Mintalah dengan Iman

Jumat, 19 Juli 2013 pukul 7.00 - 9.00 malam 
"Mintalah Dengan Iman"
Tutu Petrus
 
Pendamping 
Luki Winata, Pdt. Daniel Sanger, Yosef Aiken, Noce Rumengan, 
Gabin, Yahya Wangsajaya, Tutu Petrus, dan Yohannes Lie


"Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya." (Mat. 21:22)

     Dalam Matius 21:18-22 tertulis kisah, Pada pagi-pagi hari dalam perjalanan-Nya kembali ke kota, Yesus merasa lapar. Dekat jalan Ia melihat pohon ara lalu pergi ke situ, tetapi Ia tidak mendapat apa-apa pada pohon itu selain daun-daun saja. Kata-Nya kepada pohon itu: "Engkau tidak akan berbuah lagi selama-lamanya!" Dan seketika itu juga keringlah pohon ara itu. Melihat kejadian itu tercenganglah murid-murid-Nya, lalu berkata: "Bagaimana mungkin pohon ara itu sekonyong-konyong menjadi kering?" Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! hal itu akan terjadi. Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya."
     Ayat ini sudah sering kita dengar. Rahasia doa agardijawab Tuhan adalah doa dengan penuh kepercayaan. Kadang-kadang kita minta sesuatu dan mengharapkan jawaban secara instan. Anak bungsu saya selalu cemas dengan studinya. Dia masuk SMA gagal tes. Mungkin Tuhan tidak merencanakan dia masuk sekolah favorit. Lalu dia masuk SMK dan menikmatinya. Ketika menghadapi ujian nasional, belajar sungguh-sungguh. Ikut bimbingan belajar. Kunci utama adalah berdoa.Pagi dan malam kami selalu mendoakannya saat doa keluarga. Kami berdoa agar setiap permintaan kami dijawab sesuai dengan rencana Tuhan.Sebelum berangkat ujian, dia berdoa lagi, sebab kuatir jangan-jangan tidak lulus. Sungguh Tuhan tidak mengecewakan, dia dapat lulus dengan prestasi tinggi. Muncul problem lagi. Dia ingin masuk pergutuan tinggi.Lalu dia mendaftar di perguruan tinggi negeri lokal dan nasional. Doa terus dipanjatkan dan kami serahkan segalanya dalam tangan Tuhan. Ternyata dia lulus di perguruan tinggi lokal.Kami semua bergembira dan bersyukur atas pertolongan Tuhan. Ketika dia baru mau mendaftar ulang ke perguruan tinggi lokal, ternyata dia juga diterima di Universitas Indonesia. Akhirnya dia memilih UI. Puji Tuhan. Tuhan menjawab doa kami bukan cuma cerita, namun realita.
     Mungkin doa kita saat ini belum dijawab Tuhan. Tetaplah bertekun. Mintalah sesuai dengan kapasitas, kemampuan, dan keperluan kita. Banyak yang kita inginkan tapi sebetulnya tidak kita butuhkan. Mintalah dengan iman. Tuhan memberkati. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline
  • Dari ibu Lexfy di Kemiling :Selamat malam. Doakan gereja di GKSBS Candi Mas agar segera dapat dibangun dan juga pelayanan kami di penjara berjalan dengan lancar. Kolose 3:1-3, "Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah."
  • Dari bpk Agus di Jatimulyo : "Jika kamu mau mengikut Aku, jangan pulang dan berpamitan dengan keluarga" Lengkapnya di Alkitab tertulis dalam Lukas 9:61-62, Dan seorang lain lagi berkata: "Aku akan mengikut Engkau, Tuhan, tetapi izinkanlah aku pamitan dahulu dengan keluargaku." Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah." Apa maksudnya? Bukankah kalau kita mendapat restu dalam keluarga akan lebih bagus?
  • Dari seseorang : Selamat malam. Pelayanan di desa itu sangat kompleks. Ada jemaat pernikahannya diberkati, lalu bercerai. Kemudian mau menikah lagi secara Kristen dan minta diberkati lagi. Sebagai hamba Tuhan,apa yang harus saya lakukan? Kalau saya tolak, nanti mereka berzinah.
  • Dari ibu Liana di Jatimulyo : Shalom. Doakan saya yang sedang hamil agar diberikan anak laki-laki.
  • Dari bpk Hadi : Saya melakukan pelayanan di penjara. Dasar saya melayani adalah Kristus. Saya hanya melayani saja. Setelah mereka bebas, itu adalah pilihan hidup mereka sendiri. Bagaimana pendapat bapak?
  • Dari sdr Edo : Selamat malam. Apakah boleh menikah antara Katolik dan Protestan?
  • Dari sdr Tedy di Teluk Betung : Selamat malam. Apakah beda antara penundukan diri dan rendah hati?
  • Dari ibu Mery : Apakah jika berhutang kepada hamba Tuhan itu berdosa?
  • Dari sdr Bastian : Doakan pilkada Lampung yang tidak habis-habis persiapannya. Saya anggota legislatif
  • Dari sdr Yudi : Saya karyawan baru di perusahaan. Salahkah jika saya menegur senior saya yang salah, misalnya pulang sebelum waktunya?
  • Dari sdri Fitriyani di Rajabasa : Selamat malam. Apa maksud dari Yehova Shalom dan Yehova Jireh?
  • Dari sdr Doby : Selamat malam. Dosa itu dinilai dari apa? Apakah duduk di tempat ibadah itu tidak ada dosa?
  • Dari bpk Bambang : Terima kasih atas penjelasan kasus kawin cerai yang juga banyak terjadi di tempat kami. Samaria maju terus, kami selalu mendukung.
  • Dari ci Ahiong di Kuripan : Doakan kaki saya yang sakit.
  • Dari bpk Herman : Bagaimana menyikapi istri yang kasar pada anak dan suka memukul anak?
  • Dari ibu Maria : Doakan suami dan anak-anak yang sedang sakit.
  • Dari ibu Kristin di Kedaton : Saya Katolik. Saya menikah dengan orang beragama lain. Tapi saya tidak bisa meninggalkan Yesus. Sudah setahun ini saya ke gereja JKI. Saya merasa damai. Doakan agar suami saya dapat dimenangkan.
  • Dari bpk. Alim di Sukarame : Ada orang Kristen dan non Kristen kawin. Setelah beberapa tahun barulah mereka diberkati di gereja. Apakah selama itu mereka berzinah?
  • Dari seseorang : Selamat malam. Pdt. Yohannes Lie dan Pdt. Tutu itu melayani di gereja mana?
  • Dari sdri Erlina di Tanjung Senang : Kalau pacaran dengan seiman, apakah perlu bimbingan pranikah terlebih dahulu jika serius?
  • Dari ibu Markus : Mengapa ada beberapa gereja yang tidak bayar perpuluhan?
  • Dari ibu Erni : Dulu kalau saya berdoa bagus, tapi sekarang tidak lagi. Mengapa tidak ada kontak lagi?
  • Dari sdri Evi di Kimaja : Doakan buat pekerjaan saya dan papa yang sedang demam
  • Dari bpk Siregar : Selamat malam. Apa yang membuat manusia itu gila harta? Mengapa ada orang Kristen yang demikian?
  • Dari bpk Junaedi di Metro : Apa penjelasan Lukas 14:34, "Garam memang baik, tetapi jika garam juga menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan?"
  • Dari sdr Udin di Karang Anyar : Apa arti hari raya Roti Tak Berragi?
  • Dari sdri Yorni Agai : Selamat malam. Apa maksudnya percaya tapi tidak berbuah?
  • Dari ibu Boni di Way Halim : Selamat malam. Bolehkah ibu-ibu ikut bergabung dengan bapak-bapak di Heartline?
  • Dari seseorang : Apa bedanya takdir dan nasib? Apakah keduanya menentukan hidup kita?
  • Dari ibu Amin : Apa artinya hal membawa kepada Kerajaan Surga bukan hak Anak melainkan hak Bapa?