Yesus Menjanjikan Penghibur

Jumat, 17 Mei 2013 pukul 7.30 - 9.00 malam 
"Yesus Menjanjikan Penghibur"
Dany Salim

Pendamping 
Luki Winata (penyiar), Daniel Sanger, Yosef, 
Gabin, Yohannes Lie, dan Yahya Wangsajaya


"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu." (Yoh. 14:15-18)

     Manusia sering mudah mengumbar janji, namun kemudian mengingkarinya. Sebaliknya, Yesus berjanji, Dia tidak pernah mengingkari janjiNya. Yesus menjanjikan Penghibur, pasti Dia akan mengirim Penghibur itu. Jika kita mengasihi yesus, ikutilah perintahNya. Yesus tidak akan meninggalkan kita,namun Dia mengirim Penolong supaya kita kuat, taat, dan mengasihi Dia, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak mengenal Dia, tapi kita mengenalNya. Penghibur datang bukan untuk dunia yang tidak mengenalNya tapi untuk orang percaya. Karena itu berbahagialah kita sebagai orang percaya yang mendapat kasih karunia dan mendapat penghibur. Kita tidak akan ditinggalkan secara yatim piatu secara rohani.
     Roh Kudus akan mengajar dan mengingatkan kita,  "Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu." (Yoh. 14:26) Terkadang kita sangat sibuk, pulang kerja sudah capek, malas beribadah karena mau istirahat. Namun Roh Kudus mengingatkan agar tetap beribadah, memuji dan menyembah Dia. Yesus tahu kelemahan manusia yang tidak kuat dan mudah jatuh dalam dosa. Mengapa ada yang jatuh dalam dosa? Karena melanggar Firman Tuhan. "Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku." (Wah. 3:20)
     Ketika kita dihadapkan pada dua pilihan, baik dan buruk, Roh Kudus akan menolong kita untuk memilih yang baik. Tuhan mengirim Roh Kudus karena ingin agar kita tetap mendapat keselamatan dan taat pada perintahNya. Kalau saat ini kita masih mampu, itu bukan karena kekuatan kita tapi karena Roh Kudus yang membantu kita. Karena itu tetaplah setia, bukalah pintu hati kita, lakukan apa yang Tuhan inginkan dalam hidup kita. Mungkin saat ini kita menghadapi banyak masalah, sakit, dan tanpa harapan, percayalah Tuhan mengirim Roh Kudus untuk menolong kita. Dia sangat memperhatikan kita. Roh Kudus akan tetap tinggal dalam hidup kita. Amin

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari sdri Rut Ernawati di Lampung Timur : Doakan agar saya diberikan Tuhan pengetahuan lebih di sekolah, dan Tuhan memberkati orangtua dan adik saya di desa
  • Dari sdr Kelvin di Jatimulyo : Puji Tuhan, Tuhan menyembuhkan sakit paru-paru saya ketika saya ikut perjamuan kudus. Allah kita dahsyat. Doakan agar kesembuhan saya sempurna.
  • Dari sdri Virgin di Sukabumi : Siapa yang menulis Alkitab dan mengapa dituliskan untuk kita?
  • Dari ibu Maria : Selamat malam. Bagaimana caranya mendengar suara Tuhan dan mendatangkan mujizat Tuhan?
  • Dari sdri Margaret di Tanjung Senang : Selamat malamApakah maksud darah domba Allah?
  • Dari bpk. Siregar di Bypass : Mengapa jika kita mendapat satu masalah, kita berdoa tapi tidak merasakan jawaban Tuhan?
  • Dari sdr Putra di Kedaton : Selamat malam. Siapakah yang dimaksud dengan Penolong lain di ayat 15 itu?
  • Dari sdr Aloysius di Natar : Bangaimana menyikapi hidup sederhana dalam Yesus?
  • Dari sdr Roberus Krisandi di Sukabumi : Apakah makna salib bagi orang Kristen?
  • Dari sdri Astuti di Tanjung Bintang : Shalom. Mohon tip agar mendapatkan saat teduh berkualitas.
  • Dari sdri Kristin di Metro : Shalom. Miskin di hadapan Allah itu seperti apa? Doakan saya yang baru dioperasi.
  • Dari ibu Suciwati di Krawangsari Natar : Doakan mata saya yang terganggu kesehatan dan agar iman saya diteguhkan.
  • Dari sdr Doby : Bagaimana caranya agar kita selalu teguh dalam Kristus?
  • Dari sdri Oktarina di Bandarlampung : Selamat malam. Doakan agar saya diberi kesabaran menghadapi masalah dan agar saya dijauhkan dari bahaya.
  • Dari seseorang : Menyikapi masalah secara rohani itu bagaimana?
  • Dari sdri Elis di Kimaja : Selamat malam. Bagaimana jika kita dibilang kafir oleh orang yang berbeda agama? Arti kata kafir itu apa menurut kita?
  • Dari ibu Erni di Korpri : Bagaimana menyikapi sakit hati pada perlakuan suami saya? Menurut ajaran kita tidak boleh. Tapi saya sering sakit hati karena suami saya sering marah.Saya mau ibadah,suami menolak.
  • Dari sdri Ayu di Rajabasa : Shalom. Firman Tuhan memberkati. Berdoa yang benar itu berapa kali dan jam berapa? Saya sudah berdoa empat kali minta jodoh tapi belum dijawab.
  • Dari ibu Agnes : Shalom. Mohon doa untuk anak saya Stefanus yang besok menghadapi ulangan agar diberi hikmat dan kecerdasan.
  • Dari ibu Uli : Shalom. Kenapa semakin berserah, semakin banyak masalah suami dan anak? Mengapa Tuhan tidak membela?
  • Dari sdri Lina : Shalom, selamat malam. Doakan agar saya teguh dalam iman, pengharapan, dan kasih. Saya rindu bersekutu dengan Tuhan.
  • Dari seseorang : Bagaimana berpuasanya orang Kristen?
  • Dari seseorang : Selamat malam. Saya sering didatangi Saksi Yehova. Bagaimana mengatasinya?