Jadilah Teladan

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline, Jumat 24 Mei 2013 pk 18-18.30
Renungan oleh Yohannes Lie "Jadilah Teladan"
Pendamping Daniel Sanger, Yosef Ageng, Tutu Petrus, dan Dany Salim
Penyiar Luki Winata
Ingin membaca renungan ini silakan klik disini


“Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” (1 Tim. 4:12b)

     Saat menyaksikan tayangan di berbagai media TV, membaca di berbagai media cetak, dan mendengar berbagai pembicaraan, kita tentu menyadari bahwa kehidupan manusia saat ini sedang dalam keadaan amat menyedihkan dan mengerikan. Terjadi peristiwa terkait penyalahgunaan wewenang, ketimpangan ekonomi, korupsi, pelanggaran hukum, terorisme, penindasan atas manusia, kerusuhan antar etnis, perampokan, pembunuhan, ketidakadilan, penyalahgunaan obat terlarang, kemerosotan moral, perselingkuhan, perceraian, kekerasan dalam keluarga, dan lain-lain, semuanya itu terpampang jelas di depan kita. Bukan hanya terjadi di negara lain, namun terjadi juga di sekitar kita, bahkan di kalangan orang percaya. Sungguh memprihatinkan
      Mengapa manusia demikan jahat? Apakah yang dikatakan Firman Tuhan tentang hal itu? Apa yang harus dilakukan oleh orang percaya? Pembaca yang ingin mengetahui bahan renungan ini lebih rinci dapat mengklik disini. Semoga renungan ini menjadi berkat. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari sdri Widya : Shalom. Dukung doa saya sedang sakit agar dijamah Tuhan dan diberi kekuatan dan kesabaran menghadapi penyakit yang sering kambuh
  • Dari sdr Nikolas di Pringsewu : Apa kabar? Doakan adik saya, Kristin, yang habis dioperasi belum pulih benar, agar segera dipulihkan, keluarga diberikan kesabaran dan selalu ingat Tuhan
  • Dari ibu Lexfi : Mujizat masih ada. Berkat doa kita semua, anak saya, Margareta, sudah ketemu dan kembali taat pada Yesus.
  • Dari bpk Siregar di Bypass : Jika istri tidak mau ajak ibadah lagi, apakah istri takut pada saya karena dimarahi? Istri dulu suka mengajak ibadah, sekarang pergi ibadah bersama anak. Apakah ini pekerjaan setan?
  • Dari sdri Yorni Agai : Mengapa orang tidak percaya kepada Tuhan dan tidak mau diajarkan tentang Tuhan? Mereka menganggap Tuhan mereka lebih ajaib. Apakah mereka tidak takut pada masa kebinasaan nanti?
  • Dari sdri Virgin di Sukabumi : Darimanakah kita tahu bahwa Allah itu Tritunggal?
  • Dari sdri Rut Ernawati : Mengapa hal yang tidak dipikirkan selalu terjadi dalam hidup kita? Apakah itu rencana Tuhan?
  • Dari sdri Jesika di Tegineneng : Saat ini saya sedang mendengar siaran ini di mobil. Doakan buat papa yang sedang dirawat di rumah sakit.
  • Dari ibu Kristin di Kota Sepang : Shalom. Orang Kristen itu berdoa berapa kali dan jam berapa?
  • Dari sdr Udin di Kalibalok : Saya seorang anak dari keluarga bingung. Saya bingung tidak tahu papa saya dan juga Allah saya.
  • Dari sdr Ebi di Jalur Dua Metro : Bagaimana jika anak kita membuat kita makan hati? Dia badung dan suka melawan. Kalau kita pukul, salah. Apa yang harus saya lakukan? Anak saya Eren berusia 23 tahun.
  • Dari sdri Zahara di Gisting, Lampung Barat : Selamat malam. Apa arti ibadah secara Kristen? Mengapa ibadah Kristen hanya hari Minggu?
  • Dari sdr Roberus Krisandi : Bagaimana cara mewujudkan iman dalam lingkungan kita?
  • Dari sdri Misel : Selamat malam. Adik dan saudara saya yang didoakan telah lulus. Doakan pekerjaan yang Tuhan percayakan pada saya agar Tuhan berkenan.
  • Dari ibu Uli di Hajimena : Shalom. Doakan suami agar tetap beribadah terus. Sebelumnya suami tidak mau ibadah, tapi setelah menjalani hukuman, baru dia mau beribadah. Doakan agar suami saya tetap rajin ibadah setelah bebas dari hukuman.
  • Dari anak bpk Yunus di Jati Agung : Selamat malam. Doakan papa sedang sakit asam urat. Tolong berikan masukan dan motivasi.
  • Dari sdr Samuel di Pesawaran : Selamat malam. Doakan saya yang sedang demam dan panas dalam
  • Dari bpk Herman di Karang Anyar. Tolong jelaskan maksud Matius 6 :3,  "Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu."
  • Dari ibu Markus di Hanura : Selamat malam Samaria. Firman Tuhan menjadi berkat agar saya bertumbuh dan menjadi teladan.
  • Dari sdri Ani : Doakan saya yang mendapat ujian berat karena masalah pribadi, masalah pacaran
  • Dari sdr Tio : Apakah ada hukumannya bila tidak pergi ke gereja?
  • Dari bpk Silaban di Gunung Sula : Selamat malam, puji Tuhan, Saya pendengar setia. Saya setuju jika satu pertanyaan dijawab dua pendeta.
  • Dari bpk Yohanes di Tanjung Bintang : Selamat malam. Mengapa anak Tuhan harus melewati penderitaan yang tidak ada habisnya?
  • Dari sdri Elfana : Doakan agar papa terima Yesus sebagai Juru Selamat. Saya rindu itu terjadi. Papa saya belum percaya.
  • Dari sdr Yosua di Lampung Timur : Dalam Kisah 2:1-13 dikatakan bahasa Roh tidak dapat dimengerti. Mengapa kita tidak mengerti apa yang mereka katakan?
  • Dari sdri Kristin : Saat ini saya bersama papa saya. Doakan buat pergumulan saya, supaya dipulihkan. Saya rindu melayani Tuhan.
  • Dari sdr Nanda di Way kandis : Bagaimana menghadapi masalah tanpa marah?
  • Dari seseorang : Apa makna Pantekosta yang sesungguhnya? Mengapa sering sekali diadakan retreat di bulan Pantekosta?
  • Dari sdri Oktarina : Doakan saudara saya yang sedang sakit diabetes.