Arti Kematian Tuhan Yesus bagi Manusia

Jumat, 29 Maret 2013 pukul 7.30 - 9.00 malam

"Arti Kematian Tuhan Yesus Bagi Manusia" 
Pdt. Drs. T. Hayat, SPAK   

Pendamping
Yohannes Lie, Gabin, dan Yosef Ageng


"Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa." (Roma 5:*0

Bpk. Pdt Hayat membawakan
renungan Firman Tuhan
     Bagi manusia, selain makan, minum, dan pakaian, ada kebutuhan lain yang jauh lebih penting yaitu kebutuhan akan keselamatan. Percuma kita dapat memenuhi semua kebutuhan jasmani jika kita kehilangan keselamatan dan pada akhirnya binasa dalam penghukuman kekal. Ketika manusia jatuh dalam dosa dan sedang menuju kebinasaan kekal, Allah sudah menunjukkan kasih dan pertolonganNya. Namun manusia tidak peka terhadap kemurahan Tuhan itu. 
     Ada empat hal yang dapat kita pahami mengenai arti kematian Tuhan Yesus bagi manusia, yaitu:
  • Mendamaikan kita dengan Allah. Ketika Adam dan Hawa jatuh dalam dosa terjadi keretakan hubungan dengan Allah. Tadinya mereka bergaul karib dengan Allah, namun akibat dosa terjadi pemisahan. Melalui kematian Tuhan Yesus, manusia didamaikan kembali dengan Allah. Hubungan manusia dengan Allah telah dipulihkan. "Dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya." (Kol. 1:20-22)
  • Penebusan. Akibat pemberontakannya terhadap Allah, manusia telah tergadai dalam dosa dan telah dikuasai oleh Iblis. Adam lebih mendengar suara Iblis daripada mendengar suara Tuhan. Tuhan Yesus, rela memberi nyawaNya untuk penebusan dosa manusia.
  • Dibenarkan karena ketaatan. "Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar." (Roma 5:19) Pertolongan Tuhan sungguh luar biasa. Tidak seorang pun dapat diselamatkan tanpa melalui Yesus. Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Yoh. 14:6)
  • Menjadi anak-anak Allah. " Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" (Roma 8:14-15)
     Itulah arti kematian Tuhan Yesus bagi manusia. Manusia hanya dapat diselamatkan melalui iman kepada  Tuhan Yesus "Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." 
     Demikianlah renungan ini. Kiranya Tuhan memberkati. Amin.
  
Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari ibu Lexfi di Kemiling : Shalom Samaria Ministri. "Semua orang telah berbuat dosa " (Roma 3:23) Selamat memasuki Jumat Agung. Selamat Paskah.
  • Dari sdr Robertus Krisandi Silaban di Sukabumi : Apa makna hari Paskah? 
  • Dari sdr. Nanda Saputra di Way Kandis : Kenapa dalamhidup selalu mendapat cobaan?
  • Dari ibu Amel di Bumi Kedaton Kemiling : Selamat malam. Kenapa jika berdoa kita tidak bisa fokus? Mengapa kalau sudah berdoa, keadaan masih sama saja, tidak berubah? Berdoa dengan cara apa agar dijawab Tuhan?
  • Dari sdr David di Tamin : Selamat malam. Firman Tuhan memberkati saya. Doakan sakit encok saya agar dijamah dan disembuhkan Tuhan.
  • Dari sdri Widya di Sukarame : Renungan malam ini diambil dari kitab apa? Yesus sangat berkuasa, mengapa mau disalib? Mohon doakan orangtua saya.
  • Dari ibu Lily di Kemiling : Jika perjamuan kudus, mengingat perjanjian Bapa. Mengapa menurut beberapa pendeta, kita boleh menjadikan perjamuan kudus sebagai obat penyembuh?
  • Dari bpk Udin di Karang Anyar: Doakan agar usaha saya diberkati. Bagaimana jika pada hari Jumat Agung kita tidak bisa beribadah, apakah Tuhan marah?
  • Dari bpk Siregar di Bypass : Haleluyah, selamat Paskah. Samaria semakin menjadi berkat. Mengapa ada gereja yang merayakan Paskah dengan ibadah subuh atau ibadah padang? Bukankah rumah Tuhan menjadi sepi? Apakah Tuhan tidak marah?
  • Dari sdr Gino di Panjang : Doakan buat pergumulan saya,ingin melayani belum dijawab Tuhan. Belum ada gereja yang mau menerima.
  • Dari sdri Misel di Pagar Alam : Saya sangat diberkati dengan Firman Tuhan. Bagaimana supaya hati kita terbeban terhadap semuanya, bisa fokus, merendahkan diri, tanpa merasa tertuduh oleh masa lalu?
  • Dari sdr Jo di Way Halim : Selamat malam. Mengapa saat lemah, kita tidak mendapatkan kekuatan dari Tuhan?
  • Dari ibu Grace di GBI Vila Citra : Selamat Paskah. Doakan GBI Vila Citra dan Lampung. Kiranya Samaria Ministri semakin menjadi berkat.
  • Dari sdri Yorni Agai di Kedaton : Doakan supaya kuliah saya di UBL berjalan lancar. Pilihan ada di tangan kita. Bagaimana dengan orang yang tidak mengetahui pilihan yang benar?
  • Dari bpk.Manurung di Gedung Air : Kapan penghakiman akan terjadi? Kenapa anak Tuhan yang kuat sering menghakimi orang lain dengan sebutan nabi-nabi palsu?
  • Dari sdri Mei Lin : Doakan buat keluarga, koko, dan cici agar semakin kuat dalam iman, terutama menjelang Paskah ini.