Mengatasi Ujian Kehidupan

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline, Jumat 11 Oktober 2013 pk 19-21
Renungan oleh Yohannes Lie "Mengatasi Ujian Kehidupan" 1 Pet 1:7
Pendamping Daniel Sanger, Dany Salim, dan Yosef Ageng
Penyiar sdr Luki Winata
Ingin membaca renungan ini, silakan klik disini


"Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu -- yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api -- sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya." (1 Pet 1:7)

     Dalam kehidupan ini, setiap orang pasti mengha-dapi masalah. Tak seorang pun bebas dari masalah. Umumnya saat mendapat masalah, orang mengang-gap itu ujian atau cobaan dari Tuhan. Lalu berdoa mohon Tuhan menolong menyelesaikan masalah. Jika masalah itu teratasi, bersyukur. Tapi terkadang sudah berdoa berkali-kali, masalah itu bukan teratasi malah semakin berat. Mulailah meragukan dan menyalahkan Tuhan. Imannya pun menjadi merosot. Bukan makin dekat dengan Tuhan, malah makin menjauhi Dia. Apa penyebab masalah, dan bagaimana mengatasinya? 

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari sdr Rais, kawan Udin, di Karang Anyar : Saya kadang gupek antara kesejahteraan dan juga masalah hidup Kristen.Tapi lebih banyak penderitaan daripada kesejahteraan; Apa doa saya tidak didengar Tuhan?
  • Dari sdr Yanto di Antasari : Kalau mau diberkati dalam pernikahan bagaimana? Saya kuatir dalam pesta pernikahan tidak ada yang datang. Doakan calon istri saya Amel di Metro semoga sehat
  • Dari bpk Budi : Jika iblis tidak punya kuasa mencabut nyawa, mengapa banyak di tempat kecelakaan karena roh setan mengganggu mereka?
  • Dari sdri Rere di Jatimulyo : Selamat malam. Sebetulnya bagaimana cara bertahan dalam keluarga? Orangtua saya belum terima Yesus dan menentang Kristen
  • Dari bpk Sudirman di Rajabasa : Siapa yang sering disebut umat Tuhan Yesus? Apa artinya darah Yesus?
  • Dari bpk Alim di Sukarame : Shalom. Apakah maksud ayat Roma 8:1-2,  "Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut? Kalau begitu enak dong ikut Yesus?
  • Fari sdr Aloysius Adven : Mengapa saat mengalami masalah dan berdoa tapi jawaban lama sekali? Apakah Tuhan menguji kesabaran kita?
  • Dari sdri Yohana : Apakah sakit itu adalah pencobaan? Doakan sakit mata, sudah doa tapi belum sembuh.
  • Dari bpk Yohanes di Tanjung Bintang : Kalau masalah akibat hutang, apakah itu cobaan iblis atau ujian?
  • Dari sdr Rio di Kedaton : Saya semakin intim dengan Tuhan. Saya sering mendapat petunjuk suara hati. Apakah itu suara Roh Kudus?
  • Dari sdr Yeremia Sinaga di Ratulangi : Jika mendapat untung dalam usaha berupa uang, lalu bayar perpuluhan, apakah sudah sah? Atau masih ada yang lain? Dulu saya Katolik.
  • Dari ibu Lily di Kemiling : Apa kabar, Samaria? Apakah Tuhan menciptakan masalah bagi anak-anakNya yang percaya?
  • Dari sdri Stevi : Saya ada pergumulan biaya kuliah. Papa sakit, sehingga belum bisa bekerja, padahal harus bayar kuliah. Bantu doa.
  • Dari sdr Gino di Panjang : Selamat malam. Bagaimana menyikapi jemaat yang hidup mewah? Saya minder, sebab saya gak punya apa-apa.
  • Dari sdri Lasmi di Rajabasa : Tuhan berfirman dalam Lukas  23:43 Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus." Apa maksudnya?
  • Dari seseorang : Apa arti "Aku tidak menentukan masuk surga, hanya Bapa yang menentukan."?
  • Dari sdr Antonio : Shalom. Saya berapa kali pacaran dapatnya dari lain agama dan tidak ada ujungnya. Bagaimana solusinya?
  • Dari sdr Subagio di Tanggamus : Saya kena penyakit perut. Mohon didoakan.
  • Dari sdri Kristina di Gang PU : Saya ada masalah tapi belum dijawab Tuhan. Doakan saya dan juga buat pasangan cici agar percaya dan doakan sekolah saya
  • Dari sdri Martha di Fajar Baru : Tetangga suka mengejek saya padahal saya tidak pernah ganggu mereka. Apa yang harus saya lakukan?
  • Dari seseorang : Shalom. Konsep hidup Kristen menjadi terang dan garam.Tapi banyak orang Kristen yang tidak melakukannya. Mengapa?
  • Dari bpk Tedy di Teluk Betung : Shalom. Apa tanda-tanda akhir zaman itu?
  • Dari sdr Yahya Kristianto di Tanggamus : Shalom. Tuhan Yesus memberkati. Doakan kelancaran surat pernikahan adik saya Lena.
  • Dari ibu Markus di Hanura : Doakan kesehatan saya. Firman Tuhan memberkati saya.
  • Dari bpk Siregar di Bypass : Dari tadi omongin iblis. Bagaimana mengalahkan tipu daya iblis?
  • Dari ibu Ani di Bandar Jaya : Doakan hubungan pernikahan kami yang renggang setelah punya anak dua. Suami jarang pulang
  • Dari sdri Kristin di Metro : Doakan kekasih saya supaya hubungan kami harmonis. Doakan juga adikku Kristina yang masih sekolah dan juga orangtua saya
  • Dari sdr Andre di Kimaja : Apakah maksud diberi penderitaan supaya saya sungguh-sungguh dalam Tuhan?
  • Dari seseorang : Doakan karena saya dikecewakan adik saya
  • Dari seseorang : Saya dipaksa menikah oleh orangtua cewek. Saya tidak mau karena saya tidak melakukan apa-apa. Apa solusinya?
  • Dari bpk Muhidin SH : Bagaimana caranya supaya bisa percaya kepada Yesus? Saya tidak percaya kepada Yesus.
  • Dari sdri Yorni Agai di Kedaton : Apa yang dimaksud Roh Kudus mencengkram kita sehingga kita tidak bisa pindah agama lain?
  • Dari sdr Rudi di Kedaton : Masa muda susah mendapatkan pekerjaan dan pacar. Mengapa?
  • Dari bpk Yosia di Kimaja : Saya diberkati oleh Firman Tuhan. Ada yang kotbah keras, santai, tidak bergairah. Apa itu terkait dengan pendidikan atau karena dari desa?
  • Dari seseorang : Doakan terus agar Samaria terus berjalan dalam Tuhan. Saya dulu non Kristen, sekarang ikut Kristen. Ikut Kristen itu indah
  • Dari sdr Arman di Kalirejo Pringsewu : bagaimana membangun iman yang lemah itu?
  • Dari sdr Kifli di Kemiling : Apakah baptisan air itu? Apa arti hidup baru? Mengapa ada juga yang tidak berubah?
  • Dari sdr Adi di Panjang : Apakah Roh Kudus bisa bosan dengan manusia?
  • Dari seseorang : Jika hati masih keras,apakah kita tidak bisa menerima pencurahan Roh Kudus?
  • Dari bpk Yunus di Jati Agung : Apa yang menjadi kekuatan orang Kristen?
  • Dari ibu Erni di Korpri : Diberkatilah orang yang melayani pekerjaan Tuhan. Doakan saya yang tidak enak badan
  • Dari sdr Radit di Lampung Barat : Kita harus patuh pada Tuhan. Tapi papa bilang, pikirin diri sendiri. Apa pendapat bapak?
  •  Dari ibu Airin : Doakan kami. Anak saya pacaran dengan yang beda iman. Saya sedih.
  • Dari seseorang : Pake tato Salib di badan, dosa gak? Bagaimana solusinya?