doakan usaha saya. Firman Tuhan yang disampaikan memberkati saya.
  • Dari seseorang : Selamat malam. Doakan supaya saya lancar bicara r dab diberi kepintaran oleh Tuhan dan bisa menjadi terang dan garam dunia
  • Dari ibu Nunung di Banjar Agung : Bagaimana mengatasi suami yang tidak mau ke gereja lagi?
  • Dari sdri Yuli di Kedaton : Selamat malam. Bagaimana melepas akar pahit dan bagaimana berdoanya?
  • Dari seseorang : Mengapa sudah hidup sebagai anggota Kristen tapi masih suka saling menjelek-jelekkan? Bagaimana mengatasi ini?
  • Dari ibu Lili : Shalom. Mengapa ada tertulis, "Berbahagialah kamu yang tidak seperti burung di udara yang tidak menabur tapi menuai"?
  • Dari sdr Gabriel Wilson Wijaya : Selamat malam. Bagaimana cara berdoa agar saya dilindungi dari orang yang tidak menyukai saya? Bagaimana mengatasinya?
  • Dari bpk Hendro : Mengapa Yesus tidak menyelamatkan dan menghakimi manusia sekarang juga?
  • Dari ibu Markus di Hanura : Selamat malam. Semangat selalu. Salam buat ibu Yuli, ibu Eli dan ibu Nurti. Mohon doakan kaki saya yang sakit
  • Dari sdr Natan : Selamat malam. Penghakiman bagi orang yang sudah meninggal dunia itu langsung atau menunggu penghakiman nanti?
  • Dari ibu Grace : Selamat malam. Doakan saya sudah dua minggu sakit demam. Saya ingin mengikuti Natal di GBI Vila Citra.
  • Dari bpk Adit di Tegineneng : Doakan pekerjaan saya dan istri yang tidak enak badan, dan anak yang sedang sekolah. Firman Tuhan tadi memberkati saya
  • Dari seseorang : Yesus akan datang untuk yang kedua kali. Kedatangan yang pertama untuk menebus dosa manusia. Kedatangan yang kedua untuk apa?
  • Dari embak Ros : Selamat malam  Tuhan memberkati. Apa maksud Tuhan menguji kita tiap hari, tiap minggu dan tiap bulan?
  • Dari sdri Lea di Pagaralam : Doakan akhir kuliah dan wisuda, juga buat pekerjaan dan pasangan hidup
  • Dari sdri Iin : Saya guru Sekolah Minggu. Adik-adik sekolah minggu kalau ibadah umum sering ribut. Ada yang marah. Bukankah anak-anak datang kepada Tuhan tidak boleh dilarang?
  • Dari bpk Malik di mobil : Apakah benar Hakim yang adil itu Yesus? Kapan akan ada penghakiman?
  • Dari sdr Abet di Telukbetung : Shalom. Apakah orang Kristen tidak boleh bisnis karena banyak bohongnya?
  • Dari sdr Aji di Metro : Apakah semua orang Kristen masuk Sorga?
  • Dari ibu Nur : Shalom. Doakan kami agar tetap setia ikut Tuhan, juga buat anak Wilson yang sedang flu, dan agar dapat bertumbuh dengan baik. Usianya 1,5 tahun.
  • Dari seseorang : Kematian itu tujuannya kemana?
  • Dari seseorang : Saya baru 1 tahun percaya. Doakan saya. Puasa orang Kristen itu seperti apa? Apakah dapat dilakukan setiap saat?
  • Dari seseorang : Selamat malam. Apakah Tuhan akan menerima saya walaupun masih di keyakinan lama? Sebenarnya saya sudah menerima Tuhan selama 2 tahun dan saya sudah berdoa dalam nama Yesus. Doakan supaya saya berani mengaku sebagai pengikut Kristus.
  • Dari sdri Trivena di Kemiling : Shalom. Doakan kakak Gamaliel dari Sekolah Tinggi Teologia Agape yang sedang praktek di Puncak
  • Dari ibu Erna Butar-butar di Kota Sepang : Doakan suami dalam perjalanan bawa mobil ke Lahat Martapura karena banyak kejahatan
  • Dari bpk Yunus di Jati Agung : Selamat malam. Bagaimana menghindari berhala elektronik Ipad, TV, dan HP? Banyak yang lebih mendahulukan itu daripada Yesus.
  • Dari sdri Linda di Way Halim : Doakan saya yang sedang sakit panas
  • Dari sdr Gabriel di Rajabasa : Bagaimana caranya menghadirkan Roh Kudus? Tidak semua orang mendapatkan Roh Kudus. Bagaimana mendapatkanNya? Doakan saya yang sedang sakit dan juga buat pekerjaan saya
  • Dari ibu Ani : Shalom. Bagaimana menjaga iman dari kejahatan dunia?
  • Dari sdr Marta : Ada tetangga yang ribut. Apakah saya pantas ikut campur menjadi penengah agar bisa membawa damai?
  • Dari bpk Adi : Selamat malam. Mengapa orang kaya sulit masuk Kerajaan Allah?
  • Dari sdr Putra di Kedaton : Selamat malam. bagaimana membagi jadwal pelayanan dan pekerjaan?