Yesus Juruselamat Umat Manusia

Jumat, 25 Mei 2012 pukul 7.30 - 9.00 malam
  
"Yesus Juru Selamat Umat Manusia"
Dany Salim   
   
Pendamping
Pdt. Daniel Sanger, Yosef, Tutu Petrus, dan Yohannes Lie


"Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud." (Luk. 2:11)

Bpk. Dany Salim membawakan
     Dari ayat di atas jelas tertulis bahwa Yesus adalah Juru Selamat. "Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia." (1 Yoh. 4:14) Hal itu semakin diperkuat oleh ayat,  "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." (Yoh. 3:16) Yesus menjadi Juru Selamat dengan tujuan agar kita selamat dan mendapat hidup kekal. Sekitar 2000 tahun yang lalu Dia datang ke dunia ini. Dialah Juru Selamat.
     Tujuan Allah sampai saat ini masih sama yaitu agar kita sebagai ciptaanNya dapat memperoleh hidup kekal. Yesus ingin kita percaya dan setia kepadaNya. Dia rela mati, dan kemudian bangkit dan naik ke Sorga untuk menyediakan tempat bagi kita di Sorga. "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada." (Yoh. 14:1-3)
     Yesus pasti datang kembali. Dia mengirim Penolong, yaitu Roh Kudus. Dia menyediakan tempat dan kemudian menjemput kita. Itulah tujuan Allah. Dia mengirim Roh Kudus supaya kita percaya. Ketika Yesus datang yang kedua kalinya, Ia akan menghakimi umat manusia. "Biarlah sungai-sungai bertepuk tangan, dan gunung-gunung bersorak-sorai bersama-sama di hadapan TUHAN, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kebenaran." (Maz. 98:8-9) Dia akan mencari orang yang beriman. "Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?" (Luk. 18:8) Dia segera datang, apakah kita masih setia padaNya? Dia akan menghakimi apa yang kita lakukan.
     "Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana." (Maz. 90:12) Apakah yang kita lakukan hari-hari ini? Apakah kita masih percaya bahwa Yesus adalah Juru Selamat? Perhatikan perumpamaan 5 dara yang bijak dan bodoh. Isilah hari-hari yang ada dengan bijak. Lakukan perintahNya, dan layanilah Dia. Di akhir zaman ini banyak bencana alam yang terjadi. Waktu kedatangan Tuhan semakin dekat.Ambillah bagian dalam Kerajaan Sorga. "Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya." (Wah. 22:12) Yesus akan memberi upah sesuai dengan apa yang kita buat di dunia. "Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat." (2 Kor. 5:10)
     Allah tidak ingin manusia dihukum. Dia mengirim Roh Kudus untuk tinggal dalam kehidupan kita untuk menasehati, menolong agar kita tidak melakukan kejahatan. Tapi semuanya tergantung pada keputusan diri kita sendiri. Marilah kita pakai waktu yang Tuhan berikan dengan bijaksana sesuai perintahNya. Amin

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari ibu Eni di Jati Mulyo : Pak, mohon sharing. Apa yang harus saya lakukan karena habis bertengkar dengan suami saya. Masalahnya sepele, tapi jadi besar. Tolong kasih masukan.
  • Dari sdr.Erwin : Tuhan Yesus adalah Juru Selamat umat manusia. Tapi mengapa banyak orang kristen meninggalkan Dia?
  • Dari bpk. Alex Purba di Bandar Lampung : Kelahiran, kematian, kebangkitan, kenaikan dan pantekosta adalah sebuah rangkaian. Tapi hari turunnya Roh Kudus tidak semeriah yang lain. Kenapa demikian?
  • Dari sdri Yunita di Tanjung Senang : Di Hari Pantekosta ini ada doa 10 malam. Tujuannya apa? Bisakah kalau doa lima malam saja dipenuhkan Roh Kudus? Sudah berdoa 5 hari belum juga mendapat Roh Kudus, mengapa?
  • Dari bpk.Gabin di Bandar Lampung : 1. Mengapa manusia meragukan Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat? 2. Apakah ada penyelamat selain Tuhan Yesus? 
  • Dari bpk. Setyanto di Bandar Lampung : Bagaimanakah keselamatan sebelum Kristus? Mohon didoakan istri saya Sri Rebowo Muryani yang sekarang sudah semakin membaik. Semoga mendapat kepulihan.
  • Dari sdr. Yose di Panjang : Minta doa buat pekerjaan agar lancar dan diberi kesehatan.
  • Dari sdr.Samuel di Pesawaran : Kalau Tuhan Yesus Juru Selamat, mengapa umat manusia sulit menerima kebenaran tersebut?
  • Dari ibu Grace di GBI Vila Citra : Selamat malam pak Tutu. Mohon diberi kekuatan Tuhan agar tetap sabar dalam menghadapi kehidupan ini.