Yesus Jalan ke Sorga

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline, Jumat 2 Agustus 2013 pk 19-21
Renungan oleh Yohannes Lie "Yesus Jalan ke Sorga" Yoh. 14:6
Pendamping Dany Salim, Daniel Sanger, Yosef, Noce, Gabin, Tutu Petrus, dan Yahya.
Penyiar sdr Luki Winata
Ingin membaca renungan ini, silakan klik disini. Tuhan memberkati.


Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Yoh. 14:6)

     Untuk mencapai suatu lokasi tujuan kita perlu jalan. Tanpa jalan, tidak mungkin kita bisa tiba di tempat tujuan. Ketika akan pergi ke suatu lokasi asing, kita tentu berusaha mencari berbagai informasi tentang jalan menuju lokasi tersebut. Mengapa? Karena kalau salah memilih jalan, kita bisa tersesat. Kalau tidak mengetahui kondisi jalan, kita bisa terlambat atau bahkan tidak sampai ke tempat tujuan, karena jalannya rusak berat atau terputus. Mungkin kita bisa menggunakan GPS sebagai pemandu jalan, tapi GPS pun bisa salah. Jika harus membawa pemandu. tentu kita akan memilih pemandu yang mengenal jalan ke lokasi. Jadi persiapan dan bekal perjalanan harus dilakukan dengan cermat.
    Itu tujuan di dunia. Ada tujuan lain yang amat didambakan umat manusia yaitu Sorga. Ada banyak ajaran menawarkan jalan ke Sorga. Tapi berhati-hatilah, sebab “Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.” (Ams. 14:12) Kalau jalan di dunia ini saja harus kita pilih dengan teliti dan benar, tentu saja jalan menuju Sorga pun harus kita pilih dengan teliti dan benar. Jangan salah pilih. Tersesat di dunia masih bisa diperbaiki, tapi tersesat di akhirat tidak bisa diperbaiki. Akan terjadi penyesalan abadi. Jadi apa yang harus kita lakukan agar bisa mendapatkan jalan yang benar menuju ke Sorga?

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline 
  • Dari sdr Yudi : Bertanya tentang kotbah bapak. Jika Yesus adalah satu-satunya jalan ke sorga, mengapa Allah tidak memberi hanya satu jalan saja, tapi mengapa ada banyak ajaran lain yang juga menawarkan jalan ke Sorga?
  • Dari bpk Erwin : Jika kita tidak pernah berdoa karena menjadi malas, mengapa? Padahal saya percaya pada Yesus.
  • Dari bpk Anton di Bernung : Selamat malam. Pengajaran nabi-nabi palsu itu seperti apa?
  • Dari sdr Pilipus di Kemiling : Apa arti Matius 5:19, "Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga."?
  • Dari sdri Widya : Shalom. Saya sungguh bersyukur pada Tuhan. Ketika saya terjatuh dalam pergumulan dan fisik saya menjadi lemah, Tuhan membangkitkan saya kembali. Terima kasih. Doakan saya yang akan berhenti bekerja dan pulang kampung. Saya akan berusaha kecil-kecilan.
  • Dari sdri Fe di Tanjung Karang : Bagaimana caranya belajar saling mengasihi? Doakan mama dan papa yang belum percaya. Bagaimana caranya mendengar suara Tuhan?
  • Dari sdr Toro di Way Halim : Shalom, Samaria Ministri. Firman Tuhan memerintahkan, jangan menyebut nama Allah dengan sembarangan. Tapi mengapa kita terbiasa menyebut nama Tuhan dengan sembarangan?
  • Dari bpk Yohanes di Tanjung Bintang : Selamat malam. Sekarang kita di bawah hukum karunia. Apakah masih perlu melakukan 10 Perintah Allah?
  • Dari sdri Rut di Way Kandis : Shalom. Bagaimana caranya kita mengontrol emosi ketika kita disalahkan padahal kita tidak bersalah?
  • Dari sdr Putra di Kedaton : Selamat malam. Doakan hubungan saya dengan Anita. Sudah 4 hari tidak ada kabar dari dia.
  • Dari sdr Alfa dan kawan-kawan di Lampung Timur : Selamat malam. Firman Tuhan sungguh luar biasa. Apa setiap orang Kristen bisa sampai ke sorga? Bagaimana dengan Matius 7:21, "Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga."?
  • Dari seseorang : Shalom. Mohon solusi dan pendapat. Saya seorang wanita sudah bertunangan; Tapi kekasih saya ragu sebab saya mau diberkati di gereja saya sedangkan dia bertahan mau di gereja dia. Masing-masing bersikeras. Menurut kebiasaan kami, pemberkatan nikah dilakukan di gereja si wanita.
  • Dari bpk Karno di Lampung Timur : Selamat malam. Saya berusia 70 tahun. Doakan saya yang sakit pangkal paha. Saya sudah berobat puluhan tahun tapi belum sembuh. Kalau beribadah harus berdiri, kaki saya sakit.
  • Dari sdr Maranatha di Way Halim : Selamat malam. Doakan bapak saya yang sakit diabetes.
  • Dari sdri Vera di Way Kandis : Bagaimana belajar mengampuni?
  • Dari seseorang : Ada pendeta yang berkata, jika percaya pada Yesus, kita pasti masuk sorga meskipun meninggal di pangkuan pelacur. Benarkah itu?
  • Dari ibu Kristin di Kedaton : Shalom, selamat malam. Doakan pekerjaan dan usaha kami agar berjalan dengan lancar.
  • Dari sdri Lina di Tanjung Senang : Selamat malam. Terima kasih atas kebenaran Firman Tuhan. Doakan agar ini dibukakan khususnya bagi pemuda dan pemudi Kristen yang pindah kepercayaan karena pacarnya.
  • Dari sdri Eva di Tanjung Bintang : Bagaimana membuang sikap cemburuan. Mengasihi biasanya tidak cemburuan. Tapi saya cemburuan.
  • Dari ibu Kin Kin : Jika bertahun-tahun hanya melayani dalam persembahan saja, apakah tidak maju-maju?
  • Dari sdr Lupi di Kimaja : Selamat malam. Jika berkelahi dengan teman se gereja dan terus diam-diaman apakah itu berdosa? Bagaimana cara yang terbaik untuk minta ampun pada Tuhan?
  • Dari sdr Yeski di SMP II Kemiling : Darimana kita mendapatkan berkat?
  • Dari bpk Siregar : Selamat malam. Apa benar jika percaya pada Tuhan kita akan bertambah miskin? Mengapa lambang Kristen adalah kemiskinan?
  • Dari sdri Kristin di Metro : Shalom. Apakah gereja setan itu ada? Bagaimana fokus pada Tuhan jika ada masalah?
  • Dari seseorang : Selamat malam. Orang-orang Tuhan jangan jadi iblis atau teman iblis. Apa maksudnya?
  • Dari Steven : Selamat malam. Bagaimana belajar mengasihi sesama kita tanpa pura-pura?
  • Dari sdri Yorni Agai : Apa maksud ayat Roma 2:15, " Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela."?
  • Dari bpk Wagiyo : Saya kurang PD jika naik mimbar, sebab banyak orang berpendidikan. Saya takut dikritik.
  • Dari sdr Gino : Dikatakan bahwa kita harus bersukacita dalam ibadah. Menyembah dengan sukacita didengar Tuhan. Bagaimana dengan orang yang berdoa secara diam-diam saja?
  • Dari sdr Juli di Rajabasa : Apa yang harus dilakukan ketika berdoa belum dijawab, malah dapat masalah?