Memahami Jawaban Tuhan

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline, Jumat 15 Maret 2013 pk 19.30-21
Renungan oleh Yohannes Lie "Memahami Jawaban Tuhan" Fil. 4:6
Pendamping Daniel Sanger, Yosef, Tutu Petrus, Dany Salim, Gabin, dan Yahya .
Penyiar sdr Luki Winata
Jika ingin membaca renungan ini, silakan klik disini


"Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur." (Filipi 4:6)

     Doa merupakan bentuk komunikasi orang percaya kepada Allah. Melalui doa, kita bisa bersyukur, me-nyembah, mencurahkan isi hati, atau memohon sesuatu. Doa permohonan bisa bersifat rohani, misalnya mohon bimbingan Roh Kudus, ampunan atas dosa dan kesalahan kita, mohon hikmat agar memahami Firman Tuhan, dll. Kita boleh juga memohon hal-hal bersifat jasmani, misalnya mohon berkat ekonomi, kesehatan, umur panjang, sukses dalam pekerjaan atau studi, perlindungan dari bahaya, mendapatkan pekerjaan, pasangan hidup, atau keturunan, dll.
     Apa jawaban Tuhan atas doa kita? Mengapa kita sudah sungguh-sungguh berdoa pada Tuhan, tapi belum mendapat jawaban Tuhan atau bahkan sering tidak dikabulkan? Bagaimana kita harus bersikap atas jawaban Tuhan yang mengecewakan kita? Bolehkah dalam doa, kita memaksa Tuhan agar memenuhi keinginan kita?
  
Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari bpk. Alim di Sukarame : Shalom, selamat malam. Apa pandangan bapak tentang tertangkapnya preman di Jakarta yang memakai kalung salib di lehernya? Salahkah dalam memahami pengertian memikul salib? Tugas para hamba Tuhan untuk menyadarkan mereka.
  • Dari sdri Oktarina di Way Kanan : Doakan keluarga saya agar diberi kesehatan dan doakan juga saya ahar menjadi anak pintar.
  • Dari bpk Alfian di lampung Timur : Doakan keluarga saya agar sehat dan Tuhan memberi keselamatan.
  • Dari bpk. Yunus di Jati Agung : Doakan agar diberi kesehatan. Apa yang Tuhan mau ketika ujian diberikan kepada kita dengan tidak habis-habisnya dalam keluarga?
  • Dari bpk. Siregar di By pass : Shalom. Jika kita berhenti memberi perpuluhan satu kali, apakah bulan berikutnya harus bayar dobel? Doakan keluarga saya agar semakin diberkati.
  • Dari sdr Gino di Panjang : Doakan agar saya semakin setia  Apa kuncinya agar kita tidak goyang dalam Yesus?
  • Dari ibu Lily di Kemiling : Bersyukur atas doa Samaria. Suami dan anak saya semakin dekat dengan saya. Anak tidak lagi melawan. Bagaimana supaya dapat menjaga keharmonisan  dalam keluarga?
  • Dari sdr Maikel di Jati Agung : Mengapa umat Tuhan ada yang tidak taat dan menjual Tuhan demi kekayaan dan jodoh?
  • Dari sdri Natalina di Tanjung Senang : Mendengar renungan Firman Tuhan, saya diingatkan kembali tentang pentingnya berdoa.
  • Dari bpk. P. Situmorang di Way Halim : Haleluyah! Doakan kesehatan saya yang terganggu. Terima kasih.
  • Dari sdri Nadya di Sukabumi : Mohon bantu doa karena saya memerlukan pertolongan Tuhan.
  • Dari seseorang : Kenapa ketika saya berdoa minta jodoh, selalu mendapat kenalan wanita di luar Tuhan? Apakah itu jawaban dari Tuhan?
  • Dari sdr Kristian di Tegal Sari : Mohon doa agar usaha keluarga diberkati dan juga buat tante kami yang sedang berduka atas meninggalnya suaminya supaya tetap beriman pada Tuhan.
  • Dari bpk Tutur dan ibu Erin di Pringsewu : Doakan agar anak kami Elisa diberikan hikmat, kecerdasan dan kesehatan dalam menempuh ujian. Terima kasih.
  • Dari sdr Misel di Pagar Alam : Shalom. Saya sangat diberkati dengan renungan Firman Tuhan. Ada teman saya, baru percaya, lalu masuk ke berbagai gereja untuk membanding-bandingkan Firman Tuhan. Dia juga tidak percaya bahasa Roh. Apakah tindakan dia salah?
  • Dari seseorang : Terima kasih atas renungannya. Bolehkah kita minta banyak hal yang kita perlukan pada Tuhan? Ada yang berpendapat itu hanya mementingkan diri sendiri saja.
  • Dari seseorang : Shalom. Syukur pada Yesus yang ajaib. Tolong hubungi saya karena saya perlu bantuan.
  • Dari sdr Lukas Tamaro Sianturi di Korpri : Tolong doakan agar diberi banyak rejeki, diberkati, dan diberi kelancaran studi. 
  • Dari sdri Virgin Sinaga : Apa artinya hikmat dalam kehidupan sehari-hari?
  • Dari sdri Rut Ernawati di Lampung Timur : Benarkah orang percaya ikut menghakimi bersama Tuhan saat penghakiman nanti?
  • Dari sdr David : Apa yang harus kita lakukan menjelang hari Paskah? Apa arti Paskah, mohon dijelaskan. Terima kasih.