Jangan Memandang Kesalahan

Siaran Youth Samaria Ministri, Rabu 22 April 2015 pk 19-20
Renungan Yefta Khohar "Jangan Memandang Kesalahan"
Pendamping Indra Sinurat, Yosef Ageng Laseno, dan Yahya Wangsajaya


Mik 7:19 “Biarlah Ia kembali menyayangi kita, menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita kedalam tubir-tubir laut."

     Tuhan tidak memandang dosa-dosa kita dan melupakannya, itu yang dikatakan dalam Firman Tuhan malam ini dan juga dikatakan bahkan Tuhan membuang segala dosa kita jauh kedalam tubir laut. Bayangkan saja apakah ada orang yang dapat melakukan seperti yang dilakukan Yesus terhadap kita? Pasti tidak ada satupun yang dapat melakukannya hanya Yesus saja. Yesus tidak mau melihat kesalahan-kesalahan kita, begitu juga dengan diri kita, kita sebaiknya jangan memandang kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan. Dalam Alkitab terdapat tokoh yang melakukan hal tersebut, dia adalah Paulus. Dalam Fil 3:13 “Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan : aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku.” Paulus mengatakan bahwa dia telah melupakan apa yang telah dibelakangnya, artinya kesalahan-kesalahan masa lalu yang dia lakukan. Paulus adalah seorang penganiaya orang percaya, dia melarang anak-anak Tuhan beribadah kepada Tuhan. 
     Dalam Fil 3:7-8 mengatakan “Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia daripada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melpaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus. Paulus mengatakan dulu adalah keuntungan baginya karna mencegah anak-anak Tuhan beribadah dan menyembah Tuhan. Tapi setelah dia bertemu Tuhan, pola pikir dia berubah dan sekarang dianggap rugi apa yang selama ini telah dia lakukan. Begitupun dengan diri kita teman-teman, apapun yang dahulu telah kita lakukan, minta ampunlah kepada Tuhan dan berjanji untuk tidak melakukannya lagi.
     Ingat Tuhan tidak mau mengingat dosa-dosa kita, oleh sebab itu datanglah kepada Tuhan dan janganlah melihat apa yang dibelakang kita. Demikian renungan Firman Tuhan pada malam ini. Tuhan Yesus Memberkati. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa sari pendengar radio Heartline :
  • Dari Bpk Karno, Apa yang dimaksud dengan Maz 2:5? 
Jawaban :  Firman Tuhan mengatakan Allah ketika marah maka sangat mengerikan, ada kisah musa yang marah kepada Tuhan dan musa dibinasakan, ketika Tuhan murka tidak ada ampun lagi.
  • Dari Bpk Tri, Berbalik kepada penebusan Tuhan, manusia masuk kedalam dosa apakah rencana Tuhan? 
Jawaban : Manusia jatuh kedalam dosa karna melanggar perintah, bkn rencana Tuhan. Tuhan memberikan peraturan kepada manusia agar manusia dapat taat kepada Tuhan dan ternyata manusia tidak bisa.
  • Dari Ebi, Kesalahan terjadi apakah karna kelalaian kita? 
Jawaban : Kalau berbicara kesalahan ada yang disengaja ada yang tidak, kalau tidak disengaja bisa karna lalai, tapi kalau disengaja itu bukan kelalaian. Kita harus intropeksi diri.
  • Dari NN, Mengapa orang yang dekat dengan Tuhan dapat banyak masalah, mohon penjelasannya? 
Jawaban : Itu adalah salib yang harus kita pikul, dan membuat kita semakin dekat dengan Tuhan, kalau ada masalah itu akan membuat kita dekat dengan Tuhan.
  • Dari Putra, Kenapa hidup saya selalu susah, saya ingin hidup kaya orang lain yang bisa memiliki?
Jawaban : Firman Tuhan mengajarkan carilah dahulu kerajaan Allah maka semua ditambahkan, artinya apa, kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan baik itu dengan beribadah, berdoa dan sebagainya, maka kita harus iman kan bahwa Tuhan akan menambahkan kepada kita bukan berkat rohani saja namun berkat jasmani juga.
  • Dari Reno, Bagaimana cara menghadapi hawa nafsu, bagaimana mengatasinya karna iman saya masih lemah? 
Jawaban : Kalau hanya mengandalkan diri sendiri itu sangat sulit, utamakan Tuhan. Kalau dekat Tuhan, Tuhan pasti akan menahan hawa nafsu kita.
  • Dari Ani, Mengapa kita tidak boleh memandang kesalahan? 
Jawaban : Agar kita tidak mengulagi lagi kesalahan yang telah kita lakukan, rasul Paulus mengatakan melupakan dibelakangku artinya dia melupakan kesalahan-kesalahan masa lalu nya. Begitu pula dengan kita. Dan ingat Tuhan menyediakan masa depan yang penuh harapan.
  • Dari NN, Apakah kita berbuat salah, apakah diampuni? ketika dosa itu diulang lagi, apakah dapat diampuni? 
Jawaban : Tuhan tidak akan ingat kesalahan kita, jangan menyalibkan Yesus kedua kali.
  • Dari Adi, Dalam kehidupan, bagaimana menghindari dari kesalahan? 
Jawaban : Setiap manusia memiliki kesalahan, kesalahan hari ini cukuplah untuk hari ini. Masalah-masalah yang terjadi semua itu kita lakukan untuk kemuliaan Tuhan, bisa mengarah kelevel yang lebih tinggi lagi.
  • Dari Bpk Karno, Bagaimana doa yang benar dan doa yang salah? 
Jawaban : Kalau kita minta yang salah tidka akan dijawab Tuhan, doa yang benar terdiri pengakuan, permohonan, pujian pnyembahan, doa syafaat, ucapan syukur.
  • Dari NN, Apa pendapat kk dengan istilah belajar dari kesalahan? 
Jawaban : Belajar dari pengalaman, proses yang dijalani.
  • Dari Maria Marta, Kenapa saya berdoa meminta kepada Tuhan untuk bersabar, tapi kenapa saya temukan masalah yang memancing kesabaran, itu kenapa?
Jawaban : Kalau kita diuji kita harus bertahan, sebagai anak Tuhan kita harus tetap tabah menghadapi masalah.
  • Dari Andre, Apakah jika tidak mengampuni orang lain, maka kita juga tidak diampuni orang lain? 
Jawaban : Kita harus mengampuni seperti dalam doa Bapa kami.
  • Dari NN, Bagaimana melupakan ajaran yang dulu sebelum bertobat? 
Jawaban : Semua ajaran agama pada dasarnya berbicara kasih, mungkin yang dimaksud adalah sakramen-sakramennya. Harus punya iman kepada Firman Tuhan.
  • Dari Ester, Doakan besok agar lulus test untuk bekerja.
  • Dari NN, Apakah bayi yang baru lahir itu suci, bagaimana dengan bayi yang baru lahir meninggal? 
Jawaban : Sejak dalam kandungan kita ada dalam dosa, ini adalah hak Tuhan.
  • Dari Markus, Percaya tidak cinta pada pandangan pertama, tapi bagaimana mendapat pasangan yang sudah menikah namun sudah sendiri karna suaminya meninggal, apakah boleh menjalaninya? 
Jawaban : Sah-sah saja, dan yang paling utama kamu berkonsultasi dengan orang tua.
  • Dari Septi, Bagaimana menghadapi masalah dalam hidup, 1 sisi masalah ini sangat mendesak? 
Jawaban : Hidup perlu prioritas dan harus diselesaikan, permasalahan harus dituntaskan.
  • Dari NN, Memiliki anak yang berusia 16 thn, anak saya menghamili anak orang, kalau tidak bertanggung jawab akan dilaporkan ke polisi, apa yang harus dilakukan? 
Jawaban : Bicarakan baik-baik dengan keluarga dan anak bapak.
  • Dari NN, Bagaimana caranya menghadapi rasa kecewa yang datangnya dari manusia?
Jawaban : Berharap kepada manusia yang akan kita dapatkan adalah kekecewaan, oleh sebab itu andalkan Tuhan dan Tuhan pasti tidak akan buat kecewa. Yang kamu harus lakukan adalah lupakan apa yang sudah terjadi dan pandanglah hari depan.
  • Dari Ingri, Sudah berusia kepala 3 tapi belum menikah, sebagai seorang anak saya mempunyai beban, itu bagaimana? 
Jawaban : Tetap semangat jangan mudah menyerah, dan tetap berusaha.
  • Dari Jonatan, didalam perusahaan dimana saya bekerja, saya dipercayai untuk memegang salah 1 bidang tapi tidak ada 1 pun orang yang mau menerimannya, apa yang harus dilakukan? Apakah itu berkat Tuhan? 
Jawaban : Diberikan orang yang berhikmat, tunjukan kalau kamu kuat dan berhasil.
  • Dari Ibu Eva, bagaimana di hidup remaja ini, kita dapat hidup mandiri? 
Jawaban : Yang paling utama adalah karakter, karakter Kristus harus hidup didalam diri kita.
  • Dari Iyon, Bila kita berbicara tentang iman, bagaimana agar iman kita tetap kuat, apalagi iman seorang pemuda? 
Jawaban : Iman tanpa perbuatan adalah mati, minta kepada Roh Kudus.