Tuhan Yesus Mengetuk Pintu Hatimu

Siaran Samaria Ministri bersama Radio Heartline, Jumat 9 Oktober 2015 pk 19-20
Renungan oleh Yohannes Lie "Tuhan Yesus Mengetuk Pintu Hatimu" 
Pendamping Pdt Daniel Sanger, Dany Salim, Yosef Ageng
Penyiar sdr Luki Winata
Jika ingin membaca renungan ini, silakan klik disini


“Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membuka-kan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.” (Wah. 3:20)

      Jika seseorang akan bertamu ke rumah orang lain, umumnya sebelum masuk ke rumah dia akan mengetuk pintu terlebih dahulu. Tradisi mengetuk pintu ini sudah menjadi tradisi yang mendunia. Hampir setiap bangsa memakai cara ini ketika akan masuk ke rumah orang lain. Terkadang ketukan itu juga disertai salam.
    Ada yang berkata, “Shalom, Permisi, Kulo nuwun, Punten, atau “Spada”. Ada juga rumah dengan bel di pintu agar tamu tidak perlu berteriak memanggil. Tujuan dari mengetuk pintu, memberi salam atau memencet bel adalah memberitahu pemilik rumah bahwa ada seseorang yang akan berkunjung dan minta izin masuk ke rumah.
     
Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline
  • Dari Silalahi di Kotagajah : Apakah untuk membuka hati bagi Yesus, kita terlebih dulu harus berdoa dan membaca Firman Tuhan?
Jawab : Ya mulailah dengan berdoa, katakan “Tuhan Yesus, saya membuka hati saya untuk menerima Engkau sebagai Tuhan dan Juruselamat saya. Kirimkan Roh Kudus untuk membimbing saya hidup sesuai ajaranMu. Terima kasih, Tuhan” Untuk lebih mengenal Tuhan, bacalah Alkitab. Jika mungkin, mintalah bimbingan hamba Tuhan agar lebih mudah memahaminya. Tuhan memberkatimu.
  • Dari Rini di Lampung Timur : Apakah aku kesulitan membuka hati karena sakit hati pada orangtua?
Jawab : Menyimpan sakit hati itu merusak diri sendiri dan juga hubunganmu dengan orangtua. Malam ini Tuhan berbicara padamu agar membuka hati pada Yesus dan membuka hati untuk mengampuni mereka, Jika kamu mau membuang sakit hati itu, kamu akan merasakan damai sejahtera dan kepahitan itu akan sirna tanpa bekas. Yang timbul di hatimu adalah perasaan semakin mengasih orangtuamu dan pasti mereka juga mengasihimu. Terlebih lagi Tuhan akan semakin mengasihmu.
  • Dari Adi di Metro : Apa tujuan mengalami penderitaan tidak habis-habisnya dan sudah bertahun-tahun?
Jawab : Penderitaan tidak akan hilang selama kita masih menyimpannya terus menerus. Atasi penderitaanmu dan bertindaklah penuh semangat dan sukacita bersama Tuhan yang akan memberimu masa depan penuh harapan. Tuhan akan meningkatkan kemampuanmu mengalahkan segala persoalan. Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil karena Dia adalah Allah Yang Maha Kuasa. Bangkitlah bersama Yesus dan kalahkan penderitaanmu, kamu akan memperoleh kemenangan dan sukacita
  • Dari Ferlin : Apa yang dimaksud mengasihi harus tulus dan rela menderita?
Jawab : Tuhan Yesus telah memberi teladan kasih pada kita. Dia mengasihi dengan tulus dan rela menderita, bahkan rela mati, demi menyelamatkan kita. Itulah teladan kasih yang sejati. Kasihilah Allah dan sesama dengan kasih yang sejati
  • Dari Yorni Agai : Kalau belum bisa membuka hati buat pacar, apakah saya berbeda? Bagaimnana mengatasinya?
Jawab : Jika belum bisa membuka hati dengan pacar tentu ada penyebabnya. Apakah dia tidak sesuai dengan impian idealmu? Bergaullah dan kenalilah karakternya. Lihatlah sisi baiknya, jangan hanya terpaku pada sisi buruknya, karena kamu pun pasti punya sisi baik dan buruk. Tidak ada pasangan yang sempurna.
  • Dari bpk Herman : Hujan debu dan asap di Riau. Apakah ini akhir zaman?
Jawab : Masa ini memang sudah akhir dari akhir zaman, Tapi tandanya bukan karena debu dan asap di Riau. Itu terjadi karena tindakan bodoh manusia
  • Dari Sisi di Metro : Apa pendapat bapak di facebook ada chip bergambar wanita tidak pakai baju dan berlumuran darah menyeramkan?
Jawab : Jangan berhubungan dengan facebook yang bisa merusak imanmu seperti itu
  • Dari Dwi di Pakuan Sari : Di gereja saat ibadah tengah minggu ada jemaat berkotbah. Tapi hidupnya tidak benar dan suka menyindir. Apakah boleh? 
Jawab : Bicarakan baik-baik masalah itu dengan pendetamu.
  • Dari Silalahi di Kotagajah : Terima kasih atas jawabannya. Bagaimana caranya membuka hati bagi orang yang pemarah, suka gosip, dan keras kepala?
Jawab : Jika orang itu mau membuka hati bagi Yesus dengan sungguh-sungguh, maka Roh Kudus akan mengubah hati dan karakternya menjadi ciptaan baru yang penuh kesabaran, tidak mau bergosip dan lembut hati.
  • Dari Dewa di Rajabasa : Saya suku Bali. Saya sudah terima Yesus. Sekarang membuang keluarga. Apakah saya berdosa?
Jawab : Kamu tidak harus membuang keluargamu. Justru doakan mereka agar hati mereka terbuka menerima keselamatan dari Tuhan Yesus sehingga keluargamu kelak dapat bersama-sama denganmu masuk dalam Kerajaan Sorga. Jika kamu yang dibuang keluarga, terimalah itu sebagai tanda kasihmu pada Yesus. Itulah salib yang harus kamu pikul. Tetaplah doakan keluargamu.
  • Dari ibu Fatimah di GKSBS Lampung Timur : Doakan agar saya diberi kekuatan dan ketekunan dalam Tuhan
  • Dari NN : Bagaimana membuka hati dan mengampuni suami dan mertua? Saya sudah memendam kepahitan selama 5 tahun
Jawab : Sayang sekali ibu menyimpan kepahitan begitu lama. Menyimpan kepahitan membuat ibu semakin menderita, bahkan bisa menimbulkan penyakit. Yang lebih menyakitkan lagi adalah Tuhan pun tidak mau mengampuni ibu. Kalau itidak diampuni Tuhan, pasti akan mendapat hukuman kekal. Karena itu malam hari ini, Tuhan mengetuk pintu hatimu agar mengampuni mereka. Masuklah kamar, lalu berdoalah, ampuni mereka, dan mohonlah agar Tuhan memberi kemampuan, doakan mereka agar Tuhan juga mengampuni dan memberkati mereka. Jika ibu melakukan itu, maka semua sakit hati ibu akan lenyap, dan kedamaian dan sukacita menjadi milikmu.
  • Dari Juni di Natar : Salahkah jika suka mengeluh?
Jawab : Mengeluh adalah ungkapan untuk melegakan hati kita. Itu tidak salah asalkan jangan terus menerus mengeluh, karena itu menandakan bahwa kita tidak mau bersyukur pada kemurahan Tuhan. Mengeluh juga tidak menyelesaikan masalah. Lebih baik bangkitkanlah semangatmu dan berusahalah mengatasi semua masalah bersama Tuhan
  • Dari Reni di Bandarjaya : Kenapa banyak orang Kristen yang pindah agama karena pernikahan? Apakah ini tanda akhir zaman?
Jawab : Mereka pindah agama karena memandang rendah karunia Tuhan sehingga mau menukarnya dengan kepuasan dunia yang hanya bersifat sementara. Itu bukan tanda akhir zaman.
  • Dari NN : Kemarin bermimpi ditepuk oleh ibu Mimi dari Persekutuan Samaria Metro dan beliau berkata akan melayani di gereja kami, tapi pemimpin pujiannya harus saya. Saya bertanya pada gembala, beliau setuju. Apakah itu mimpi dari Tuhan atau hanya kembamg tidur?
Jawab : Persekutuan Samaria di Metro bukanlah bagian dari Persekutuan Doa Samaria Ministri. Kami tidak tahu apakah itu mimpi dari Tuhan atau kembang tidur. Tapi jika melayani tidak perlu menunggu mimpi terlebih dulu tapi lakukan saja.
  • Dari bpk Junaidi di Lampung Timur : Apakah tanggapan Kristen tentang ISIS?
Jawab : ISIS adalah organisasi yang dilarang pemerintah Indonesia. Jadi tidak perlu ditanggapi lagi
  • Dari bpk Rohmat di Rajabasa : Apakah jika polisi Kristen menembak mati begal, dia berdosa?
Jawab : Saat menembak begal, polisi mempunyai aturan ketat. Tidak sebarang menembak. Biasanya tidak akan ditembak mati kecuali begal itu membahayakan nyawa polisi atau orang lain. Jadi saat terpaksa menembak mati, polisi itu hanya menjalankan tugas negara, sehingga dia tidak dikenakan hukuman. Pertimbangan apakah itu berdosa atau tidak, ada pada Tuhan.
  • Dari Winda di Telukbetung : Doakan agar kuliah di Teknokrat berjalan lancar dan dapat wisuda
  • Dari ibu Markus : Doakan anak-anak agar diberkati
  • Dari Gino : Apakah gereja setan itu jemaatnya berupa roh-roh?
Jawab : Pada dasarnya gereja setan itu tidak ada karena gereja adalah kumpulan jemaat Tuhan. Itu sebutan bagi kelompok manusia pemuja setan. Jemaatnya bukan roh tapi manusia sesat
  • Dari Grace : Bagaimana agar papa kembali pada Yesus? Hatinya percaya pada Yesus
Jawab : Doakan selalu papamu, bujuklah beribadah kembali
  • Dari Emili di Lampung Timur : Apakah jodoh itu dari Tuhan? Apa tanda-tandanya?
Jawab : Tuhan menyediakan jodoh bagi pria dan wanita. Sama seperti Tuhan memberi rejeki dan manusia harus berusaha mendapatkannya dengan doa dan kerja keras, demikian pula dengan jodoh, manusia harus mendapatkannya dengan doa dan berusaha keras. Tanda seseorang berjodoh, adalah saat pasangan itu diberkati dan diteguhkan di gereja. Karena itu ketika rumah tangga sudah berjalan lama, jangan berkata dia bukan jodoh saya
  • Dari Rais : Saya diejek tetangga, katanya ibadah kok nyanyi-nyanyi dan tepuk tangan. Apa yang harus saya lakukan?
Jawab : Ketika raja Daud memuji Tuhan dengan bernyanyi dan menari, dia pun diejek istrinya, Tapi Daud tetap melakukannya karena dia ingin mengekspresikan ucapan syukurnya pada Tuhan. Jadi, janganlah merasa tertekan. Pujilah Tuhan dengan segenap hatimu diringi musik, tepuk tangan, sorak sorai dan tarian. Tentu saja harus disesuaikan dengan irama musik dan suasana ibadah.
  • Dari Ingan Ita : Doakan kesehatan papa dan hubungan saya dengan Doni agar baik dan sehati