Memahami Rencana Tuhan

Jumat, 13 September 2013 pukul 7.00 - 9.00 malam 
"Memahami Rencana Tuhan Saat 
Menghadapi Ujian"
Pdt. Daniel Sanger 

Pendamping 
Tutu Petrus, Dany Salim, dan Yosef Aegeng Laseno

"Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu." (Maz. 119:71)

     Tulisan dalam mazmur tersebut merupakan ilham dari Tuhan. Penulis memandang penderitaan dan ujian dari sudut  positip bukan dari akibat yang tidak mengenakkan. Jika kita melihat penderitaan atau ujian dari sisi negatip, kita akan menjadi lemah. Tapi lihatlah segi positipnya. Setiap kejadian pasti berhubungan dengan Tuhan. Sekarang zaman post modern. Pada zaman modern, manusia hidup mencari kesenangan atau menganut hedonisme. Terlebih lagi pada zaman sekarang, keinginan untuk hidup dengan serba mudah semakin menjadi-jadi sebagai akibat perkembangan teknologi terutama teknologi informasi. Kini shopping dan traveling menjadi trend.
     Pada saat ini pun persaingan semakin ketat. Manusia hidup dalam dunia kerja keras demi meningkatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang sangat kompleks.  Dulu pacaran sangat sederhana, tapi sekarang pacaran harus punya kendaraan, HP terbaru, dan lain-lain. Hal itu berdampak pada kehidupan rohani. Sulit memenuhi hidup sesuai kehendak Allah. Orang semakin sulit untuk berbagi kasih dengan orang lain.
     Daud tertindas namun dia merasa bahwa hal itu baik baginya. Melalui ayat ini kita belajar memahami maksud Allah. Tidak ada sungut-sungut atau gerutu. Percayalah tidak selamanya terjadi mendung, sebab suatu ketika matahari akan bersinar lagi. Demikianlah Firman Tuhan. Tuhan memberkati. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline
  • Dari sdr. Robinson di Bandar Lampung : Tolong jelaskan secara detail apakah dibalik persoalam itu jalan Tuhan untuk diberkati? Sudah 3 tahun masalah saya belum selesai
  • Dari sdr Yahya Kristianto di Sumberrejo : Partner kerja saya bermasalah dengan saya, apa yang harus saya lakukan? Doakan kaki saya yang sakit agar dapat sembuh kembali.
  • Dari sdr Lukas Tamaro di Korpri : Doakan agar saya bisa lulus UN dan orangtua diberkati.
  • Dari sdri Lena : Doakan pekerjaan saya dan rencana pemberkatan nikah agar lancar.
  • Dari sdri Evi di Lampung Timur : Doakan agar kuliah saya di Bandar Lampung berjalan dengan baik.
  • Dari seseorang : Bagaimana mengatasi rasa kecewa pada orangttua yang sering minta uang untuk judi? Saya sedih.
  • Dari sdri Natalia di Bandar Lampung : Bagaimana caranya agar doa dijawab Tuhan?
  • Dari sdri Yuli : Kalau saya mimpi nama saya diganti menjadi Maria oleh Yesus, apa artinya? Saya pelayan gereja GSJA Jakarta.
  • Dari sdr Adit di Jagabaya : Selamat malam. Bila ibadah di gereja bawa Alkitab Ipad, HP yang ada Alkitabnya, dan ada pendeta yang berkata, "Hari gini masih bawa Alkitab", bagaimana pendapat bapak?
  • Dari sdri Kristin di Metro : Doakan kekasihku dan mama yang sedang sakit agar dipulihkan dari sakit. Bagaimana caranya agar kita selalu rendah hati?
  • Dari sdr Welfrenzy : Haleluya, syalom. Doakan semester depan, saya belum tahu dimana PKL, tapi saya yakin Tuhan memberi tempat yang baik.
  • Dari ibu Tuti : Syalom, selamat malam. Doakan keponakan saya yang menikah dengan orang tidak seiman. Dia takut ke gereja.
  • Dari sdr Anes : Selamat malam. Kenapa dalam melayani Tuhan ada perasaan ingin mundur?
  • Dari sdri Yanti : Doakan agar Tuhan memberkati saya, saya tetap setia pada Tuhan, dan juga untuk pasangan hidup
  • Dari sdr Tedy di Teluk Betung :  Syalom. Bagaimana sikap kita sehari-hari agar diperkenankan Tuhan? Padahal sekitar kita hubungan sangat kompleks.
  • Dari sdr Joko : Kaki saya sakit sudah 3 tahun. Jika kaki sakit saya tidak bisa ibadah. Bagaimana agar saya bisa merasakan jamahan Tuhan?
  • Dari sdr Renata : Saya perantauan di Lampung sudah 3 bulan dari Manado. Doakan orangtua di Manado untuk kesehatan dan keselamatan mereka.
  • Dari sdri Lidya di Karang Anyar : Mati lampu terus ya, pak? Berbohong demi kebaikan apakah boleh?\
  • Dari sdri Nur di UBL : Selamat malam. Jika kita masuk tempat ibadah orang lain, apakah itu dilarang? Saya berdoanya kepada Tuhan.
  • Dari ibu Marsito : Saya pendatang baru. Berapa jam sehari berdoa yang bagus agar selalu diberkati?
  • Dari ibu Tuti di Ratulangi : Terima kasih atas doanya.
  • Dari ibu Evi : Dimana alamat Samaria Ministri? Anak sudah 15 tahun tidak mengakui sebagai orangtuanya.
  • Dari sdri Lina di Tanjung Senang : Selamat malam, syalom Samaria. Doakan hati saya atas perlakuan tidak adil dari orang sekitar. Doakan juga buat calon pasangan hidup
  • Dari sdr Agus : Orangtua beda agama. Bapak agama non Kristen dan ibu Protestan. Saya agama apa? Kalau saya beribadah ke agama non Kristen, kata bapak tidak berdosa kepada Yesus. Benar tidak, pak? Saya bingung.
  • Dari sdr Nando di Kedaton : Kesaksian, saudara saya disembuhkan Tuhan lewat doa-doa. Bagaimana berdoa agar iman saya tidak luntur?
  • Dari sdri Ros : Doakan teman kerja, Hana, yang sakit panas dan mamanya yang sakit ginjal
  • Dari ibu Erni : Apa kabar? Wah, mati lampu terus, ya? Doakan agar pendengar radio Heartline tetap setia. Saya kesal kalau mati lampu karena tidak bisa mendengar Firman Tuhan.
  • Dari ko Ardi di Rajabasa : Apa bedanya orang yang percaya Yesus dan yang tidak?
  • Dari bpk Yunus di Jati Agung : Mengapa sudah berdoa mau bepergian bisa saja terjadi kecelakaan?
  • Dari ibu Martha di Natar : Apakah yang dimaksud hidup penuh urapan? Apakah sekarang orang percaya itu sudah diurapi?
  • Dari sdri Yorni Agai : Apalah arti kata Nomos dalam pengajaran Kristen?