Pergunakan Waktu yang Ada

Jumat, 29 Juli  2016 pukul 19.00 - 20.00
"Pergunakan Waktu yang Ada"
Tutu Petrus

Pendamping : 
Yosef Ageng Laseno, Dany Salim, Daniel Sanger, dan Yohannes Lie


“Dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.” (Efesus 5:16)

Satu minggu terkadang terasa lama, terkadang terasa cepat. Saat ini trending topics adalah Pokemon Go. Permainan ini amat menghanyutkan sehingga bisa membuat seseorang lupa dengan waktu. Karena menyita waktu, akhirnya mengurangi makna hidup. Saya sering menugaskan mahasiswa membuat peta mengenai aktifitas hidupnya selama 24 jam. Mulai bangun tidur, mandi, sarapan, ke kampus, dan kegiatannya selama di kampus sampai pukul 14.30 siap-siap pulang. Nilailah berapa waktu yang digunakan untuk hal-hal bermanfaat. “Sementara kami bekerja siang malam, supaya jangan menjadi beban bagi siapapun juga di antara kamu, kami memberitakan Injil Allah kepada kamu” (1 Tes 2:9b) Bekerjalah keras untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga. “Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada.” (Kol 4:5) Hidup jangan ceroboh yang mengakibatkan terjebak dalam kesukaran. Nonton bola pukul 3 pagi, bangun kesiangan, sehingga hari itu tidak produktif. Pergunakanlah waktu dengan bijaksana. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline
  • Dari bpk Margo di Bandarjaya : Doakan kami sekeluarga agar taat pada Tuhan
  • Dari bpk Alim di Sukarame : Apa pandangan bapak dengan hukuman mati narkoba? Apakah setuju? Jelaskan kematian menurut Allah dan menurut manusia
Jawab : Secara pribadi kami tidak setuju dengan hukuman mati, namun itu adalah keputusan negara yang harus ditaati. Kematian menurut Allah adalah kematian kekal di neraka, sedangkan menurut manusia hanya kematian secara jasmani di dunia ini.
  • Dari ibu Eli di Lampung Tengah : Apa yang harus saya lakukan ketika Tuhan kasih waktu untuk berdoa, tapi saya lelah dan tidak berdoa?
Jawab : Ibu bisa berdoa sebelum beristirahat dan tidak harus terlalu panjang
  • Dari bpk Afuk di Metro : Doakan anak Daniel batuk
  • Dari bpk Ayen : Doakan istri saya ibu Eli Nio yang sakit 
  • Dari jemaat Lampung Utara : Doakan ibu Margareta sakit kepala dan kaki
  • Dari HDT di Lampung Utara : Sebagai pendeta, bolehkah menyakiti jemaat?
Jawab : Jelas tidak boleh, karena pendeta seharusnya mengasihi jemaat
  • Dari bpk Herman di Rajabasa : Kenapa Yesus tidak menyatakan diri kepada orang yang tidak percaya?
Jawab : Yesus juga menyatakan diri kepada mereka yang tidak percaya. Contohnya Yesus menyatakan dirinya kepada Paulus (Saulus) dalam perjalanannya ke Damsyik untuk menangkapi orang Kristen. Ada banyak kesaksian dimana Yesus menyatakan dirinya pada mereka yang berada di lingkungan yang tidak ada orang Kristennya.
  • Dari ibu Marsha di Kedaton : Kenapa gereja terpecah-pecah? Apa tujuannya? Kenapa pelayanan yang besar yang ditonjolkan?
Jawab : Gereja tidak terpecah-pecah karena semuanya adalah gereja Tuhan, tapi berbeda-beda organisasi dan penekanan ajaran. Dengan perbedaan itu, gereja bisa berkembang secara kuantitas dan kualitas. Pelayanan besar tidak ditonjolkan, namun secara otomatis akan terlihat karena banyaknya jemaat yang hadir dan mendapat berkat
  • Dari ibu Lasti di Bandarjaya : Apakah kasih karunia Yesus berlaku bagi mereka yang belum dibaptis tapi sudah percaya, lalu meninggal dunia? 
Jawab : Kasih karunia diberikan kepada siapa saja yang percaya pada Yesus. Percaya itu ditunjukkan dengan memberi diri dibaptis. Karena itu jika seseorang sudah dewasa dan percaya, sebaiknya segera dibaptis, agar tidak was-was tentang keselamatannya
  • Dari Serly di Bandar Lampung : Usia mendekati 27 tahun, apakah akan sampai waktunya jodoh akan datang?
Jawab : Jodoh datang tidak tergantung usia. Jadi bisa di usia berapa saja. Untuk mendapatkan jodoh harus berdoa dan berusaha. Bergaullah dengan mereka yang seiman dan rajinlah mengikuti ibadah atau retreat pemuda-pemudi gereja
  • Dari bpk Harto : Apakah fungsi ibadah sampai 4 kali di hari Minggu?
Jawab : Gereja yang memiliki banyak jemaat harus membaginya dalam beberapa kali ibadah agar dapat melayani semuanya. Jadi banyaknya ibadah tergantung kebijakan gereja itu.
  • Dari TIG : Dalam berrumah-tangga harus menerapkan belas kasih. Bagaimana kalau suami suka marah-marah dan mabuk? Apakah masih harus dikasihi?
Jawab : Ya, Firman Tuhan mengajarkan agar suami tetap dikasihi. Musuh saja harus dikasihi dan didoakan, apalagi suami sendiri. Berdoalah dan tetaplah mengasihi suamimu. Mungkin dia mabuk dan marah-marah karena ada masalah dalam dirinya.
  • Dari bpk Tito di Panjang : Bagaimana menjadi pelayan Tuhan? Saya mempunyai karunia mendoakan.
Jawab : Puji Tuhan jika bapak mempunyai karunia berdoa. Teruslah melayani Tuhan dengan karunia itu. Jika bapak ingin meningkatkan, ada baiknya bapak belajar di Sekolah Alkitab untuk lebih memperlengkapi diri.
  • Dari Reni di Bandarjaya : Apa maksud Lukas 16:9?
Jawab : Lukas 16:9, “Dan Aku berkata kepadamu: Ikatlah persahabatan dengan mempergunakan Mamon yang tidak jujur, supaya jika Mamon itu tidak dapat menolong lagi, kamu diterima di dalam kemah abadi." Ayat itu dapat ditafsirkan bahwa harta yang kita miliki janganlah memperbudak kita, tapi gunakan untuk kebaikan dan memajukan pekerjaan Tuhan. Jika itu dilakukan, kita akan menerima upahnya di sorga.
  • Dari NN : Apa beda memberi dan diberi? Bukankah diberi juga merupakan berkat?
Jawab : Dalam pemberian selalu ada dua pihak, yaitu yang memberi dan yang diberi. Keduanya sama-sama mendapat berkat. Yang memberi mendapat berkat rohani dan yang menerima mendapat berkat jasmani
  • Dari bpk Yunus di Jatimulyo : Yesus datang untuk menyelamatkan, tetapi mengapa banyak orang Kristen mati karena perbuatan mereka?
Jawab : Ya benar, Yesus datang untuk menyelamatkan mereka yang percaya dan mengikuti ajaranNya. Jika orang percaya mati karena mempertahankan iman, dia akan memperoleh keselamatan kekal. Tapi jika mereka mati akibat perbuatan jahatnya sendiri, itu adalah resiko mereka sendiri.
  • Dari bpk Robi  di Tanjung Bintang : Doakan istri yang sakit dan juga pekerjaan saya
  • Dari Yuni di Rajabasa : Doakan kuliah dan agar saya diberkati dan selalu bersukacita