Serahkan Segala Kuatirmu

Jumat, 28 Juni 2013 pukul 7.00 - 9.00 malam 
"Serahkanlah Segala Kuatirmu Pada Tuhan"
Tutu Petrus

Pendamping 
Kris, Yosef, Gabin, Luki Winata, Yahya Wangsajaya, dan Yohannes Lie


"Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu" (1 Pet. 5:7)

     Tuhan menyuruh kita menyerahkan segala kekuatiran kepadaNya. Mengapa? Pada hakekatnya, manusia selalu merasakuatir. Saat ini siswa menghadapi ujian, ada rasa kuatir tidak lulus. Berdoa pada Tuhan agar lulus. Setelah lulus, mau masuk perguruan yang lebih tinggi, kuatir lagi. Diterima tidak, ya? Manusia selalu kuatir. Namun ketika kita merasa kuatir, selalu ada pengharapan. Percayalah bahwa apa pun yang terjadi, Tuhan pasti memberi yang terbaik. 
     Perhatikan perjalanan hidup bangsa Israel. "Hidupmu akan terkatung-katung, siang dan malam engkau akan terkejut dan kuatir akan hidupmu." (Ul. 28:66) Namun ada pengharapan, "Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi." (Ul. 28:1) Jadi jika mereka tidak mau menjadi hamba Tuhan, maka mereka akan menjadi hamba musuh.
     Jika kita dekat dengan Tuhan, kita akan memperoleh selamat sejahtera. Namun jika kita jauh dari Tuhan, kita akan menghadapi kekuatiran. BBM naik, manusia kuatir harga barang naik, biaya transportasi mahal.  Mulailah mengeluh, "Berapa lama lagi, TUHAN, Kaulupakan aku terus-menerus? Berapa lama lagi Kausembunyikan wajah-Mu terhadap aku?" (Maz. 13:3) Tapi Tuhan akan menjawab, "Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah" (Maz. 55:23)  "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?" (Mat. 6:25). Serahkanlah segala kuatirmu pada Tuhan, sebab Dia sudah menanggung semuanya. Amin

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline
  • Dari sdr Doby : Kalau iman sedang goyah, apa yang harus kita lakukan?
  • Dari sdri Sari di Trimulyo Lampung Timur : Selamat malam. Apa yang dimaksudkan dengan gagal dalam hidup? Ada yang berkata kamu gagal dalam hidup. Saya ingat Firman Tuhan yang mengatakan bahwa kita akan semakin naik dan bukan turun. Apa maksudnya?
  • Dari ibu Grace di GBI Vila Citra : Doakan agar jemaat GBI Vila Citra tetap semangat. Doakan juga buat ibu Margareta yang sedang berduka agar tetap kuat.
  • Dari ibu Iin di Lampung Timur : Selamat malam. Jika dalam pemilihan caleg, anak Tuhan tidak jujur karena melakukan politik uang dan berjanji akan membangun gereja, tapi dia tidak pernah ke gereja, apakah itu dosa?
  • Dari sdri Lola Siregar di Rajabasa : Apa yang dimaksud Hukum Tuhan, "Janganlah mengingini milik orang lain"?
  • Dari sdr Indra Pardede : Shalom. Terima kasih atas Firman Tuhan yang disampaikan Pdt. Tutu Petrus. Bagaimana dengan kesalahan di masa lalu, saya kuatir akan terjadi di masa mendatang. Doakan agar Tuhan memberkati saya.
  • Dari sdr Faldo : Shalom. Sukses terus, Samaria Ministri.  Tolong doakan bapak dan kakak yang kerja di Jakarta agar selalu diberkati.
  • Dari sdr Bambang di Lampung Timur : Selamat malam. Firman Tuhan pas buat saya. Saya menguatirkan tempat pelayanan saya sebab sudah dua tahun belum dapat juga.
  • Dari sdr Stevi di Kemiling : Selamat malam. Jika ketemu pengemis namun saya tidak memberi, apakah saya tidak melakukan Firman Tuhan? Saya ingin memberi tapi tidak ada uang kecil.
  • Dari sdr Steven : Selamat malam Samaria Ministri. Manusia yang sudah dipersatukan Allah tidak boleh bercerai. Orang Kristen yang bercerai, apakah sudah takdir?
  • Dari sdr Aryanto di Sumber Raharjo : Doakan buat keluarga paman yang istrinya baru melahirkan dan juga buat keluarga saya.
  • Dari sdr Indra Pardede : Terima kasih atas penjelasan yang menguatkan saya. Puji Tuhan, dengan acara ini banyak orang diberkati.
  • Dari sdr Bambang di Lampung Timur : Selamat malam. Kalau boleh jam siaran Samaria Ministri ditambah.
  • Dari sdr Udin di Karang Anyar : Apa yang dimaksud Anti Kristus pada akhir zaman?
  • Dari seseorang : Bagaimana dengan orang yang berzinah tapi kemudian bertobat setelah mendapatkan suami?
  • Dari seorang ibu di Lampung Selatan : Suami saya kasar dan sering marah tanpa alasan yang jelas. Apa yang harus saya lakukan?
  • Dari sdri Linda : Saya punya teman dekat sejak kecil. Agama kami berbeda. Saya ingin menginjili dia, bagaimana caranya?
  • Dari bpk Siregar di Bypass : Doakan agar istri dan anak saya sehat
  • Dari sdr Yuni di Rajabasa : Selamat malam. Jika ingin bersaksi tapi malu, kenapa ya? Takut tidak sesuai dengan tindakan kita. 
  • Dari bpk Silaban di Bandarlampung : Bantu doa buat keselamatan dan pilkada Bandarlampung
  • Dari ibu Markus di Hanura : Selamat malam. Doakan anak saya di Yogya, Andre, yang sedang sakit
  • Dari sdri Yorni Agai di Kedaton : Apakah hidup dalam Yesus selalu menderita? Kenapa janji-janji Bapa tidak kunjung tiba?
  • Dari sdri Lina di Tanjung Senang : Selamat malam. Doakan buat ketenteraman hati agar semakin mengerti maksud dan rencana Tuhan. Doakan juga buat pasangan hidup yang berhati mulia dan sabar
  • Dari sdri Yeni di Tanjung Senang : Jika kita ditipu teman seiman, apa yang harus kita lakukan?
  • Dari seseorang : Apa yang jadi pergumulan umat Allah menghadapi bencana alam banjir? Bagaimana beribadah kalau ada bencana alam?
  • Dari sdr Muklis di Lampung Selatan : Ada berita bayi lahir dengan kepala dua. Bagaimana tanggapan bapak?