Percaya Saja

Jumat, 26 Juli 2013 pukul 7.00 - 9.00 malam 
"Percaya Saja"
Dany Salim   

Pendamping 
Luki Winata, Pdt. Daniel Sanger, Yosef Aiken, 
Yahya Wangsajaya, dan Yohannes Lie


Ketika Yesus meneruskan perjalanan-Nya dari sana, dua orang buta mengikuti-Nya sambil berseru-seru dan berkata: "Kasihanilah kami, hai Anak Daud." Setelah Yesus masuk ke dalam sebuah rumah, datanglah kedua orang buta itu kepada-Nya dan Yesus berkata kepada mereka: "Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?" Mereka menjawab: "Ya Tuhan, kami percaya." Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata: "Jadilah kepadamu menurut imanmu." Maka meleklah mata mereka. Dan Yesus pun dengan tegas berpesan kepada mereka, kata-Nya: "Jagalah supaya jangan seorang pun mengetahui hal ini." (Mat. 9:27-30)

     Percaya itu penting dalam kehidupen kita. Dalam keluarga harus saling percaya. Demikian juga dalam hubungan dengan sesama. Dalam dunia bisnis pun, kepercayaan itu memegang peranan penting. Misalnya seseorang memesan barang dalam jumlah besar, maka dia harus kirim uang dulu ke produsennya agar barang bisa dikirim. Jika tidak saling percaya, transaksi tidak akan terjadi. Jika pembeli tidak percaya karena kuatir setelah uang dikirim, barang tidak dikirim maka dia tidak berani kirim uang. Sebaliknya, penjual juga kuatir, jangan-jangan setelah barang dikirim, tidak dibayar. Maka transaksi itu pasti gagal. Jadi saling percaya itu penting dalam dunia usaha. Ada langganan memaksa saya mengirim barang yang katanya akan dibayar dalam tempo satu bulan. Saya mendapat berita bahwa orang itu kurang baik. Jadi saya tidak percaya.
     Saya punya empat anak perempuan dan anak kelima saya laki-laki. Ketika belum punya anak laki-laki, teman saya bilang ada dokter yang bisa membuat program anak laki-laki. Tapi kesanggupannya hanya 90% kepercayaan. Katanya yang bisa 100 % hanya Tuhan. Saya pikir, mengapa saya harus percaya pada manusia yang hanya mampu 90 %, padahal Tuhan sanggup 100 %? Jadi saya putuskan hanya percaya pada Tuhan saja. Saya tidak ikut program itu. Dan benar, Tuhan menjawab doa saya dengan mengaruniakan seorang anak laki-laki. Puji Tuhan. Jika kita sungguh-sungguh percaya, maka mujizat pasti terjadi.
     Dalam ayat di atas, orang buta itu pun percaya pada Yesus. Mengapa Yesus bertanya, "Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?", sebab kita pun sering kurang percaya pada Tuhan. Kita ragu. Dalam Yohanes 20:24-29 dikisahkan Tomas yang tidak percaya dan berkata, "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya." Delapan hari kemudian sementara murid-murid termasuk Tomas berada kembali dalam rumah itu, Yesus datang dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!" Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."
     Kita juga terkadang seperti Tomas, minta bukti. Dengan manusia kita boleh minta bukti, tapi dengan Yesus kita harus percaya secara total. Tidak perlu bukti karena Yesus dapat dipercaya 100%. Percaya adalah dasar kita melakukan perintah Tuhan. Itu sesuai kehendak Tuhan. Serahkan hidup kita sepenuhnya pada Yesus. Dia Allah yang penuh kuasa. Orang sakit disembuhkan, orang mati dibangkitkan. Dialah Allah Pencipta. Jangan meragukan kuasaNya. Percaya sungguh-sungguh, maka kita akan mendapatkan sesuatu yang luar biasa. Demikianlah Firman Tuhan. Tuhan memberkati. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline
  • Dari seseorang : Selamat malam. Bagaimana cara mengingatkan hamba Tuhan yang susah diajak latihan main musik? Padahal itu melayani Tuhan juga.
  • Dari sdri Rut Ernawati di Nusantara :Mohon doa buat keluarga di Lampung Timur dan juga buat saya agar diberi kesehatan dan kekuatan.
  • Dari sdr Tego di Metro : Selamat malam Samaria Ministri. Apa boleh wanita ke gereja memakai baju tanpa lengan dan rok di atas lutut?
  • Dari sdr Putra di Kedaton : Selamat malam. Saya sering melihat tayangan Samaria di TegarTV. Bagus-bagus acaranya. Lagu buatan bapak bagus sekali. Dukung doa buat hubungan saya dengan Anita agar bisa menjadi pasangan hidup sampai maut memisahkan kami.
  • Dari sdr Nanda di Pahoman : Bagaimana agar iman tidak goyah terhadap apa pun juga?
  • Dari sdr Tedy di Teluk Betung : Selamat malam. Mohon agar pendengar Heartline mendoakan bapak-bapak di Samaria yang melayani agar tetap setia.
  • Dari bpk Bambang di Lampung Timur : Selamat malam. Saat ini kami berramai-ramai sedang mendengarkan siaran ini menggunakan radio baru dari bapak Dany Salim. Siarannya lebih jelas. Terima kasih.
  • Dari sdri Kristin di Metro : Shalom. Di Alkitab, taman Eden itu ada di bumi. Sebenarnya di bumi atau di sorga? Kalau di bumi kenapa belum ada yang menemukannya?
  • Dari sdr Lukas Tamaro di Korpri : Selamat malam. Doakan keluarga saya agar diberkati, diberi rejeki dan kesehatan dan agar saya lulus kelas 3 SMK.
  • Dari sdri Oktarina di Bandar Lampung : Mengapa banyak yang malas membaca Alkitab?
  • Dari sdri Yohana : Saya percaya bahwa Tuhan berkuasa menyembuhkan saya. Tapi sampai saat ini belum sembuh. Doakan mata kanan saya yang buram.
  • Dari seseorang : Kenapa kita harus percaya pada Yesus? Kenapa harus ada 5 agama di dunia ini?
  • Dari bpk Bisker di Jl. Pulau Panggung Way Kandis : Selamat malam. Saya sakit karena tinggi kolestrol. Saya stroke 4 tahun yang lalu. Sekarang sudah banyak perubahan. Sudah bisa jalan. Doakan agar bisa pulih dan obat bisa menyembuhkan.
  • Dari bpk Hadi : Shalom Samaria Ministri. Doakan istri saya kena gejala tipus.
  • Dari bpk Rodi Marbun : Shalom. Doakan kami dan istri yang sedang hamil agar diberi kesehatan dan kekuatan.
  • Dari sdr Boni di Way Halim : Mengapa mujizat pemulihan hubungan lebih cepat daripada mujizat kekayaan?
  • Dari sdr Robi di UBL : Apa yang dimaksud rela berkorban bagi kepentingan orang lain?
  • Dari ibu Uli : Selamat malam. Apakah kisah perjalanan Yesus di Katolik berbeda dengan Protestan?
  • Dari sdr Jacklin : Pacar diajak menikah dan orangtua sudah setuju, tapi dia tidak mau masuk Karismatik sebab dia Katolik.Apa saran bapak?
  • Dari sdr Wagiyo : Shalom. Mengapa saat melayani Tuhan semakin baik, tantangan juga semakin banyak?
  • Dari bpk Koko : Shalom, selamat malam. Anak saya Novan dan Bagus terpisah. Mereka kelas 6 dan kelas 5. Doakan agar mereka bisa bersatu kembali.
  • Dai ibu Lily di Kemiling :Bagaimana dengan pelayanan yang dilarang? Mengapa orang Kristen diam saja?
  • Dari sdr Jesen di Kalirejo Pringsewu : Jika kita merendahkan diri akan ditinggikan. Kenapa kita merendahkan diri malahan ditindas?
  • Dari ibu Mei Lin : Bantu doa. Mengapa banyak jemaat kawin cerai? Mengapa ada anak Tuhan punya istri dua?
  • Dari seseorang : Shalom. Selamat malam. Terima kasih atas dukungan doanya untuk istri saya. Kenapa anak Tuhan .... (Maaf teksnya tidak tercatat)
  • Dari seseorang : Selamat malam. Suami saya pernah berzinah. Apa itu penyebab berkat jasmani tertutup. Mohon doakan.
  • Dari bpk Koko : Terima kasih atas doa untuk anak saya Novan dan Bagus.
  • Dari sdr Tedy di Teluk Betung : Selamat malam. Apakah ayat Yesaya 57:8 bicara bagi orang Kristen?  "Engkau telah menaruh lambang berhalamu di ambang pintu masuk rumahmu, ya, engkau telah meninggalkan Aku dan menelanjangi dirimu, engkau telah menaiki petiduranmu dan telah melebarkannya; engkau telah mengadakan janji dengan beberapa orang yang kauingini untuk tidur bersama-sama mereka dan engkau memandangi lingga."
  • Dari seorang ibu : Selamat malam. Beberapa bulan yang lalu di pesawat saya berbincang-bincang dengan pendeta yang siaran di Heartline setiap Jumat malam. Saya percaya pada Tuhan Yesus walau pun saya masih di agama lain.
  • Dari sdri Widya : Shalom. Doakan agar saya kuat fisik dan iman. Saya mohon Tuhan mengampuni saya karena saya pernah mau bunuh diri.
  • Dari sdr Wagiyo : Shalom. Doakan anak saya, bernama Paskah, yang sedang panas. Saya sedang bekerja.
  • Dari sdri Rut :: Doakan ibu saya yang kena stroke
  • Dari seorang ibu : Shalom. saya dapat berkat. Apa yang dimaksud dengan ayat Yoel 1:3-10 dan 2:8?
  • Dari sdr Hendra YS : Shalom. Bagaimana cara dibaptis Roh Kudus dan mengetahui bahasa lidah menurut Firman Tuhan?
  • Dari sdr Maranatha di Way Halim : Doakan kakak Linda yang kurang lancar berbicara
  • Dari sdr Leo : Apa hukuman bagi orang yang meninggalkan Tuhan?