Pertolonganku dari Tuhan

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline, Jumat 9 Oktober 2015 pk 19-20
Renungan oleh Yohannes Lie "Pertolonganku dari Tuhan" 
Pendamping Pdt Daniel Sanger, Dany Salim, Yosef Ageng
Penyiar sdr Luki Winata
Jika ingin membaca renungan ini, silakan klik disini


"Nyanyian ziarah. Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi." (Mazm 121:1-2)

     Kehidupan ini penuh dinamika, tidak ada yang bersifat abadi. Setiap saat segala sesuatu berubah. Ada perubahan yang lambat, ada yang tiba-tiba tanpa terduga. Kehidupan seseorang mendadak berubah secara drastis. Siapa mengira saat sedang bergembira akan berlibur, tiba-tiba pesawat yang ditumpangi jatuh? Siapa menduga anggota keluarga yang baik-baik saja, tiba siang harinya tewas? Hidup yang semula penuh kegembiraan, berubah total menjadi tangisan. “Ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari” Ada yang bersukacita naik jabatan, ada pula yang putus asa diPHK. Ada yang merayakan pernikahan, ada pula yang bercerai. Ada pengusaha yang sukses, ada yang bangkrut. Ada saatnya sehat, ada saatnya sakit. Itulah dinamika kehidupan.
     Apakah orang percaya aman-aman tak tersentuh hal itu? Ternyata orang percaya pun tidak kebal terhadap semua itu. Ada pengusaha Kristen berhasil, tapi tidak sedikit yang gagal. Banyak keluarga Kristen hidup bahagia, ada pula yang bercerai. Orang Kristen pun mengalami masa gembira dan berduka. Mengapa itu juga menimpa orang percaya? Bukankah seharusnya Tuhan melindungi kita dari penyakit dan bencana, memberi kekayaan melimpah, membuat selalu berhasil? Mengapa orang Kristen yang aktif pelayanan, rajin ibadah, berdoa, dan suka berkorban tidak diluputkan Tuhan dari segala masalah itu?
 
Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline
  • Dari ibu Erin di Natar : Apakah Yesus menghukum hamba Tuhan yang jatuh dalam dosa?
Jawab : Jika hamba Tuhan itu mohon pengampunan dan bertobat, dia akan diampuni Tuhan dan tidak menerima penghukuman. Walaupun demikian, mungkin saja dia masih tetap harus menerima sanksi dari gereja atau dari masyarakat. Tapi jika tidak bertobat, dia akan mengalami penghukuman.
  • Dari ibu Meli di Kemiling : Terkadang merasa Tuhan jauh dari saya
Jawab : Yesus tidak pernah menjauh dari ibu. Dia selalu berada di dekat ibu, sebab Yesus berkata, “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Mat. 28:20b) Kitalah yang sering menjauh dariNya. Ketika ibu berdoa, Yesus mendengarkan ibu. Biasanya kita merasa Tuhan jauh dari kita karena doa kita belum dijawab. Jika doa ibu belum dijawab, tetaplah memohon padaNya, jangan putus asa
  • Dari ibu Yanti : Apakah boleh jenazah dikremasi, padahal harusnya dikubur? Apakah kalau dikremasi akan dibangkitkan?
Jawab : Jenazah memang seharusnya dikuburkan. Apakah boleh dikremasi? Ada gereja yang melarang, ada yang membolehkan dengan argumentasi masing-masing. Orang yang dikremasi, sama halnya dengan orang yang mati terbakar, tetap akan dibangkitkan
  • Dari Silalahi di Ketapang : Apa yang dimaksud mengumpulkan harta sorgawi?
Jawab : Mengumpulkan harta di sorga adalah melakukan perbuatan sesuai ajaran Tuhan sehingga kelak menerima upah di sorga. Ketika orang percaya melakukan pelayanan, menolong orang yang memerlukan, memberitakan Injil, rajin beribadah, dan lain-lain, dia sedang mengumpulkan harta sorgawi. Tuhan berkata, “Upahmu besar di sorga.”
  • Dari Patricia di Tanjungsari : Doakan mama Eni Sugianti cepat pulang. Sudah dua minggu tidak pulang
  • Dari Mei-mei : Bagaimana menghadapi konflik batin? 
Jawab : Konflik batin terjadi jika ada pertentangan antara kebaikan dan keburukan, atau kepentingn diri dan orang lain. Berdoalah pada Tuhan, mohon hikmat agar dapat mengetahui mana yang sesuai kehendak Tuhan. Jika sudah menyadarinya, lakukanlah yang sesuai kehendak Tuhan sepenuh iman. Engkau akan mengalami ketenangan dan damai dari Tuhan
  • Dari Agnes di Metro : Seandainya belum dibaptis sudah meninggal, apakah selamat?
Jawab : Jika seseorang sudah percaya pada Yesus, namun belum sempat dibaptis dia selamat. Tapi jika dia sengaja menolak dibaptis karena belum percaya Yesus dan menolak keselamatan, dia akan binasa. Jika sudah percaya, tapi belum mau dibaptis, karena ragu-ragu, dia berada pada posisi tidak pasti. Karena itu jika seseorang sudah dewasa dan sudah percaya pada Yesus, segeralah dibaptis.
  • Dari NN : Bagaimana berdoa yang baik dan saat doa syafaat tidak mengantuk?
Jawab : Berdoalah sungguh-sungguh yang keluar dari hatimu bukan karena doa rutin.
  • Dari Desi di Bandarlampung : Apa arti Shalom Elohim?
Jawab : Shalom artinya Damai. Elohim artinya Allah. Mungkin maksudnya Shalom Alaekhim, artinya Salam/Damai Sejahtera
  • Dari Tasya anak Sekolah Minggu : Apakah Yohanes Pembaptis dibaptis oleh Yesus?
Jawab : Yohanes Pembaptis tidak dibaptis Yesus, tapi Yesus yang dibaptis oleh Yohanes pembaptis.
  • Dari Vivi di Kimaja : Bagaimana menjaga kekudusan dan kekuatan iman?
Jawab : Dengan selalu bersekutu dengan Tuhan melalui doa, ibadah, merenungkan Firman Tuhan, dan melakukan ajaranNya
  • Dari bpk Budiman : Apakah Allah dan Yesus itu dua?
Jawab : Yesus itu adalah Allah. Jadi Yesus dan Allah bukan dua tapi satu
  • Dari Yosua : Apakah kasih karunia hanya diberikan pada orang yang melayani Tuhan?
Jawab : Kasih karunia diberikan Allah bagi semua orang yang percaya sungguh-sungguh padaNya. Orang yang percaya sungguh-sungguh pasti akan rajin melayani Tuhan.
  • Dari Amir di Panjang : Mengapa orang yang belum mengenal Yesus dikatakan tidak masuk sorga?
Jawab : Karena Yesus mengatakan, "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yoh. 14:6) dan “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yoh. 3:16) Jadi untuk sampai kepada Bapa yaitu Allah di sorga harus percaya pada Yesus
  • Dari bpk Siregar di Bypas : Apakah orang yang mengusahakan uang panas berdosa?
Jawab : Menjadi rentenir melanggar hukum negara dan bisa dihukum. Dan juga melanggar hukum Tuhan. jadi itu perbuatan dosa.
  • Dari Linda di Way Kandis : Apa arti Amsal 11:31?
Jawab : Amsal 11:31, “Kalau orang benar menerima balasan di atas bumi, lebih-lebih orang fasik dan orang berdosa!” Artinya jika di bumi saja ada penghargaan dan penghukuman, seperti orang yang hidup benar akan menerima penghargaan di bumi, di kehidupan kekal nanti juga ada penghargaan dan penghukuman. Orang benar akan bersukacita di sorga, sebaliknya orang fasik dan orang berdosa akan dihukum di neraka
  • Dari Yorni Agai : Apakah kegagalan direncanakan Tuhan? Bukankah semuanya direncanakan Tuhan?
Jawab : Allah merancangkan hal yang baik, bukan kegagalan. Kegagalan adalah akibat kesalahan manusia itu sendiri. “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” (Yer. 29:11)
  • Dari Gino di Panjang : Apakah Yesus memberkati orang jahat?
Jawab : Ya, Yesus memberkati siapa saja secara jasmani.  “Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. (Mat. 5:45) Tapi Yesus hanya memberkati secara rohani kepada orang percaya.
  • Dari Angel : Apa yang harus disiapkan dalam sekolah Minggu?
Jawab : Berdoa sebelum melayani Sekolah Minggu, mempersiapkan diri lebih serius saat menyambut anak-anak, berdoa, bermain musik, memimpin pujian atau menyampaikan Firman Tuhan.
  • Dari Udin : Apakah jika berkat kita ditutup orang secara gaib, Tuhan akan membuka jalan bagi kita melalui doa?
Jawab : Ya, lawanlah kuasa kegelapan dengan doa sepenuh iman di dalam nama Tuhan Yesus, maka kuasa kegelapan itu akan lari darimu. “Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!” (Yak. 4:7) “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.” (1 Pet. 5:8-9) Tuhan pasti membuka jalan bagimu.
  • Dari Putra di Metro : Apakah yang harus dilakukan agar selalu diberkati dalam suka dan duka?
Jawab : Serahkan hidupmu sepenuhnya pada Tuhan, maka Tuhanlah yang akan memberkatimu dalam segala keadaan
  • Dari Petrus di Lampung Timur : Yang diciptakan Allah pertama kali laki-laki atau perempuan?
Jawab : Dalam kitab Kejadian dituliskan bahwa Allah pertama kali menciptakan seorang laki-laki yaitu Adam.
  • Dari NN : Mengapa Yesus tidak menikah?
Jawab : Misi Yesus ke dunia ini adalah menyelamatkan umat manusia dan menyerahkan diriNya sebagai korban pendamaian antara Allah dan manusia. Jadi Yesus tidak menikah.
  • Dari NN : Bagaimana membedakan pendeta abal-abal dan yang asli?
Jawab : Dari buah-buah kehidupannya dan ajarannya
  • Dari Yosua : Apa yang dimaksud Mazmur 119:9? Apa arti pikul salib dan bertanding dalam iman?
Jawab : Mazmur 119:9, “Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.” Artinya, jika anak muda ingin berkelakuan bersih, dia harus hidup sesuai ajaran Firman Tuhan. Pikul salib adalah melawan keinginan dosa dan rela menderita karena menjadi pengikut Kristus. Bertanding dalam iman, artinya terus berlatih dalam melakukan ajaran Tuhan terutama saat menghadapi ujian, agar imanmu semakin kokoh, sehingga engkau akan menang saat menghadapi ujian iman.