Rancangan Tuhan dalam Hidup Kita

Jumat, 19 April 2013 pukul 7.30 - 9.00 malam 
"Rancangan Tuhan dalam Hidup Kita"
Tutu Petrus

Pendamping

Daniel Sanger, Yosef Ageng, Dany Salim,  
Yahya Wangsajaya, dan Yohannes Lie


Jadi berangkatlah Israel dengan segala miliknya dan ia tiba di Bersyeba, lalu dipersembahkannya korban sembelihan kepada Allah Ishak ayahnya. Berfirmanlah Allah kepada Israel dalam penglihatan waktu malam: "Yakub, Yakub!" Sahutnya: "Ya, Tuhan." Lalu firman-Nya: "Akulah Allah, Allah ayahmu, janganlah takut pergi ke Mesir, sebab Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar di sana. Aku sendiri akan menyertai engkau pergi ke Mesir dan tentulah Aku juga akan membawa engkau kembali; dan tangan Yusuflah yang akan mengatupkan kelopak matamu nanti." (Kej. 46:1-4)
  
    Pada umumnya kita tidak tahu rancangan Tuhan dalam kehidupan kita. Dalam hidup ini terkadang kita merasa senang, namun terkadang kita merasa sedih. Sebetulnya ada rancangan Tuhan dalam hidup kita, namun karena tidak tahu, ketika kita diperhadapkan dengan ujian, kita merasa kecewa. 
    Malam ini kita akan menyimak kisah perjalanan Yakub, yang dapat kita jadikan cerminan dalam hidup kita.  Mengapa Yakub harus pergi ke Mesir? Karena Tuhan merancang Yakub menjadi bapak suatu bangsa besar. Mengapa Yakub harus pindah ke Mesir, karena di Mesirlah Tuhan membentuk suatu umat pilihanNya. Tuhan tidak menginginkan bangsa Israel berkembang dan menghadapi masa kelaparan. 
     Demikian juga, Tuhan merancang Yusuf menjadi penyelamat keluarga. Yusuf dibenci saudaranya. Dia dijual ke Mesi,.menjadi budak, difitnah, dan dipenjara. Namun Yusuf itu tangguh dan mau menjalani penderitaan itu. Ternyata Tuhan merncang Yusuf menjadi penyelamat bangsanya.
     Dalam perjalanan Yakub ke Mesir tiba di Bersyeba, dia lalu mempersembahkan kroban sembelihan kepada Allah. Lalu Allah berfirman kepadanya, dan menyampaikan janji-janjiNya pada Yakub. Lalu Yakub dan anak-anaknya beserta rombongan berangkat ke Mesir. Ini suatu pelajaran bagi kita bahwa dalam melakukan perintah Tuhan kita harus bersehati dan kompak serta saling mendukung. Terutama keluarga harus saling mendukung dalam kebersamaan sehingga kita tidak bekerja sendirian. Mereka membawa serta ternak. Seperti Yakub yang mempersembahkan korban, kita pun harus mempersembahkan ucapan sykur kita kepada Tuhan. Demikianlah, kita harus selalu berkomunikasi dengan Tuhan secara intens dan berkesinambungan.
     Rancangan Tuhan bagi kehidupan kita itu indah. Karena itu ketika dalam perjalanan hidup kita, kita menghadapi berbagai masalah dan ujian, janganlah menyerah dan kecewa pada Tuhan. Teruslah berjalan bersama Tuhan. Yakinlah pada janji-janjiNya. Kita pasti akan bersukacita menikmati rancangan damai sejahtera Tuhan. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari sdri Virginia di Sukabumi : Apakah iman dan syukur itu?
  • Dari bpk Slamet di Kalirejo Pesawaran : Selamat malam. Apa yang dimaksud dengan "Pergilah, jadikanlah segala bangsa muridKu"?
  • Dari sdr Lukas Sianturi di Korpri : Doakan keluarga agar sehat dan banyak rejeki
  • Dari sdr Roberus Krisandi Silaban di Sukabumi : Bagaimana caranya menjaga iman kita pada zaman sekarang ini?
  • Dari sdr Kris di Talang Padang : Shalom. Berkat adanya siaran radio Heartline saya bisa mendengarkan Firman Tuhan. Mohon agar kiranya siaran dapat berlangsung terus.
  • Dari sdri Rut Ernawati di Lampung Timur : Doakan kesehatan dan praktek saya di Siger TV.
  • Dari bpk. Sihombing di Kemiling : Selamat malam. Doakan buat kesembuhan saya yang lemah jantung. Terima kasih atas pencerahan rohaninya.
  • Dari sdri Mei di Kimaja : Selamat malam. Jika diperlakukan kasar oleh pimpinan, itu kenapa ya? Padahal pimpinan saya itu anak Tuhan dan bahkan konselor. Kata-katanya sering menyakitkan.
  • Dari seseorang : Apabila menikah di luar Tuhan dan kemudian balik lagi, apakah Bapa masih mau menerima?
  • Dari bpk David : Apakah bukti kasih dari umat-umat Allah pada zaman ini?
  • Dari sdr Doby : Bagaimana membuat kepercayaan diri kita kuat dalam Kristus?
  • Dari sdri Kristin di Metro : Doakan agar saya cepat sembuh. Kunci kebahagiaan dalam keluarga itu apa saja?
  • Dari sdr Marhen di Rajabasa : Doakan syaraf mata saya semoga cepat sembuh.
  • Dari sdr Jacklin di Teluk Betung : Saya mencari pekerjaan sampai saat ini belum dapat. Mengapa Tuhan nampaknya tidak adil, teman saya yang santai-santai saja malahan sudah dapat pekerjaan yang baik? Setiap mendapat masalah, iman saya semakin menurun. Saya hampir putus asa.
  • Dari sdri Misel di seputar Way Halim : Ada anak yang baru percaya pada Yesus, dan berkomitmen. Lalu mendapat pencobaan yang berat sehingga ragu-ragu lagi. Bagaimana ya pak supaya dia tetap percaya?
  • Dari sdr Kristian di Margasari Lampung Timur : Doakan anak-anak saya yang akan berusaha mencari kerang di laut besok. 
  • Dari sdr Nanda Saputra di Way Kandis : bagaimana mengatasi kegagalan?
  • Dari sdr Alfian di Lampung Timur : Doakan keluarga agar diberkati dan diberi kesehatan
  • Dari seseorang : Apabila kita mimpi bertemu orang sudah meninggal, apakah kita bertemu dengan orang itu atau bertemu iblis?
  • Dari sdri Linda : Shalom. Terima kasih atas dukungan doanya. Saya sudah melewati ujian nasional dengan baik.
  • Dari ibu Joni di Ratulangi : Anak saya punya pacar seiman. Bagaimana supaya anak saya tetap fokus dalam pekerjaan dan jangan terburu-buru menikah?
  • Dari bpk Yanto di Teluk Betung : Doakan usaha dagangan saya. Juga doakan buat anak saya yang demam, mau bawa ke dokter belum ada dana.
  • Dari ibu Grace di Natar : Shalom. Apa mau Tuhan buat keluarga Kristen yang setia, mengapa ujian semakin banyak? Doakan agar diberkati dan mendapatkan mujizat
  • Dari sdri Merry di Ratulangi : Shalom. Bagaimana caranya agar tidak gagal dalam masa muda?