Tuhan Yesus Setia

Jumat, 16 Nopember 2012 pukul 7.30 - 9.00 malam
  
"Tuhan Yesus Setia"
Dany Salim  

Pendamping
Daniel Sanger, Gabin, Heriyanto Irsan, Yosef, Yahya Wangsajaya, 

Bagus Susanto, Tutu Petrus, dan Yohannes Lie
 

 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas! Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku. Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang, maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat. Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku." (Wah. 3:14-20)

     Laodikia, kota ini dibangun pada abad ke-3 SM oleh Antiokhus II dari Siria dan diberi nama menurut nama istrinya, Laodise. Laodikia terkenal sebagai pusat keuangan, penghasil karpet, pakaian, dan wol hitam, serta pusat produksi berbagai jenis obat sakit mata yang terkenal di seluruh kekaisaran Roma. Kota ini sangat makmur sehingga ketika hancur oleh gempa pada tahun 60, penduduk setempat dapat membangunnya kembali tanpa bantuan pemerintah Roma. 
     Ayat ke 15 dan 16 menggambarkan keadaan rohani jemaat Laodikia yang berkompromi dengan dunia dan mirip dengan masyarakat di sekelilingnya; mengakui kekristenan, namun pada kenyataannya malang dan menyedihkan secara rohani. Ayat 17 menuliskan mereka kaya tapi miskin rohani. Ayat 18, Tuhan menasihati mereka agar membeli atau memiliki :
  1. Emas yang telah dimurnikan dalam api, yaitu iman yang kuat yang telah dimurnikan oleh Tuhan sehingga tetap percaya dan setia kepada Tuhan, tidak suam-suam kuku lagi, menjadi kaya dalam iman kepercayaan kepada Tuhan.
  2. Pakaian putih : artinya selalu menjaga kekudusan yang dari Tuhan, tidak mudah jatuh dalam berbagai hal yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan
  3. Minyak untuk melumas matamu : artinya tidak buta secara rohani, sehingga dapat melihat bahwa semuanya itu adalah kehendak Tuhan. Tanpa Tuhan Yesus, kita tidak bisa memperoleh hidup kekal, yaitu keselamatan dari Yesus.  "Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu." (Mat. 6:22-23)
     Ayat 19 menyatakan bahwa Yesus sangat mengasihi kita semua. Ayat 20 menjelaskan, inilah kesetiaan Tuhan Yesus, dimana saat kita melanggar perintahNya, namun Yesus tetap setia. Dia mengetok, memanggil kita agar kita mau membukakan pintu hati kita untuk tetap bersekutu denganNya. Itu merupakan ajakan untuk memperoleh keselamatan hidup yang kekal. Ayat 21 menjelaskan kunci kemenangan kita. Amin.
  
Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari sdr. Santo di Rajabasa : Minta doa dan pendapat apa yang menjadi penghambat anak Tuhan untuk hidup maju dan diberkati. Padahal katanya berkat Tuhan datangnya darimana saja, tapi ternyata tidak juga. Kalau pendidikan rendah, gajinya kecil. Terima kasih.
  • Dari sdr. Yesky di Urip Sumoharjo : Shalom, Samaria Ministri. Bagaimana doa mengusir roh setan? Kata nenek saya ada roh yang mengganggu karena suka ada suara di kamar mandi.
  • Dari sdr. Yosef di Way Halim : Mengucap syukur saja. Saya adamasalah keyakinan berbeda antara saya dan orangtua. Saya ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tapi orangtua ingin saya menjadi Caleg. Masuk partai itu boleh tidak?
  • Dari bpk. Siregar di By Pass : Selamat Malam Samaria. Minta bantu doa istri sedang sakit. Di saat jalan mentok dalam mencari jalan keluar, apakah kita harus terus berharap pada Tuhan? Bingung.
  • Dari sdr. Nelson di Sukarame : Doakan saya karena saya sakit, sering merasa lemah, dan darah tinggi. Selasa saya akan cek darah, mudah-mudahan tidak naik, kemarin tekanan darah saya 160. Doakan juga agar saya dapat jodoh, usia saya 26 tahun. Terima kasih
  • Dari sdri Yanti : Minta doa agar saya mendapat pekerjaan.
  • Dari ibu Hana di Tanjung Karang : Mau bertanya, ada makanan yang diharamkan di Alkitab di Imamat 11, seperti B2. Apakah ketika makan itu, kita tidak melanggar Firman Tuhan?
  • Dari sdri Widya : Selamat malam, Samaria Ministri. Punya tetangga agama non-Kristen, sering ceramah di berbagai tempat. sering mengejek orang Kristen. Pengikutnya dilarang pergi ke acara Natal. Apa yang harus saya lakukan?
  • Dari sdri Erni : Terima kasih sudah disapa. Minta doa supaya sehat dan juga buat suami yang pergi ke Palembang supaya kembali dengan sehat.
  • Dari initial A di Natar : Mau tanya tentang hukum zinah, pak. Bagaimana caranya minta ampun pada Tuhan. Saya tidak berani ke gereja.
  • Dari sdri Yuli di Diponegoro : Selamat malam,. Bagaimana caranya kita melakukan hal yang baik untuk teman-teman. Mereka tidak peduli dengan saya, dan doakan agar saya tetapkuat dalam Tuhan.
  • Dari ibu Markus di Pesisir Pantai Teluk Betung : Terima kasih, berkat doa-doanya usaha saya semakin ramai, juga saya sudah sehat. Saya diberkati oleh Firman Tuhan tadi.
  • Dari sdr. Samuel : Bantu doa agar Tuhan memberkati dalam lingkungan pekerjaan saya.
  • Dari sdr. Yorni di Kedaton : Kalau kita dalam Tuhan punya target menikah, boleh tidak?
  • Dari seseorang : Apa beda darah Yesus dan darah domba?
  • Dari pak Yon di Tanjung Bintang : Salam Kenal. Kemarin ibadah rumah tangga dapat Firman Tuhan Roma 6:4. Mohon dijelaskan.  "Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru." (Roma 6:4)
  • Dari ibu Grace : Shalom, Samaria Ministri. Kalau ada tantangan yang membuat sukses, bagaimana jika tantangan itu agak melenceng sedikit dari Firman Tuhan? Apa yang harus kita lakukan?
  • Dari bpk.Yunus di Jati Agung : Minta didoakan keluarga saya dan khususnya anak saya yang sedang sakit.