Sikap Kita Mencari Yesus

Jumat, 13 April 2012 pukul 7.30 - 9.00 malam

"Bagaimana Sikap Kita Mencari Yesus"
Tutu Petrus

Pendamping
Pdt. Daniel Sanger, Dany Salim, Yohannes Lie, dan Yosef


"Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring." (Mat. 28:5-6)

Bpk. Tutu Petrus menyampaikan
renungan Firman Tuhan
     Kita akan berbicara sekitar Paskah, yaitu Kebangkitan Tuhan Yesus. Tatkala Yesus disalibkan dan dikubut, murid-muridNya masih mencari dikubur. Tapi malaikat berkata Dia sudah bangkit.Murid-murid melihat Yesus diturunkan dari salib dan dikuburkan oleh Yusuf Arimatea. Mereka datang untuk memberi rempah-rempah. Mereka masih kehilangan. Sama sekali tidak terpikir oleh mereka bahwa Yesus bangkit. Namun ucapan Yesus adalah kebenaran, buka dongeng. Ia berkata, bahwa DiriNya akan bangkit, maka terbukti Dia bangkit.
     "Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus. Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur. Mereka berkata seorang kepada yang lain: "Siapa yang akan menggulingkan batu itu bagi kita dari pintu kubur?" Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling." (Mark. 16:1-4) Mereka mencari Yesus tidak ketemu karena mereka mencari Yesus di dunia orang mati. Yesus sudah bangkit. Mereka lupa dengan perkataanNya. Tapi itu manusiawi. Kita pun terkadang ragu. Padahal apa yang diucapkan Yesus pasti terjadi karena Yesus berkuasa dan Dialah Tuhan.
     Banyak orang mencari Yesus dengan berbagai motivasi. Orang Majus mencari Yesus karena mereka melihat bintang yang menunjuk pada kelahiran seorang raja. Herodes mencari Yesus dengan tujuan ingin membunuhNya. Ada juga yang mencari Yesus karena makanan. Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang." (Yoh. 6:26) Orang mencari Yesus untuk mendapat kesejahteraan. Hal itu wajar. Namun ada yang lebih lagi.
     Ada juga yang mencari Yesus karena ingin kesembuhan atau terbebas dari penderitaan. "Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka. Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan dari seberang Yordan." (Mat. 4:24-25)
     Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Yoh. 14:6) Keselamatan hanya melalui Yesus agar dapat sampai kepada Bapa di Sorga. Jadi janganlah kita mencari Yesus karena hanya menginginkan kesejahteraan atau kesembuhan, tapi carilah keselamatan yang menuju pada kehidupan kekal. Yesus tidak menjanjikan hal-hal yang sementara tapi Dia menjanjikan kehidupan abadi atau kekal yang tidak dapat diukur dari materi. Memiliki harta melimpah hanyalah bersifat sementara dan pada akhirnya akan menjadi sia-sia. Pada dasarnya penciptaan manusia adalah bertujuan agar mereka dapat hidup berbahagia. Salah satu makna Paskah adalah Allah membuat manusia menjadi berbahagia secara jasmani dan rohani.
     Apakah kita sudah menerima keselamatan melalui Paskah ini? Jika belum, carilah Yesus maka kita akan mendapatkan kehidupan abadi dan keselamatan di dunia.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari bpk Siregar : Mengapa Allah meninggalkan Yesus ketika Dia sedang mengalami kesengsaraan?
  • Dari bpk. Alex Purba di Raja Basa : Secara umum gereja-gereja selalu penuh dengan jemaat setiap minggu namun mengapa kualitas kehidupan masyarakat tidak semakin baik? Apa yang salah dengan iman Kekristenan?
  • Selamat malam Samaria. Apakah maksud Tuhan memberkati orang yang jahat? Mengapa orang jahat panjang umur, sedangkan orang baik cepat dipanggil Tuhan?
  • Dari bpk. Gabin di Bandar Lampung : Manusia mencari Yesus. Apakah manusia sungguh percaya kepadaNya? Mengapa mereka meninggalkanNya? Mengapa mereka mencari Yesus hanya karena pertolonganNya saja?
  • Dari Bravo : Mengapa Yesus disebut Jalan, Kebenaran, dan Hidup? Hal-hal apa yang membuktikannya?
  • Dari bpk. Yunus di Jati Agung : Carilah dan ketuklah .....
  • Dari Ibu Mery : Terima kasih buat Firmannya. Dari dulu selalu dibilang bahwa Tuhan akan segera datang kembali, mengapa sampai sekarang belum datang juga?
  • Dari sdri Grace di GBI Villa Citra : Doakan saya yang saat ini sedang sakit. Mengapa semakin belajar Firman Tuhan kita semakin diuji?
  • Dari ibu Lily : Selamat malam Samaria Ministri. Mau sharing, ya? Bagaimana mengatasi kekuatiran karena saat ini suami sedang sakit sedangkan anak perlu bayar uang sekolah?