Berkat Atas Rumah Tangga

Siaran Radio Heartline, Jumat 2 September 2011 pukul 20-21
Renungan oleh bpk Yohannes Lie "Berkat Atas Rumah Tangga"
Pendamping : Daniel Sanger dan Tutu Petrus
Penyiar Joma Gracias
Ingin membaca renungan, silakan klik disini.   


Seharusnya rumah tangga orang Kristen selalu berbahagia dan diberkati. Tapi mengapa fakta memperlihatkan cukup banyak rumah tangga orang Kristen terasa bagaikan neraka? Ada yang hidupnya selalu menderita kekurangan, ada yang anggota keluarganya saling membenci dan bermusuhan, ada keluarga yang penuh perselingkuhan, dan bahkan ada yang bercerai. Firman Tuhan memberikan resep yang sangat mujarab jika ingin keluarga berbahagia dan diberkati. Apa resepnya?

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Mengapa ada orang percaya yang bercerai?
Jawab: Seperti yang kita dengarkan dari renungan tadi bahwa jika ingin memiliki keluarga yang bahagia dan diberkati, kita harus takut pada Tuhan dan hidup menurut jalan yang ditunjukkanNya. Jika perceraian terjadi dalam keluarga orang percaya, tentulah karena suami atau istri atau keduanya melanggar ketentuan yang diajarkan Firman Tuhan tadi. Jika suami dan istri saling mengasihi maka saat menghadapi ujian atau cobaan seberat apa pun, mereka pasti tidak akan bercerai.
  • Dari bpk. Rudi dari Bandar Lampung: Bagaimana caranya meyakinkan istriku agar dia percaya bahwa saya sudah meninggalkan kehidupan lama saya?
Jawab: Ada pepatah mengatakan "sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tidak percaya". Sekali kita berbuat tidak menyenangkan orang lain, orang itu tentu akan mengingat terus perbuatan kita. Tapi kesalahan sebesar apa pun, kalau kita mohon ampun sungguh-sungguh pada Tuhan, Tuhan pasti mengampuni. Jika Tuhan sudah mengampuni kita, Dia pasti akan memulihkan kita, termasuk kehidupan keluarga kita. Langkah kita untuk meyakinkan istri, pertama adalah berdoa pada Tuhan, kedua kita betul-betul tidak kembali ke kehidupan lama dan hidup baru sesuai Firman Tuhan, ketiga tunjukkan perubahan sikap kita kepada istri, dan terakhir kita harus sabar dalam menjalani proses ini.
  • Dari Lista Aritonang: mohon doakan teman saya Yuda yang sedang sakit
Jawab: Di akhir acara kita akan doakan sdr Yuda yang sedang sakit agar Tuhan menyembuhkannya
  • Bagaimana pendapat bapak jika kita menikmati berkat dengan shopping dan jalan-jalan keluar negeri?
Jawab: Dalam renungan tadi disebutkan bahwa kita harus hidup tidak berlebihan, penuh perhitungan, dan tidak boros. Jika ingin berbelanja atau bepergian, silakan saja selama itu tidak berlebihan dan tidak menguras berkat keuangan yang Tuhan berikan. Namun, lebih baik lagi jika berkat tadi juga kita persembahkan kepada Tuhan untuk mendukung pelayanan dan penginjilan.
  • Dari bpk Reno di Pesawaran: Titip salam untuk keluarga dan istri. 
Jawab: Baik, pak Reno, kami sampaikan salam untuk keluarga dan istri
  • Doakan juga anak perempuan pak Yohannes Lie, Monika Kathelia, yang besok pagi akan melahirkan secara sesar di Rumah Sakit Imanuel.