Kristus untuk Semua bangsa

Jumat, 25 Maret 2016 pukul 19.00 - 20.00
"Kristus Untuk Semua Bangsa" 
Daniel Sanger 

Pendamping : 
Yohannes Lie, Krismas dan Yosef Ageng Laseno


Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yoh 3:16)

     Selamat Paskah. Paskah dimulai dari keluarnya bangsa Israel dari Mesir. Pada malam itu bangsa Israel mengambil domba dan menyembelihnya pada sore hari. Darahnya dioleskan di ambang pintu. Pada malam hari malaikat yang melihat darah itu tidak membunuh anak sulung bangsa Israel. Malaikat melewati. Paskah, atau dalam bahasa Ibrani Pesah, artinya melewati. Dalam Perjanjian baru, Allah mengasihi manusia, dan datang ke dunia dalam wujud Yesus kemudian mengorbankan diriNya sebagai domba Paskah untuk menyelamatkan setiap manusia yang percaya padaNya. Kita harus memahami bahwa kita layak makan roti dan anggur dalam Perjamuan Kudus yang adalah tubuh dan darah Kristus. Kewajiban orang percaya memberitakan kabar kesukaan yaitu Injil kepada mereka yang belum percaya, dan menceritakan kabar Paskah dimana Tuhan telah mengorbankan dirinya bagi setiap manusia.
     Dalam Perjanjian Lama, jika manusia berdosa, mereka harus menyembelih hewan korban. Dalam Perjanjian Baru, Yesus mati seperti anak domba untuk mengangkut dosa umat manusia. Sekarang tidak perlu lagi korban domba, tapi ibadah ucapan syukur dan menjadi berkat bagi orang lain. Dalam Perjanjian Lama, domba Paskah hanya boleh dimakan bangsa Israel. Bangsa lain yang mau ikut makan, harus disunat dulu. Dalam Perjanjian Baru, semua orang yang mau makan harus percaya lebih dulu. Tidak boleh bagi yang belum percaya.
Pada momen Paskah ini, marilah kita semakin giat memberitakan kabar tentang kasih Tuhan dan pengorbananNya bagi seluruh bangsa.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline:
  • Dari Putra di Lampung Tengah: Selamat Paskah. Apa arti Paskah? Doakan saya sehat jiwa dan raga
Jawab : Paskah artinya lewat. Itu memperingati malam ketika malaikat akan membunuh anak sulung bangsa Mesir, malaikat itu melewati bangsa Israel sehingga tidak ada anak sulung Israel terbunuh karena setiap ambang rumah mereka diolesi darah domba. Dalam Perjanjian Baru, Paskah diperingati sebagai pengorbanan Yesus mati di salib sebagai domba Paskah agar bagi mereka yang percaya tidak akan mengalami penghukuman kekal di neraka.
  • Dari Gunawan : Doakan keluarga kami agar diberkati Tuhan, dan dalam pergumulan kami, Tuhan campur tangan
  • Dari Tiwi di Metro : Apakah malaikat Tuhan bisa menyerupai orang tua menguji orang percaya? 
Jawab : Dalam Perjanjian Lama, malaikat bisa menyerupai manusia. Misalnya, tiga orang malaikat yang datang ke perkemahan Abraham, lalu pergi ke keluarga Lot untuk menyelamatkan mereka dari kehancuran Sodom dan Gomora. Dalam Perjanjian Baru, mereka datang dalam wujud malaikat yang menyerupai manusia. Misalnya ketika para murid pergi ke kubur Yesus menjumpai dua orang malaikat. Tapi tugas malaikat adalah menyampaikan berita, bukan menguji manusia.
  • Dari bpk Thomas di Kemiling : Mengapa orang lebih suka ibadah di pantai daripada di gereja?
Jawab : Mungkin kebetulan saat itu sedang rekreasi, jadi mereka senang ibadah di sana. Tapi kalau setiap minggu harus ibadah di pantai tentu mereka keberatan, dan lebih memilih di gereja.
  • Dari bpk Siregar : Apa beda hidup susah dekat Tuhan dan susah tapi jauh dari Tuhan?
Jawab : Jika dekat Tuhan, tidak akan melakukan tindakan dosa saat mengatasi kesusahan. Tapi jika jauh dari Tuhan, akan melakukan tindakan apa saja, termasuk berbuat dosa, untuk mengatasi kesusahan.
  • Dari ibu Erna : Bagaimana agar lepas dari kemalasan ibadah pada Tuhan? 
Jawab : Dengan berdoa dan memiliki komitmen pada Tuhan, serta bertindak.
  • Dari bpk Herman di Rajabasa : Apakah ibadah Paskah harus dirayakan umat Kristen? Dimana ayatnya?
Jawab : Paskah adalah salah satu ibadah perayaan peringatan penting bagi umat Kristen. Tertulis dalam Lukas 22:19, “Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku." dan 1 Kor. 11:24, “dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: "Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!"
  • Dari Dwi di Pakuan Sari : Apa maksud cinta akan uang? Doakan anak saya Dimas agar diberkati
Jawab : Setiap orang memerlukan uang untuk hidupnya. Tapi jika uang sudah menjadi tujuan hidupnya sehingga dia menjadi budak uang, melupakan Tuhan demi mengejar uang, dan melakukan segala upaya, baik yang halal maupun yang tidak halal, untuk memperolehnya, itu yang disebut cinta akan uang.
  • Dari Gigi : Boleh tidak menikah dengan pasangan berbeda denominasi?
Jawab : Tentu saja boleh, asalkan bukan dengan gereja sekte menyimpang
  • Dari bpk Alim di Sukarame : Mana yang lebih utama, kelahiran, kematian, atau kebangkitan Yesus? Mengapa banyak yang lebih mengutamakan Natal? 
Jawab : Semua peristiwa itu sama pentingnya karena kelahiran adalah saat sukacita ketika Allah mau hadir ke dunia, kematian adalah korban anak domba Allah yang mendamaikan Allah dengan manusia, sedangkan kebangkitan adalah kemenangan Yesus atas kematian. Natal banyak dirayakan karena bertepatan dengan liburan akhir tahun. Lagipula, di Alkitab pun, kelahiran Yesus disambut dengan pujian para malaikat, sedangkan pada peristiwa lainnya tidak.
  • Dari Doni di Wayhalim : Apa bedanya orang yang dibaptis pada hari Paskah dan pada hari lain?
Jawab : Secara rohani, tidak ada bedanya. Tapi mungkin kesannya berbeda.
  • Dari Lia di Bandarjaya : Apa tujuan utama ibadah Paskah? Berdosa tidak jika tidak ikut ibadah Paskah karena bekerja?
Jawab : Tujuan Paskah adalah memperingati kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus. Karena hari itu libur, minta ijin pada atasanmu untuk beribadah. Dia tidak boleh melarang orang beribadah. Jika saat ibadah, kita tidak ibadah, tentu berdosa.
  • Dari Gino : Apa bedanya orang dibaptis di bak mandi, di kolam, atau di pantai?
Jawab : Secara rohani, tidak ada bedanya. Mungkin melihat dari sisi kepraktisan.
  • Dari Ega : Apa dampaknya jika tidak mau mengampuni? Apakah Tuhan tidak mau mengampuni? 
Jawab : Yesus berfirman, “Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu." (Mat. 6:15) Dampaknya dosa kita pun tidak diampuni. Jika itu terjadi, berarti akan tetap mendapat hukuman kekal. Disamping itu, jika kita mendendam, kita sendiri yang menderita, sehingga bisa membuat kita sakit.
  • Dari bpk Kris : Bagaimana memberi kebahagiaan pada istri agar tetap damai dalam Kristus?
Jawab : Berpeganglah pada ajaran Tuhan. Suami harus mengasihi istri, artinya jadilah suami yang bertanggung-jawab, melindungi, membimbing, penuh kasih sayang, setia pada pasangan, ramah, bersedia berkorban. Ikutilah teladan Yesus, pasti keluarga bapak akan berbahagia dan diberkati Tuhan.
  • Dari ibu Dita di Way Jepara : Bagaimana menjalani kehidupan dekat dengan Tuhan dan hidup kudus?
Jawab : Selalu berkomunikasi dengan Tuhan melalui doa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan, beribadah, dan melakukan ajaran Tuhan setiap hari.
  • Dari NN : Bagaimana jika percaya pada Yesus tapi tidak bisa melayani karena tubuh cacat?
Jawab : Ada banyak cara melayani Tuhan walaupun tubuh cacat. Setiap orang pasti punya kelebihan yang dikaruniakan Tuhan. Banyak penyanyi tunanetra melayani dengan memuji Tuhan, ada orang yang kakinya lumpuh bisa bersaksi di jaringan internet, masih banyak lagi. Jadi tidak ada yang bisa menghambat orang yang sungguh-sungguh mau melayani Tuhan
  • Dari NN : Apakah bapak sudah bertemu Kristus? Berjumpa dengan Yesus seperti apa? Apakah bertemu secara nyata atau merasakan saja?
Jawab : Kami belum pernah berjumpa dengan Yesus secara fisik. Tapi kami berjumpa denganNya secara rohani melalui penyertaan Tuhan dalam kehidupan kami sehari-hari. Yesus berfirman, “Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya." (Yoh 20:29b)
  • Dari bpk Alex : Doakan kesehatan keluarga dan di hari Paskah ini semakin setia
  • Dari Monalisa : Dalam Kristus apakah hanya orang suci saja yang boleh makan Perjamuan Kudus?
Jawab : Yang boleh makan adalah orang yang percaya pada Yesus. Tapi memang sebelum makan Perjamuan Kudus, kita harus menjaga diri kita dari perbuatan dosa.
  • Dari bpk Mathias Rudi Chandra : Doakan agar kami tetap kuat dalam Kristus, menjadi kesaksian, dan diberkati.
  • Dari HW di Gayabaru : Saya dibaptis 2 tahun lalu, belum bisa membuang rokok. Doakan
  • Dari NN : Bagaimana supaya dekat Tuhan tapi malas berdoa? Tapi saya setia.
Jawab : Kalau mau dekat dengan Tuhan harus selalu berkomunikasi denganNya melalui doa, kalau malas berdoa akan kesulitan dalam berkomunikasi dengan Tuhan.