Keselamatan Hanya dalam Tuhan Yesus

Jumat, 08 Maret 2013 pukul 7.30 - 9.00 malam

"Keselamatan Hanya Dalam Tuhan Yesus" 
Tutu Petrus
 
Pendamping
Pdt. Daniel Sanger, Yosef Ageng, Dany Salim, 
Yahya Wangsajaya, dan Yohannes Lie   


 Ketika murid-murid mendengar itu, sangat gemparlah mereka dan berkata: "Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?" (Mat. 19:25)

Bpk. Tutu Petrus
     Siapakah yang dapat diselamatkan? Inilah pertanyaan yang masih tetap relevan sampai sekarang. Untuk mencari jawaban atas pertanyaan itu, kita harus mempelajari Alkitab. Kita perlu bertanya, "Apakah saya, orangtua saya, keluarga saya dapat diselamatkan dari kebinasaan kekal?"
     Ayat di atas berkaitan dengan kisah orang muda kaya yang bertanya pada Yesus, "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" (Mat. 19:6) Orang ini kaya, hidupnya berkecukupan tapi belum memiliki kepastian apakah dirinya memperoleh hidup kekal.
     Kalau kita mempelajarai di dalam Alkitab, ada beberapa syarat untuk memperoleh keselamatan, yaitu:
  • Bertahan dalam iman sampai pada kesudahannya. Ketika sedang sakit, orang sering bertanya-tanya kapan akan sembuh? Ketika sedang hidup kekurangan bertanya, kapan mendapat berkat? Kalau mau lulus, bertahanlah dalam menempu ujian. Petani pun bertahan sampai panen. Karena itu agar memperoleh kesalamatan, bertahanlah dalam iman.sampai akhir.
  • Berserulah pada Tuhan. "Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan." (Kis. 2:21). Memohon keselamatan pada alamat yang benar, yaitu pada Tuhan. Undanglah Tuhan hadir dalam kehidupan kita. Sering orang menyebut nama Tuhan tapi bukan dengan keyakinan yang benar, sekedar lipservice. Jangan berseru kepada yang selain Tuhan. "Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan." (Roma 10:11)
  • Keselamatan hanya dalam Yesus.  "Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." (Kis. 4:12) Jawab mereka: "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu." (Kis. 16:31) "Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan." (Roma 10:9)
     Keselamatan bukan hanya dari penyakit dan kebangkrutan tapi dari kematian dan penghukuman abadi. Di balik kehidupan ini, ada kehidupan kekal dan ada siksaan kekal. Siapakah orang yang dapat diselamatkan? Yaitu orang yang bertahan dalam iman percaya dan selalu berseru kepada Tuhan Yesus. Demikianlah renungan Firman Tuhan. Kiranya menjadi berkat. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari sdri Widya di Sukarame : Shalom. Apakah orang yang sudah meninggalkan Tuhan tetap diselamatkan? Banyak orang yang meninggalkan Tuhan sehingga jaminan keselamatan menjadi sia-sia. Marilah berdoa bagi mereka yang belum kenal Tuhan agar saat ini mereka bisa percaya dan hidup dalam Tuhan.
  • Dari sdri Oktarina di Way Kanan Bandar Lampung : Mohon doa buat kesehatan saya dan agar diberi kebijakan dalam menghadapi praktek industri nanti.
  • Dari sdri Rut Ernawati di Lampung Timur : Doakan buat kesehatan dan kekuatan dalam praktek industri nanti.
  • Dari ibu Elia di Karang Anyar : Selamat malam. Adakah anak Tuhan yang mempelajari Alkitab bisa menjadi sesat? Saya bertemu kaum ibu yang tidak mengakui kematian Yesus dan bilang bahwa Yesus menikah.
  • Dari sdr Samuel di Pesawaran : Selamat malam. Kalau bertemu orang yang percaya Yesus tapi juga percaya agama lain, perlukah kita berhati-hati? Takutnya dia hanya cari-cari kesalahan dan cari tahu saja.
  • Dari sdri Virgin Sinaga di Sukabumi : Doakan kesehatan keluarga, khususnya bapak dan ibu saya dan juga agar kami selalu menjalankan perintah dan kasih Tuhan
  • Dari mas Nurdin di Karang Anyar : Saya mendapat berkat baru dari Firman Tuhan. Doakan agar Tuhan menjamah saya. Saya sudah lama menjadi Kristen tapi masih begini-begini saja. Bagaimana supaya saya bisa bertumbuh dalam iman?
  • Dari ibu Titin di belakang Polsek Tanjung Senang : Doakan suami saya yang bekerja di Jakarta. Saat ini tidak ada kabar dan HP tidak aktif. Doakan juga karena sudah menikah 2 tahun belum dikaruniai anak.
  • Dari sdr Erwin di Tegineneng : Kalau ditanya, Yesus itu siapa? Hal apa yang meyakinkan kamu bahwa kamu diselamatkan? Apa jawabannya?
  • Dari sdr Yohanes : Selamat malam. Apakah ada firman buat saya agar saya bersemangat dalam Tuhan? Saat ini saya sedang dalam kondisi iman yang menurun.
  • Dari sdri Vivi di Kimaja : Selamat malam. Masa muda sudah hidup benar. Saya sudah berdoa supaya mendapatkan pasangan hidup yang seiman, tapi belum dapat-dapat. Sedangkan teman yang tidak berdoa malah dapat jodoh yang seiman.
  • Dari ibu Markus di Hanura : Selamat malam. Doakan agar kami diberkati dan diberi kesehatan. Firman Tuhan memberkati.
  • Dari sdr Adi di Tegineneng :Doakan agar saya doberkati dan doakan juga mama yang sakit asam urat.
  • Dari bpk. David : Mengapa anak Tuhan sering melanggar Firman Tuhan? Banyak anak gadis yang menikah dengan orang tidak kelanl Tuhan. Apakah itu menjadi beban bagi para hamba Tuhan?
  • Dari bpk. Siregar di By Pass : Shalom. Wah, minggu lalu tidak mendengarkan radio karena rusak. Doakan usaha saya karena sedang sepi. Mengapa sulit merenungkan Firman Tuhan? Pikiran buntu terus, padahal istri saya selalu mendoakan saya.
  • Dari sdr. Gino di Panjang : Selamat malam. Apa kabar? Jika kita ibadah tidak pakai kemeja dan menggunakan celana pendek apakah tidak diijinkan? Padahal bersih dan karena keadaan saya. Jemaat jadi sinis.