Tuhan Memagari UmatNya

Jumat, 22 Maret 2013 pukul 7.30 - 9.00 malam

"Tuhan Memagari UmatNya" 
Pdt. Daniel Sanger     

Pendamping
Yohannes Lie, Yosef, Tutu Petrus, dan Yahya Wangsajaya


"Tetapi semua orang yang berlindung pada-Mu akan bersukacita, mereka akan bersorak-sorai selama-lamanya, karena Engkau menaungi mereka; dan karena Engkau akan bersukaria orang-orang yang mengasihi nama-Mu. Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN; Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai." (Maz. 5:12-13)

Pdt. Daniel Sanger
membawa renungan
Kitab Mazmur adalah kitab yang banyak berisi doa dari raja Daud. Perikop dari ayat di atas adalah "Doa pada pagi hari". Berdasarkan pengalaman raja Daud saat mengatasi berbagai masalah, dia menyadari bahwa orang percaya atau yang disebut orang benar selalu akan diberkati dan dipagari oleh Tuhan. Ini adalah refleksi yang harus dimiliki oleh kita sebagai orang percaya. Namun terkadang muncul tantangan dari suatu pandangan rasional yang mendasari pemikirannya atas kenyataan yang dilihatnya. Penganut pandangan ini melihat bahwa manusia beranak-cucu sesuai mekanisme kehidupan alamiah, bukan karena campur tangan Tuhan. Adam dan Hawa memang diciptakan namun setelah itu mereka memiliki anak secara alamiah, bukan lagi karena ciptaan. Mereka beranggapan setelah proses penciptaan, Tuhan melepaskan tanggung-jawab pemeliharaan atas manusia. Tuhan tidak lagi memelihara manusia. Manusia bisa menjalani hidup ini karena mereka mengikuti mekanisme kehidupan,bukan karena pertolongan Tuhan. Sehingga banyak orang berilmu pengetahuan sulit sekali mempercayai hal-hal rohani. Pertanyaan krusial mereka, "Benarkah Tuhan masih memberkati manusia?" Mereka melihat keberadaan Allah hanya dari sudut pandang manusia. Sebagai orang percaya, kita tentu tidak berpandangan demikian. Ada istilah dalam teologi "Providensia" yang artinya "Tuhan selalu mengadakan".
     "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah." (Roma 8:28)
  • Walaupun saat ini mungkin sedang menghadapi keadaan buruk, kita harus tetap yakin bahwa Tuhan selalu memelihara kita.
  • Ketika menghadapi masalah bukan karena kesalahan kita, misalnya karena kehidupan ekonomi sedang sulit, kita harus tetap percaya bahwa Tuhan bekerjasama dengan kita untuk mendatangkan kebaikan bagi kita, seperti yang dilakukan oleh janda Sarfat.
Hal itu sulit dipahami oleh manusia post-modern sebab manusia selalu melihat kenyataan dan fakta. Sama seperti Thomas yang tidak percaya sebelum menyentuh luka Tuhan. Sebagai orang benar, jika menghadapi masalah seberat apa pun, tetaplah yakin bahwa Tuhan akan selalu memulihkan kita. Tuhan sanggup menolong kita. Firman Tuhan adalah kebenaran. Melaui Firman Tuhan, kita disebut sebagai orang benar. Pasti Tuhan akan memberkati, menjaga serta memagari kita. Saat ini kita hidup hanya karena anugrah Tuhan. Tanamkan dalam hidup kita bahwa Tuhan selalu memagari umatNya dengan perbuatan-perbuatan baik. Tuhan sanggup mengadakan apa yang kita butuhkan. Kiranya damai sejahtera selalu menyertai kita semua. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari sdri Widya di Sukarame : Apa yang harus kita lakukan agar anak Tuhan tidak lebih banyak lagi yang berpaling dari Tuhan? Terkadang saya tidak sabar dengan mereka sebab nereka memilih jalannya sendiri. Terkadang masalah pasangan hidup membuat mereka beralih ke iman lain. Saya menasihati saudara saya, tapi katanya saya iri.
  • Dari sdr Kris di Talang Padang :Tolong jelaskan makna kitab Galatia 5:6, "Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih."
  • Dari sdr Lukas Tamaro Sianturi :Selamat malam. Mohon doa untuk keluarga agar diberi kesehatan, perlindungan, rejeki, dan agar saya berhasil dalam studi.
  • Dari bpk. Situmorang di Way Halim : Puji Tuhan, Haleluyah. Doakan saya yang kalau menarik napas sering terasa sesak. Mohon disembuhkan. Terima kasih
  • Dari sdr Alaysius di Natar : Bagaimana caranya agar hidup kita selalu bersukacita dalam Tuhan Yesus?
  • Dari sdr Roberus Krisandi di Way Halim : Sebentar lagi kita merayakan Paskah. Bagaimana seharusnya sikap kita menyambut hari kemenangan itu?.
  • Dari bpk Alim di Sukarame : Sebenarnya Allah menciptakan dunia dan Adam pada abad berapa? Sebab ada penelitian yang mengatakan jejak binatang purba ada sekitar jutaan tahun lalu.
  • Dari sdr Oki Saputra di Sukarame : Bagaimana cara kita memecahkan masalah?
  • Dari sdr Rudi : Selamat malam. Bagaimana doa dan sikap kita kalau kita ke makam?
  • Dari sdri Rita di Way Kandis : Mohon doa agar keluarga diberkati dan segera mendapat pekerjaan.
  • Dari sdr Antonius di Way Halim : Shalom. Selamat malam. Mengapa manusia masih percaya pada setan dan dukun?
  • Dari bpk Kristian di Labuhan Maringgai Lampung Timur : Doakan putri kami Ika Rahayu yang sedang sakit sesak.
  • Dari sdr Uli : Haleluyah. Mengapa setiap berdoa pikiran selalu bercabang?
  • Dari sdr Rudi : Doakan saya. Apa arti memikul salib?
  • Dari sdr Samuel di Pesawaran : Radio saya rusak, jadi mendengarkan siaran lewat HP. Doakan pekerjaan saya. Banyak wanita tidak seiman di sekitar saya. Semoga saya mendapat pasangan seiman.
  • Dari ibu Markus di Hanura : Terima kasih atas FirmanNya. Dukung doa agar keluarga selalu kuat dalam Tuhan.
  • Dari sdr Joko di Ratulangi : Selamat malam Samaria. Jika akan melakukan sesuatu, kita harus berdoa. Jika kita berdosa, apakah doa kita dijawab Tuhan?
  • Dari sdri Revita di Hanura : Selamat malam. Saya kuliah di UBL. Anak-anak muda begitu mudah jatuh dalam dosa seks. Teman saya yang tidak seiman kawin siri.
  • Dari ibu Marta di Natar : Selamat malam. Saya dan suami sedang lemaj iman. Suami sakit lever. Sudah 2 minggu tidak ibadah.
  • Dari bpk. Siregar : Shalom. Apa kabar? Doakan agar semakin sehat dalam Tuhan. Ayat apa yang bagus untuk dihapalkan sehingga dapat menjadi pegangan dalam hidup?
  • Dari sdr David : Apakah ada kesempatan buat pembunuh dan penzinah? Apakah Tuhan masih memakai mereka?
  • Dari sdri Misel di Pagar Alam : Doakan teman saya Yohama yang sedang sakit dan agar semakin diberkati dalam pekerjaan Tuhan
  • Dari bpk Junaedi di Wayhui : Shalom Doakan agar bisnis saya diberkati. Supaya Tuhan melayakkan kita, apakah yang harus kita lakukan?
  • Dari sdri Jevi Sinaga di Rajabasa : Saya sudah memutuskan hubungan dengan cowok non-Kristen. Sudah terlanjur tapi saya tidak mau meninggalkan Tuhan